Panduan Tabungan Emas: Cara, Keuntungan serta Resikonya

11983
cara menabung emas, keuntungan investasi emas, kerugian menabung emas, resiko investasi emas

Pelajari tentang cara, keuntungan, dan resiko investasi tabungan emas agar mendapat lebih banyak benefit dan meminimalisir kerugian!


Tabungan Emas – Menabung emas ini menjadi salah satu bentuk investasi yang lumayan banyak diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari tingginya jumlah transaksi yang terjadi dalam bentuk logam mulia ini.

Banyak orang memilih untuk menabung emas dengan keyakinan tinggi terhadap kestabilan harga emas, sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai salah satu sarana investasi utama dalam keuangan mereka.

Tapi, kamu sudah tahu apa saja keuntungan dan resiko dari menabung emas ini belum, Toppers? Yuk, cari tahu cara, keuntungan dan resiko dari tabungan emas selengkapnya!

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha tanpa Meminjam Uang ke Bank

Cara dan Syarat untuk Menabung Emas

1. Ketahui Harga Emas Saat Ini

cara menabung emas, keuntungan investasi emas, resiko investasi emas
Sumber Gambar: Pexels

Coba lakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui harga emas saat ini. Kamu bisa mengunjungi situs resmi Pengelolaan Emas Antam untuk mengetahui harga emas sekarang, dan lihat harga emas yang diinginkan.

Pegadaian biasanya menyediakan pilihan berat mulai dari 5 gram (g), 10 g, 25 g, 50 g, dan 250 g, hingga 1 kilogram (kg). Lalu, tambahkan 3% dari harga tersebut, itulah harga yang ditawarkan oleh Pegadaian.

2. Sesuaikan dengan Penghasilan

cara menabung emas, keuntungan investasi emas, resiko investasi emas
Sumber Gambar: Pixabay

Harga yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan dana dan pemasukan yang kamu miliki. Jadi, kamu bisa memilih pembelian tunai atau kredit dan berapa jangka waktu kredit yang ingin diambil.

Sebaiknya pilih jangka waktu yang tak terlalu lama karena harganya akan naik.

3. Syarat-syarat Menabung Emas

cara menabung emas, keuntungan investasi emas, resiko investasi emas
Sumber Gambar: Pixabay

Siapkan berbagai persyaratan untuk menyicil emas di Pegadaian. Syarat-syarat yang harus dipersiapkan, yaitu:

  • Memiliki Rekening Tabungan Emas

Syarat pertama, yaitu memiliki rekening tabungan emas di Pegadaian. Untuk membuatnya, cukup dengan mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas di kantor cabang Pegadaian yang terdekat.  

  • KTP atau SIM

Melampirkan KTP atau SIM yang masih berlaku.  

  • Bayar Biaya Administrasi dan Fasilitas Titipan

Membayar biaya administrasi dan fasilitas titipan selama 1 tahun. Biaya yang dibutuhkan biasanya senilai Rp 35.000 dengan rincian Rp 5.000 sebagai administrasi dan Rp 30.000 sebagai biaya penitipan.  

  • Minimal Saldo

Rekening emas memiliki minimal saldo senilai 0,1 gram emas.

  • Memilih Proses Pembelian Emas

Kamu bisa memilih proses pembelian ini secara tunai atau kredit. Pembelian emas berlaku dalam kelipatan 0,01 gram namun disediakan juga pilihan emas batangan.

Biasanya pilihan berat emas batangan di Pegadaian antara lain 5 g, 10 g, 25 g, 50 g dan 100 g. Jika kamu memilih opsi ini, kamu akan dikenakan juga biaya cetak emas yang harganya sesuai dengan berat yang kamu pilih.

  • Isi Formulir

Mengisi lembaran formulir aplikasi untuk program investasi emas.

  • Membayar DP

Membayar Down Payment (DP) sebesar 20% hingga 30% dari harga normal emas, dan biaya administrasi yang ditentukan masing masing lembaga Pegadaian.

Emas Antam
Kini beli emas Antam tak perlu repot. Tentunya aman dan terpercaya, Toppers!

Baca juga: Keunggulan Reksa Dana dibanding Investasi Emas

Keuntungan Menabung Emas 

1. Beli Emas Secara Tunai atau Kredit

cara menabung emas, keuntungan investasi emas, keuntungan menabung emas, kerugian menabung emas, resiko investasi emas
Sumber Foto : pexels

Toppers bisa menikmati keringanan dari Pegadaian, yaitu dengan pilihan pembelian secara tunai atau kredit sesuai dengan keinginan pembeli. Kalau kamu tertarik membeli emas secara tunai, jangan kaget kalau nggak langsung menerima emas saat itu juga.

Ini karena Pegadaian tidak menyimpan atau menyetok emas. Sedangkan dengan pembelian secara kredit, emas akan diberikan setelah semua cicilan lunas.

