asset-desktopasset-mobile

Platform Perlindungan Kekayaan Intelektual Tokopedia

Selamat datang di Platform Perlindungan Kekayaan Intelektual Tokopedia.

Sebagai pemegang KI, Anda dapat membantu kami melindungi KI melalui Brand Alliance Program atau sarana pelaporan yang telah kami sediakan. Apakah Anda menemukan pelanggaran KI di platform kami? Silakan coba Portal Pelaporan KI kami yang baru untuk proses yang lebih mudah!

Sebagai penjual, temukan informasi lebih lanjut tentang cara mencegah pelanggaran KI di sini.
banner-mobile

Tentang Tokopedia

Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia dengan misi untuk mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Melayani lebih dari 12 juta penjual terdaftar dan menjangkau 99% kecamatan di Indonesia, Tokopedia merupakan platform yang bersifat User Generated Content, dimana dimana penjual bisa mengunggah produk secara mandiri. Di dalam marketplace Tokopedia, terdapat lebih dari 865 juta produk terdaftar diperjualbelikan secara mandiri oleh penjual dan pengguna Tokopedia.
Prinsip kami untuk melindungi Kekayaan Intelektual secara efektif
Sebagai bisnis reputasi dan kepercayaan, Tokopedia berkomitmen untuk melindungi Kekayaan Intelektual (HAKI) dan memastikan keamanan dan kenyamanan seluruh ekosistem kita.
Tokopedia telah melakukan upaya untuk melindungi Kekayaan Intelektual, termasuk dengan mengidentifikasi lebih lanjut serta mengurangi risiko yang terkait dengan produk palsu dalam banyak cara, antara lain dengan mendidik penjual kami secara teratur tentang IP, menyediakan saluran pelaporan bagi pengguna untuk menghapus produk secara berkala. melanggar HKI, dan memberikan sanksi berupa penutupan toko kepada penjual yang tidak memenuhi ketentuan HKI yang ditetapkan oleh sistem.

Kami percaya bahwa perang melawan pemalsuan membutuhkan semua pemangku kepentingan untuk mengatasi masalah di kedua sisi, dan berkolaborasi satu sama lain. Oleh karena itu, sekali lagi kami ingin menegaskan kembali dedikasi kami untuk melindungi Kekayaan Intelektual dengan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan dan Pemerintah Indonesia, dengan harapan dapat menciptakan lebih banyak peluang bisnis online dan berkontribusi pada perekonomian Indonesia.
Komitmen Kami terhadap Perlindungan Kekayaan Intelektual

Kami menggunakan kombinasi sistem pemantauan otomatis dan pengecekan secara manual guna mendeteksi potensi pelanggaran Kekayaan Intelektual. Selain memanfaatkan sumber daya manusia dan teknologi, kami juga menerapkan sejumlah program pencegahan dan penegakan lainnya demi menjaga integritas, kepercayaan, dan keamanan produk di marketplace Tokopedia.
our-commitment-icon

Tim Perlindungan Kekayaan Intelektual (KI)

Kami memiliki tim khusus yang berperan melakukan pemantauan terhadap pelanggaran KI setiap harinya. Tim kami terus melakukan peninjauan terhadap penjual beserta produknya, bekerja sama dengan pemilik merek terkait komplain, dan melakukan penghapusan pelanggaran kekayaan intelektual dengan cepat.

our-commitment-icon

Otomatisasi dan Teknologi

Kami terus berinvestasi dalam meningkatkan kemampuan deteksi kami yang bekerja sepanjang hari. Sistem kami secara proaktif memblokir daftar produk yang melanggar sekaligus menandai kasus yang dicurigai untuk dapat diselidiki secara manual lebih lanjut.

  • Sistem pendeteksi untuk mengecek beragam atribut produk
  • Optical Character Recognition (OCR) dan sistem deteksi gambar
  • Model machine learning untuk mendeteksi pola produk palsu

our-commitment-icon

Portal Pelaporan KI

Pemilik merek/pemegang KI dapat dengan mudah melaporkan pelanggaran KI melalui Portal Pelaporan KI yang memungkinkan pemegang KI untuk meninjau status dan waktu respons terhadap laporan mereka. Baca selengkapnya.

our-commitment-icon

Membangun Kepercayaan dengan Pemilik Merek dan Pemangku Kepentingan

Kami berkolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk memerangi pemalsuan dan pelanggaran KI.

