2 Cara Menabung Emas Berikut Keuntungan & Risikonya

0
71246
cara menabung emas

Cara menabung emas ada dua yakni menabung emas batangan dan menabung emas online. Berikut ini kelebihan, kekurangan dan tips menabung emas.


Emas telah jadi instrumen investasi dan lindung nilai sejak dulu. Jika pada zaman dahulu orang menabung emas dengan membeli emas perhiasan maupun emas batangan dan menyimpannya dalam brankas, saat ini orang bisa menabung emas secara digital.

Nah, bagi kamu yang sedang menimbang-nimbang untuk menabung emas, kamu bisa memilih alternatif cara menabung emas konvensional maupun modern.

Agar kamu bisa menentukan pilihan, yuk, cari tahu 2 cara menabung emas beserta keuntungan dan risikonya masing-masing di bawah ini.

Cara dan Syarat Menabung Emas Batangan

Untuk menabung emas batangan, setidaknya kamu harus memiliki sejumlah syarat di bawah ini:

1. Memiliki Tempat Penyimpanan

cara menabung emas
Sumber gambar: kiplinger

Jika kamu berencana menabung emas fisik, hal pertama yang harus kamu siapkan adalah tempat penyimpanan emas yang aman.

Kamu bisa menggunakan lemari besi/brankas atau tempat penyimpanan rahasia. Jika tidak ingin menyimpan harta berharga di dalam rumah, kamu bisa menyewa safe deposit box milik bank. Namun, ada biaya yang harus kamu keluarkan.

2. Menyiapkan Uang Cukup Banyak

Sumber gambar: pixabay

Karena kamu akan membeli emas batangan, setidaknya siapkan uang seharga 1 gram emas. Jika mengacu pada rata-rata nilai beli emas pada Mei 2020, maka uang yang harus kamu siapkan untuk membeli 1 gram emas batangan berkisar antara Rp 800 ribu hingga Rp 900 ribu.

promo nabung emas dan cicilan
Mau nabung emas dapat cashback? Cicilan kartu kredit dapat diskon? Cek di sini!

3. Beli di Toko Emas atau Online

Sumber gambar: dtcwonokromo

Setelah syarat-syarat di atas terpenuhi, kamu bisa langsung membeli emas batangan. Ada dua pilihan tempat yakni membeli emas batangan di toko emas atau membelinya secara online di marketplace seperti Tokopedia.

Cara dan Syarat Menabung Emas Online

Berikut ini syarat yang harus kamu penuhi untuk menabung emas online:

1. Membuka Rekening Tabungan Emas Online

Sumber gambar: pexels

Syarat pertama, yaitu memiliki rekening tabungan emas. Kamu bisa membuka rekening tabungan emas online di Tokopedia. Untuk membuatnya, cukup dengan mengisi data diri, KTP dan foto.  

2. Top Up OVO

Sumber gambar: pexels

Setelah memenuhi syarat di atas, cara menabung emas online pertama adalah top up OVO sebagai dompet digital untuk melakukan beragam transaksi di Tokopedia.

BACA JUGA: 9 CARA INVESTASI EMAS YANG BIKIN PEMULA BISA CUAN

3. Masukkan Nominal Transaksi

Sumber gambar: pexels

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan nominal transaksi yang langsung dikonversikan dengan emas sesuai nilai beli yang berlaku saat itu.

4. Beli Emas

Sumber gambar: pexels

Selanjutnya, kamu bisa langsung membeli emas. Jumlah tabungan emasmu dan nilai jualnya bisa langsung kamu pantau di aplikasi Tokopedia.

Kelebihan dan Kekurangan Menabung Emas Batangan

1. Bisa Langsung Bawa Pulang Emas

Sumber gambar: tirto.id

Setelah membeli emas batangan maupun perhiasan, kamu bisa langsung membawa pulang emas dan menyimpannya di rumah.

Beda dengan nabung emas online di mana nominal pembelian memang dikonversikan dengan emas fisik namun emas fisik tersebut dititipkan di Pegadaian.

2. Tersedia Berbagai Pilihan Berat Emas

Sumber gambar: pexels

Terdapat berbagai pilihan berat emas sesuai kebutuhanmu mulai dari 5 gram, 10 gram, 20 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, hingga 1 kg.

Kamu bisa menentukan ingin berinvestasi emas dengan berat berapapun asal sesuai kemampuanmu membeli emas tersebut, Toppers.

3. Risiko Tinggi

Sumber gambar: pixabay

Risiko menabung emas batangan adalah risikonya lebih tinggi dibandingkan nabung emas online. Sebab, emas batangan, terlebih yang bobotnya masih ringan, bisa saja hilang atau dicuri.

Selain hilang, risiko yang bisa saja terjadi adalah mendapatkan emas palsu. Namun, risiko ini bisa dicegah dengan membeli emas pada penyedia emas batangan terpercaya. Berikut ini jenis-jenis risiko yang harus kamu waspadai

  • Tidak Praktis

Salah satu kelemahan dari investasi emas yang paling bisa dirasakan adalah karena bentuk fisiknya yang kurang praktis, sehingga kamu butuh tempat penyimpanan yang dilengkapi keamanan yang ekstra.

Apalagi kalau kamu memiliki emas-emas batangan dalam jumlah yang begitu besar, dan pastinya butuh lebih dari sekedar brankas yang kecil.

  • Resiko Kehilangan

Karena bentuk fisik emas tak praktis dan membutuhkan tempat penyimpanan, maka hal ini membuat resiko kehilangan yang lebih tinggi.

Selain itu, keadaan fisik emas yang mencolok juga dapat mengundang kejahatan, sehingga risiko kehilangan emas tentu bisa mudah dialami terutama bagi kamu yang memilih jenis emas perhiasan dan sering digunakan.

Kalau hal ini sampai terjadi, pastinya akan mengalami kerugian yang cukup besar.

  • Emas Palsu

Baik emas dalam bentuk batangan, perhiasan, koin, atau bentuk lainnya mudah dipalsukan sekarang ini. Karena itu, akan lebih baik kalau melakukan transaksi jual beli emas di tempat emas terpercaya.

Misalnya saja seperti bank syariah, pegadaian, toko-toko emas yang memang sudah terpercaya.

Emas Antam
Kini beli emas Antam tak perlu repot. Tentunya aman dan terpercaya, Toppers!

Kelebihan dan Kekurangan Menabung Emas Online

1. Aman

Menabung emas online jelas lebih aman karena emas yang kita beli tersimpan di brankas milik pegadaian. Kita juga tidak perlu khawatir dengan keaslian emas karena emas yang dibeli berasal dari lembaga terpercaya.

2. Tidak Harus Punya Modal Besar

Keuntungan selanjutnya dari nabung emas online adalah bisa dicicil sesuai kemampuan. Bahkan, di Tokopedia kamu bisa mulai menabung emas online dari Rp 5.000 saja.

3. Bisa Beli dan Jual Kapan Saja

Menabung emas online juga lebih mudah saat kita harus menjual atau ingin menambah tabungan emas. Tanpa perlua ke luar rumah, kita bisa bertransaksi dan berinvestasi kapan saja dan di mana saja

4. Bisa Cek Harga

Melalui tabungan emas online, kamu bisa mengecek harganya setiap hari. Dengan demikian, dapat mengurangi potensi kecurangan atau penipuan.

Kamu juga bisa mempersiapkan terlebih dahulu biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli emas

investasi emas
Investasi emas masa kini dengan cara yang lebih praktis dan aman di sini!

Tips Menabung Emas

1. Ketahui Harga Emas Saat Ini

Coba lakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui harga emas saat ini. Kamu bisa mengunjungi situs resmi Pengelolaan Emas Antam untuk mengetahui harga emas sekarang, dan lihat harga emas yang diinginkan.

Atau, kamu bisa kunjungi Tokopedia untuk melihat harga emas hari ini maupun histori harga emas dalam tiga bulan terakhir.

2. Sesuaikan dengan Penghasilan

Harga yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan dana dan pemasukan yang kamu miliki. Jadi, kamu bisa memilih pembelian tunai atau kredit dan berapa jangka waktu kredit yang ingin diambil.

Sebaiknya pilih jangka waktu yang tak terlalu lama karena harganya akan naik.

3. Waspada Investasi Bodong

Ada banyak pihak yang biasanya menawarkan investasi emas dengan keuntungan yang lumayan besar. Tapi, kalau kamu mengalami hal ini, sebaiknya jangan tertarik terlebih dulu, karena bisa saja hal ini merupakan salah satu tindak penipuan dari pihak tersebut.

Dengan yield atau keuntungan 2% per bulan tidak mungkin bagi sebuah perusahaan investasi, mengingat pertumbuhan harga emas setiap tahun hanya 20%. Akan jauh lebih aman kalau kamu berinvestasi emas di tempat yang sudah terpercaya.

BACA JUGA: 11 KEUNTUNGAN INVESTASI EMAS ONLINE DI TAHUN 2020

Memang menabung emas memiliki berbagai keuntungan dan resiko yang harus kita perhatikan.

Karena itu, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya supaya terhindar dari kerugian hingga mendapatkan keuntungan lebih banyak dari tabungan emas. Yuk, menabung emas sekarang juga di Tokopedia untuk investasi masa depan, Toppers!