Victor Leonardo: Mahasiswa Mata-Mata

/   Seller Story

Jangan salah sangka dulu. Julukan tersebut diberikan bukan karena Victor Leonardo adalah salah seorang agen rahasia badan intelijen CIA, atau mungkin BIN (Badan Intelijen Negara) yang lebih masuk akal. Julukan tersebut diberikan semata-mata karena di usianya yang masih cukup muda, Victor yang lebih akrab dipanggil Vic ini telah berhasil mengembangkan dan menyukseskan bisnis onlinenya, melalui pengetahuannya akan segala jenis alat-alat pengintai yang dijualnya tersebut.

Namun meskipun bisnis yang ditekuninya itu merupakan bidang yang dapat dibilang cukup menarik, tidak terbesit sekalipun di pikiran mahasiswa jurusan manajemen ekonomi ini untuk terjun dan mendalami ilmu memata-matai atau mengintai.

Lantas apa rencana yang ada di benak pemilik toko SpyGadget di Tokopedia ini selepas kuliah nanti? Dan kemana kesuksesan Victor akan membawanya? Semua itu akan Anda ketahui dengan membaca penuturan beliau di bawah ini. Tak hanya itu, Victor juga membagikan sedikit pengetahuannya akan perangkat-perangkat pengintai yang dijualnya itu. Menarik? Teruskan membaca.

Victor Leonardo pemilik toko SpyGadget, beserta sang Ibu

Sejak kapan Victor menjalani bisnis online ini?
Pertama kali tertarik dunia bisnis online pada umur 17 tahun, saat kakak saya menggeluti bisnis ini pada sebuah forum. Saya pun akhirnya mencoba dengan bantuan ibu dan kakak saya hingga saat ini. Dari kakak saya jugalah saya mengenal Tokopedia.

Apa yang membuat Victor tertarik akan alat-alat pengintai seperti yang dijual?
Yang membuat saya tertarik adalah bentuknya tidak mudah dikenali bahwa itu adalah alat pengintai. Selain itu hasil rekamannya juga cukup bagus.

Apa saja sih kegunaan produk-produk semacam itu?
Sangat banyak tentunya. Umumnya produk-produk tersebut memiliki kegunaan seperti CCTV. Namun berbeda dengan CCTV yang sudah pasti dapat dikenali, kamera pengintai jauh lebih efektif untuk menangkap kecurangan maupun kejahatan, oleh karena bentuknya yang sulit dikenali.

Kalangan mana saja yang paling banyak membeli?
Kurang-lebih 90% pria, dengan batasan umur 20 hingga 45 tahun.

Lalu bagaimana kaitan antara produk-produk tersebut dengan hak privasi seseorang?
Sebetulnya tergantung masing-masing pemakai. Meskipun demikian, saya senantiasa menganjurkan agar pemakaian alat-alat tersebut bertujuan positif.

Ada tips tertentu untuk menghindari pengintaian? Terutama untuk kaum hawa yang biasanya rentan diintip?
Lebih hati-hati saja dalam memperhatikan orang-orang dan benda-benda yang tidak wajar di sekeliling, terlebih apabila sedang sendirian.

Saat ini kesibukan Victor apa saja selain menekuni bisnisnya?
Saat ini saya masih duduk di bangku kuliah, menekuni manajemen ekonomi.

Bagaimana dengan waktu luang dan hobi?
Waktu luang yang ada saya gunakan untuk berkumpul bersama teman-teman, nonton TV, atau bermain komputer.

Sebagai salah satu penjual dengan tingkat penjualan yang cukup tinggi di Tokopedia, bagaimana Victor menyiasati hal tersebut?
Yang saya utamakan adalah harga, kualitas, dan layanan purna jual untuk para pembeli.

Apa kelebihan Tokopedia dibandingkan dengan pengalaman-pengalaman berjualan Victor sebelumnya?
Sistem transaksi yang aman, dan juga dukungan fitur-fitur seperti sistem tracking, etalase yang menarik, talk about it, review, dan sebagainya.

Bisa dibagikan sejumlah tips untuk sesama penjual online?
Berikut beberapa tips dari saya; menjaga komunikasi dan menanggapi kritik secara kritis, memberikan deskripsi produk sesuai dengan keadaan yang sebenarnya agar tidak mengecewakan pembeli, menjaga kualitas produk dengan harga yang bersaing, berusaha menciptakan inovasi-inovasi yang tidak terpikirkan pesaing.

Apa harapan Victor untuk Tokopedia di masa mendatang?
Untuk ke depannya harapan saya semoga tokopedia bisa menjadi website jual-beli yang lebih luas lagi, mencakup lebih banyak penjual dan pembeli, dan apabila memungkinkan go internasional juga.

Lalu bagaimana dengan harapan untuk diri Victor sendiri selepas kuliah? Apakah ingin terjun di dunia mata-mata seperti James Bond?
Hahaha.. tentu tidak. Hobi saya menjual, bukan mengintai. Saya hanya ingin menjadi seorang wiraswasta handal setelah lulus.

Victor Leonardo adalah pemilik toko online SpyGadget yang menjual berbagai perlengkapan mengintai.

THEAUTHOR

Tokopedia

Tokopedia has written 331 Article, See all posts