• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone

Share

Saat ini, smartphone jadi sesuatu yang selalu dibawa ke mana saja. Akibat sering digunakan, baterai smartphone-mu jadi cepat habis. Sialnya kalau hal itu terjadi ketika sedang beraktivitas di luar rumah dan lupa membawa charger. Duh!

Biar baterai smartphone tetap awet, ada beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi penunjang. Apa ya kira-kira? Yuk, simak lima cara menghemat baterai smartphone berikut!


Cara Praktis Menghemat Baterai Smartphone

1. Matikan Mode Getar (Vibration) di Smartphone

Sinyal getar atau vibrate memang memudahkan kita mengetahui notifikasi masuk, tapi mode jenis ini menyerap banyak daya baterai. Ada baiknya kamu menonaktifkan mode getar supaya daya baterai smartphone tetap hemat dan tidak terbuang sia-sia. Karena motor elektrik yang digunakan untuk menggerakkan getaran akan menguras energi dalam jumlah besar pada baterai. Semakin sering digunakan maka semakin banyak pula energi yang terbuang.

2. Kecilkan Brightness di Layarmu

Tahukah kamu, layar smartphone paling banyak mengonsumsi daya baterai selain GPS. Untuk mengurangi konsumsi daya baterai, cobalah bermain di pengaturan pencahayaan di layar, agar tidak terlalu terang tapi masih dapat dilihat mata. Kamu juga bisa menggunakan pengaturan adaptasi terhadap kondisi cahaya langsung dari smartphone-mu. Aturlah kecerahan layar ke tingkat serendah mungkin, namun pastikan bahwa kamu tetap  merasa nyaman saat menggunakannya.

3. Kurangi Widgets dan Aplikasi

menghemat baterai smartphone

Semakin banyak widget di homescreen, semakin banyak daya baterai yang tersedot. Jadi, singkirkan widget yang tidak diperlukan dan biarkan tampilan homescreen-mu sesederhana mungkin. Tips lain untuk layar smartphone-mu adalah jangan gunakan wallpaper animasi, karena akan menyedot daya baterai dengan cepat.

Baca juga:  18 Game Gratis Terbaik untuk Smartphone iOS dan Android 2017

4. Matikan GPS, Wi-Fi, Paket Data, dan Bluetooth

Kamu pasti sering menyalakan fitur-fitur di smartphone seperti GPS, Wi-Fi, paket data dan bluetooth agar gampang terhubung saat diperlukan, kan? Tapi fitur-fitur tersebut harus dimatikan, karena jika semua menyala maka mereka akan terus-terusan mencari sinyal. Proses pencarian sinyal inilah yang akan menguras daya baterai smartphone-mu. Untuk itu, nyalakan semuanya jika dibutuhkan saja agar konsumsi daya tidak terlalu banyak.

5. Isi Baterai Smartphone Secara Efisien

cara menghemat baterai smartphone

Apakah kamu tahu, ada dua tipe baterai untuk ponselmu? Ada baterai lithium dan baterai nickel. Baterai yang terbuat dari nickel lebih tahan lama dibandingkan lithium. Jika smartphone-mu menggunakan baterai nickel, ponsel harus di-charge hingga kapasitas maksimum (100%) saat daya baterai smartphone tinggal sedikit. Jika ponselmu memakai baterai lithium, kamu harus charge sesering mungkin untuk mempertahankan kapasitas aslinya.


Dengan mengikuti beberapa tips di atas, dijamin baterai smartphone-mu akan lebih tahan lama. Meski demikian, jangan terlalu lama memainkan smartphone-mu ya, Toppers! Selain dapat menghemat baterai smartphone, matamu juga akan lebih sehat kalau kamu tidak terlalu sering melihat layar smartphone.

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

16 HP Vivo Terbaru: Spesifikasi & Harga Juni 2024
Gadget dan Teknologi
16 HP Vivo Terbaru: Spesifikasi & Harga Juni 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia