32 Tim Peserta Piala Dunia 2018, Rekam Jejak, Pemain Kunci, dan Pelatihnya

972
Peserta Piala Dunia 2018

Daftar Peserta Piala Dunia 2018 – Federation Internationale de Football Association (FIFA) World Cup atau Piala Dunia merupakan perhelatan akbar olahraga sepak bola yang ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Dari yang kurang mengerti bola, hingga orang-orang yang fanatik, semua girang menyambut kompetisi tertinggi antar negara internasional ini.

Pada 2018, kompetisi yang diadakan setiap empat tahun sekali ini dilangsungkan di Rusia yang berperan sebagai tuan rumah. Tiap pertandingan pasti berjalan seru karena pada gelaran ini terdapat banyak pemain-pemain hebat yang mewakili setiap negara dan tentunya punya nama besar. Secara total, ada 32 tim dari negara peserta Piala Dunia 2018, termasuk Rusia.

Untuk mengorek informasi lebih dalam dan turut merasakan euforia FIFA World Cup yang berlangsung pada 14 Juni – 15 Juli 2018 ini, kali ini Tokopedia akan memberikan daftar peserta Piala Dunia 2018 secara lengkap, beserta rekam jejak, pemain kunci, hingga pelatihnya. Yuk simak selengkapnya di bawah ini, Toppers!

Baca Juga: Mengenal 7 Teknik Dasar Sepak Bola Untuk Pemula

Daftar Negara Peserta Piala Dunia 2018 di Rusia

Sang Tuan Rumah

1. Rusia

daftar peserta piala dunia 2018
Sumber Gambar: Goal

Yang pertama dari daftar peserta Piala Dunia 2018 sudah pasti adalah tuan rumah Rusia. Main di kandang sendiri, tim Beruang Merah memikul beban cukup berat untuk bisa memberikan hasil yang memuaskan. Ini akan menjadi yang keempat kali bagi Rusia ikut berpartisipasi dalam gelaran Piala Dunia. Negara ini pertama kali menjadi peserta pada 1994 di Amerika Serikat (AS) sebagai Rusia (sebelumnya Uni Soviet).

Pemain Kunci: Igor Akinfeev (CSKA Moskow)
Pelatih: Stanislav Cherchesov

Peserta Piala Dunia Zona Eropa

2. Belgia

Diisi oleh segudang pemain muda berbakat seperti Thibaut Courtois dan Eden Hazard (Chelsea), Kevin De Bruyne (Manchester City), hingga Romelu Lukaku (Manchester United), Belgia bisa menjadi tim yang mengejutkan di Piala Dunia 2018. Pada turnamen sebelumnya, salah satu negara peserta Piala Dunia 2018 yang diunggulkan ini bahkan dapat menembus perempat final di Brasil pada 2014 lalu. Kemungkinan besar prestasinya akan meningkat mengingat para pemain muda kini telah kian matang.

Pemain Kunci: Eden Hazard (Chelsea)
Pelatih: Roberto Martinez

3. Jerman

Juara bertahan, memenangkan empat kali piala Dunia, dan tim nomor satu dalam peringkat FIFA saat ini membuat Jerman menjadi salah satu yang paling disegani di antara daftar peserta Piala Dunia 2018 lainnya. Digawangi Toni Kroos (Real Madrid), Thomas Mueller (Bayer Munich) hingga Mesut Ozil (Arsenal), akan membuat Jerman sulit ditaklukkan. Kroos tengah dalam mental tertinggi setelah berhasil memenangkan UEFA Champions League bersama klubnya.

Pemain Kunci: Toni Kroos (Real Madrid)
Pelatih: Joachim Low

4. Inggris

Sejak meraih sukses pada Piala Dunia 1966, tim nasional (timnas) Inggris selalu gagal memenangkan turnamen ini. Prestasi terbaik diraih pada 1990 saat tim berjuluk The Three Lions ini berhasil menduduki peringkat keempat. Harry Kane (Tottenham Hotspur) akan menjadi pemain kunci bagi Inggris, mengingat ia adalah salah satu striker dengan performa terbaik di dunia saat ini, menyaingi Lionel Messi. Inggris tetap patut diperhitungkan sebagai negara peserta Piala Dunia 2018 yang berpeluang keluar sebagai juara.

