• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Jenis-Jenis Investasi Reksa Dana yang Perlu Kamu Ketahui

07 May 2024

Share

Jenis-Jenis Investasi Reksa Dana yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis-Jenis Reksa Dana – Kini, investasi reksa dana bukanlah lagi hal yang tabu untuk para Millenials dan menjadi salah satu pilihan investasi favorit. Namun, untuk Toppers yang baru mau memulai investasi satu ini, ada baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai berbagai jenis investasi reksa dana yang ada di Indonesia.

Baca juga: Ingin Investasi Reksa Dana? Pahami Dulu 7 Keuntungan Reksa Dana Berikut!

Bentuk Investasi Reksa Dana Berdasarkan Karakteristiknya

investasi dari thr lebaran

Sumber foto: Landmarkgold

Reksa dana Terbuka

Jenis reksa dana terbuka adalah reksa dana yang dapat dijual kembali kepada Perusahaan Manajemen Investasi tanpa melalui mekanisme perdagangan dari bursa efek.

Reksa Dana Tertutup

Jenis reksa dana tertutup merupakan reksa dana yang tidak dapat dijual kembali kepada Perusahaan Manajemen Investasi. Bentuk reksa dana satu ini hanya dapat dijual kepada investor lain melalui mekanisme perdagangan bursa efek.

Jenis Investasi Reksa Dana

Selain berdasarkan karakternya, umumnya jenis reksa dana yang populer di Indonesia memiliki 4 jenis, yaitu:

1. Jenis Reksa Dana Pasar Uang (RDPU)

Pada jenis investasi reksa dana pasar uang, manajer investasi (MI) akan menginvestasikan uang ke dalam instrumen-instrumen investasi pasar uang seperti deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan obligasi (surat utang) dalam jangka waktu dibawah 1 tahun.

2. Jenis Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT)

Bentuk investasi reksa dana pendapatan tetap, adalah reksa dana dimana uang akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam obligasi sebagai investasi utama. Sisa dari uang terkadang juga diinvestasikan pada instrumen investasi lainnya.

3. Jenis Reksa Dana Saham (RDS)

Sesuai dengan namanya, pada jenis investasi reksa dana satu inipendapatan tetap uang akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke bursa saham sebagai investasi utama. Sisa dari uang terkadang juga diinvestasikan pada instrumen investasi lainnya.

4. Jenis Reksa Dana Campuran (RDC)

Jensi investasi satu ini bisa dikatakan merupakan kombinasi dari RDPT dan RDS dimana uang investasi reksa dana akan diinvestasikan secara berimbang dalam bentuk saham dan obligasi.

Baca juga: Mengenal Reksa Dana Syariah Beserta Tipsnya

Itulah berbagai bentuk investasi reksa dana yang umumnya ada di Indonesia. Jika masih bingung dan ragu mengenai jenis investasi reksa dana, Toppers bisa mencoba investasi reksa dana secara online di Tokopedia, lho! Dengan proses yang mudah dan resiko yang sangat minim, investasi reksa dana di Tokopedia sangat cocok untuk kamu yang masih pemula dalam investasi reksa dana.

Share

Olga LaurenzaOlga Laurenza

Related Articles

Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
Keuangan
Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
© 2009-2024, PT Tokopedia