Yuk Kenali Foundation yang Sesuai dengan Jenis Kulit Wajah Kamu!

3955
TIPS MEMILIH FOUNDATION SESUAI DENGAN JENIS KULIT WAJAH

Memiliki kulit wajah yang flawless tentunya menjadi impian semua wanita, pasti Toppers juga kan? Sayangnya, tidak semua wanita bisa memiliki kulit wajah yang cantik, bersih dan sehat sempurna. Flek hitam, jerawat, garis-garis halus dan warna kulit wajah yang tidak merata sering kali menjadi penghalang untuk tampil cantik.

Untungnya, saat ini sudah banyak cara untuk menyamarkan kekurangan pada wajah, salah satunya dengan menggunakan foundation. Alas bedak ini mampu menyembunyikan noda pada wajah dan juga meratakan warna kulit, sehingga membuat tampilan wajah kamu terlihat lebih sempurna. Bahkan bisa dibilang, salah satu kunci kesuksesan dari riasan wajah terletak pada foundation yang digunakan.

Namun untuk mendapatkan hasil riasan yang maksimal dan flawless, tentunya kamu tidak boleh sembarang memilih foundation yah, Toppers. Jangan sampai alas bedak yang kamu pilih justru malah merusak tampilan, apalagi sampai merusak kesehatan kulit wajah kamu. Hal terpenting yang wajib kamu lakukan adalah mengetahui jenis kulit kamu dan jenis foundation seperti apa yang cocok untuk diaplikasikan pada wajah kamu. Masih bingung memilih foundation yang cocok untuk kulit wajah kamu? Langsung cari tahu di sini yuk!

1. Kulit Normal

Sheer foundation

Bagi kamu yang memiliki kulit yang tergolong normal, jenis foundation yang satu ini bisa kamu coba. Kandungan silikon di dalamnya membuat sheer foundation sangat mudah diaplikasikan dan membuat wajah tampak segar secara alami tanpa terlihat berminyak. Saat digunakan, alas bedak ini juga akan terlihat sangat menyatu dengan kulit, sehingga membuat kamu terlihat seperti tidak menggunakan make-up. Cocok banget deh untuk kamu yang suka riasan wajah natural ala-ala Korea.

Stick foundation

STICK FOUNDATION
Sumber foto: dermstore.com

Bentuknya yang simpel dan mudah dibawa kemana-mana membuat stick foundation banyak diminati oleh wanita yang sering bepergian. Selain kemudahan dalam membawanya, alas bedak berbentuk stik ini juga banyak diminati karena mampu menyamarkan jerawat dan flek hitam. Namun karena teksturnya yang agak “berat”, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan jenis foundation yang satu ini karena bisa berakibat pada munculnya jerawat pada wajah. Disarankan untuk menghindari menggunakan stick foundation untuk tampilan make-up sehari-hari.

2. Kulit kering

Oil-based foundation

Nggak mau memakai foundation karena takut kulit wajah kamu justru tambah kering? Tenang.. Ternyata ada loh foundation yang khusus diciptakan untuk kamu yang berkulit kering, salah satunya oil-based foundation. Selain melembabkan kulit, kandungan minyak di dalamnya akan memberikan hasil riasan yang maksimal tapi tetap terlihat ringan.

Cream foundation

Alas bedak berbentuk krim ini juga sangat cocok dipakai oleh wanita yang memiliki kulit wajah kering. Kandungan pelembab di dalamnya akan membuat wajah kamu terlihat selalu sehat dan segar. Selain itu, cream foundation juga bisa kamu gunakan untuk menyamarkan garis-garis halus, jerawat dan flek hitam loh. Multi fungsi banget yah Toppers? Tapi kekurangannya, foundation jenis ini akan membuat riasan wajah kamu terkesan lebih berat, sehingga lebih cocok digunakan saat ke acara formal. Sementara untuk penampilan sehari-hari, oil-based foundation bisa jadi pilihan yang paling tepat.