Pemain Kunci: Harry Kane (Tottenham Hotspur)
Pelatih: Gareth Southgate

5. Spanyol

Tim Spanyol sempat menjadi nomor satu di dunia sejak 2008 hingga 2013 lalu. Namun, posisinya kini turun sampai peringkat 11. Tim ini tetap berbahaya dengan didukung oleh para pemain ternama seperti Alvaro Morata (Chelsea), David de Gea (Machester United), hingga David Silva (Manchester City). Namun, Isco Alarcon (Real Madrid) akan menjadi pemain kunci dalam setiap pertandingan mereka. Dengan gaya bermain ala tiki-taka, Spanyol merupakan salah satu negara peserta Piala Dunia 2018 yang favorit juara.

Pemain Kunci: Isco Alarcon (Real Madrid)
Pelatih: Julen Lopetegui

6. Polandia

Polandia saat ini menempati urutan keenam dalam daftar tim sepak bola terbaik di dunia. Meski tak pernah memenangkan kejuaraan ini, Polandia tetap dipandang sebagai salah satu tim terkuat dalam daftar negara peserta Piala Dunia 2018 ini. Prestasi tertingginya diraih pada 1974 dan 1982 saat menempati urutan ketiga.

Pemain Kunci: Robert Lewandowski (Bayern Munich)
Pelatih: Adam Nawalka

7. Serbia

Piala Dunia 2018 di Rusia akan menjadi keikutsertaan Serbia yang ke-12 kalinya, sebagian besar saat masih menjadi negara Yugoslavia. Sayangnya, timnas Serbia tak pernah bisa lolos dari fase grup, sejak ikut serta pada 2006 dan 2010 silam. Namun, kualitas salah satu timnas negara peserta Piala Dunia ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Pemain Kunci: Branislav Ivanovic (Zenit Saint Petersburg)
Pelatih: Slavoljub Muslin

8. Islandia

Ini merupakan ajang Piala Dunia pertama bagi timnas sepak bola Islandia. Hal ini bisa diraih setelah mereka mengalahkan Kosovo dan mengamankan tiket ke Rusia saat kualifikasi. Tim ini harus diperhitungkan, karena pada Euro 2016 lalu mampu mengalahkan Inggris, sebelum harus tunduk pada Prancis di perempat final. Meski tak diunggulkan, bisa jadi tim ini juga bisa membuat kejutan di antara daftar peserta Piala Dunia 2018.

Pemain Kunci: Gylfi Sigurdsson (Everton)
Pelatih: Heimir Hallgrimsson

Baca Juga: 7 Pilihan Merk Sepatu Olahraga Terpopuler Kualitas Terbaik

9. Perancis

daftar peserta piala dunia 2018
Sumber Gambar: beIN SPORTS

Perancis pernah menjadi tuan rumah pada 1998 dan menginjakkan kaki ke final delapan tahun kemudian. Perancis mampu menembus perempat final di Piala Dunia 2014 dan masuk final pada Euro 2016. Dengan banyaknya pemain ber-skill tinggi, seperti Paul Pogba (Manchester United), Olivier Giroud (Arsenal), hingga Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Perancis punya kesempatan besar untuk menjadi yang terbaik dari daftar peserta Piala Dunia 2018 yang ikut serta kali ini.

Pemain Kunci: Antoine Griezmann (Atletico Madrid)
Pelatih: Didier Deschamps

10. Portugal

Siapa yang tak kenal Cristiano Ronaldo? Pemain bintang yang populer dan ikonik ini merupakan ‘nyawa’ bagi timnas Portugal. Ia juga yang membawa negaranya berhasil mendapatkan gelar juara Eropa setelah mengalahkan Prancis pada 2016 lalu. Untuk Piala Dunia sendiri, Portugal memiliki performa terbaik saat mengikuti turnamen ini pada 1966 dan menempati urutan ketiga.

Pemain Kunci: Cristiano Ronaldo (Real Madrid)
Pelatih: Fernando Santos

11. Swiss

Dari partisipasinya yang sebanyak 11 kali, timnas Swiss berhasil mencapai tahap perempat final sebanyak tiga kali, termasuk saat mereka bertindak sebagai tuan rumah pada 1954. Hampir sama seperti Belgia, Swiss juga diisi pemain muda berbakat macam Granit Xhaka (Arsenal), Xherdan Shaqiri (Stoke City), hingga Edimilson Fernandes (West Ham). Kita lihat saja apakah tim ini mampu melewat perempat final atau tidak.

