• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

iOS 18: Fitur Terbaru & Daftar iPhone yang Bisa Update

28 May 2024

Share

iOS 18: Fitur Terbaru & Daftar iPhone yang Bisa Update

source: Macrumors

Siap-siap, iOS 18 akan rilis! Bawa banyak fitur terbaru yang terintegrasi dengan AI. iPhone apa saja yang bisa update?


Berdasarkan informasi yang dibeberkan oleh Mark Gurman melalui Bloomberg, nampaknya iOS 18 akan membawa segenap fitur-fitur terbaru dengan update terbesar dalam sejarah iOS; salah satunya fitur yang terintegrasi langsung dengan AI (Artificial Intelligence).

Menghadapi kehadiran AI yang semakin masif di dunia teknologi, dikabarkan Apple pun memanfaatkan momen ini dengan menggandeng OpenAI.

Hal ini bisa terlihat dari ambisi Apple yang akan melakukan gebrakan fitur berteknologi AI yang lebih pintar dan canggih untuk beberapa produk anyar mereka--baik itu di iOS, iPadOS, watchOS, dan masih banyak lagi melalui perhelatan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada 10 Juni mendatang.

Lalu, kira-kira apa saja fitur terbaru iOS 18? Berikut informasinya.

Baca Juga: Rekomendasi 10 iPhone Terbaik yang Masih Layak Beli, Lebih Murah!

Update Fitur iOS 18 Terbaru

ios 18 kapan rilis

Source: Macrumors

Melansir dari beberapa sumber, Apple memang banyak mengusung teknologi AI pada update software terbarunya ini. Beberapa fitur yang inovatif ini dianggap menjadi lompatan update yang paling menarik bagi penggunanya.

App Icon yang Bisa Dipersonalisasi

Sejak peluncuran iPhone perdana di tahun 2007 hingga saat ini, kamu pasti menyadari bahwa Apple bisa dibilang tidak se-fleksibel Android dalam personalisasi home screen.

Grid icon app pada iPhone hanya bisa dipersonalisasi letak dan jumlah grid-nya saja. Namun, jika kamu update ke iOS 18, kabarnya kamu bisa mengganti warna icon aplikasi sesuai selera.

Misalnya saja untuk media sosial, kamu bisa mengganti semua warna icon apps yang berkaitan dengan warna biru, sedangkan untuk aplikasi yang relevan dengan keuangan bisa kamu ganti warna icon-nya dengan hijau, dan sebagainya.

Fitur AI untuk Meringkas

Mungkin ini menjadi salah satu fitur yang ditunggu-tunggu para penikmat teknologi iOS. Fitur berteknologi AI satu ini punya kemampuan untuk meringkas pesan, notifikasi, artikel berita, hingga situs web yang dikunjungi pengguna, lho.

Baca Juga: Harga 19 iPhone Terbaru di Tahun Ini

Percakapan Siri yang Lebih Natural

Selain itu, Siri juga bakal di-upgrade habis-habisan dengan teknologi AI. Dikabarkan bahwa Siri pada iOS 18 bisa melakukan berbagai perintah atau percakapan dengan bahasa yang lebih alami dan lebih cerdas. Kita tunggu seperti apa realisasinya, ya.

Integrasi AI dengan Project Greymatter

artificial intelligence

Source: Business Incubation Program UCF (University of Central Florida)

Dilansir dari Gurman, bahwasanya Apple memiliki strategi AI yang disebut "Project Greymatter". Project Greymatter berarti AI tools yang akan berintegrasi langsung ke aplikasi bawaan, seperti Safari, Photos, hingga Notes.

Tidak menutup kemungkinan juga dengan adanya AI tools ini, fitur notifikasi perangkat di iOS 18 akan tampil lebih maksimal.

Kemampuan AI untuk aplikasi inti ini nantinya bisa berbentuk ke aplikasi Voice Memos yang bisa ditranskrip, editing foto dengan AI, hingga improvement pada Safari selama browsing dan memberikan suggest balas e-mail dan pesan instan secara otomatis.

Generative AI untuk Emoji

Fitur selanjutnya yang mungkin paling menarik di antara fitur-fitur lainnya adalah generative AI untuk emotikon/emoji. Software ini memungkinkan layar perangkat yang langsung memunculkan emoji berdasarkan text yang kamu ketik.

Dengan begitu, kamu tak perlu lagi repot-repot mencari emoji secara manual saat sedang berkirim pesan.

Chatbot Generative AI di iOS 18

Kabar mengejutkannya lagi, saat ini Apple juga tengah melakukan negosiasi dengan OpenAI untuk menghadirkan chatbot AI generatif ChatGPT di iOS 18.

Meski begitu, Apple juga masih mempertimbangkan kesepakatan yang sama dengan Gemini milik Google, sehingga kabar ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya sampai event Apple WWDC 2024 diberlangsungkan.

Daftar iPhone yang Bisa Update iOS 18

daftar iphone yang bisa update ios 18

Source: Macrumors

Tak sabar menunggu update iOS 18? Cek beberapa daftar iPhone yang "kebagian" update saat iOS 18 rilis di tanggal 10 - 14 Juni 2024:

  1. iPhone XS
  2. iPhone XS Max
  3. iPhone XR
  4. iPhone SE 2 (2020)
  5. iPhone SE 3 (2022)
  6. iPhone 11
  7. iPhone 11 Pro
  8. iPhone 11 Pro Max
  9. iPhone 12
  10. iPhone 12 Mini
  11. iPhone 12 Pro
  12. iPhone 12 Pro Max
  13. iPhone 13
  14. iPhone 13 Mini
  15. iPhone 13 Pro
  16. iPhone 13 Pro Max
  17. iPhone 14
  18. iPhone 14 Plus
  19. iPhone 14 Pro
  20. iPhone 14 Pro Max
  21. iPhone 15
  22. iPhone 15 Plus
  23. iPhone 15 Pro
  24. iPhone 15 Pro Max

Baca Juga:

Itulah informasi tentang beberapa fitur terbaru yang akan hadir pada update iOS 18, serta tipe-tipe iPhone apa saja yang mendapat rilis software terbaru ini.

Kita nantikan saja pada Apple WWDC 2024 yang akan disenggelarakan pada 10 Juni, ya. Mana fitur yang paling menarik buat kamu, nih, Toppers?

© 2009-2024, PT Tokopedia