• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Biodata dan Fakta Menarik AESPA, Girl Group Baru SM Entertainment

Share

Biodata dan Fakta Menarik AESPA, Girl Group Baru SM Entertainment

Ingin mengenal girl group AESPA yang tengah naik daun? Simak profile lengkap dengan fakta-fakta tentang AESPA berikut ini.


Lama tak merilis girl group baru semenjak Red Velvet pada tahun 2014 dan NCT pada tahun 2016, pada 17 November 2020 SM Entertainment mengumumkan untuk debut girl group baru bernama AESPA, yang memiliki personel Karina, Winter, Ningning, dan Giselle.

AESPA memulai debut mereka di Music Bank KBS2 dengan menampilkan single “Black Mamba”. MV lagu ini berhasil mencapai 100 juta penonton dalam 2 bulan saja, Toppers. Lagu ini juga mendapatkan peringkat nomor satu di billboard layanan streaming musik terbesar di China, yakni QQ Music selama tiga pekan berturut-turut.

AESPA memenangkan penghargaan pertama mereka di SBS Inkigayo pada 17 Januari 2021. Satu bulan berikutnya, AESPA merilis lagu remake dari penyanyi Yoo Young-Jin yang berjudul “Forever”.

Pada bulan Mei 2021, AESPA juga merilis single dance hip-hop yang energik dengan judul “Next Level”. Berkat kepopulerannya, AESPA juga menandatangani kontrak dengan Creative Artists Agency untuk kegiatan mereka di Amerika Serikat, lho.

Kini AESPA sudah memiliki album mini yang dirilis pada 5 Oktober 2021 bernama “Savage” yang berisi enam lagu, termasuk single dengan judul yang sama. Sebagai girl group yang aktif dan populer, AESPA terus mempertahankan kepamorannya. Pada bulan Desember mendatang, mereka akan merilis cover dari “Dreams Come True” S.E.S.

Penasaran ingin tahu lebih banyak tentang anggota Aespa? Yuk, simak profil AESPA dan juga fakta menarik girl group yang satu ini! Simak selengkapnya.

WIB-NOV-01
Nantikan keseruan WIB TV Show: Indonesia K-Pop Awards 25 November 2021. Menampilkan BTS, Twice, Blackpink, NCT Dream, The Boyz, Stray Kids, ITZY, Secret Number, Treasure, dan AESPA!

Baca Juga: Biodata Member BTS Lengkap & 10 Fakta Menarik Personelnya

Profil AESPA Lengkap

AESPA adalah salah satu girl group K-Pop yang kini mendapat perhatian banyak dari netizen Korea Selatan. Meskipun mengawali banyak kontroversi di awal karirnya, mereka memiliki banyak pencapaian luar biasa baik dalam musik digital dan penjualan album. 

Berikut ini profil personel AESPA yang menarik untuk kamu ketahui!

1. Karina

Karina
Sumber Gambar: South China Morning Post
  • Real Name: Yu Ji Min (유지민)
  • Position:  Leader, Main Dancer, Lead Rapper, Sub Vocalist, Face Of The Group
  • DOB: Gyeonggi-do, 11 April 2000
  • Zodiac Sign: Aries
  • Height & Weight: 167 cm & 45 kg
  • Hobbies: berenang, bermain gitar dan piano

2. Giselle

Giselle
Sumber Gambar: NME
  • Real Name: Uchinaga Aeri (うちながえり/우치나가에리)
  • Position:  Main Rapper, Sub Vocalist
  • DOB: Seoul, 30 Oktober 2000
  • Zodiac Sign: Scorpio
  • Height & Weight: 166 cm & 47 kg
  • Hobbies: bermain gitar dan seorang fans BLACKPINK dan GOT7.

3. Winter

Winter
Sumber Gambar: KpopHit
  • Real Name: Kim Min Jeong (김민정)
  • Position:  Lead Vocalist, Lead Dancer, Visual
  • DOB: Busan, 1 Januari 2001
  • Zodiac Sign: Capricorn
  • Height & Weight: 163 cm & 46 kg
  • Hobbies: Menonton film horor dan menaiki roller coaster

4. Ningning

Ningning
Sumber Gambar: Koreaboo
  • Real Name: Ning Yizhuo (宁艺卓)
  • Position:  Main Vocalist, Maknae
  • DOB: Harbin, China, 23 Oktober 2002
  • Zodiac Sign: Scorpio
  • Height & Weight: 162 cm & 43 kg
  • Hobbies: Memasak dan bernyanyi

Fakta Tentang AESPA

Setelah mengetahui sejarah karir girl group AESPA dan profil lengkap setiap membernya. Untuk kamu para “MY (마이)”, sebutan nama penggemar AESPA, kamu bisa mengetahui fakta unik dan menarik tentang AESPA di bawah ini.

1. Girl Group Terbaru dari SM Entertainment

SM Entertainment merupakan sebuah agensi musik populer di Korea Selatan yang berhasil banyak menciptakan idola-idola K-Pop yang terkenal hingga berbagai belahan dunia, seperti EXO, Red Velvet, NCT, dan masih banyak yang lainnya.

Tak melakukan debut sejak tahun 2016, SM Entertainment melakukan debut girl group terbaru bernama AESPA yang hingga kini menorehkan banyak prestasi berkat lagu-lagunya.

2. Video Musik Pertama AESPA “Black Mamba” Memecahkan Rekor

 Lagu pertama AESPA membuat sejarah K-Pop yang luar biasa! Lagu pertama mereka “Black Mamba” memecahkan rekor penayangan hari pertama tertinggi dari video musik debut dengan mendapatkan 21,4 penonton dalam 24 jam.

3. Lagu “Next Level” Sempat Mendapatkan Banned di Korea

Lagu SHINee “Ring Ding Dong” adalah lagu pertama yang “dilarang” selama ujian masuk Perguruan Tinggi Nasional Korea pada 12 tahun yang lalu. Lagu itu dilarang karena musiknya yang menarik dan melodi yang adiktif, membuat siswa mengulanginya di kepala mereka berulang-ulang, mengalihkan mereka dari ujian.

Hal ini juga terjadi pada AESPA karena perilisan lagu “Next Level” dianggap bisa membuat para orang lain sangat adiktif dengan musiknya yang sangat terngiang-ngiang di kepala, terutama pada lirik “I’m on the next level” yang dinyanyikan oleh Karina. Namun, tak perlu khawatir, lagu Next Level masih bisa dinikmati hingga saat ini.

01_Disco-Desktop-WIB-CB10x-NOV
Temukan keseruan di WIB Tokopedia November. Nantikan promo spesial, mulai dari cashback hingga Bebas Ongkir. Cek Waktu Indonesia Belanja, sekarang!

4. Memiliki AESPA Virtual Member

Produser eksekutif SM Entertainment Lee Soo-man mengatakan bahwa dunia masa depan akan menjadi dunia selebriti dan robot. Oleh karena itu, SM meluncurkan SMCU (SM CULTURE UNIVERSE) sebagai proyek pertama yang membuka dunia hiburan masa depan dengan menggabungkan teknologi AI.

Mereka mengatakan bahwa AESPA dibuat sebagai girl group yang inovatif, tumbuh melalui dunia digital, memiliki konsep baru yang melampaui batas dunia nyata dan dunia maya yang memproyeksikan personilnya dengan avatar.

5. Mini-Album “Savage” Berhasil Mencetak Rekor

Mini-album “Savage” oleh AESPA telah terjual lebih dari setengah juta kopi setelah hanya 15 hari sejak perilisan. Belum mencapai satu bulan, mini album ini terjual dengan total 513.292 kopi. 

SM Entertainment mengatakan angka tersebut merupakan pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk grup rookie yang memulai debutnya hanya 11 bulan yang lalu.

Dengan “Savage”, AESPA berhasil mencapai tempat ke-20 dalam daftar album “Billboard 200” dan mencapai debut mereka di posisi tertinggi untuk grup K-pop wanita.

6. Peringkat Girl Group Pertama di Korea saat Ini

Tidak ada yang berhasil menorehkan prestasi yang memukau daripada AESPA, SM Entertainment. Girl group pendatang baru ini memecahkan rekor demi rekor dan cukup mendominasi kancah K-pop. 

Mereka masuk ke dalam 10 besar peringkat girl group K-Pop dan merebut posisi pertama, menyalip BLACKPINK, Brave Girls, dan TWICE pada bulan Juli. AESPA memiliki index 3.553.551 dengan satu-satunya girl group rookie di dalam daftar tersebut. Sangat luar biasa, bukan?

Baca Juga: Fakta Menarik Single Terbaru Secret Number “Fire Saturday”


Itu dia Toppers perjalanan karir, biodata, dan juga fakta menarik tentang AESPA. Jadi, siapa biasmu antara Karina, Winter, Giselle, dan Ningning, Toppers? Jangan lupa juga dengerin lagu mereka di platform musik streaming dan beli voucher-nya di Tokopedia ya!

AESPA juga akan tayang di Tokopedia WIB Indonesia K-Pop Awards – Live Streaming Worldwide pada 25 November 2021, catat tanggalnya ya, Toppers!

© 2009-2024, PT Tokopedia