• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

17 Ide Lomba 17 Agustus yang Unik, Lengkap dengan Gambar & Cara Main

07 August 2023

Share

17 Ide Lomba 17 Agustus yang Unik, Lengkap dengan Gambar & Cara Main

Cari lomba 17 Agustus yang unik? Cek ide lomba anti mainstream yang wajib kamu coba di hari kemerdekaan ini, dijamin bikin acara seru dan heboh!


Berbagai persiapan dilakukan menjelang peringatan hari kemerdekaan di tanggal 17 Agustus. Mulai dari memasang bendera dan umbul-umbul di depan rumah, hingga mempersiapkan lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Selain dengan upacara bendera, perayaan 17 Agustus juga identik dengan berbagai lomba yang diadakan untuk meramaikan momen yang bahagia ini. Biasanya warga di satu daerah berkumpul di sebuah lapangan untuk bersama memainkan perlombaan yang ada.

Selain, mempererat jiwa kebersamaan dan menanam jiwa nasionalisme, perlombaan-perlombaan ini juga biasanya memiliki hadiah yang tidak kalah menarik seperti kulkas, mesin cuci, TV dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ide Dekorasi Kelas yang Menarik dan Unik untuk 17 Agustus

Ide Lomba 17 Agustus yang Seru dan Anti Mainstream

Tarik tambang? Lomba makan kerupuk? Itu sudah biasa. Simak daftar ide lomba 17 Agustus yang unik berikut ini!

1. “Lompat Tinggi” di Air

acara running man lompat tinggi di air

Sumber Gambar: Running Man

Permainan pertama yang kamu masukkan ke dalam daftar lomba untuk memeriahkan acara 17 Agustus adalah “Roket Manusia” di air.  Kamu bisa melakukan permainan ini di kolam renang ataupun di sungai kecil yang ada di daerah tempat tinggalmu. 

Bagilah peserta ke dalam 2-3 grup, dimana masing-masing grup memiliki 1 anggota yang menjadi perwakilan yang akan diangkat untuk melewati palang berupa kayu. Pola permainan ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan lompat tinggi. Jika sudah berhasil melewati satu palang, setiap grup akan ditantang untuk melewati palang lain yang lebih tinggi dari palang sebelumnya.

2. Karaoke Pakai Barbel

seorang pria sedang memainkan permainan karaoke pakai barbel

Sumber Gambar: Running Man

Karaoke dengan mic biasa usah terlalu mainstream. Nih ada lomba karaoke yang nggak biasa, karaoke pakai barbel! Bukan mic-nya yang diganti pakai barbel tapi mic diikatkan pada barbel. Untuk bisa bernyanyi, peserta harus mengangkat barbel sejajar dengan mulutnya. 

Emang butuh kerja ekstra, tapi lomba yang satu ini juga bisa sekaligus buat olahraga loh, Toppers. Nah buat kamu yang mau punya tubuh “kotak-kotak”, nggak ada salahnya mengajukan lomba ini ke panitia 17-an di daerah tempat tinggalmu.

3. Lomba Make-Up dengan Mata Tertutup

Ibu-ibu sedang mengikuti lomba make up dengan mata tertutup

Sumber Gambar: Liputan6

Nah, kalau lomba yang satu ini cocok banget buat ibu-ibu rumah tangga yang dulu punya cita-cita jadi perias artis tapi nggak kesampean. Tapi lomba make-up kali ini justru memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi karena para peserta ditantang untuk merias wajah teman setimnya dalam keadaan mata tertutup. 

Apa jadinya yah kalau seseorang make up dengan mata tertutup, Toppers? Daripada penasaran, mending kamu mencoba sendiri permainan ini, pastinya akan mengundang gelak tawa para penonton yang melihat aksi lihai tanganmu saat melukis wajah temanmu.

4. Ddakji

anak-anak sedang bermain ddaki

Sumber Gambar: Namsan Korean Course

Buat kamu yang suka nonton reality show Running Man, pasti nggak asing lagi sama permainan yang satu ini, Ddakji! Yup, Ddakji adalah permainan tradisional Korea Selatan yang menggunakan kertas yang dilipat hingga membentuk sebuah lempengan dan biasanya dimainkan oleh 2 orang. 

Masing-masing pemain memiliki ddakji-nya sendiri dan membanting ddakji-nya ke arah ddakji lawan. Jika berhasil membuat posisi ddakji lawan menjadi terbalik, kamu berhak keluar menjadi pemenangnya. Seru kan Toppers? Nggak ada salahnya kita mengadaptasi permainan asal Korea Selatan ini untuk acara 17-an nanti, biar makin seru!