Mousse foundation

MOUSSE FOUNDATION
Sumber foto: makeupstash.com

Sesuai dengan namanya, alas bedak yang satu ini memiliki tekstur yang halus dan lembut seperti busa. Pada dasarnya foundation ini cocok untuk semua jenis kulit, tapi jauh lebih cocok untuk kulit kering. Kandungan airnya yang tinggi akan membuat kelembaban kulit wajah kamu tetap terjaga. Dengan menggunakan mousse foundation, hasil riasan wajah kamu pun akan terlihat sangat natural dan lebih muda karena tidak menimbulkan gumpalan di sekitar kulit yang sudah mulai berkerut.

3. Kulit berminyak

Matte foundation

Bisa dibilang jenis foundation yang satu ini memang dirancang khusus untuk wanita dengan kulit wajah yang berminyak. Tapi kamu juga perlu berhati-hati saat menggunakan matte foundation, karena jika digunakan secara berlebihan, hasil riasan kamu akan terlihat berat dan kurang natural. Cukup aplikasikan alas beda ini secara tipis saja yah, Toppers.

Powder foundation

POWDER FOUNDATION
Sumber foto: pinterest.com

Powder foundation merupakan gabungan dari alas bedak dengan bedak tabur yang dikemas dalam satu wadah. Karena teksturnya hampir sama dengan bedak tabur biasa, hasil riasannya pun akan terlihat sangat ringan. Jadi kamu tidak perlu takut untuk menyapukan foundation ini ke wajah kamu lebih dari satu kali dalam sehari. Nah bagi kamu wanita aktif, powder foundation sangat cocok untuk kamu gunakan karena penggunaannya sangat mudah dan cepat. Cukup sapukan ke seluruh bagian wajah dan leher menggunakan spons, sama halnya seperti menggunakan bedak biasa.

4. Semua jenis kulit

Liquid foundation

Foundation berbentuk cair ini merupakan salah satu alas bedak yang sangat cocok untuk semua jenis kulit. Materinya yang lembut dan ringan membuatnya akan sangat mudah meresap ke kulit wajah, sehingga riasan yang dihasilkannya pun tidak akan terkesan berat. Liquid foundation sendiri terdiri dari 2 jenis, satunya berbahan dasar air yang cocok untuk kulit berminyak, satu lainnya berbahan dasar minyak yang lebih cocok untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering.

Spray foundation

SPRAY FOUNDATION
Sumber foto: beautythroughstrength.com

Punya luka bakar dan luka bekas jerawat yang susah dihilangkan? Coba pakai spray foundation deh. Jenis alas bedak yang satu ini sangat cocok untuk semua jenis kulit, terutama untuk kamu yang memiliki masalah dalam menghilangkan bekas luka pada wajah. Karena menurut penelitian, spray foundation sangat baik digunakan pada kulit yang sedang dalam masa penyembuhan dari luka bakar ataupun luka bekas jerawat. Kelebihan lainnya, penggunaan foundation jenis ini juga sangat praktif dan mudah, cukup disemprotkan ke seluruh bagian wajah secara merata.

Two way cake

Tidak punya cukup waktu untuk memulas foundation dan bedak secara terpisah? Two way cake bisa jadi solusinya! Foundation sekaligus bedak ini memang dirancang khusus untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk merias wajah. Bentuknya mirip seperti bedak padat biasanya, jadi kamu tidak perlu menggunakan alas bedak dan bedak secara terpisah. Sangat mudah dan menghemat waktu bukan? Selain menghasilkan riasan yang lebih tahan lama, two way cake juga sangat cocok untuk digunakan untuk semua jenis kulit loh.

Tinted moisturizer

Tinted moisturizer merupakan gabungan dari foundation dan pelembab yang mengandung pigmen warna, sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin memberikan kesan eksotik pada wajah. Kelemahannya, alas bedak yang satu ini tidak bisa menyembunyikan kerutan, flek hitam dan jerawat di wajah. Tapi bagi kamu yang suka riasan ringan dan natural, tinted moisturizer ini bisa jadi pilihan yang paling tepat.

Nah gimana Toppers, sudah tahu kan jenis foundation apa yang paling cocok untuk kulit wajah kamu? Jangan sampai salah memilih lagi yah. Selamat ber-make-up ria! :D

JUAL BB CREAM
Miliki wajah cantik dan sehat seperti artis Korea dengan BB Cream ini!

Bagikan Artikel