Baik tunai maupun kredit, biasanya emas dapat diambil 2 minggu setelah pembayaran lunas.

2. Jangka Waktu Kredit Lebih Ringan

cara menabung emas, keuntungan investasi emas, keuntungan menabung emas, kerugian menabung emas, resiko investasi emas
Sumber foto: Creditsesame.com

Kalau kamu berencana mengambil kredit untuk membeli emas, kamu bisa memilih untuk membayar cicilan hingga maksimal 36 bulan atau dalam jangka waktu 3 tahun.

Dengan ini, kamu tak harus mengeluarkan uang banyak sekaligus ketika membeli emas.

3. Tersedia Berbagai Pilihan Berat Emas

cara menabung emas, keuntungan investasi emas, keuntungan menabung emas, kerugian menabung emas, resiko investasi emas
Sumber Gambar: Pixabay

Pegadaian memberikan berbagai pilihan berat emas sesuai kebutuhanmu mulai dari 5 gram, 10 gram, 20 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, hingga 1 kg.

Kamu bisa menentukan ingin berinvestasi emas dengan berat berapapun dan sesuai kemampuanmu membeli emas tersebut.

4. Harga yang Ditetapkan Cenderung Normal

keuntungan menabung emas, kerugian menabung emas, resiko investasi emas
Sumber Gambar: Real Success.net

Pegadaian menetapkan harga sebesar 3% dari harga emas yang dikeluarkan PT Antam, sehingga berbeda dari toko atau lembaga lain. Jadi, kamu bisa mengecek harganya setiap hari dan dapat mengurangi kecurangan atau penipuan.

Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan terlebih dahulu apa biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli emas

5. Dapat Dana untuk Kebutuhan Mendesak

cara menabung emas, keuntungan investasi emas
Sumber foto: Maxfinance.com.au

Memang banyak orang yang berencana mau berinvestasi tapi takut terkena penipuan. Penipuan kebanyakan terjadi ketika orang menginvestasikan uangnya pada perusahaan tanpa kredibilitas yang baik.

Karena itu lebih baik kamu berinvestasi emas di Pegadaian, karena lebih terjamin dan paling aman, dan merupakan lembaga resmi milik pemerintah.

perhiasan emas
Ingin punya perhiasan emas sekaligus investasi? Ini solusi praktisnya!

Baca Juga: 5 Tips Investasi Emas yang Benar agar Menguntungkan dan Aman

Resiko Menabung Emas

1. Tidak Praktis

Salah satu kelemahan dari investasi emas yang paling bisa dirasakan adalah karena bentuk fisiknya yang kurang praktis, sehingga kamu butuh tempat penyimpanan yang dilengkapi keamanan yang ekstra.

Apalagi kalau kamu memiliki emas-emas batangan dalam jumlah yang begitu besar, dan pastinya butuh lebih dari sekedar brankas yang kecil.

2. Resiko Kehilangan

Karena bentuk fisik emas tak praktis dan membutuhkan tempat penyimpanan, maka hal ini membuat resiko kehilangan yang lebih tinggi.

Selain itu, keadaan fisik emas yang mencolok juga dapat mengundang kejahatan, sehingga risiko kehilangan emas tentu bisa mudah dialami terutama bagi kamu yang memilih jenis emas perhiasan dan sering digunakan.

Kalau hal ini sampai terjadi, pastinya akan mengalami kerugian yang cukup besar.

3. Emas Palsu

Baik emas dalam bentuk batangan, perhiasan, koin, atau bentuk lainnya mudah dipalsukan sekarang ini. Karena itu, akan lebih baik kalau melakukan transaksi jual beli emas di tempat emas terpercaya.

Misalnya saja seperti bank syariah, pegadaian, toko-toko emas yang memang sudah terpercaya.

4. Investasi Bodong

Ada banyak pihak yang biasanya menawarkan investasi emas dengan keuntungan yang lumayan besar. Tapi, kalau kamu mengalami hal ini, sebaiknya jangan tertarik terlebih dulu, karena bisa saja hal ini merupakan salah satu tindak penipuan dari pihak tersebut.

Dengan yield atau keuntungan 2% per bulan tidak mungkin bagi sebuah perusahaan investasi, mengingat pertumbuhan harga emas setiap tahun hanya 20%. Akan jauh lebih aman kalau kamu berinvestasi emas di tempat yang sudah terpercaya.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Investasi Emas yang Menguntungkan

Memang menabung emas memiliki berbagai keuntungan dan resiko yang harus kita perhatikan. Karena itu, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya supaya terhindar dari kerugian hingga mendapatkan keuntungan lebih banyak dari tabungan emas.

Yuk, menabung emas sekarang juga di Tokopedia untuk investasi masa depan, Toppers!

investasi emas
Investasi emas masa kini dengan cara yang lebih praktis dan aman di sini!

Bagikan Artikel