5. Memasukkan Paku ke Botol

anak-anak sedang mengikuti lomba memasukkan paku ke botol

Sumber Gambar: Tsuroiya Ridho Akbar

Ini dia salah satu permainan legendaris yang sudah dimainkan anak-anak Indonesia dari jaman nenek moyang kita, memasukkan paku ke botol! Saking legendarisnya, permainan yang satu ini juga pernah diadaptasi dan dimainkan oleh para member Running Man loh, Toppers.

Permainan ini cukup simpel, kamu dan teman berlomba siapa cepat yang memasukkan paku yang telah dikaitkan tali ke dalam botol. Meskipun terlihat mudah, permainan ini cukup sulit dan membutuhkan konsentrasi tinggi, lho.

Baca Juga: Buat Acara Meriah dengan Nyanyian Lagu Anak Terbaik Sepanjang Masa!

6. Perang Bantal

pemuda bermain perang bantal di atas sungai berlumpul

Sumber Gambar: Zalgo Photography

Permainan di air yang bisa jadikan sebagai salah satu lomba untuk memeriahkan acara 17 Agustus di tempatmu adalah perang bantal. Pastinya kamu juga sudah tidak asing lagi dengan permainan yang satu ini. 

Perang bantal biasanya dimainkan oleh  2 orang yang duduk di sebuah kayu yang dipasang di atas air. Kedua peserta ini saling memukul bantal ke lawannya dan siapa yang bisa bertahan hingga akhir, dialah yang jadi pemenangnya.

7. Sepak Bola Daster

permainan sepak bola daster

Sumber Gambar: Hipwee

Sepak bola sudah menjadi salah satu olahraga favorit yang kerap diperlombakan di setiap perayaan 17 Agustus. Sepak bolanya sih emang udah biasa, tapi pakaian pemain-pemainnya ini yang nggak biasa. Bukan pakai jersey, bukan pakai kaos, tapi pakai daster. Ya daster yang biasa dipakai ibu-ibu saat bersantai di rumah!

Para pria akan bermain sepak bola seperti biasa, tapi dengan mengenakan pakaian daster istri ataupun ibu mereka. Bukan cuma para peserta yang menguras tenaga, tapi tenaga para penonton juga akan terkuras, terkuras karena nggak bisa berhenti tertawa melihat aksi para pesepak bola daster ini.

8. Sepeda Lambat

anak-anak bermain sepeda lambat

Sumber Gambar: thriveglobal.com

Biasanya orang berlomba-lomba untuk cepat sampai ke titik finish, tapi berbeda dengan permainan yang satu ini. Dalam permainan sepeda lambat, peserta yang paling terakhir sampai ke titik finish justru yang menjadi pemenangnya. Semua peserta diwajibkan untuk mengayuh sepeda dengan kecepatan selambat mungkin, tanpa terjatuh.

Buat kamu generasi 90-an, pastinya sudah tidak asing lagi dengan perlombaan yang satu ini. Sepeda lambat sering dilombakan saat perayaan 17-an di sekolah dasar, biasanya terdiri dari beberapa babak, dimana setiap babak diikuti oleh 5-10 orang, tergantung pada luas lapangan yang digunakan.

9. Tangkap Belut

pemuda bermain tangkap belut

Sumber Gambar: Scandinavia Apartment

Nah kali ini ada lomba 17 Agustus yang bisa dilakukan oleh semua kalangan umur, mulai dari orang tua, remaja bahkan anak kecil sekali pun, tangkap belut! Makin besar kolam belutnya, makin seru pula permainan ini. 

Jika ada empang di sekitar tempat tinggalmu, gunakan empang tersebut sebagai tempat untuk menyelenggarakan perlombaan tangkap belut ini. Tapi jika tidak ada tempat yang memadai, kamu juga bisa menggunakan ember untuk menampung belutnya.

10. Joget Balon

anak-anak bermain joget balon

Sumber Gambar: Ilmupedia

Lagi nyari ide lomba unik 17 Agustus untuk orang tua? Nggak ada salahnya kamu memasukkan joged balon ke dalam daftar lomba untuk 17-an di kampungmu nanti. Cara memainkannya juga gampang banget, peserta dibagi berpasang-pasangan. 

Setiap pasangan saling berhadapan dengan mengapit balon di bagian dada, perut atau dahi. Pasangan yang paling lama bertahan dengan balon yang masih dalam keadaan utuh berhak keluar sebagai pemenangnya. Selama lomba ini berjalan, kamu juga bisa memutar musik untuk menambah keseruannya.

Baca Juga: Puisi Hari Kemerdekaan yang Membangkitkan Semangat Patriot

11. Tiup Balon

anak-anak sedang berlomba meniup balon

Sumber Gambar: YouTube

Satu lagi ide lomba unik yang menggunakan balon sebagai propertinya, yaitu lomba tiup balon. Bertolak belakang dengan lomba joget balon, lomba ini justru memenangkan peserta yang paling cepat meletuskan balon.