  • Membangun Brand Alliance Program. Pelajari lebih lanjut.
  • Bekerja sama dengan pemilik merek, asosiasi KI, dan regulator.
  • Peninjauan terhadap penjual dan daftar produk, serta melakukan penghapusan terkait pelanggaran KI dengan cepat.

our-commitment-icon

Pemeriksaan Penjual

Penjual mulai ditinjau sejak pendaftaran akun. Untuk toko dengan tingkat yang lebih tinggi seperti Official Store dan Power Merchants, kami juga meninjau informasi seperti detail kontak, kartu identitas, dan lain sebagainya. Silakan klik link di atas untuk detail lebih lanjut.

Kami juga mencegah penjual yang sebelumnya melanggar, untuk membuat akun kembali (seperti memblokir pelanggar berulang). Selain itu, kami mengevaluasi kinerja penjual segera setelah mereka mulai mendaftarkan produk dan melacak pelanggaran kebijakan dalam bentuk pemberian poin penalti.

our-commitment-icon

Penegakan Kebijakan dan Penalti Penjual

Kami memiliki kebijakan pelanggar berulang yang ketat. Penjual ditinjau dengan cermat untuk memastikan mereka patuh terhadap kebijakan produk melalui sistem Skor Performa Toko. Penjual yang melakukan pelanggaran atau pelanggaran berulang dapat dilarang mencantumkan produk, tokonya dimoderasi sementara hingga permanen.

our-commitment-icon

Edukasi Seller

Penjual diedukasi segera setelah mereka membuat akun Tokopedia dan di sepanjang perjalanan mereka berjualan di Tokopedia. Kami menyediakan beberapa konten/artikel edukasi untuk membantu mereka memahami kebijakan kami. Informasi edukasi ini, bersama dengan notifikasi pelanggaran, dikomunikasikan secara berkala kepada penjual melalui email, notification centre, dan dasbor penjual. Informasi tersebut dapat diakses dengan mudah di:

our-commitment-icon

Transparansi Penjual

Kami memastikan pengguna dapat memiliki pengalaman yang nyaman dan memiliki informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan pembelian yang tepat. Halaman toko penjual di Tokopedia memberikan transparansi pada penjual yang mencakup informasi tentang lokasi mereka, masa kerja penjual, rating dan ulasan penjual, dan waktu pemrosesan pesanan mereka. Pengguna dapat menghubungi penjual secara langsung melalui chat dan juga dengan mudah melaporkan potensi pelanggaran produk ke Tokopedia di setiap halaman produk melalui fitur “Laporkan produk”.

Edukasi & Pelaksanaan dalam perlindungan KI di Perjalanan Penjual
education-and-enforcement-illustration
Testimoni
Globaleyez adalah pakar terkemuka dalam perlindungan merek online dan kontrol distribusi. Tujuan utama kami adalah untuk melindungi perdagangan eletronik dari klien kami secara menyeluruh serta melindungi hak Kekayaan Intelektual mereka dari semua jenis pelanggaran dan niat kecurangan. Demi mencapai hal ini, kami tidak hanya mengembangkan portofolio layanan yang luas seputar perlindungan merek, tetapi juga secara teratur menjalin kerja sama baru dengan marketplace yang besar, seperti Tokopedia.

Kami sangat senang menjadi bagian dari IPP Tokopedia. Sebagai Brand Protection Agency, kami mewakili hak KI klien kami di seluruh dunia, yang memungkinkan kami untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari berbagai marketplace. Tampilan IPP dasbor juga sangat mudah digunakan dan efisien. Kami sangat berterima kasih atas kerjasama dan komunikasi yang baik dengan tim Tokopedia. (diterjemahkan)

Philip Fleischer

Project Manager globaleyez GmbH

Masa depan Perlindungan Merek terletak pada kemampuan kami untuk berkolaborasi dengan pemilik merek, platform marketplace, dan penegakan hukum. Dengan 250+ ahli dan kantor yang tersebar di AS, Eropa, dan Asia, Red Points telah mendobrak industri yang biasanya dipimpin oleh penyedia layanan dengan platform yang terukur dan hemat biaya, dan telah bermitra dengan pemain global seperti Tokopedia untuk menjadi solusi perlindungan merek online yang paling banyak digunakan di dunia.

