• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Ampuh Agar Kucing Liar Tidak Kencing dan Buang Kotoran di Rumah

30 August 2023

Share

Cara Ampuh Agar Kucing Liar Tidak Kencing dan Buang Kotoran di Rumah

Cara mudah dan ampuh mengusir kucing liar tidak kencing dan buang kotoran di rumahmu tanpa menyakitinya. Ketahui caranya di sini!


Rumah kamu pasti pernah kedatangan kucing liar setidaknya sekali. Memang gemas kalau mereka bersinggah dan sekedar bermain, namun bagaimana kalau kucing liar tersebut mulai kencing dan buang kotoran sembarangan di rumahmu?

Meskipun terjadi sekali tetapi kemungkinan besar si kucing akan kembali dan mengulangi hal sama. Jika tidak segera kamu tangani maka rumahmu bisa muncul bau tidak sedap dan bisa menjadi sarang penyakit, lho Toppers!

Nah, tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara ampuh untuk dapat mengusir dan mencegah kucing liar kencing dan buang kotoran di rumahmu. Yuk, simak caranya!

Baca Juga: Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk yang Baru Lahir, Tumbuh Sehat dengan Baik

Cara Mengusir Kucing Tanpa Menyakiti

cat cute

Sumber Foto: Info Binatang

Kucing adalah hewan teritorial yang akan meninggalkan jejak untuk menandai wilayahnya. Ketika seekor kucing kencing dan buang kotoran di rumahmu bisa jadi ia sedang menandakan teritori barunya.

Memang tidak menyenangkan, tapi kita dapat memilih untuk mengusir tanpa menyakitinya. Berikut ini cara ampuh mengusir kucing dari rumahmu tanpa menyakiti.

1. Menebar Aroma yang Tidak Disukai Kucing


Kucing adalah salah satu hewan yang memiliki indra penciuman yang sensitif. Berikut adalah beberapa aroma yang tidak disukai kucing sehingga kucing tidak mendekati rumahmu:

  • Pisang

Pisang mengeluarkan aroma yang kuat sehingga kucing tidak tahan dengan baunya. Kamu bisa memotong halus pisang lalu menebarkannya di sekitar sudut rumah.

  • Lavender

Meski menjadi aroma yang disukai manusia, aroma lavender dapat mengusir kucing karena baunya yang kuat. Kamu bisa membuat spray campuran minyak esensial lavender dan air lalu semprotkan di sekeliling rumah.

  • Lemon

Kucing tidak menyukai hal yang berbau sitrus termasuk lemon. Untuk mengusir kucing kamu bisa menempatkan minyak esensial, kulit jeruk lemon atau pengharum ruangan beraroma lemon di beberapa sudut rumah.

  • Menthol

Sama seperti aroma lainnya, aroma menthol yang menyegarkan justru menjadi hal yang tidak disukai oleh kucing. Kamu bisa menggunakan minyak kayu putih, balsem, minyak angin, atau apapun yang mengandung menthol.

Baca Juga: 11 Cara Merawat Ikan Cupang: Cara Mudah & Ikan Sehat!

2. Menanam Tumbuhan yang Tidak Disukai Kucing


Kucing juga tidak menyukai tumbuhan yang mengeluarkan aroma yang menyengat. Kamu bisa menanam tumbuhan-tumbuhan ini di halamanmu untuk mengusir kucing.

  • Serai

Selain tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya, tumbuhan Serai juga tidak disukai kucing karena aromanya yang menyengat.

  • Lavender

Tumbuhan lavender ini juga selain terbukti untuk mengusir nyamuk, ampuh juga untuk mengusir kucing yang dapat mencium aromanya dari jauh.

  • Pennyroyal

Tumbuhan Pennyroyal ini mengeluarkan aroma spearmint atau mint yang kuat sehingga tidak disukai oleh kucing.

3. Semprot Kucing dengan Air


Cara selanjutnya untuk mengusir kucing liar adalah dengan menyemprotkannya dengan air. Walau terdengar kejam, tapi cara ini tidak akan menyakiti kucing. Kucing akan memiliki asosiasi negatif terhadap tempat dan akan menghindari tempat tersebut.

4. Menjaga Kebersihan Rumah


Cara terakhir yang paling ampuh adalah untuk tetap menjaga kebersihan rumah. Salah satu karakter kucing adalah ia akan terus kencing dan buang kotoran di tempat yang sama. Oleh karena itu sangat penting untuk membersihkan spot tersebut sampai jejak si kucing tidak dapat tercium lagi.

Baca Juga: 20 Cara Mengusir Tikus, Praktis dan Ampuh dengan Bahan Alami

Nah, itu dia, Toppers beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengusir dan mencegah kucing liar untuk kencing dan buang kotoran di rumahmu tanpa menyakitinya. Mudah, bukan? 

Kini kamu bisa menemukan perlengkapan kebersihan dan pengharum ruangan untuk rumahmu hanya di Tokopedia! Yuk, cek Tokopedia sekarang! Temukan diskon promo dan penawaran menarik lainnya.

Penulis: Abya Zara

© 2009-2024, PT Tokopedia