Pemain Kunci: Xherdan Shaqiri (Stoke City)
Pelatih: Vladimir Petkovic

12. Kroasia

Kroasia pernah mengalami masa jaya saat diperkuat legenda Davor Suker dan Zvonimir Boban dalam mengalahkan tuan rumah Perancis pada Piala Dunia 1998. Namun, saat itu mereka hanya mampu menempati urutan ketiga. Luka Modric (Real Madrid) siap membawa negaranya berada di posisi terbaik pada gelaran Piala Dunia 2018 kali ini.

Pemain Kunci: Luka Modric (Real Madrid)
Pelatih: Zlatko Dalic

13. Swedia

Piala Dunia 2018 merupakan partisipasi timnas Swedia yang ke-12. Pada 1958, Swedia pernah mencapai final namun kalah dari Brasil, dan menempati urutan ketiga pada World Cup 1994. Sayangnya, sang legenda Zlatan Ibrahimovic sudah tidak bisa tampil membela negaranya. Sebagai gantinya, kini tim Swedia akan mengandalkan striker Marcus Berg (Al Ain).

Pemain Kunci: Marcus Berg (Al Ain)
Pelatih: Janne Andersson

14. Denmark

Denmark ikut serta dalam gelaran Piala Dunia sebanyak lima kali, terakhir pada 2010 silam, namun hanya sampai kualifikasi grup saja. Prestasi terbaik timnas Denmark diraih pada 1998, setelah mereka berhasil mencapai perempat final, sebelum dikalahkan oleh Brasil. Bintang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen akan menjadi andalan mereka.

Pemain Kunci: Christian Eriksen (Tottenham Hostpur)
Pelatih: Age Hareide

Peserta Piala Dunia Zona Amerika Selatan

15. Brasil

Brasil merupakan juara Piala Dunia pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002. Namun, pada gelaran empat tahun lalu, Brasil harus menelan kekalahan pahit oleh Jerman dengan skor 7-1. Dengan para pemain bintang yang ada saat ini, seperti Neymar (Paris Saint Germain), Philippe Coutinho dan Roberto Firmino (Liverpool), serta Willian (Chelsea), mereka akan bangkit dari keterpurukan dan muncul kembali menjadi juara mengalahkan semua tim dalam daftar peserta Piala Dunia 2018 tahun ini.

Pemain Kunci: Neymar (Paris Saint Germain)
Pelatih: Tite

16. Uruguay

Uruguay pertama kali menjuarai Wolrd Cup pada 1930, dan mengulanginya lagi sebagai juara pada 1950. Sayangnya, pada gelaran 2014 lalu di Brasil, Uruguay hanya mampu mencapai fase 16 besar. Luis Suarez (Barcelona) akan kembali memimpin timnya untuk mencapai tempat terbaik dalam turnamen ini.

Pemain Kunci: Luis Suarez (Barcelona)
Pelatih: Oscar Tabarez

Baca Juga: Deretan Olahraga Indoor yang Dijamin Asik dan Seru Banget

17. Argentina

daftar peserta piala dunia 2018
Sumber Gambar: Goal

Argentina berhasil menjadi juara dunia dua kali, yakni pada 1978 dan 1986. Negara ini juga pernah mencapai final sebanyak tiga kali, yaitu pada 1930, 1990 dan 2014 lalu saat kalah dari Jerman. Salah satu pemain terbaik di dunia, Lionel Messi akan memimpin timnya untuk menggempur pertahanan lawan.

Pemain Kunci: Lionel Messi (Barcelona)
Pelatih: Jorge Sampaoli

18. Kolombia

Kolombia mencapai performa tertingginya pada Piala Dunia 2014 lalu. Saat itu di Brasil, mereka mampu lolos di fase grup dan mencapai perempat final. Namun, Kolombia harus tunduk kepada sang tuan rumah. Sang peraih sepatu emas pada Wold Cup 2014, James Rodriguez (Bayer Munich) akan memimpin rekannya untuk membobol gawang lawan.

Pemain Kunci: James Rodriguez (Bayer Munich)
Pelatih: Jose Pekerman

Peserta Piala Dunia Zona Concacaf

19. Meksiko

Meksiko berhasil melewati babak penyisihan grup Piala Dunia sebanyak enam kali. Negara ini juga pernah menjadi tuan rumah pada gelaran tahun 1986. Pemain muda berbakat Hirving Lozano yang membela klub PSV Eindhoven bersama Javier Hernandez (West Ham) akan menjadi pemain penting untuk Meksiko di kejuaraan kali ini.

