7 Langkah Menuju Self-Love

162

Self Love – Self-love adalah sebuah ungkapan populer yang sering dibicarakan belakangan ini. Sebenarnya apa itu self-love? Self-love adalah sebuah bentuk penghargaan atau kecintaan terhadap diri sendiri yang berkembang dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis dan spiritual kita. Self-love sangat penting bagi perkembangan psikologis kita karena self-love akan mempengaruhi pasangan yang akan kita pilih dan juga bagaimana kita akan menyelesaikan suatu masalah. Berikut adalah 7 langkah menuju self-love.

Baca juga: Jangan Bingung Harus Apa Setelah Putus Dari Pacar, Baca Tipsnya yuk!

1. Menuju self-love dengan menjadi pribadi yang sadar diri

Sadar diri
Sumber: Pexels

Orang yang mempunyai self-love cenderung untuk menyadari apa yang mereka rasakan, butuhkan dan inginkan. Mereka sadar dengan dirinya sendiri. Mereka sadar dengan apa yang mereka lakukan, bertindak sesuai dengan keinginan sendiri dan tidak terpengaruh oleh orang lain.

2. Menuju self-love dengan bertindak sesuai kebutuhan bukan keinginan

Memenuhi kebutuhan bukan keinginan
Sumber: Pexels

Kamu dapat dikatakan self-love ketika kamu dapat mengabaikan sesuatu yang terasa enak untukmu. Dengan tetap fokus pada apa yang kamu butuhkan, kamu dapat berpaling dari perilaku yang membuat kamu terkena masalah, terjebak kenangan masa lalu dan kurang mencintai diri sendiri.

3. Menuju self-love dengan berlatih self-care

Self-care
Sumber: Pexels.com

Self-care adalah peduli terhadap diri sendiri. Peduli terhadap diri sendiri bisa digambarkan dengan memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan yang sehat, nutrisi yang cukup, olahraga cukup, tidur cukup dan interaksi sosial yang cukup. Dengan begitu, kamu dapat meraih self-love.

4. Menuju self-love dengan menentukan batasan

Menentukan batasan -  langkah menuju self love
Sumber: Pixabay

Kamu akan mendapatkan self-love ketika kamu sudah menentukan batasan pada sebuah aktivitas atau kegiatan yang jika dilakukan berlebihan dapat menyakiti dirimu sendiri tak hanya pada fisik, namun juga emosional dan spiritual.

5. Menuju self-love dengan melindungi diri sendiri

Melindungi diri sendiri -  langkah menuju self love
Sumber: Pixabay

Lindungi dirimu sendiri dari orang-orang yang tidak bermanfaat bagimu. Meladeni mereka hanya akan menghabiskan waktumu saja. Sebagai gantinya, carilah orang-orang tepat yang dapat memberimu kebahagiaan dan kesuksesan. Dengan begitu, kamu bisa mencapai self-love.

6. Menuju self-love dengan memaafkan diri sendiri

Memaafkan diri sendiri  - langkah menuju self love
Sumber: Pixabay

Setiap manusia pastinya mempunyai kesalahan. Namun seringkali manusia terlalu keras terhadap dirinya sendiri dengan menghukum dirinya sendiri. Kamu harus menerima bahwa setiap manusia tidak sempurna dan mempunyai kesalahan. Perlu diketahui bahwa manusia akan belajar dan berkembang dari kesalahannya.

7. Menuju self-love dengan hidup bertujuan

Memiliki tujuan hidup - langkah menuju self love
Sumber: Pexels.com

Kamu akan mendapatkan self-love ketika kamu mempunyai tujuan dalam hidupmu. Misalnya jika kamu mempunyai tujuan untuk hidup sehat, maka kamu akan bertindak sehat untuk mencapai tujuan tersebut. Kamu juga akan mendapatkan self-love jika kamu berhasil untuk memenuhi tujuan hidup tersebut.

Baca juga: Kumpulan Kata-Kata Mutiara Pemberi Semangat

Itulah 7 langkah menuju self-love. Selalu ingat bahwa perubahan dimulai dari dirimu sendiri salah satunya bisa juga dengan memulai hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman kesehatan yang bisa kamu beli secara online lewat Tokopedia.