5 Hal yang Harus Diketahui Muslim tentang Zakat Mal di Tahun 2020

0
119
zakat mal

Umat muslim mengenal zakat mal sebagai rukun Islam ke 4. Berikut ini panduan lengkap zakat mal bagi kamu yang ingin berzakat pada tahun 2020


Membayar Zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat Muslim. Zakat pun masuk dalam rukun Islam ke-4. Zakat berarti sesuatu yang menyucikan, baik untuk membersihkan diri (zakat fitrah) maupun membersihkan harta (zakat mal).

Seorang Muslim yang mampu secara ekonomi, wajib menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya, baik melalui panitia zakat maupun didistribusikan sendiri.

Bagi kamu seorang muslim yang memiliki harta dan telah memenuhi syarat wajib zakat, jangan lupa untuk membayar Zakat Mal.

Nah, agar lebih mantap memahami Zakat Mal, berikut merupakan 5 hal yang harus kamu pahami, Toppers.

Hal-Hal Penting dalam Zakat Harta

1. Pengertian Zakat Mal

zakat mal
Sumber Gambar: Learn Religions

Zakat mal merupakan suatu perintah untuk memberikan sebagaian harta yang dimiliki kepada golongan yang berhak menerimanya.

Dari segi bahasa, kata “mâl” berarti kecenderungan, atau segala sesuatu yang diinginkan sekali oleh manusia untuk dimiliki dan disimpannya.

Sedangkan menurut syarat, mâl adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki atau dikuasai dan dapat digunakan (dimanfaatkan) sebagaimana lazimnya.

Sesuatu dapat disebut mal jika memenuhi dua syarat yaitu:

  • Dapat dimiliki, disimpan, dihimpun, dikuasai
  • Dapat diambil manfaatnya sebagaimana lazimnya.

BACA JUGA: 17 MANFAAT ZAKAT YANG HARUS DIKETAHUI UMAT ISLAM

2. Nisab Zakat Mal

nisab zakat mal
Sumber Gambar: Islam and Life

Nisab, di dalam Syariah adalah jumlah batasan kepemilikan seorang Muslim selama satu tahun untuk wajib mengeluarkan zakat. Penting bagi umat muslim untuk mengetahui nisab zakat maal.

Nisab atau syarat jumlah minimum zakat mal yaitu, 85 gram jika dalam bentuk emas. Atau bila dalam bentuk harta lain, maka yang setara harga emas 85 gram dari nisab tersebut diambil 2,5% sebagai adar zakat maal.

3. Siapa Saja Yang Berhak Menerima Zakat Mal?

penerima zakat mal
Sumber Gambar: Pinterest/Mary Haggard
  • Fakir dan Miskin

Fakir dan Miskin merupakan warga muslim yang harus diutamakan dalam penerimaan zakat. Fakir merupakan orang atau golongan yang tak memiliki harta untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dan harta tersebut tak mencapai setengah dari kebutuhannya.

Sedangkan golongan miskin merupakan orang yang memiliki sedikit harta yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhannya.

Penyaluran dana zakat kepada fakir miskin macamnya ada dua, yaitu untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari atau untuk memberikan kemampuan berwirausaha.

  • Budak atau Riqab

Di zaman Rasullullah SAW, seorang budak telah menjadi makanan sehari-hari untuk diperlakukan secara tidak manusiawi.

Golongan ini memiliki keinginan untuk merdeka dari penguasaan tuannya dan sedang melakukan pembayaran secara berjangka. Menurut Al Quran, mereka merupakan salah satu penerima zakat yang tidak boleh dilewati.

  • Gharim atau Gharimin

Gharim atau Gharimin diartikan sebagai orang yang terlilit hutang. Termasuk di antaranya adalah orang yang berutang demi kebutuhan pribadi atau utang yang disebabkan karena usaha untuk mendamaikan orang lain.

BACA JUGA: JENIS DAN MACAM-MACAM ZAKAT DALAM ISLAM

  • Mualaf

Mualaf merupakan orang yang baru masuk Islam dan kondisi imannya masih lemah. Seorang mualaf berhak menerima zakat untuk mendukung penguatan iman dan takwa mereka dalam memeluk agama Islam.