Tim Tokopedia sangat kolaboratif. Mereka selalu terbuka untuk menerima tanggapan dari pihak kami. Berkat hubungan ini, kami dapat mengelola eskalasi dengan tepat waktu. (diterjemahkan)

Daniel Shapiro

VP of Brand Relations, Red Points

Kepercayaan adalah dasar bisnis Tokopedia. Dengan lebih dari 865 juta pilihan produk pada platform Tokopedia, kami berkomitmen untuk menjalankan tata kelola bisnis yang baik dan sesuai dengan etika, serta memprioritaskan keamanan dari keseluruhan ekosistem.

Dengan #SelaluAdaSelaluBisa untuk para konsumen, kami terus mengambil langkah nyata untuk melindungi Kekayaan Intelektual, agar para penjual dapat terus mengembangkan bisnisnya dan pembeli bisa mendapatkan produk-produk terbaik. Dalam rangka mendukung kemajuan perekonomian bangsa, kami ingin menegaskan kembali dedikasi kami untuk melindungi Kekayaan Intelektual (KI) bersama seluruh pihak terkait, termasuk Pemerintah Indonesia.

Leontinus Alpha Edison

Vice Chairman and Co-Founder, Tokopedia

Pharmaceutical Security Institute (PSI) adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk melindungi kesehatan masyarakat dengan berbagi wawasan dan informasi penting mengenai pemalsuan obat-obatan dengan mitra yang sejalan dan lembaga penegak hukum.

Tokopedia memiliki pemahaman yang mendalam tentang perlunya melindungi keselamatan publik dengan mendorong kemitraan publik-swasta. Tim HKI mengadopsi pendekatan proaktif dan reaktif saat memerangi kejahatan farmasi. Tokopedia adalah mitra yang hebat untuk menghadapi tantangan di depan mata. (diterjemahkan)

Ramesh Kishore

The Pharmaceutical Security Institute (PSI)

Tim Tokopedia selalu merespon feedback dari Xiaomi dengan cepat. Inisiatif ini (Brand Alliance Program) sangat membantu kami dalam melindungi brand dan produk Xiaomi di toko resmi yang ada di platform Tokopedia. Berkat kerja sama dan komunikasi yang baik dengan tim Tokopedia, kami dapat memberikan kenyamanan dan keamanan untuk para Xiaomi Fans untuk berbelanja produk resmi dan memberikan inovasi kepada semua orang.
Zhao Wentao

Country Director of Xiaomi Indonesia

Proses pelaporan produk palsu di website IPP Tokopedia sangat mudah. Proses take down yang dilakukan oleh tim Tokopedia juga sangat cepat. Kami sangat mengapresiasi hal ini.

Selain itu, jika ada kendala yang dihadapi seperti belum diprosesnya report yang disubmit, tim Relationship Manager (RM) dan tim IP Protection Tokopedia dapat langsung membantu kendala tersebut.
Online Team

Logitech Indonesia

Globaleyez adalah pakar terkemuka dalam perlindungan merek online dan kontrol distribusi. Tujuan utama kami adalah untuk melindungi perdagangan eletronik dari klien kami secara menyeluruh serta melindungi hak Kekayaan Intelektual mereka dari semua jenis pelanggaran dan niat kecurangan. Demi mencapai hal ini, kami tidak hanya mengembangkan portofolio layanan yang luas seputar perlindungan merek, tetapi juga secara teratur menjalin kerja sama baru dengan marketplace yang besar, seperti Tokopedia.

Kami sangat senang menjadi bagian dari IPP Tokopedia. Sebagai Brand Protection Agency, kami mewakili hak KI klien kami di seluruh dunia, yang memungkinkan kami untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari berbagai marketplace. Tampilan IPP dasbor juga sangat mudah digunakan dan efisien. Kami sangat berterima kasih atas kerjasama dan komunikasi yang baik dengan tim Tokopedia. (diterjemahkan)

Philip Fleischer

Project Manager globaleyez GmbH

Masa depan Perlindungan Merek terletak pada kemampuan kami untuk berkolaborasi dengan pemilik merek, platform marketplace, dan penegakan hukum. Dengan 250+ ahli dan kantor yang tersebar di AS, Eropa, dan Asia, Red Points telah mendobrak industri yang biasanya dipimpin oleh penyedia layanan dengan platform yang terukur dan hemat biaya, dan telah bermitra dengan pemain global seperti Tokopedia untuk menjadi solusi perlindungan merek online yang paling banyak digunakan di dunia.

