Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
10 Hal yang Membuat Diet Kamu Selalu Gagal
03 June 2014
Share icon
Share
10 Hal yang Membuat Diet Kamu Selalu Gagal

Setiap orang terutama wanita, tentu memimpikan untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal dan proporsional. Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, banyak wanita yang memutuskan untuk menjalani program diet. Namun tidak semua wanita mendapatkan hasil yang maksimal dari program diet yang mereka jalani, karena masih ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang mereka lakukan yang justru dapat menggagalkan program diet mereka.

Berikut 10 hal yang seringkali menjadi faktor penyebab gagalnya program diet yang dilakukan oleh wanita, termasuk Toppers Ladies.

1. Melampiaskan emosi dengan makan

Apakah kamu termasuk orang yang suka melampiaskan perasaan kesal, marah ataupun stres dengan makan berlebihan? Jika iya, kamu harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut dengan cara mengalihkan pikiran kamu ke hal lain saat perasaan tersebut datang. Kamu juga dapat menceritakan kekesalan kamu kepada orang-orang terdekat, seperti orang tua, keluarga, dan sahabat kamu.

2. Fokus hanya pada diet

Kebanyakan orang cenderung fokus untuk melakukan diet makanan saja, tanpa memperhatikan faktor-faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam penurunan berat badan. Untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal, tentunya tidak hanya diet yang harus kamu lakukan. Namun kamu juga menyempurnakannya dengan melakukan olahraga dan tidur secara teratur.

3. Kurang olahraga

Olahraga menjadi salah satu faktor yang tidak kalah penting dalam menentukan keberhasilan diet kamu. Diet yang ketat tanpa diimbangi dengan latihan fisik yang teratur tidak akan membawa perubahan bentuk tubuh yang maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan olahraga rutin setiap hari. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup melakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, senam, ataupun yoga selama 30 menit setiap harinya. Kamu juga dapat menggunakan alat-alat olahraga yang dapat membakar lemak dan kalori berlebih yang ada di tubuh kamu.

4. Kurang tidur

Tidur kurang dari 8 jam sehari akan menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat. Peningkatan hormon ini akan mendorong peningkatnya nafsu makan, yang pada akhirnya justru akan menaikkan berat badan kamu. Selain itu, kurang tidur juga akan membuat metabolisme tubuh menurun. Dengan rendahnya metabolisme, kemampuan tubuh kamu untuk membakar kalori juga akan menurun.

5. Melakukan diet karena tren

Jika kamu mencoba diet hanya karena ikut-ikutan teman kamu, maka jangan harap diet yang kamu jalani akan berhasil. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu harus mengetahui lebih dahulu motivasi kamu sebelum memutuskan untuk melakukan progam diet. Kamu dapat menuliskan motivasi-motivasi kamu pada kertas memo dan menempelkannya di dinding kamar. Jadi, apabila sewaktu-waktu kamu merasa putus asa dan ingin berhenti diet, kamu dapat melihat kembali tulisan tersebut dan pastinya kamu akan kembali merasa termotivasi.

6. Lingkungan tidak mendukung

Berada di lingkungan yang tidak mendukung kamu untuk melakukan program diet cenderung dapat membuat kamu lebih mudah putus asa dan berhenti untuk melakukannya. Dukungan dari orang-orang terdekat seperti orang tua, keluarga, dan teman sangatlah penting dalam mendukung kesuksesan diet kamu. Jika orang terdekat tidak mendukung, kamu harus menjelaskan motivasi kamu untuk berdiet dan berusaha meyakinkan mereka bahwa kamu melakukan program diet ini untuk kesehatan tubuh kamu.

7. Pola diet yang salah

Pola diet yang berhasil dilakukan oleh satu orang, belum tentu akan berhasil saat diterapkan oleh orang lainnya. Hal ini karena keberhasilan diet juga dipengaruhi oleh kecocokan pola diet yang dilakukan dengan kondisi tubuh orang yang menjalaninya. Oleh karena itu, sebelum menjalani program diet tertentu, kamu harus mencari tahu diet seperti apa yang cocok untuk kondisi tubuh kamu.

8. Tidak rutin memantau berat badan

Untuk mengetahui apakah diet yang kamu lakukan berpengaruh dalam penurunan berat badan, kamu harus memantau berat badan kamu secara rutin. Jika tidak melakukannya, kamu tidak akan tahu apakah diet yang kamu jalani cocok atau tidak untuk kamu lakukan. Sebaiknya, selalu pantau penurunan berat badan kamu setiap minggu dan catat setiap penurunan yang terjadi.

9. Melewatkan sarapan

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang yang melewatkan sarapan, bera badannya cenderung mudah bertambah. Pasalnya, orang yang melewatkan sarapan cenderung akan makan siang lebih banyak daripada orang yang sarapan. Selain itu, orang yang melewatkan sarapan cenderung memilih menu makan siang yang memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat tinggi

10. Diet terlalu ketat

Jika kamu sudah terbiasa makan makanan manis dan berlemak, tapi tiba-tiba kamu harus mengubah pola makan kamu secara mendadak, tubuh kamu akan sulit untuk beradaptasi. Akibatnya kamu tidak akan dapat bertahan lama menjalani program diet tersebut. Sesekali kamu boleh memanjakan diri kamu dengan makanan kesukaan kamu, asal jangan berlebihan. Diet yang baik adalah diet yang dilakukan secara perlahan dan berkala, namun memberikan hasil yang maksimal.

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia