• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Band Indie Terbaik dari era 1980an sampai 2000an

Share

Band Indie Terbaik dari era 1980an sampai 2000an

Berikut ini daftar musisi indie era 1980an hingga 2000an yang mengangkat popularitas musik indie hingga saat ini.


Istilah indie, yang berasal dari kata “independen,” menggambarkan label rekaman kecil non komersial yang merilis dan memberikan kebebasan untuk para band dan musisi yang terlibat.

Musik-musik Indie identik dengan lead gitar yang catchy, ketukan drum yang energik dan lirik bermakna.

Musik indie memiliki ruang lingkup musik yang luas yang mencakup semua genre. Kamu akan menemukan berbagai macam genre seperti, indie pop, indie rock, indie folks, dll.

Sebagian besar musisi indie bermulai dengan anggaran rendah hingga menengah. Penontonnya umumnya berkisar dari remaja hingga 35 tahun.

Nama musik indie mungkin tidak pernah berkibar seperti sekarang tanpa sejumlah musisi indie terbaik berikut ini.

jual kaos band
Tunjukkan kalau kamu fans setia dengan mengenakan Kaos Band Favorit kamu. Di sini tersedia banyak Kaos Band bertuliskan nama band favorit kamu. Temukan langsung di sini yuk!

Band Indie Terbaik Sepanjang Masa

1. Pixes

Pixies merupakan pelopor alternative-noise pop yang memiliki pengaruh besar pada musik alternatif pada tahun 90-an. Band ini juga memahami pentingnya aransemen lagu yang sederhana di era-nya. 

Lagu seperti “Where Is My Mind” dan “Monkey Go Gone To Heaven” yang terdengar absurd adalah beberapa dari lagu alternatif terbaik pada masanya.

 2. Sonic Youth

Noise rockers asal New York, Sonic Youth, yang terdiri dari Thurston Moore, Kim Gordon, dan Lee Ranaldo ini sudah mendapatkan banyak fans dari generasi muda setelah menandatangani kontrak dengan label DGC pada tahun 1990.

Meskipun telah mencapai kesuksesan yang lebih besar, mereka tetap menunjukkan karya-kaya eksperimental mereka yang mengambil inspirasi dari musisi seperti John Cage dan Steve Reich.

Dengan itu, Sonic Youth telah keluar dari zona nyamannya dan mendefinisikan apa artinya menjadi band indie rock selama empat dekade terakhir.

baca juga: 16 Lagu Karaoke Wajib buat Kumpul jadi Lebih Seru!

3. REM

REM adalah salah band alternatif terkemuka di Amerika sebelum menemukan bintang mega di belakang tahun 1992 album Automatic For The People.

Album debut mereka, Murmer pada tahun 1983 telah membawa mereka sebagai salah satu artis paling menarik di skema indie Amerika bertahun-tahun sebelum mereka menjadi band populer sampai sekarang. 

Gitaris Peter Buck juga bisa dibilang salah satu musisi yang underrated pada generasinya, nada-nada dan aransemennya yang unik ditambah dengan vokal Michael Stipe yang berkarakter, merupakan elemen penting dari REM.

4. The Maccabees

The Maccabees merupakan band fenomenal lainnya dari era mereka. Not bass yang memorable di single debut mereka “X-Ray” pada tahun 2005 sudah cukup untuk membuat skinny jeans dan potongan rambut yang urak-urakan booming kembali. 

Sang vokalis Orlando Weeks memiliki salah satu suara vokal yang khas dalam sejarah musik Indie. Seiring berjalannya waktu, musik yang dihasilkan dari band ini semakin matang, mulai dari post-punk energik menjadi art-rock.

bACA JUGA: 10 Lagu Indie Barat Terbaik 2000an yang Masih Hits Hingga Sekarang

5. The Libertines 

The Libertines merupakan salah satu band penting dalam dunia indie. Band asal Britania Raya ini memiliki karakter musik yang terkenal rusuh dan urak-urakan ala punk rock british. “Can’t Stand Me Now”, single pertama dari album kedua mereka, eponymous menduduki nomor 2 UK Top 40 pada tahun 2004.

