• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Verra Harianto: Melalui Tokopedia, Semua Orang Bisa Jadi “Pengusaha Online”

Share

Verra Harianto: Melalui Tokopedia, Semua Orang Bisa Jadi “Pengusaha Online”

Halo Toppers. Seller Story kali ini akan mengangkat kisah dari Verra Harianto, pemilik dari Figure Online Shop. Selama menjalankan bisnis online melalui Tokopedia, Verra sudah berhasil menjual lebih dari 2.600 produk dan menjadi salah satu toko dengan pelayanan terbaik lho. Padahal dulunya ia sama sekali tidak mengerti mengenai bisnis online itu sendiri. Tidak mengerti mengenai bisnis online, tapi kok sekarang bisa jadi penjual online yang sukses ya?

figure22Penasaran kan bagaimana perjalanan Verra bersama tokonya “Figure Online Shop”? Yuk simak bincang-bincang Toped dengan Verra berikut ini.

Hai Verra, adakah cerita dibalik pilihan nama toko “Figure Online Shop”?

Awalnya produk-produk yang saya jual adalah aneka figure tokoh animasi, sehingga timbul gagasan untuk memberikan nama toko online saya adalah “Figure Online Shop”. Namun seiring berjalannya waktu, kini saya juga menjual produk lain yang juga masih bertemakan tokoh animasi.

Mengapa kamu lebih memilih berjualan online daripada offline?

Saya lebih memilih untuk berjualan online karena sebagai seorang ibu rumah tangga, saya tidak memiliki banyak waktu untuk bekerja di luar rumah. Namun di sisi lain, saya ingin punya penghasilan sendiri. Nah dengan berjualan online, saya dapat mewujudkan keinginan saya untuk punya penghasilan sendiri dan tetap memiliki waktu untuk keluarga.

Selain itu, saya juga melihat bahwa target pasar online sangat luas dan mencakup seluruh Indonesia, sedangkan target pasar offline hanya sebatas pada lingkungan sekitarnya saja. Dengan membuka toko online, saya juga tidak perlu mengeluarkan biaya operasional yang besar seperti sewa toko dan gaji pegawai.

Sejak kapan mulai berjualan online?

Saya berjualan online sejak tahun 2011 diawali dengan rasa penasaran. Saat itu saya melihat banyak teman dan saudara saya sukses dalam bisnis online. Banyak dari mereka yang meninggalkan statusnya sebagai pegawai dan beralih menjadi pengusaha online, karena lebih banyak mendapatkan penghasilan dengan bisnis mereka.

Hal ini yang membuat saya mulai berpikir “kalau mereka bisa, pasti saya juga bisa”. Akhirnya dengan pengetahuan nol tentang berjualan online, saya mencoba mencari informasi dari teman dan saudara. Saya bertanya kepada mereka “bagaimana cara memulai dan dimana saya harus berjualan? Ada yang menjawab jualan di Facebook, Blog, beli Website, dan sebagainya.

Akhirnya saya coba berjualan di blog. Susah payah saya pelajari cara membuat blog, akhirnya blog itupun selesai juga. Masalah berikutnya,  bagaimana cara berjualannya? Kok rasanya seperti berjualan di hutan belantara, sepi dan nyaris tidak ada pengunjung. Suatu waktu ternyata ada juga yang mampir. Mulanya senang tapi akhirnya kecewa, yang datang bukan berminat untuk membeli tetapi datang untuk “Permisi, numpang promo ya”. Lama tidak ada pengunjung, akhirnya saya tinggalkan blog tersebut.

Bagaimana kamu bisa berjualan di Tokopedia dan bagaimana pengalaman awal mulai berjualan online?

Saya mengenal Tokopedia dari saudara saya yang telah membuka toko online di Tokopedia terlebih dahulu. Dia menceritakan banyak hal yang membuat saya tertarik, daftar toko online sekarang bisa langsung jualan sekarang juga, apalagi katanya “GRATIS”. Awalnya saya ragu dan kurang percaya. Apa betul buka toko online semudah itu dan gratis pula.

Lalu saya coba buka website Tokopedia dan mempelajarinya. Kesan pertama melihat website Tokopedia adalah sangat simple dan mudah dimengerti. Akhirnya saya pun tertarik dan langsung mendaftar sebagai penjual di Tokopedia. Ini adalah pengalaman pertama saya berjualan di mall online.

FIGURE1

Berapa modal awal saat pertama kali berjualan di Tokopedia? Dan berapa keuntungan yang Anda peroleh setiap bulannya?

Modal awal berjualan di  tokopedia Rp 400.000,- dengan jumlah produk yang dijual  waktu itu sekitar 20 item. Keuntungan tiap bulan tidak menentu, kalau dilihat nominalnya, setara dengan gaji saya sewaktu menjadi pegawai swasta.

Produk-produk apa saja yang kamu jual? Lalu produk apa yang paling diminati oleh pembeli?