Cara mainnya cukup mudah, yaitu peserta akan meniup balon sambil joged mengikuti irama lagu yang dimainkan. Karena permainannya yang cukup mudah, lomba ini cocok dimainkan oleh semua kalangan umur.

12. Menghias Masker

lomba menghias masker

Sumber Gambar: YouTube

Bosan dengan lomba menggambar yang biasa? Ide lomba yang satu ini bisa menjadi jawabannya. Seperti namanya, peserta akan beradu kreativitas dalam menghias masker. Panitia lomba bisa mempersiapkan peralatan dan bahan-bahan yang sama untuk setiap peserta.

Nantinya masker yang sudah dihias akan dinilai dari tingkat kreativitas dalam menggunakan bahan dan estetika dari masker tersebut. Lomba ini sangat cocok untuk diikuti anak-anak demi mengasah kreativitas mereka.

13. Lomba Joget Lagu TikTok

lomba joget lagu tiktok yang begitu ramai digeluti banyak orang

Sumber Gambar: RRI

Lomba yang satu ini sangat cocok untuk diikuti oleh kaum milenial. Beberapa peserta nantinya akan diadu untuk joget menggunakan lagu TikTok. Pemenang dari lomba ini akan dipilih berdasarkan kehebohan dan kelihaiannya dalam menari. Selain lagu dari TikTok, kamu juga bisa menggunakan lagu-lagu lainnya yang memiliki tempo upbeat, seperti lagu dangdut.

14. Estafet Kardus

para siswi sedang bermain estafet kardus

Sumber Gambar: Youtube.com/OkyNS

Lomba unik 17 Agustusan ini akan menguji kerjasama peserta dalam kelompok yang terdiri dari beberapa orang. Nantinya akan disediakan 2 petak kardus untuk setiap kelompok.

Semua anggota kelompok harus menapakkan kaki tanpa boleh keluar dari kardusnya selama beberapa detik sesuai dengan ketentuan panitia. Jika berhasil, kelompok tersebut dapat maju dengan kembali menapakan kaki di kardus selanjutnya sampai garis finish.

15. Tebak Kata

lomba tebak kata yang begitu seru

Sumber Gambar: Running Man MT

Lomba tebak kata dimainkan oleh kelompok yang minimal beranggotakan dua orang sebagai peserta. Cara mainnya adalah kedua peserta dipakaikan headphone kedap suara dengan volume lagu yang sangat kencang sehingga mereka tidak dapat mendengar satu sama lain.

Salah satu dari peserta tersebut harus memberikan petunjuk dari kata yang diberikan oleh panitia dengan menggunakan gerakan tubuh. Sementara peserta lainnya harus menebak kata tersebut dengan benar.

16. Lomba Kostum

sekelompok orang pakai kostum saat 17an

Sumber Gambar: Bola

Kalau kamu mau seru-seruan bareng, lomba untu kelompok satu ini pas banget, Toppers! Dengan lomba kostum saat Agustus-an, setiap orang dalam kelompok ditantang untuk tampil menyerupai referensi pilihannya.

Yang membuat lomba ini seru adalah pilihan kostum yang tidak disangka-sangka. Contoh kostum yang bisa kamu coba adalah kostum bertema hantu, mafia, rumah tangga, profesi, anak pantai, atau bahkan menyerupai selebriti!

17. Lomba Oper Hula Hoop

keluarga main hula hoop

Sumber Gambar: Empowered Parents

Yakin kamu dan teman atau keluargamu kompak? Tes kekompakan dan kerja sama lewat permainan ini!

Cara mainnya, kamu harus pegangan tangan dan membentuk baris yang memanjang ke samping. Lalu, kamu harus bisa membawa hula hoop dari satu ujung ke ujung lainnya secepat mungkin.

Walaupun konsepnya simple, permainan ini nggak semudah kelihatannya, Toppers! Kamu bisa reflek teriak-teriak karena gemas mau cepat-cepat mengoper hula hoop. Kalau tidak ada hula hoop, permainan ini juga bisa dilakukan dengan sarung!

Baca Juga: Pahlawan Indonesia yang Paling Dikenang Sepanjang Masa

Toppers, itulah berbagai lomba 17 Agustus yang unik dan anti-mainstream yang bisa kampung atau sekolah kamu adakan. Mana yang menurutmu paling seru? Yuk, mainkan bersama dengan temanmu! 

promo kemerdekaan tokopedia

Temukan juga berbagai promo menarik di bulan Agustus seperti promo hari kemerdekaan untuk mendapatkan berbagai keuntungan seperti diskon dan cashback hingga jutaan rupiah

Share

Qonita ChairunnisaQonita Chairunnisa

Related Articles

6 Rekomendasi Kalkulator Scientific Terbaik 2024, Mulai dari 50 Ribuan!
Edukasi
6 Rekomendasi Kalkulator Scientific Terbaik 2024, Mulai dari 50 Ribuan!
© 2009-2024, PT Tokopedia