6. The Stone Roses

The Stone Roses adalah band rock asal Inggris yang dibentuk di Manchester pada tahun 1983. Band pencetus gerakan Madchester pada akhir 1980-an dan awal 1990-an.

Album debutnya, “The Stone Roses” yang dirilis pada tahun 1989, dianggap sebagai salah satu album yang pernah dibuat di Inggris.

Salah satu hitsnya, “I Wanna Be Adored” menempati nomor 17 dalam list majalah NME “50 Greatest Indie Anthems Ever”.

headphone bluetooth
Cari headphone Bluetooth dengan harga terjangkau, tapi tetap berkualitas? Temukan di sini!

7. The Cure

Musik-musik The Cure ditaburi dengan gemerlapan dan kesedihan. Bagi para musisi, mendengarkan lagu-lagu awal mereka memberikan banyak ide dan bentuk musik untuk diciptakan, dari album seperti album Pornography hingga indie pop The Head On The Door dan Kiss Me, Kiss Me, Kiss Me.

Disintegration tetap menjadi salah satu album The Cure yang paling dikenang, dengan Robert Smith yang merupakan salah satu visioner musik indie di Inggris.

8. Arctic Monkeys

Arctic Monkeys merupakan band fenomenal asal Inggris yang secara cepat mendapatkan tingkat kepopulerannya dengan Album debutnya, “What’s People Am I, That I Im Not”.

Album tersebut memiliki rekor penjualan tercepat dalam sejarah Inggris dengan mencakup lirik-lirik yang cerdas, dan lagu-lagu yang memorable. 

Arctic Monkeys mencoba untuk membuat musik yang berbeda dan tidak takut kehilangan banyak fansnya dengan merilis album “Humbug” di 2009.

Tetapi album itu justru laku dipasaran dan sampai sekarang masih mengambil banyak elemen dari Humbug, setiap album yang mereka rilis pasti memiliki hits yang disukai banyak orang.

9. The Strokes

Band indie rock asal New York ini merupakan salah satu band yang paling berpengaruh di skema Indie, bahkan Arctic Monkeys sampai Coldplay mengakui hal ini.

Album pertama mereka “Is This It”, dirilis pada tahun 2001, merupakan gebrakan dalam sejarah musik indie. 

Not-not gitar yang catchy, dan lirik-lirik yang observasional telah menginspirasi banyak band lainnya.

Album ke-2 “Room on Fire”, memiliki gaya yang sama seperti pendahulunya dengan hits “Reptilia”.

The Changcuters sangat jelas terinspirasi dari band asal New York ini, kamu bisa dengar kemiripan antara lagu “Racun Dunia” dan “Last Night”. 

10. The Smiths

The Smiths menjadi band Inggris yang paling berpengaruh sejak The Beatles dan the Rolling Stones ketika mereka muncul di awal tahun 80-an.

The Smiths telah mempengaruhi dan menginspirasi seluruh generasi fans dan banyak musisi salah satunya yaitu The Killers. 

Dalam waktu hanya empat tahun The Smiths merilis 4 album yang paling berpengaruh dan dikenang sepanjang masa oleh masyarakat Inggris.

Gaya vokal dan gitar yang unik dari Morrissey dan Johnny Marr serta ritem bass dan drum oleh Andy Rourke dan Mike Joyce menjadikan mereka salah satu kelompok yang paling menarik di era itu. 


Apakah ada salah satu band-band diatas yang sudah lama menjadi favorit mu? Atau kamu merupakan anak indie kemarin sore yang baru mengikuti tren indie jaman now?

Jika kamu merupakan fans berat band di atas dan ingin melengkapi koleksi album band favorit kamu, di tokopedia ada banyak CD album musisi indie yang berkualitas! Yuk lengkapi koleksi mu di tokopedia!

gitar akustik
Lantunan lagu makin merdu dengan gitar akustik pilihan berkualitas di sini!

Penulis: Ramanov Barezki


© 2009-2024, PT Tokopedia