Tim Tokopedia sangat kolaboratif. Mereka selalu terbuka untuk menerima tanggapan dari pihak kami. Berkat hubungan ini, kami dapat mengelola eskalasi dengan tepat waktu. (diterjemahkan)

Daniel Shapiro

VP of Brand Relations, Red Points

Kepercayaan adalah dasar bisnis Tokopedia. Dengan lebih dari 865 juta pilihan produk pada platform Tokopedia, kami berkomitmen untuk menjalankan tata kelola bisnis yang baik dan sesuai dengan etika, serta memprioritaskan keamanan dari keseluruhan ekosistem.

Dengan #SelaluAdaSelaluBisa untuk para konsumen, kami terus mengambil langkah nyata untuk melindungi Kekayaan Intelektual, agar para penjual dapat terus mengembangkan bisnisnya dan pembeli bisa mendapatkan produk-produk terbaik. Dalam rangka mendukung kemajuan perekonomian bangsa, kami ingin menegaskan kembali dedikasi kami untuk melindungi Kekayaan Intelektual (KI) bersama seluruh pihak terkait, termasuk Pemerintah Indonesia.

Leontinus Alpha Edison

Vice Chairman and Co-Founder, Tokopedia

Pharmaceutical Security Institute (PSI) adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk melindungi kesehatan masyarakat dengan berbagi wawasan dan informasi penting mengenai pemalsuan obat-obatan dengan mitra yang sejalan dan lembaga penegak hukum.

Tokopedia memiliki pemahaman yang mendalam tentang perlunya melindungi keselamatan publik dengan mendorong kemitraan publik-swasta. Tim HKI mengadopsi pendekatan proaktif dan reaktif saat memerangi kejahatan farmasi. Tokopedia adalah mitra yang hebat untuk menghadapi tantangan di depan mata. (diterjemahkan)

Ramesh Kishore

The Pharmaceutical Security Institute (PSI)

See more testimonials from our Brand Alliance members
bg-data

Sepanjang semester pertama 2022, Tokopedia telah melakukan berbagai upaya untuk melindungi Kekayaan Intelektual yang telah menghasilkan:

> 300%
Peningkatan jumlah penghapusan produk yang melanggar KI
> 47%
Peningkatan jumlah moderasi toko yang melanggar KI
*dibandingkan dengan semester kedua 2021.
Lihat Laporan Perlindungan KI Tokopedia di semester pertama tahun 2022

Instruksi Pelaporan

  • icon-report-Menemukan merek/ciptaan Anda dijual oleh pihak lain tanpa seizin Anda?
    Menemukan merek/ciptaan Anda dijual oleh pihak lain tanpa seizin Anda?
  • icon-report-Silahkan baca <a href="https://www.tokopedia.com/perlindungan-kekayaan-intelektual/pelaporan" target="_blank">panduan pelaporan</a> pada website ini dan lakukan pelaporan.
    Silahkan baca panduan pelaporan pada website ini dan lakukan pelaporan.
  • icon-report-Tim Tokopedia akan mengevaluasi laporan Anda.
    Tim Tokopedia akan mengevaluasi laporan Anda.
  • icon-report-Jika valid, maka konten yang Anda laporkan akan mendapatkan beberapa sanksi. <a href="https://www.tokopedia.com/perlindungan-kekayaan-intelektual/konsekuensi" target="_blank">Pelajari selengkapnya.</a>
    Jika valid, maka konten yang Anda laporkan akan mendapatkan beberapa sanksi. Pelajari selengkapnya.
icon-report-Menemukan merek/ciptaan Anda dijual oleh pihak lain tanpa seizin Anda?
Menemukan merek/ciptaan Anda dijual oleh pihak lain tanpa seizin Anda?
dash
icon-report-Silahkan baca <a href="https://www.tokopedia.com/perlindungan-kekayaan-intelektual/pelaporan" target="_blank">panduan pelaporan</a> pada website ini dan lakukan pelaporan.
Silahkan baca panduan pelaporan pada website ini dan lakukan pelaporan.
dash
icon-report-Tim Tokopedia akan mengevaluasi laporan Anda.
Tim Tokopedia akan mengevaluasi laporan Anda.
dash
icon-report-Jika valid, maka konten yang Anda laporkan akan mendapatkan beberapa sanksi. <a href="https://www.tokopedia.com/perlindungan-kekayaan-intelektual/konsekuensi" target="_blank">Pelajari selengkapnya.</a>
Jika valid, maka konten yang Anda laporkan akan mendapatkan beberapa sanksi. Pelajari selengkapnya.