Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
Mengenal Catnip, Tanaman Mint Favorit Semua Kucing!
29 October 2019
Share icon
Share
Catnip dan Kucing
Sumber gambar: Okezone

Catnip – Pernahkan Toppers melihat kucing mengendus-endus sejenis tanaman dan terlihat sangat menyukainnya hingga ia tak bisa lepas dari tanaman tersebut? Ya, faktanya memang ada satu jenis tanaman yang sangat disukai oleh semua kucing, yakni tanaman Catnip.

Bagi Toppers penggemar kucing, mungkin Catnip sudah bukan hal yang asing lagi. Namun, masih banyak yang tidak tahu mengapa kucing sangat suka Catnip dan apakah memberikan Catnip pada kucing baik atau tidak. Apa saja efek Catnip pada kucing kesayangan? Simak ulasan lengkap mengenai tanaman favorit para kucing ini

Baca juga: 8 Merk Makanan Kucing yang Bagus dan Bernutrisi

Apa itu Catnip?

Tumbuhan dengan nama ilmiah Nepeta cataria ini tak hanya dikenal dengan nama Catnip. Dibeberapa daerah lain, tanaman yang masih masuk dalam famili Lamiaceae, sejenis tanaman mint ini juga kerap disebut Catswort ataupun Carmint.

Persebaran Catnip awalnya berasa dari Eropa selatan dan Timur, Timur Tengah, Asia Tengah, dan sebagian wilayah Cina sebelum kemudian menyebar lebih luas hingga ke Selandia Baru dan Amerika Utara.

Nama Catnip sendiri merujuk pada kesukaan hampir semua kucing terhadap tanaman ini. Selain itu, tanaman Catnip juga populer digunakan sebagai bahan untuk membuat teh. Soal tampilan, tanaman Catnip memiliki tampilan hampir menyerupai tanaman mint pada umumnya.

Catnip dan Kucing
Sumber gambar: CatGuide

Mengapa Kucing Sangat Suka Catnip?

Lalu, mengapa kucing menyukai Catnip? Umumnya, kucing sangat gemar mengendus, menjilat, hingga mengunyah tanaman ini dan kemudian mulai berperilaku aneh seperti menjadi sangat hiperaktif atau bahkan menjadi lemas sembaru terus mengendus tanaman Catnip.

Seorang peneliti dari University of Guelph di Kanada menggambahkan reaksi kucing akibat efek catnip bisa dipelajari sebagai model reaksi manusia saat mengonsumsi ganja atau obat narkotika lysergic acid diethylamide (LSD). Namun, Toppers tak perlu khawatir karena efek Catnip pada kucing ini tak berbahaya dan akan hilang dalam hitungan menit.

Efek Catnip pada kucing ini sendiri diakibatkan oleh kandungan senyawa kimia nepetalactone ata terpene. Senyawa kimia inilah yang mampu membuat kucing merasa lebih rileks dan berenergi. Tak hanya pada bagian daun Catnip saja, senyawa kimia ini bisa juga ditemukan pada bagian batang dan juga biji dari tanaman Catnip.

Catnip dan Kucing
Sumber gambar: Phys Org

Efek Samping Catnip pada Kucing Kesayangan

Efek dari tanaman Catnip pada kucing bisa berbeda-beda dari satu kuncing dan kucing lainnya. Ada yang bisa mendapatkan efek tanaman Catnip setelah mengendus sekali atau dua kali, dan ada yang mungkin harus mengendusnya beberapa kali untuk bisa mendapatkan efek dari Catnip.

Efek umum dari Catnip pada kucing adalah membuat kucing menjadi sangat hiperaktif, seperti melompat-lompat, berputar-putar, berlari kesana-kemari, dan tak bisa diam sama sekali. Namun, ada pula kucing yang justru menjadi sangat rileks setelah terkena efek dari Catnip. Kucing bisa menjadi diam sembari mendengkur dengan posisi sangat nyaman.

Pengaruh dari Catnip ini sendiri umumnya hanya bertahan selama 10 menit. Setelah itu, kucing akan kebal terhadap efek dari Catnip selama setidaknya 2 jam. Semakin sering kucing mengendus dan terkena efek dari Catnip, semakin kebal pula kucing tersebut kemudian hingga akhirnya tak bisa merasakan efek dari Catnip lagi.

Kekebalan terhadap efek Catnip juga dimiliki anak kucing yang berusia di bawah 6 bulan. Anak kucing yang berusia di bawah 6 bulan umumnya belum bisa merasakan efek dari Catnip.

Perlu Toppers ketahui, penggunaan Catnip berlebihan juga memiliki efek samping terhadap kucing salah satunya adalah menganggu sistem pencernaan kucing yang berakibat pada diare.

Manfaat Catnip Lainnya

Meskipun lebih terkenal untuk kucing. Ternyata tanaman Catnip memiliki banyak manfaat lainnya di berbagai bidang, lho! Berikut beberapa manfaat Catnip yang perlu Toppers ketahui:

1. Mengatasi Stress

Daun Catnip kerap dijadikan sebagai bahan untuk membuat teh. Minuman teh yang dicampur Catnip diyakini dapat membantu pikiran menjadi lebih riles dan mengusir stress.

2. Mengatasi Insomnia

Selain mengatasi stress, segelas teh Catnip juga dipercaya dapat membantu memperlambat siklus tubuh terinduksi untuk tenang dan rileks sehingga mampu mengatasi permasalahan susah tidur atau Insomnia.

3. Melancarkan Pencernaan

Tanaman Catnip juga memiliki efek anti-inflamasi yang bisa meredakan peradangan pada sistem pencernaan serta mampu mengusir rasa tak nyaman pada perut saat sembelit.

4. Menyembuhkan Luka

Minyak essensial atau krim Catnip juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan bekas luka. Selain itu, kandungan Catnip juga dapat meredakan iritasi pada kulit dan menyembuhkan bekas gigitan serangga.

5. Meredakan Sakit Kepala

Selain untuk bekas luka, mengoleskan minyak essensial Catnip pada bagian kepala atau pelipis juga dipercaya dapat meredakan rasa sakit kepala dengan ampuh.

Baca juga: 10 Merk Obat Tetes Telinga untuk Kucing dan Anjing Paling Ampuh

Unik sekali bukan tanaman Catnip yang sangat digemari kucing ini. Tak cuma digemari kucing, ternyata Catnip juga menyimpan berbagai khasiat lainnya yang tak hanya bermanfaat bagi kucing, bahkan manusia. Tertarik untuk berikan Catnip pada kucing kesayanganmu? Yuk, temukan daun Catnip serta perlengkapan hewan peliharaan lainnya dengan mudah di Tokopedia. Tapi, hati-hati untuk tak berikan Catnip pada kucing kesayangan secara berlebihan, ya!

mainan kucing
Si kucing makin lincah dan tidak bosan dengan mainan kucing pilihan!
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia