Konsekuensi Apabila Produk Melanggar Kekayaan Intelektual (KI)

  • Checkmark

    Produk dihapus oleh Tokopedia

    Apabila produk Anda melanggar KI, baik yang berasal dari laporan pemegang KI ataupun dari temuan tim Tokopedia, maka produk tersebut akan dihapus dari etalase toko dan Anda juga akan mendapatkan penalty point.

    Catatan:

    Tim Tokopedia memiliki beberapa kriteria tertentu untuk menentukan produk yang diduga melanggar KI, antara lain apabila ada temuan produk yang mengklaim bahwa produk tersebut palsu di judul ataupun deskripsinya.

  • Checkmark

    Produk serupa berpotensi tidak dapat dijual oleh toko

    Apabila produk Anda dilaporkan oleh pemegang KI dan dihapus dari etalase toko, maka toko Anda berpotensi untuk tidak dapat menjual produk baru yang serupa dengan produk yang dilaporkan.

    Catatan:

    Jika Anda mencoba untuk mengunggah produk yang serupa dengan yang dilaporkan sebelumnya, maka produk Anda akan secara otomatis dalam pengawasan Tokopedia, yang mengakibatkan produk Anda tidak dapat ditemukan di halaman toko dan halaman pencarian Tokopedia.

  • Checkmark

    Toko berpotensi dimoderasi oleh Tokopedia

    Apabila toko telah mencapai ambang batas penalty point yang ditentukan, maka toko akan dimoderasi sementara. kemudian apabila Anda melakukan pelanggaran berulang yang menyebabkan toko Anda dimoderasi kembali, maka pada batas penalty point tertentu, toko Anda akan dimoderasi permanen.

Catatan:

Setiap konsekuensi di atas akan diikuti dengan notifikasi yang dikirimkan kepada Anda melalui email, notification center, dan Informasi di Seller Dashboard.

Flow ketika produk melanggar Kekayaan Intelektual (KI)

Flow ketika produk melanggar Kekayaan Intelektual (KI)

Apa itu Penalty Point?

Penalty Point adalah sistem yang menghitung dan memberikan poin/skor atas pelanggaran yang dilakukan oleh penjual Tokopedia. Akumulasi poin/skor dapat menyebabkan bentuk sanksi yang lebih berat, mulai dari moderasi toko sementara hingga moderasi toko secara permanen.

Sistem Penalty Point dibentuk untuk memberikan tindakan yang lebih tegas dan mencegah toko yang sama melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia secara berulang terkait dengan Kekayaan Intelektual.

Sistem Skor Penalty Point

Toko akan mendapatkan Penalty Point ketika produk mereka dihapus karena produk tersebut melanggar Kekayaan Intelektual. Penghapusan produk tersebut akan memicu Penalty Point untuk toko dengan skor awal 10 (sepuluh) poin per tautan produk berdasarkan berbagai jenis pelanggaran KI.

  • 20 Poin

    Saat toko dilaporkan oleh Pemegang KI yang sama sebanyak 2 (dua) kali.

  • 30 Poin

    Saat toko dilaporkan oleh Pemegang KI yang sama sebanyak 3 (tiga) kali.

  • 40 Poin

    Saat toko dilaporkan oleh Pemegang KI yang sama lebih dari 3 (tiga) kali.

Tabel di atas merupakan skema penambahan <i><b>Penalty Point</b></i> saat toko dilaporkan oleh Pemegang KI yang sama. Penambahan Penalty Point yang baru, akan berlaku pada laporan di hari selanjutnya.

* Saat Skor >= 100, toko akan mendapatkan pesan peringatan melalui email dan notif center.

** Saat Skor >= 140, toko akan dimoderasi.

Tabel di atas merupakan skema penambahan Penalty Point saat toko dilaporkan oleh Pemegang KI yang sama. Penambahan Penalty Point yang baru, akan berlaku pada laporan di hari selanjutnya.

Sistem Interval Penalty Point

Untuk menyeimbangkan dampak dari skor Penalty Point terhadap banyaknya laporan kepada satu toko dalam jangka waktu yang singkat, Tokopedia menerapkan aturan interval selama 24 (dua puluh empat) jam.

Sistem hanya akan menambahkan skor Penalty Point tertinggi yang diperoleh sebuah toko dalam satu hari tanpa mempertimbangkan jumlah tautan produk yang dihapus dari toko tersebut. Penambahan Penalty Point akan kembali ke nol pada pukul 00:00 setiap hari.

Apakah Toko yang Termoderasi Masih Bisa Dibuka Kembali?

