Mau Bikin Kerajinan Kayu DIY? Pastikan Punya 9 Alat Wajib Ini!

0
36419
alat kerajinan tangan kayu
Sumber Gambar: Dumpsters

Isi waktu luang dengan membuat prakarya sendiri? Wujudkan kreasimu dengan daftar alat wajib kerajinan tangan kayu berikut ini!


Toppers, kamu sering merasa bingung ingin apa dan ngapain ketika sedang memiliki waktu kosong? Kamu merasa tidak punya hobi atau kegiatan lain selain bekerja dan/atau mengurusi rumah tangga?

Salah satu aktivitas favorit untuk mengisi waktu luang adalah dengan melakukan berbagai kegiatan prakarya, membuat kerajinan tangan sendiri. Ketika kamu sedang mengasah kemampuan dengan melakukan kegiatan kerajinan tangan, pastinya membutuhkan berbagai macam peralatan untuk menunjang aktivitas ini.

Bagi kamu tertarik untuk mengisi waktu luang dan menghibur diri dengan melakukan kegiatan kerajinan tangan, yuk simak alat wajib wujudkan kerajinan tanganmu!

promo waktu indonesia belanja
Temukan Promo Belanja Diskon, Cashback, Promo Pesta Brand Pilihan, Bebas Ongkir & Kejar Diskon di Waktu Indonesia Belanja!

Baca juga: Do Wood Yourself: Ide Kerajinan Tangan dari Bahan Kayu

Alat Wajib untuk Membuat Kerajinan Tangan Berbahan Kayu

1. Alat Potong: Gergaji atau Cutter

perkakas untuk kerajinan DIY kayu
Sumber Gambar: DIY Network

Peralatan tangan satu ini tak hanya dapat digunakan sebagai perkakas pertukangan saja lho! Gergaji adalah salah satu alat wajib untuk membuat kerajinan kayu sendiri. Alat ini bisa kamu gunakan ketika sedang memotong bahan utama seperti kayu, dan bahan penunjang lain.

Pastikan gergaji memiliki keruncingan agar dapat mudah digunakan. Oh iya, jangan lupa untuk berhati-hati ketika sedang mengerjakan pekerjaan dengan menggunakan gergaji ya, karena ketika memotong dengan gergaji bahan bisa bertaburan kemana-mana serta bisa melukai bagian kulit dan tubuh kamu.

Jika kayu yang digunakan tipis dan masih memungkinkan, cutter sebagai pengganti alat potong.

2. Alat Ukir: Pisau atau Pulpen Ukir

perkakas untuk kerajinan DIY kayu
Sumber Gambar: Dominik Scythe

Untuk kamu senang ataupun tertarik dengan seni ukir dan pembuatan tembikar, ini adalah alat wajib untuk wujudkan kerajinan tanganmu. Pisau ukir ini diperlukan untuk membuat berbagai varian dan dekorasi pada tembikar.

Biasanya alat ini terbuat dari material besi yang tajam pada bagian mata pisaunya, sementara pada bagian gagang terbuat dari bahan kayu. Alat wajib untuk wujudkan kerajinan tangan ini dapat kamu gunakan untuk mengukir, atau mengikis suatu objek.

Selain pisau ukir, salah satu alat kerajinan tangan ukir paling populer kini adalah Engrave-it, pulpen ukir otomatis. Engrave-it cocok untuk kamu pemula yang ingin belajar mengukir dengan mudah dan cepat.

Alat ini ditenagai 2 buah baterai model AA, sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Dengan alat Engrave-it, kamu bisa belajar mengukir pada berbagai macam permukaan, seperti kulit, logam, gelas, kayu, dan beragam permukaan lain.

Kamu tak hanya bisa mengukir nama kamu dan membuat label saja dengan alat ini loh! Tapi juga bisa digunakan untuk mengukir berbagai pola dan gambar menarik, melatih kesabaran, ketekunan dan konsentrasi!

3. Alat Ukur: Penggaris dan Meteran

perkakas untuk kerajinan DIY kayu
Sumber Gambar: Pixabay

Untuk membuat kerajinan DIY kayu, tentunya kamu harus mengukur sesuai produk yang ingin kamu buat. Besar-kecilnya sangat mempengaruhi ketika pembuatan, juga tingkat kesulitan.

Nah, maka dari itu kamu harus memiliki alat ukur! Sebagai perlengkapan wajib untuk mengukur, ada dua macam penggaris bisa kamu gunakan yaitu tipe penggaris dan meteran. Untuk tipe penggaris, umumnya direkomendasikan untuk memiliki penggaris dengan bahan terbuat dari besi.

Jangan pilih yang plastik ya! Penggaris plastik lebih rentan rusak. Jika kamu ingin alat ukur dari material lebih baik, pilihan terbaiknya adalah meteran. Alat ini bisa mengukur lebih rinci dan jangkauan lebih lebar, dan terbuat dari material lebih tahan,

4. Kuas Lukis

perkakas untuk kerajinan DIY kayu
Sumber Gambar: Khara Woods

Kamu senang ketika melihat berbagai lukisan-lukisan keren dan memiliki impian terpendam untuk belajar dan menjadi pelukis? Kuas lukis adalah senjata yang kamu perlukan!

