Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Mudah Menghapus Kontak di WhatsApp Secara Permanen

19 May 2022
Share icon
Share
Cara Mudah Menghapus Kontak di WhatsApp Secara Permanen

Daftar kontak di HP sudah terlalu penuh? Temukan cara mudah hapus kontak WhatsApp secara permanen di sini!


Memiliki kontak WhatsApp yang banyak bisa menandakan relasi dan pertemanan yang luas. Namun, tidak jarang kontak-kontak yang tersimpan di HP kamu hanya memenuhkan penyimpanan alias tidak berguna lagi.

Walaupun gawai yang kamu miliki mungkin punya ruang penyimpanan yang luas, membersihkan daftar kontak HP-mu sesekali diperlukan, Toppers. Tentunya, kamu mau punya nomor orang-orang terdekat yang paling up-to-date, kan?

Baik kamu menggunakan perangkat Android atau iPhone, menghapus kontak WhatsApp karena data yang dobel atau tidak relevan sebaiknya dilakukan. Ketahui cara menghapus kontak WhatsApp secara permanen di sini.

Baca Juga: 10 Cara Mengubah PDF ke Word: Cepat, Praktis dan Gratis

Hapus Kontak WhatsApp Permanen

Beberapa keluhan tentang nomor yang dihapus dari aplikasi kontak HP namun tetap muncul di WhatsApp sempat bermunculan. Untuk menghindari hal serupa, ikuti cara ini agar kontak hilang dari WhatsApp secara permanen!

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan tekan tombol untuk membuat chat baru di pojok kanan bawah untuk Android dan pojok kanan atas untuk iPhone.
  2. Pilih kontak yang ingin kamu hapus dan klik nama mereka.
  3. Selanjutnya, kamu akan masuk ke ruang chat. Klik nama kontak di bagian atas layar.
  4. Setelah masuk ke halaman profil kontak, klik tiga titik di pojok kanan atas dan pilih ‘Lihat di Buku Alamat’. Untuk iPhone, klik ‘Edit’ di pojok kanan atas.
  5. Klik menu ‘Lainnya’ dan pilih hapus.

Untuk memastikan jumlah kontak berkurang, tekan tombol untuk membuat percakapan baru, lalu tekan pilihan menu lainnya (titik tiga). Selanjutnya, pilih ‘Perbarui’ agar daftar kontak jadi versi yang terbaru.

Apakah Menghapus Kontak Menghilangkan Riwayat Percakapan?

hapus kontak whatsapp

Sumber Gambar: Mashable India

Jawabannya adalah tidak, Toppers. Riwayat percakapan akan tetap ada di menu chat WhatsApp kamu. Apabila kamu mau menghilangkannya, kamu perlu masuk ke ruang chat dan klik tiga titik di pojok kanan atas. Selanjutnya, pilih menu ‘Lainnya’ dan ‘Bersihkan chat’. Langkah untuk menghilangkan jejak percakapan ini bisa dilakukan sebelum atau sesudah menghapus kontak, ya!

Walaupun percakapan sudah tidak ada di perangkatmu, pemilik nomor yang kamu hapus tetap memiliki riwayat percakapan selama mereka tidak menghapusnya. Selain itu, mereka juga tetap bisa melihat foto profil, status, dan jam kamu terakhir melihat WhatsApp.

Jika kamu tidak ingin orang yang tidak ada di kontak kamu melihat info dan foto WhatsApp-mu, buka setelan dan pilih menu ‘Akun’ lalu ‘Privasi’. Selanjutnya, setel 4 item teratas (Terakhir dilihat, Foto profil, Info, dan Status) hanya untuk bisa dilihat oleh kontak kamu.

Baca Juga: 16 Laptop 3 Jutaan 2022: Anti Lemot dan Awet

Itu dia cara mudah hapus kontak WhatsApp secara permanen di Android dan iPhone. Dengan mengetahui cara ini, nggak ada lagi kontak tidak terpakai yang menumpuk di HP.

Selain untuk merapikan penyimpanan di HP, memilah kontak WhatsApp juga berguna untuk menjaga privasi agar hanya orang-orang tertentu yang bisa mengetahui info kamu, Toppers. Yuk, seleksi lagi kontak WhatsApp-mu!

Penulis: Amanda Rafiqah Putri

TAGS
    Share icon
    Share

    RELATED ARTICLES

    11 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik 2022, Paling Favorit!
    Gadget dan Teknologi
    11 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik 2022, Paling Favorit!
    Editor Picks
    5 Tips Tokopedia Biar Persiapan Mudik Lebih Maksimal
    5 Tips Tokopedia Biar Persiapan Mudik Lebih Maksimal
    Popular Category
      © 2009-2022, PT Tokopedia