Update Fitur – Review System: Sistem Ulasan yang Lebih Baik dan Transparan

227
Sistem Ulasan yang lebih Transparan
Sistem Ulasan yang lebih Transparan

Dear Toppers,

Terima kasih sebelumnya terhadap kepercayaan dan kesetiaan para Toppers sekalian, sehingga Tokopedia semakin kokoh posisinya sebagai mal online terbesar di Indonesia. Saat ini di Tokopedia telah bergabung puluhan ribu penjual dengan jutaan jenis produk berbeda yang diperdagangkan, dan kami pun semakin menyadari kualitas dan gaya pelayanan dari setiap penjual yang bergabung sangatlah beragam.

Dan karena pada situs jual-beli online pembeli dan penjual umumnya tidak bertemu secara langsung, sistem ulasan (review system) menjadi sangat penting untuk menjembatani masalah ekspektasi calon pembeli dengan barang yang didagangkan oleh penjual.

Masalah ekspektasi dan kepuasan pun adalah sesuatu hal yang sangat relatif. Analogi nya di kehidupan sehari-hari, restaurant paling enak bagi kita pun, belum tentu semua orang akan setuju mengatakan memang enak. Karena selera dam preferensi pribadi acapkali berbeda antara satu orang dengan lainnya.

Oleh karenanya, kami menyadari perlu nya mengembangkan sistem ulasan yang lebih baik. Kami pun telah mengupdate sistem ulasan di Tokopedia menjadi sebagai berikut:

1. Sistem ulasan yang lebih transparan.

Masalah selera individu yang berbeda, membuat kami memutuskan perlunya menguraikan ulasan menjadi lebih rinci dan transparan. Dengan sistem ulasan baru ini, para Toppers bisa membaca sendiri alasan dari para pembeli sebelumnya mengapa memberikan review bintang 1 – bintang 5 terhadap barang yang sudah dibeli dengan sangat mudah.

Filter Ulasan baru memungkinkan pengguna Tokopedia membandingkan ulasan dengan mudah

Sistem filter baru yang kami terapkan, membuat calon pembeli dengan mudah membandingkan pendapat pembeli-pembeli sebelumnya yang tidak puas dibandingkan dengan yang puas terhadap produk yang dibeli. Misalnya untuk sebuah buku novel, ternyata para pembeli yang tidak puas memang kurang menyukai genre novel tersebut, sementara para pembeli yang puas ternyata para pecinta genre misteri. Sebagai calon pembeli pun, para Toppers tinggal menilai apakah selera nya lebih mendekati dengan populasi para pemberi ulasan buruk atau lebih mirip dengan para pemberi ulasan baik.

Para Toppers dapat dengan mudah melihat Ulasan yang diberikan dalam waktu 6 bulan terakhir

Selain sistem filter terhadap jumlah bintang, kini para Toppers pun bisa melihat ulasan-ulasan yang diberikan dalam 6 bulan terakhir. Ke depannya kami akan mempertimbangkan apakah perlu memberikan filter terhadap kurun waktu yang lebih singkat. 3 bulan terakhir dan 1 bulan terakhir misalnya. Hal ini kami lakukan agar para Toppers bisa melihat apakah pelayanan penjual tertentu semakin meningkat atau memburuk dari kurun waktu ke waktu.

2. Memberikan insentif terhadap penjual yang memiliki ketersediaan barang.

Lewat survey yang kami adakan, salah satu alasan para pembeli online suka berbelanja di Tokopedia adalah dapat menemukan harga paling murah, dibandingkan situs-situs jual beli online lainnya. Para Toppers tentunya setuju akan hal ini. Hal ini tentu dikarenakan banyaknya penjual yang bergabung di Tokopedia.

Namun harga murah jika tidak ada barang nya sama saja bohong, dan pastinya menimbulkan rasa kesal di hati terlebih apabila barang selalu saja di cancel oleh penjual dengan alasan stok sedang kosong. Lewat update terbaru ini, calon pembeli sebelum membeli dapat melihat terlebih dahulu tingkat kesuksesan si penjual mengirimkan produk yang didagangkan.

Contoh ilustrasi:
Rasio transaksi sukses kini tampil sebagai insentif untuk penjual yang punya stock barang

Semakin rendah tingkat kesuksesan nya berarti semakin sering penjual menolak order-order yang masuk. Update ini juga kami harapkan bisa membantu para calon pembeli yang memang membutuhkan kepastian barang untuk sampai, disamping pertimbangan harga yang lebih murah.

Demikian update terbaru kami untuk sistem ulasan yang lebih baik dan transparan. Semoga dengan update baru ini, para penjual di Tokopedia semakin termotivasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para Toppers sekalian. Kami pun yakin, dengan pelayanan yang semakin baik, calon pembeli yang akan berbelanja di toko-toko bersangkutan pun pastinya semakin meningkat.

Kami pun akan terus meningkatkan kualitas layanan dan fitur-fitur di Tokopedia, agar Tokopedia senantiasa dapat menjadi situs jual beli online paling aman dan nyaman.

Akhir kata, kami tunggu saran dan masukan para Toppers di kolom komentar di bawah ini.

Salam,
William Tanuwijaya
Pendiri / CEO PT Tokopedia

Bagikan Artikel