Moderasi Toko adalah bentuk sanksi yang diberikan kepada penjual yang memiliki akumulasi skor Penalty Point hingga mencapai ambang batas tertentu. Toko yang telah dimoderasi tidak akan dapat melakukan proses transaksi baru dan tidak dapat ditemukan di halaman hasil pencarian platform Tokopedia.

Ambang Batas Moderasi Toko

Saat skor Penalty Point mencapai

  • 100 Poin

    Penjual akan mendapatkan notifikasi berupa peringatan melalui email dan notification center.

  • 140 Poin

    Toko akan dimoderasi secara otomatis dan mendapatkan notifikasi di email dan notification center.

Moderasi toko yang berulang akan memicu moderasi permanen yang menyebabkan toko tidak dapat dibuka kembali. Ambang batas toleransi hingga moderasi permanen dibagi berdasarkan lencana Toko seperti di bawah ini:

Penjual dapat meminta untuk membuka kembali Toko mereka yang termoderasi kepada Tokopedia jika jumlah moderasi Toko tersebut di bawah atau sama dengan ambang batas moderasi permanen. <i><b>Penalty Point</b></i> Toko kembali menjadi nol saat toko yang termoderasi sudah dibukakan kembali. Selanjutnya, penjual dilarang mengulangi pelanggaran dan wajib mempelajari materi Perlindungan KI di <span><a href='/'  target='_blank' rel='noopener noreferrer'>Platform Perlindungan KI Tokopedia</a>/<a href='/' target='_blank' rel='noopener noreferrer'>Halaman Edukasi Penjual</a></span>.

Penjual dapat meminta untuk membuka kembali Toko mereka yang termoderasi kepada Tokopedia jika jumlah moderasi Toko tersebut di bawah atau sama dengan ambang batas moderasi permanen. Penalty Point Toko kembali menjadi nol saat toko yang termoderasi sudah dibukakan kembali. Selanjutnya, penjual dilarang mengulangi pelanggaran dan wajib mempelajari materi Perlindungan KI di Platform Perlindungan KI Tokopedia/Halaman Edukasi Penjual.

Notifikasi Yang Diterima Oleh Penjual

  • Produk dihapus
  • Produk dalam pengawasan
  • Toko dimoderasi

Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email, notification center Tokopedia, seller dashboard Tokopedia, dan halaman toko Tokopedia yang berisi informasi:

  • Laporan berasal dari pemegang KI
  • Kategori melanggar KI oleh Tokopedia
  1. 1
    Tautan produk Anda yang dilaporkan dan dihapus oleh Tokopedia.
  2. 2
    Kontak perwakilan pelapor antara lain
    • Nama
    • Perusahaan
    • Jabatan
    • Email
    • Nomor Telepon

    Email dan/atau nomor telepon yang terlampir tersebut dapat Anda hubungi apabila Anda keberatan/ingin menyanggah laporan tersebut.

  3. 3
    Detail penyebab mengapa produk Anda dianggap melanggar KI.

    Contoh:

    Produk Anda dilaporkan karena pelanggaran merek, yang disebabkan oleh:

    • Penggunaan merek tanpa izin pada nama produk, dan/atau
    • Penggunaan merek tanpa izin pada deskripsi produk
  4. 4
    Pemberitahuan terkait Anda berpotensi tidak dapat mengunggah/menjual kembali produk yang sama/sejenis dengan produk Anda yang dilaporkan. Serta arahan untuk membuat kesepakatan dengan pihak pelapor, apabila Anda ingin mengunggah/menjual produk yang sama/sejenis tersebut kembali.
  5. 5
    Potensi tawaran untuk mengikuti Authorized Seller Program (ASP) dan kontak perwakilan pemegang KI, berupa nama dan email, yang bertanggung jawab atas program tersebut.

    Apabila Anda mendapatkan tawaran tersebut dan tertarik untuk bergabung atau mengetahui lebih lanjut mengenai ASP dari pihak pemegang KI yang melaporkan produk Anda, Anda dapat menghubungi email yang terlampir.

    Catatan

    Authorized Seller Program (ASP) merupakan program yang dibangun oleh Tokopedia bersama pemegang KI, untuk memberikan kesempatan kepada penjual yang produknya dilaporkan agar tetap dapat menjalankan bisnisnya di platform Tokopedia. Pelajari selengkapnya

    Melalui program ini, penjual berpotensi menjadi penjual resmi dari Pemegang KI tertentu, khususnya yang pernah melaporkan produk Anda.

Butuh bantuan lebih lanjut?
Tim Tokopedia Care selalu siap membantu 24/7

Hubungi Tokopedia Care