Tipe kuas lukis ada beragam berdasarkan bulu kuas, ada yang bulat tumpul, lancip, persegi saja dan persegi lancip, hingga yang besar. Masing-masing kuas juga berbeda penggunaannya, semuanya telah memiliki fungsi khusus.

Kamu harus memilih kuas berdasarkan keperluan, karena tidak semua kuas diperlukan untuk bidang sama. Jadi, sudah siapkah kamu untuk mulai melukis?

5. Mesin Bor, Obeng, dan Sekrup

Pastinya produk yang kamu buat tidak akan bersatu dan menempel secara sendiri, kan? Makanya, kamu perlu menggunakan berbagai alat untuk mempermudah aktivitas penyatuan dua elemen berbeda, yaitu dengan menggunakan sekrup dan alat wajib obeng dan bor.

Untuk membaut dan mengaitkan, kamu bisa gunakan sekrup dan berbagai tipe obeng, namun kini ada alat yang dapat mempermudah kamu yaitu obeng dan bor elektrik, sehingga aktivitas membuka-memasang baut, membuat lubang dapat dengan cepat dan praktis dilakukan.

Dengan begitu, tak usah lagi habiskan tenaga dengan menggunakan obeng dan bor biasa!

Baca Juga: Daftar Perkakas/Alat Pertukangan Rumah Tangga, Wajib Ada!

6. Lem Kayu

perkakas untuk kerajinan DIY kayu
Sumber Gambar: Pixabay

Kamu ingin membuat berbagai perlengkapan rumah simpel seru dari kayu? Nah, alat satu ini wajib kamu miliki pastinya. Ketika merekatkan bahan seperti kayu, kamu tidak bisa menggunakan lem biasa.

Kamu membutuhkan lem kayu! Lem kayu berbeda daripada lem pada umumnya karena punya daya rekat yang tinggi pada bahan yang memiliki pori seperti kayu plywood, papan, dan lainnya.

7. Cat Kayu

perkakas untuk kerajinan DIY kayu
Sumber Gambar: Pixabay

Selain lem, perlengkapan wajib wujudkan kerajinan tangan berbahan dasar kayu adalah cat kayu. Cat kayu umumnya berguna untuk memproteksi dan juga menghaluskan kayu yang telah kamu buat.

Selain itu, produk ini biasanya digunakan untuk memberikan finishing pada produk kayu kamu, serta membuat warna produk kayu buatan kamu jadi lebih menarik. Umumnya, beberapa produk cat kayu menawarkan kelebihan seperti anti air dan daya rekat kuat.

8. Pernis

perkakas untuk kerajinan DIY kayu
Sumber Gambar: Inspirasi Mengecat

Membuat kerajinan tangan kayu DIY tak hanya membutuhkan alat-alat perkakas, tapi juga berbagai bahan dengan bentuk cairan. Jangan lupa untuk mengaplikasikan alat wajib ini kepada produk DIY kayu kamu ketika sudah jadi. Alat wajib ini bernama Vernis.

Vernis adalah bahan khusus seperti cat yang berguna untuk membuat kayu nampak lebih kilap, terang dan bercahaya. Selain itu, kebanyakan vernis juga digunakan sebagai media perlindungan terhadap rayap dan jamur yang dapat menyerang produk kayu kamu!

9. Amplas

perkakas untuk kerajinan DIY kayu
Sumber Gambar: KlikMJM

Setelah produk hampir jadi, kamu merasa tekstur masih kasar, bahkan di beberapa bagian bisa melukai tangan kamu? Berarti kamu melewati bagian pengamplasan.

Sebelum terlambat, kamu harus melakukan step akhir kepada produk jadi tersebut dengan menggunakan amplas. Amplas adalah sejenis alat kerja yang terbuat dari kertas yang telah ditambahkan dengan bahan yang kasar.

Fungsi amplas adalah membuat permukaan benda kasar menjadi lebih halus. Proses penghalusan ini bisa kamu lakukan dengan cara menggosokkan permukaan kasarnya ke permukaan produk tersebut!

Baca juga: Do Wood Yourself: Cara Mudah Membuat Bingkai Foto dari Kayu

Nah, itu dia tadi daftar alat wajib wujudkan kerajinan tanganmu! Tertarik untuk mendalami dan mencoba berbagai aktivitas baru untuk semakin membuat seru hari-hari kamu? Yuk, segera temukan beragam alat kerajinan hanya di Tokopedia!

promo waktu indonesia belanja
Temukan Promo Belanja Diskon, Cashback, Promo Pesta Brand Pilihan, Bebas Ongkir & Kejar Diskon di Waktu Indonesia Belanja!