Zakat yang diberikan kepada mualaf memiliki peran sosial sebagai alat mempererat persaudaraan sesama muslim.

  • Fisabilillah

Golongan fisabilillah adalah seseorang atau sebuah lembaga yang memiliki kegiatan utama berjuang di jalan Allah dalam rangka menegakkan agama Islam.

Para fisabilillah penerima zakat saat ini dapat berupa organisasi penyiaran dakwah Islam di kota-kota besar, proyek pembangunan masjid, maupun syiar Islam di daerah terpencil.

  • Ibnu Sabil

Ibnu sabil merupakan golongan musafir yang kehabisan perbekalan ketika dalam perjalanan. Di sisi lain, musafir tersebut tengah berada jauh dari tempat tinggal dan mengalami kesulitan untuk minta bantuan kepada anggota keluarganya.

Golongan penerima zakat ini diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak dapat meneruskan perjalanannya terlepas dari golongan mampu atau pun sebaliknya.

  • Amil

Amil merupakan pengurus yang secara khusus mengelola pembagian zakat, dan biasanya memperoleh izin khusus dari pemerintah.

4. Ketentuan Zakat Mal

ketentuan zakat mal
Sumber Gambar: Izzat

Syarat orang wajib zakat adalah, seorang Muslim atau Muslimah, berakal (sadar/tidak gila), sudah baligh, memiliki harta sendiri, dan sudah mencapai nisab.

Sedangkan syarat harta yang wajib dizakati yaitu:

  • Milik Penuh (Almilkuttam)

maksud dari poin diatas yaitu, harta tersebut berada dalam kontrol dan kekuasaanya secara penuh, dan dapat diambil manfaatnya secara penuh.

Harta tersebut didapatkan melalui proses pemilikan yang dibenarkan menurut syariat islam, seperti : usaha, warisan, pemberian negara atau orang lain dan cara-cara yang sah.

  • Berkembang

Harta tersebut dapat bertambah atau berkembang bila diusahakan atau mempunyai potensi untuk berkembang. Misalnya hasil pertanian, perdagangan, ternak, emas, perak, dan uang.

BACA JUGA: PERBEDAAN INFAK DAN SEDEKAH

  • Cukup Nisab

Aritnya yaitu syarat jumlah mi-nimum harta yang dapat dikategorikan sebagai harta wajib zakat.

  • Lebih Dari Kebutuhan Pokok (Alhajatul Ashliyah)

Kebutuhan pokok adalah kebutuhan minimal yang diperlukan seseorang dan keluarga yang menjadi tanggungannya, untuk kelangsungan hidupnya.

Artinya apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi yang bersangkutan tidak dapat hidup layak. Contohnya, belanja sehari-hari, pakaian, rumah, perabot rumah tangga, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

  • Bebas Dari Hutang

Orang yang mempunyai hutang sebesar atau mengurangi senisab yang harus dibayar pada waktu yang sama (dengan waktu mengeluarkan zakat), maka harta tersebut terbebas dari zakat.

Jika setelah dikurangi utang harta wajib zakat menjadi tidak sampai nisab, harta tersebut terbebas dari kewajiban zakat.

  • Berlalu Satu Tahun (Al-Haul)

Maksudnya adalah bahwa pemilikan harta tersebut sudah belalu satu tahun. Persyaratan satu tahun ini hanya berlaku bagi ternak, emas, uang, harta benda yang diperdagangkan, dan lain sebagainya.


Nah itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang zakat mal. Karena berzakat merupakan salah satu kewajiban umat muslim, sudah saatnya kamu menuntaskan kewajibanmu tersebut..

Sekarang, kamu juga bisa menyalurkan zakat secara online melalui Tokopedia Salam. Melalui Tokopedia, zakat kamu akan disalurkan secara tepat kepada mereka yang membutuhkan, Toppers. Mari bantu saudara kamu yang membutuhkan dengan berzakat melalui Tokopedia!

Penulis: Ramanov Barezki