Tokopedia
Brand Alliance Program

Brand Alliance Program Tokopedia dibentuk agar Tokopedia dan pemegang KI dapat berdiskusi dan bekerjasama secara berkesinambungan untuk memerangi pemalsuan di platform Tokopedia secara efektif.

Latar Belakang Brand Alliance Program

Kolaborasi dengan pihak berkepentingan adalah salah satu cara paling efektif untuk menjaga Kekayaan Intelektual (KI) sekaligus menanggulangi masalah pemalsuan.

Program ini dirancang bagi para pemegang KI yang telah memenuhi syarat untuk bergabung sebagai anggota Brand Alliance Program. Pada akhirnya, program ini bertujuan untuk membangun lingkungan kerja sama yang inklusif guna memperkuat perlindungan KI untuk kepentingan pemegang KI, platform e-commerce C2C, dan konsumen.

Apa itu Brand Alliance Program?

Icon Online IP Protection Collaboration

Kolaborasi Perlindungan KI Online

Anggota dapat melakukan pelaporan terkait pelanggaran KI secara efektif dan efisien melalui Platform Perlindungan KI sebagai portal pelaporan khusus.

Tokopedia pun menyediakan saluran komunikasi langsung dengan Tim Anti Pemalsuan Tokopedia untuk setiap masalah terkait anggota.

Icon Proactive Monitoring Collaboration

Kolaborasi Pemantauan Proaktif

Anggota dapat memberikan kriteria kepada Tokopedia untuk mengidentifikasi produk palsu.

Tokopedia akan melakukan penelusuran dan menginformasikan daftar produk yang berpotensi palsu kepada anggota.

Manfaat Program

Satu kali pendaftaran legalitas dokumen

Satu kali pendaftaran legalitas dokumen

Program ini hanya membutuhkan satu kali proses pendaftaran di mana Pemegang KI harus mengunggah semua dokumen penunjang sebagai persyaratan untuk pembuatan laporan.

Peninjauan laporan secara langsung pada dasbor laporan oleh Pemegang KI

Peninjauan laporan secara langsung pada dasbor laporan oleh Pemegang KI

Pemegang KI dapat meninjau status tautan produk yang mereka laporkan secara langsung.

Jangka waktu proses penghapusan yang lebih cepat

Jangka waktu proses penghapusan yang lebih cepat

Program ini hanya akan membutuhkan waktu maksimal 3 hari kerja untuk proses verifikasi dokumen dan maksimal 3 hari kerja untuk proses verifikasi laporan.

Penyediaan statisik pelaporan

Penyediaan statisik pelaporan

Pemegang KI dapat meminta statistik pelaporan kepada Tokopedia kapan pun dalam bentuk periode bulanan.

Terlibat dalam diskusi konstruktif

Terlibat dalam diskusi konstruktif

Anggota dapat mengajukan pertanyaan dan menyampaikan pandangan kepada Tokopedia secara langsung termasuk namun tidak terbatas mengenai program, kebijakan, dan prosedur penghapusan produk palsu melalui email* kepada tim anti pemalsuan Tokopedia.*Alamat email akan diberikan kepada pemegang KI setelah bergabung menjadi anggota.

Bentuk Kerja Sama

Berpartisipasi bersama Tokopedia dalam kegiatan dan/atau upaya penyebaran perlindungan KI

Anggota bersedia untuk berpartisipasi bersama Tokopedia dalam kegiatan dan/atau upaya penyebaran perlindungan KI yang diselenggarakan antara lain oleh asosiasi industri, pembuat kebijakan, atau media.

Berkolaborasi bersama dalam pemantauan dan penghapusan produk palsu secara proaktif

Kolaborasi akan dilakukan dengan cara sebagai berikut:
[Anggota menyediakan informasi kriteria produk > Tokopedia melakukan penarikan data/tindakan pencegahan terhadap produk yang baru diunggah > Anggota mengkonfirmasi > dilakukan penghapusan].

Bergabung dalam Authorized Seller Program Tokopedia

Dengan bergabung dalam Authorized Seller Program (ASP), Pemegang KI akan mendapatkan akses yang lebih luas di ekosistem Tokopedia dan memperkuat jaringan penjual resmi mereka. Pelajari lebih lanjut.

Ketentuan Brand Alliance Program

Pemegang KI harus terdaftar sebagai Official Store di Tokopedia dan diwajibkan untuk bergabung dalam Authorized Seller Program.
Pemegang KI memberikan izin untuk memasang logo, testimoni, dan statistik terkait pencapaian Pemegang KI dalam Brand Alliance Program pada Platform Perlindungan KI Tokopedia.
Pemegang KI berkomitmen untuk melakukan komunikasi proaktif kepada penjual terdampak apabila terdapat sanggahan.