Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

8 Contoh Desain CV yang Kreatif untuk Menarik Perhatian Recruiter

16 March 2020
Share
8 Contoh Desain CV yang Kreatif untuk Menarik Perhatian Recruiter

Ingin menarik perhatian recruiter saat melamar pekerjaan? Bikin cv kamu sekreatif mungkin! Ini 8 contoh cv kreatif yang bisa kamu contoh.


CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen berisi informasi mengenai seseorang yang berisi tentang riwayat pendidikan dan karier yang ingin disampaikan pada pemberi kerja.

Kalau kamu sedang atau ingin melamar kerja, CV adalah salah satu dokumen yang wajib kamu lampirkan saat mengirim surat lamaran kerja.

Semakin banyaknya pelamar di suatu lowongan pekerjaan, maka semakin kecil kemungkinan CV milikmu dilihat atau dibaca oleh recruiter.

Nah, agar CV yang kamu kirimkan tidak dilewatkan oleh recruiter, kamu harus membuat CV kamu sekreatif dan semenarik mungkin.

Sebab, CV yang stand out dan menarik perhatian akan membantu kamu selangkah lebih dekat dengan pekerjaan yang ingin kamu dapatkan, Toppers.

Kamu bisa kok membuat CV yang out of the box! Jika kamu butuh inspirasi, ide CV kreatif di bawah ini bisa kamu gunakan

kartu pra kerja tokopedia

Contoh CV Kreatif Terbaik

1. CV Kreatif dengan Template Game

contoh CV Kreatif dengan Template Game
Sumber gambar: Easy Fans

Berencana bekerja di industri game? Kamu bisa coba, lho, membuat CV dengan tampilan game yang kamu mainkan seperti contoh CV kreatif di atas ini.

Kamu bisa memasukkan nama, usia, kontak, dan alamat pada kolom pertama layaknya identitas karakter dalam sebuah game.

Seperti game yang punya level, tuliskan di bagian complete mission tentang pengalaman organisasi atau pengalaman kerja yang kamu lakukan.

Di bagian special attributes, kamu bisa menuliskan penghargaan yang pernah kamu raih. Dalam sebuah game, tentu setiap karakter memiliki kelebihan. Nah, di bagian weapons kamu bisa menuliskan kelebihan yang kamu miliki, baik hardskill dan softskill.

Baca juga: 10 Kursus Menghasilkan Uang yang Dapat Diikuti Tanpa Keahlian Khusus

2. CV Kreatif Berbentuk Box Sereal

contoh CV Kreatif Berbentuk Box Sereal
Sumber gambar: Behance

Karena CV yang dicetak berbentuk lembaran kertas sudah umum, contoh CV kreatif berbentuk box sereal ini bisa kamu contoh, Toppers.

Untuk membuat CV seperti ini, kamu bisa menggunakan design bagian depan kotak sereal yang diubah dengan identitasmu. Kolom pada keterangan kandungan sereal bisa kamu ganti dengan hardskill dan softskill yang kamu miliki.

Sedangkan pada bagian informasi gizi, kamu bisa menggantinya dengan daftar pengalaman organisasi, pekerjaan, atau penghargaan yang kamu miliki.

Setelah itu, alamat pabrik dan customer service bisa kamu ganti dengan alamat dan kontak kamu, Toppers. Menarik bukan ide dan konsepnya?

3. CV Kreatif Box Hadiah Kecil

contoh CV Kreatif Box Hadiah Kecil
Sumber gambar: Rikhard Hormia

Contoh CV kreatif selanjutnya bertema “hadiah” untuk recruiter. Maksud hadiah di sini adalah bentuk kreativitas kamu dalam mengemas CV, Toppers.

Kamu bisa membuat  CV di lembaran kertas, kemudian melipat kecil hingga muat untuk dimasukkan ke dalam kotak kecil.

Untuk pemanisnya, kamu bisa menambahkan kartu greetings dan flashdisk yang telah terisi portfolio yang kamu miliki. Usahakan untuk mendesain CV, kartu nama, dan flashdisk dengan warna senada biar semakin bagus!

