• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cek Info & Harga Tiket Kereta Lebih Mudah Online

11 March 2016
Share
Cek Info & Harga Tiket Kereta Lebih Mudah Online

Traveling, liburan atau rencana pulang ke kampung halaman memang sudah menjadi ritual yang membutuhkan perencanaan yang matang. Destinasi tempat wisata, berat barang bawaan/bagasi hingga penginapan merupakan masalah kesekian yang membuat kita melupakan detail-detail penting lainnya.

Masalah transportasi, misalnya.

Bagi kita yang berencana untuk menggunakan transportasi umum, kadang kala ada jadwal perjalanan yang bentrok hingga harga tiket yang jauh diatas budget yang kita tentukan.

Tentunya kita tidak ingin jadwal dan agenda yang direncanakan matang-matang gagal begitu saja.

Hal ini tidak akan terjadi jika kita menggunakan kereta api.

Pasalnya, untuk mengecek harga tiket kereta api bisa kamu lakukan secara online dimanapun lokasinya. Kelebihan utamanya adalah membandingkan harga tiket secara langsung dari jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga tiket kereta api termurah.

Selain itu, kita dapat menentukan posisi tempat duduk jika kita melakukan perjalanan lebih dari satu orang, stasiun terdekat dan lama perjalanan sesingkat-singkatnya.

Lebih sederhana, jauh lebih hemat serta jadwal perjalanan yang sesuai dengan harapan kita.

Bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan tiket kereta api?

Di tiket kereta api Tokopedia, kita bisa mendapatkan informasi lengkap untuk menyusun agenda perjalanan.

Untuk mengecek harga tiket kereta, yang kita butuhkan adalah tanggal perjalanan atau kapan kita akan melakukan perjalanan. Sisanya Tokopedia Tiket akan memberikan daftar harga berserta tanggal, rute dan lama perjalanan.

Semisalnya kita hendak melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya. Dari sini, kita bisa mendapatkan harga termurah dari berbagai rute kereta yang ada dari stasiun antar kedua kota.

Cara cek harga tiket kereta api dengan mudah

Langkahnya adalah dengan memasukan kota asal dan tujuan seperti biasanya saat kita hendak membeli tiket kereta di Tokopedia. Untuk jelasnya, ini cara membeli tiket kereta api di Tokopedia.

Selanjutnya jika kita sudah memasukan data dengan benar, klik pada cari tiket untuk mendapatkan daftar harga tiket kereta.

Untuk mengganti pencarian tanpa perlu kembali ke halaman antarmuka, cukup pilih menu Ganti Pencarian atau Ganti Tanggal. Walau bisa dilakukan tanpa login ke akun Tokopedia namun akan lebih baik jika kita dalam keadaan login untuk pemesanan rute dengan jumlah tiket terbatas.

Simulasi pencarian tiket kereta Jakarta – Surabaya

Stasiun di Jakarta

Stasiun Gambir, Jakarta Kota, Jatinegara, Stasiun Manggarai, Pasar Senen, Stasiun Tanah Abang dan Tanjung Priuk.

Stasiun di Surabaya

Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi dan Wonokromo.

Dari daftar stasiun kereta di atas, kita dapat mencari tiket kereta api dengan harga termurah dengan menghubungkan semua stasiun kota asal dengan stasiun di kota tujuan.

Stasiun Gambir                                                 Stasiun Surabaya Gubeng – Surabaya Pasar Turi – Wonokromo
Stasiun Jakarta Kota
Stasiun Jatinegara
Stasiun Manggarai
Stasiun Pasar Senen
Stasiun Tanah Abang
Stasiun Tanjung Priuk

Dari simulasi diatas, kita mendapatkan bahwa dari Jakarta menuju Surabaya,

  • Stasiun Surabaya Gubeng

Harga tiket termurah adalah dengan melakukan perjalanan dari Stasiun Pasar Senen dengan harga Rp 106.000,-

  • Surabaya Pasar Turi

Perjalanan dengan kereta dari Jakarta ke Surabaya, dapat diperoleh dengan harga Rp 150.000,- di Stasiun Pasar Senen.

  • Stasiun Wonokromo

Harga termurah dapat diperoleh dengan membeli tiket di Stasiun Pasar Senen seharga Rp 106.000,- dengan tujuan Stasiun Wonokromo.

Stasiun lainnya di Jakarta tidak menunjukan daftar tiket menuju Kota Surabaya. Hal ini bisa dikarenakan ketidaktersediaan rute menuju Surabaya dari beberapa stasiun di Jakarta atau tidak adanya jadwal menuju Surabaya pada tanggal yang kita pilih.

Catatan: Harga termurah dari simulasi dapat berubah dari waktu-kewaktu, sehingga hasil simulasi diatas dapat berbeda dengan simulasi yang dijalankan oleh kita, di waktu yang berbeda.

Dengan cara ini, kita dapat melakukan ritual perjalanan dengan kereta api lebih murah dan cepat. Sekarang saatnya untuk mempersiapkan tujuan wisata, jalan-jalan kuliner, belanja oleh-oleh hingga tempat bermalam di kota tujuan.

Selamat traveling!

TAGS
    Share
    Frans FernandoFrans Fernando

    Related Articles

    Daftar Menu The Coffee Bean & Tea Leaf, Lengkap dengan Harganya!
    Travel dan Kuliner
    Daftar Menu The Coffee Bean & Tea Leaf, Lengkap dengan Harganya!
    © 2009-2023, PT Tokopedia