• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Mengenal Teknik-Teknik Pembuatan Batik asli Indonesia

Share

Mengenal Teknik-Teknik Pembuatan Batik asli Indonesia

Teknik Membuat Batik – Pada 2 Oktober 2009, Batik Indonesia mendapatkan pengakuan sebagai “Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi” (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO. Tak hanya karena keberadaannya yang sangat erat dengan adat budaya di Nusantara, khususnya di Jawa, pengakuan dunia terhadap kesenian Indonesia ini juga dikarenakan proses pembuatan batik tradisional yang sangat khas dan unik dimana pola pada batik terbentuk dari goresan lilin “malam” menggunakan canting

Namun, tahukah Toppers bahwa cara membuat batik tak hanya dengan menggunakan canting? Teknik pembuatan batik di Indonesia terus berkembang dan berevolusi hingga saat ini. Berikut ulasan singkat beragam teknik pembuatan batik paling umum yang ada di Indonesia:

Baca juga: 11 Motif Batik Nusantara yang Kecantikannya Termasyhur Hingga Mancanegara

Teknik-Teknik Membuat Batik

Hari Batik Nasional
Sumber gambar: Pixabay

1. Batik Tulis

Teknik pembuatan batik yang paling tua adalah batik tulis dimana proses pembuatan batik masih menggunakan alat canting tradisional yang diisi dengan lilin panas sebelum kemudian digoreskan di atas kain membentuk ragam pola batik yang indah. Setelah semua pola yang diinginkan telah tertutupi lilin, barulah kain kemudian diwarnai dan lilin di-”lorot” atau dilepaskan dari kain dan terbentuklah gambar motif batik yang indah.

Proses pembuatan batik tulis yang masih sangat tradisional ini membuat pengerjaan batik tulis dapat memakan waktu yang sangat lama. Namun, dibalik proses panjang inilah batik tulis memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Jadi, jangan heran jika batik tulis kerap dijual dengan harga yang cukup mahal dan fantastis.

Teknik pembuatan Batik
Sumber gambar: Info Batik

2. Batik Cap

Pada awal abad ke-20, mulai dikenal teknik pembuatan batik lainnya, yakni dengan menggunakan cap. Batik yang dibuat dengan teknik ini dikenal juga dengan nama batik cap. Masih sama-sama menggunakan lilin “malam”, perbedaan teknik batik cap dan tulis adalah pengaplikasian lilin yang tidak menggunakan canting, melainkan cap yang terbuat dari tembaga dengan ukuran sekitar 20×20 cm. Secara sederhana, proses pembuatan batik ini seperti menggunakan stempel.

Dengan teknik pembuatan batik ini, proses pengerjaan batik menjadi jauh lebih cepat. Tak hanya menggunakan cap secara menyeluruh, tak sedikit juga pembatik yang menggabungkan teknik pembuatan batik tulis dan juga batik cap dimana pola atau gambar utama dibentuk menggunakan cap, dan ornamen dekoratif pelengkap baru ditambahkan dengan teknik canting yang masih tradisional.

tas batik

3. Teknik Batik Colet

Untuk dapat mendapatkan motif batik yang memiliki banyak warna berbeda, pada teknik yang lebih tradisional seperti batik tulis dan batik cap, diperlukan proses mencanting dan pewarnaan yang berulang-ulang hingga didapatkan komposisi warna yang diinginkan. Namun, hal ini tentu menjadikan proses pembuatan batik yang telah panjang menjadi semakin panjang. 

Maka dari itu, berkembanglah teknik batik colet atau kerap dikenal juga dengan istilah batik lukis. Ciri khas dari teknik pembuatan batik ini ialah proses pewarnaan dimana setelah lilin diaplikasikan di atas permukaan kain, kemudian kain diwarnai dengan kuas sesuai dengan warna-warna yang diinginkan pada pola batik.

Teknik Pembuatan Batik
Sumber gambar: Info Batik

4. Batik Printing

Teknik pembuatan batik yang lebih modern adalah batik printing dimana proses pembuatan batik semuanya telah dilakukan oleh mesin. Hal ini menjadikan proses pengerjaan batik menjadi jauh lebih singkat dan mudah. Hal ini menjadikan kain batik yang dihasilkan dengan teknik printing ini bisa memiliki motif lebih detail dan juga rapi namun dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan batik-batik yang dibuat dengan teknik serta metode pembuatan yang lebih tradisional.

Baca juga: 16 Tujuan Wisata di ‘Kota Batik’ Pekalongan Terbaik

Meski telah berkembang menjadi jauh lebih modern, teknik serta metode pembuatan batik tradisional di Indonesia masih terus dipertahankan karena keeratannya pada adat dan budaya yang ada di Indonesia. Bagi para kolektor, setiap goresan pada batik tradisional justru mengandung nilai artistik yang jauh lebih tinggi sehingga tak heran masih ada orang yang rela membanderol kocek cukup dalam untuk dapat memiliki batik tulis tradisional. 

Ingin miliki batik tulis dengan kualitas terbaik? Atau ingin miliki alat-alat membuat batik untuk coba buat batik kreasi sendiri di rumah? Temukan semuanya di aplikasi Tokopedia! Ditambah fitur bebas ongkir, belanja batik dan pernak-pernik lainnya tak cuma praktis, namun jauh lebih hemat!

Belanja Bebas Ongkir
Nikmati promo Bebas Ongkir Tokopedia, biar belanja makin hemat!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

11 Persiapan Menyambut Ramadan: Semakin Berkah di Bulan Suci
Topik Seru Lainnya
11 Persiapan Menyambut Ramadan: Semakin Berkah di Bulan Suci
© 2009-2024, PT Tokopedia