Baca juga: 7 Kunci Sukses Wawancara Kerja agar Diterima Bekerja

4. CV Kreatif Berbentuk Komik

contoh CV Kreatif Berbentuk Komik
Sumber gambar: Finance.nine

Buat kamu yang ingin memasuki dunia kerja yang berhubungan dengan animasi atau menggambar, cobalah membuat CV dengan template komik.

Seperti komik pada umumnya, kamu bisa membuat cerita tentang diri kamu sendiri dengan model percakapan seperti di dalam komik.

5. CV Kreatif Berbentuk Dokumen Rahasia

contoh  CV Kreatif Berbentuk Dokumen Rahasia
Sumber gambar: Behance

Contoh CV kreatif yang bisa kamu jadikan referensi selanjutnya adalah CV berbentuk dokumen rahasia.

Hal menarik dari bentuk CV ini adalah font tulisan yang kamu gunakan. Biasanya, font yang digunakan seperti hasil mesin ketik.

Biar semakin misterius, kamu bisa kreasikan logo untuk bagian depan dan halaman kertas agar terlihat lebih misterius.

Setelah itu, kamu bisa memberikan informasi riwayat hidup, pengalaman, dan penghargaan yang kamu miliki di setiap halamannya.

6. CV Kreatif Berbentuk Infografis

contoh CV Kreatif Berbentuk Infografis
Sumber gambar: Visually

Membuat CV yang kreatif tidak harus selalu berbentuk barang, kok. Kamu juga bisa membuat CV kamu jadi lebih menarik dengan informasi berbentuk infografis. Bentuknya simple dan tidak perlu banyak tulisan, namun tetap eye catching!

Untuk menceritakan tentang diri kamu, cobalah menggunakan gambar yang berhubungan. Misalnya, gambar pesawat untuk traveling, buku untuk membaca, dan masih banyak lainnya.

7. CV Kreatif Bergaya Chalkboard

contoh cv kreatif Bergaya Chalkboard
Sumber gambar: onedollargraphics

Pasti kamu tahu, kan, papan tulis berwarna hitam saat sekolah dulu? Untuk menulis di papan tulis itu, harus menggunakan kapur putih atau warna lainnya. Nah, konsep itu bisa kamu aplikasikan ke CV, Toppers.

Kamu bisa memilih warna dasar berwarna hitam dengan font yang bergaya kapur papan tulis. Untuk menuliskan informasi, kamu bisa menggunakan beberapa warna dan tidak selalu berwarna putih.

8. CV Kreatif Berbentuk Lego

cv kreatif berbentuk lego
Sumber gambar: twitter boredpanda

Contoh CV kreatif yang terakhir dalam list ini adalah CV berbentuk lego. Meski bahan dan proses pembuatannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun kamu pasti akan mendapatkan perhatian penuh dari recruiter.

Baca juga: 9 Kursus yang Menjanjikan & Dibutuhkan di Dunia Kerja

Itu dia 8 contoh CV kreatif yang bisa kamu jadikan referensi, Toppers. Tidak ada salahnya, kamu membuat CV yang out of the box seperti di atas.

Tetapi, kamu harus perhatikan juga perusahaan dan bidang pekerjaan yang kamu lamar. CV kreatif seperti ini memang lebih cocok untuk kamu yang ingin bekerja di industri kreatif. Namun, tidak ada salahnya mengambil inspirasi dari daftar CV kreatif di atas.

Bagi kamu yang ingin menambah skill agar bisa lebih bersaing di dunia kerja, kamu bisa membeli voucher pelatihan Kartu Pra Kerja di Tokopedia. Temukan berbagai pilihan kursus dan pelatihan yang tepat serta menarik hanya di Tokopedia.

kartu pra kerja tokopedia

Penulis: Felly Eliza Putri

TAGS
Share
TokopediaTokopedia

Related Articles

Daftar Promo Imlek 2023 Tokopedia, dari Makanan sampai Gadget!
Topik Seru Lainnya
Daftar Promo Imlek 2023 Tokopedia, dari Makanan sampai Gadget!
© 2009-2023, PT Tokopedia