• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Contoh CV Simple, Menarik Perhatian HRD

20 March 2024

Share

5 Contoh CV Simple, Menarik Perhatian HRD

Sedang mencari pekerjaan dan ingin membuat CV? Simak contoh CV simple dan menarik perhatian HRD di bawah ini!


Contoh CV Simple - CV (Curriculum Vitae) merupakan sebuah dokumen yang berisikan daftar riwayat hidup atau informasi yang diperlukan untuk melamar kerja. CV biasanya dikirimkan oleh pelamar melalui email atau alamat perusahaan yang dituju, Toppers.

Saat pembukaan lowongan kerja, HRD perusahaan akan menerima ratusan bahkan ribuan CV dari pelamar di posisi tersebut. Kurang lebih, seorang HRD akan membaca CV kurang dari 1 menit, Toppers. Untuk itu, dibutuhkan contoh CV yang simple namun menarik perhatian.

Sebuah CV biasanya memuat dengan maksimal 2 halaman, Toppers. Untuk kamu yang masih bingung hal yang tercantum dalam CV dan juga contoh-contohnya. Simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga: Cara Membuat CV Online yang Gampang dan Menarik untuk Pemula

Hal yang Tercantum dalam CV

Sebuah CV harus berisikan informasi yang singkat dan padat agar HRD bisa tertarik dengan satu kali lirikan atau kurang dari 1 menit. Berikut ini hal-hal yang wajib dicantumkan ke dalam CV.

1. Data Diri

Hal pertama yang wajib tercantum di dalam CV adalah data diri yang meliputi nama lengkap, tempat, tanggal lahir, nomor telepon, link LinkedIn, dan email agar mudah dihubungi oleh perusahaan saat berhasil lolos ke tahap seleksi berikutnya.

2. Data Pendidikan

Selanjutnya, seorang pelamar wajib mencantumkan data pendidikan terakhir di dalam CV, lengkap dengan nama universitas, jurusan, dan juga tahun pelajaran, Toppers. Dalam penulisannya, kamu tidak perlu mencantumkan pendidikan SMA, SMP, SD, atau TK.

3. Data Pengalaman

Setelah itu, kamu bisa menuliskan pengalaman bekerja selama 5 tahun terakhir. Hal ini sangat diperlukan oleh HRD untuk menilai pengalaman atau pekerjaan sebelumnya dengan kesesuaian pekerjaan yang dilamar saat ini, Toppers.

4. Keahlian atau Skill

Keahlian atau skill pendukung bisa juga kamu cantumkan ke dalam CV, Toppers. Sebagai pelamar, kamu bisa mencantumkan keahlian, seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, desain, Microsoft Office, atau keahlian lainnya di dalam CV sebagai kelebihan yang bisa dilihat oleh HRD.

Contoh CV Simple

Sebuah CV yang simple bisa dibuat dengan berbagai desain dan cara, seperti menggunakan ATS, bahasa Inggris, kreatif, dan juga beberapa desain CV lainnya yang bisa kamu gunakan seperti di bawah ini.

1. Contoh CV Simple

article

Sumber Gambar: Freepik

Sebuah CV akan dibaca oleh HRD atau rekruiter kurang dari 1 menit karena banyaknya pelamar yang mengirimkan CV pada posisi yang sedang dibuka. Untuk itu, kamu bisa menggunakan CV Simple agar terlihat rapi dan padat.

2. Contoh CV Simple Mahasiswa

article

Sumber Gambar: Pusat Kampus

Tak hanya para fresh graduate dan jobseeker, seorang mahasiswa juga seringkali mencari peluang magang atau part-time saat berkuliah. Contoh CV di atas bisa kamu ikuti sebagai CV simple mahasiswa.

3. Contoh CV Simple ATS

article

Sumber Gambar: Medium

CV ATS adalah CV yang paling efektif dan rapi untuk digunakan. CV ini sering digunakan oleh para pelamar kerja secara profesional. CV ATS dapat kamu buat melalui microsoft word, website resumeworded, aksel, dan banyak aplikasi lainnya yang mendukung untuk pembuatan CV.

4. Contoh CV Simple Bahasa Inggris

article

Sumber Gambar: Kick Resume

Kini banyak perusahaan yang menuntut kita untuk memiliki keahlian bahasa inggris, baik dalam tulisan maupun lisan. Sebagai nilai plus dan pembuktian bahwa kamu bisa menguasai bahasa tersebut, kamu bisa membuat CV bahasa Inggris.

5. Contoh CV Simple Kreatif

article

Sumber Gambar: Pinterest

Sebagai seorang pekerja kreatif seperti desainer, kamu bisa menggunakan CV kreatif yang simple untuk sekaligus menunjukkan skill desain kamu di dunia digital, Toppers.

Baca Juga: Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah, Untuk Magang dan Part Time


Nah, itu dia Toppers contoh CV simple untuk kebutuhan melamar kerja. Gunakan bahasa yang efektif agar HRD bisa membaca CV kamu dengan mudah. Cantumkan seluruh data diri, skill, dan pendidikan sesuai yang kamu miliki ya, Toppers.

article

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

Peraturan Sepak Bola Mendasar, Wajib Tahu Sebelum Nonton Piala Dunia!
Topik Seru Lainnya
Peraturan Sepak Bola Mendasar, Wajib Tahu Sebelum Nonton Piala Dunia!
© 2009-2024, PT Tokopedia