• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

7 Cara Merawat Hardisk Eksternal biar Awet dengan Mudah

27 December 2017
Share
7 Cara Merawat Hardisk Eksternal biar Awet dengan Mudah

Cara Merawat Hardisk – Perangkat hardisk eksternal kini menjadi salah satu perangkat komputer yang sangat dibutuhkan. Berfungsi untuk menyimpan data dalam kapasitas besar, keberadaan hardisk bisa membuat kinerja laptop atau komputer-mu tidak terlalu berat karena memory pada komputer jadi lebih lega.

Sayangnya, hardisk eksternal termasuk komponen yang rentan rusak. Biar hardisk eksternal nggak cepat rusak dan awet, ikuti tips dan cara merawat hardisk eksternal berikut!

Baca juga: Perpanjang Umur Smartphone Kamu dengan Cara Ini!

Cara Merawat Hardisk Eksternal

1. Selalu lepas hardisk dalam mode “Safe Remove Hardware”

Cara merawat hardisk yang paling sering dilupakan dan dianggap sepele adalah selalu mengaktifkan mode “Safe Remove Hardware” sebelum melepas atau mencabut hardisk dari perangkat laptop ataupun komputer.

Fungsi dari mengaktifkan mode ini adalah untuk memastikan data-data yang tersimpan pada cache memory benar-benar terhapus sehingga tak merusak data yang ada pada hardisk. Pada beberapa tipe dan jenis hardisk eksternal, gagalnya penulisan data bisa berakibat pada rusaknya Master Boot Record hingga mengharuskanmu melakukan format ulang pada hardisk.

WD Festival Tokopedia
Temukan Produk Kebutuhan-mu di Promo WD Festival Tokopedia! Mulai dari memori Hardisk, SSD, dan media penyimpanan lainnya, lengkap! Cek sekarang, promo hingga 31 Agustus 2020!

2. Pastikan Hardisk tidak terguncang, apalagi sampai terbanting!

Hardisk eksternal memiliki komponen mekanik yang sangat rentan terhadap benturan dan getaran sehingga bisa saja terjadi error pada saat penggunaan Hardisk jika kamu meletakkan hardisk pada permukaan yang bergetar seperti di atas speaker atau meja dengan kaki yang tidak rata.

Jika getaran saja bisa menganggu komponen mekanik pada hardisk, bisa kamu bayangkan apa yang akan terjadi jika hardisk eksternal sampai terbentur atau terbanting, bukan? Jadi, hindari kedua hal ini jika kamu masih menginginkan hardisk memiliki umur yang panjang.

3. Berikan sirkulasi udara yang baik pada hardisk

Pada saat dioperasikan, hardisk eksternal cenderung mengeluarkan temperatur yang panas. Panas berlebih dari hardisk bisa menimbulkan kerusakan pada hardisk eksternal itu sendiri, lho. So, pastikan hardisk eskternal mendapatkan sirkulasi udara alias angin yang baik sehingga temperatur hardisk bisa terjaga.

Hindari meletakkan hardisk pada permukaan yang mengurung panas, seperti kasur, bantal, atau karpet. Bila perlu, siapkan kipas angin kecil untuk memastikan temperatur hardisk eksternal tetap terjaga.

hardisk eksternal WD passport

4. Jaga Hardisk selalu dalam kondisi dan berada pada tempat yang kering

Sama seperti komponen elektronik lainnya, hardisk eksternal juga sensitif terhadap air. Menyusupnya air, meski dalam jumlah sedikit bisa berakibat rusaknya komponen yang ada di dalamnya. Selalu letakkan hardisk pada tempat yang kering dan jauh dari cairan seperti minuman ataupun hal yang berpotensi tumpah lainnya.

5. Pastikan Hardisk jauh dari benda-benda magnetik

Tahukah kamu jika medan magnet yang dihasilkan benda-benda yang memiliki sifat magnetik bisa merusak komponen mekanik yang ada pada hardisk eksternal. Hal ini karena bisa terciptanya gerakan tarik menarik di antara komponen mekanik akibat medan magnetik.

baner Maret Mantap

6. Kurangi kebiasaan mencabut-pasang kabel USB pada Hardisk eksternal, dan cabutlah kabel dengan cara yang benar.

Meski fungsinya memang untuk memindahkan data sehingga pastinya akan sering dicabut dan dipasang kembali, hanya saja lakukan hal ini dengan bijak sehingga kamu bisa meminimalisir mencabut serta memasang kembali kabel USB pada hardisk. Terlalu sering mencabut-pasang kabel USB ini akan berakibat pada menipisnya kepala konektor sehingga kontak antar tembaga tak sempurna dan membuat pasokan listrik dan arus data terganggu dan merusak kontroler.

Selain itu, saat mencabut USB, selalu pegang kepala konektor USB, bukan kabel-nya, Kebiasaan langsung menarik kabel USB ini juga akan membuat cepat rusaknya outlet dan kabel USB itu sendiri.

7. Gunakan kabel Y untuk memastikan pasokan listrik yang baik

Meski terkesan ribet, menggunakan kabel Y akan membantu menstabilkan pasokan listrik pada hardisk eksternal. Pasokan listrik yang tidak stabil bisa merusak hardisk. So, tips merawat hardisk satu ini perlu banget kamu perhatikan.

Baca juga: 5 Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

Nggak sulit untuk membuat hardisk eksternal milikmu jadi lebih awet, bukan? Jika hardisk sudah terlanjur rusak, dapatkan lagi hardisk eskternal baru terbaik di Tokopedia, dan pastikan kali ini kamu rawat dengan cara yang benar, ya!

casing hardisk
Share
TokopediaTokopedia

Related Articles

15 HP RAM 8GB di Bawah 2 Juta Terbaik 2023, Anti Lag!
Gadget dan Teknologi
15 HP RAM 8GB di Bawah 2 Juta Terbaik 2023, Anti Lag!
© 2009-2023, PT Tokopedia