Produk yang saya jual berupa figure, boneka, perlengkapan rumah, perlengkapan sekolah, aksesoris wanita dan jenis produk lainnya yang berbentuk atau bergambar karakter animasi, yang kini sudah mencapai 600-an item. Produk berkarakter Hello Kitty, Doraemon, Frozen dan Minion adalah produk-produk yang paling banyak diminati oleh pembeli di toko online saya.

cats

1111111Adakah pengalaman unik selama kamu berjualan dan bertransaksi menggunakan Tokopedia?

Pengalaman unik yang sekaligus menjadi motivasi awal dari perjalanan berjualan online saya datang dari pembeli saya yang pertama. Dua minggu setelah meng-upload produk pertama, akhirnya ada juga yang belanja. Dia adalah seorang bapak yang membelikan mainan untuk anaknya. Setelah barang diterima, ulasan yang diberikan sungguh luar biasa. Dia mengaku sangat puas dengan pelayanan dan produk yang saya jual, anaknya pun senang sekali dengan mainan barunya tersebut. Kemudian dia menyarankan untuk menambah produk karena dia akan kembali lagi untuk berbelanja dan berharap toko online saya menjadi sukses.

Mendapat penghargaan dan kepercayaan dari customer seperti itu membuat saya merasa senang dan termotivasi, apalagi waktu itu saya hanya penjual baru yang belum tahu banyak mengenai bisnis online. Sejak saat itu saya mulai bersemangat berjualan di Tokopedia.

Bagaimana cara kamu menjaga kepercayaan dan kepuasan dari para pembeli?

Sebagai penjual, tentunya saya harus memberikan pelayanan terbaik untuk pembeli dan produk yang dijual juga merupakan produk pilihan dengan kualitas baik. Foto produk yang saya tampilkan di etalase adalah foto asli yang saya ambil sendiri. Jadi bentuk dan warna produk aslinya pasti sama dengan foto. Selain itu, saya selalu melakukan pengecekan terhadap kondisi barang sebelum dikirim kepada pembeli, serta membungkusnya dengan rapi dan aman agar barang diterima dalam kondisi yang tetap baik.

Bila kamu ditempatkan sebagai pembeli, adakah standar dalam pemilihan bahan dan kualitas produk?

Saya senantiasa memilih produk-produk dengan bahan dan kualitas yang baik untuk dijual di Figure Online Shop. Karena sebagai penjual, saya juga selalu menempatkan diri selayaknya seorang pembeli yang menghendaki produk yang dibelinya memiliki bahan dan kualitas yang baik.

Apa kesan kamu selama berjualan di Tokopedia dan adakah masukan untuk Tokopedia?

Tokopedia memberikan banyak kemudahan dan rasa aman dalam bertransaksi jual-beli online, baik bagi penjual maupun pembeli. Dikelola oleh tim yang profesional, bertanggung jawab dan bersahabat, serta fitur-fitur yang mudah dipahami, membuat transaksi jual-beli online jadi lebih mudah. Di samping itu, lalu lintas pengunjung Tokopedia pun sangat ramai. Jika dilihat dari beberapa mall online yang saya ikuti, hanya Tokopedia yang paling banyak mendatangkan order.

Saya sarankan bagi yang belum memiliki penghasilan atau ingin mendapat penghasilan tambahan, jangan ragu untuk bergabung menjadi penjual di Tokopedia. Melalui Tokopedia, setiap orang bisa menjadi “Pengusaha Online”.

Saya juga ingin memberi saran untuk Tokopedia. Kalau bisa ditambahkan fitur Varian (misalnya: flashdisk 4 GB, 8 GB, 16 GB) dan fitur Stok (optional) dari masing-masing produk. Selain itu, mungkin juga disediakan fitur “Chat” langsung dengan Customer Care, sehingga tidak terlalu lama menunggu jawaban dari Customer Care jika ada pertanyaan yang memerlukan jawaban cepat.

Apa saran kamu untuk para penjual lain yang juga belum lama memulai berjualan di Tokopedia?

Untuk para penjual baru, jangan mudah putus asa jika sampai saat ini belum mendapatkan pembeli. Teruslah berkreasi dan jadikan toko Anda berbeda dengan toko-toko lain, dan buatlah calon pembeli jatuh cinta pada pandangan pertama ketika melihat toko Anda. Selain itu, tampilkan foto produk secara jelas dan detail, serta berikan layanan yang cepat dan ramah.

Wah ternyata perjalanan dari owner Figure Online Shop ini menarik sekali ya Toppers, mulai dari pengalaman yang “nol” tentang bisnis online, kini bisa sukses berjualan online melalui Tokopedia.

Terima kasih banyak, Verra, sudah mau berbagi cerita kepada Toped dan Toppers. Sukses terus untuk Figure Online Shop. Semoga semangat jualan online kamu dapat menular ke penjual-penjual baru di Tokopedia :D

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
Seller Story
Kebakaran Tidak Menghanguskan Semangat Pemilik 40 Ekor Kucing ini untuk Berkreasi
© 2009-2024, PT Tokopedia