Pemain Kunci: Hirving Lozano (PSV Eindhoven)
Pelatih: Juan Carlos Osorio

20. Kosta Rika

Piala Dunia 2018 di Rusia akan menjadi partisipasi yang kelima bagi timnas Kosta Rika atau tim yang berjuluk Los Ticos ini. Tahun 2014 lalu, Kosta Rika menjadi juara grup (membawahi Uruguay, Italia, Inggris), namun gagal di babak perempat final oleh Belanda. Defender Bologna, Giancarlo Gonzalez dan kiper Real Madrid, Keylor Navas, akan bahu membahu mengamankan gawang dari serangan musuh.

Pemain Kunci: Giancarlo Gonzalez (Bologna)
Pelatih: Oscar Ramirez

21. Panama

Panama berhasil mencapai Piala Dunia 2018 di Rusia berkat kemenangan atas Kosta Rika saat kualifikasi. Ini adalah Piala Dunia pertama bagi Kosta Rika. Negara ini juga sempat menjadi runner-up pada gelaran Piala Emas Concacaf pada 2013 lalu.

Pemain Kunci: Roman Torres (Seattle Sounders)
Pelatih: Hernan Dario Gomez

Peserta Piala Dunia Zona Asia

22. Iran

Ini kali kelima bagi Iran berpartisipasi dalam Piala Dunia. Sayang, catatan Iran di turnamen internasional ini cukup buruk. Salah satu wakil Asia ini hanya berhasil mencatatkan satu kemenangan, yakni pada 1998 di Perancis, setelah mengalahkan Amerika Serikat (AS). Sardar Azmoun (Rubin Kazan) tengah dalam performa terbaik setelah mencetak banyak gol dan membuatnya jadi salah satu penyerang terbaik di Asia.

Pemain Kunci: Sardar Azmoun (Rubin Kazan)
Pelatih: Carlos Queiroz

23. Jepang

Sebagai salah satu tim terkuat di Asia, Jepang selalu ikut Piala Dunia sejak 1998. Negeri Matahari Terbit ini pernah dua kali lolos dari fase grup, termasuk pada 2002, saat mereka menjadi tuan rumah bersama dengan Korea Selatan. Penyerang Borussia Dortmund, Shinji Kagawa, dan forward Leicester City, Shinji Okazaki akan bekerjasama meruntuhkan pertahanan lawan.

Pemain Kunci: Shinji Okazaki (Leicester City)
Pelatih: Vahid Halilhodzic

24. Korea Selatan

Korea Selatan merupakan wakil Asia yang punya rekam jejak terbaik di Piala Dunia. Tim berjuluk Taegeuk Warriors ini pernah mencapai perempat final dengan mengalahkan tim raksasa Eropa, yakni Italia dan Spanyol pada 2002 saat menjadi tuan rumah. Sayang, langkah yang penuh kontroversial mereka terhenti oleh Jerman di semifinal.

Pemain Kunci: Son Heung-min (Tottenham Hotspur)
Pelatih: Shin Tae-yong

Baca Juga: Ini Dia 5 Olahraga Paling Populer yang Ada di Indonesia

25. Arab Saudi

daftar peserta piala dunia 2018
Sumber Gambar: Mirror

Kemenangan pertama yang diraih Arab Saudi di Piala Dunia adalah pada 1994. Saat itu, Arab Saudi berhasil memenangkan dua kali pertandingan, dan lolos ke fase berikutnya. Satu gol yang dicetak oleh Saeed Al Owairan menjadi salah satu yang terbaik pada gelaran itu. Arab Saudi juga punya kenangan buruk saat World Cup 2002 saat kalah 8-0 dari Jerman. Ini akan menjadi kesempatan besar bagi Arab Saudi untuk menunjukkan yang terbaik dalam setiap pertandingan mengahadapi tim peserta Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pemain Kunci: Yahya Al Shehri (Al-Nassr)
Pelatih: Bert van Marwijk

Peserta Piala Dunia Zona Afrika

26. Nigeria

Piala Dunia 2018 ini menjadi penampilan keenam bagi Nigeria atau tiga kali berturut-turut. Salah satu wakil benua Afrika ini pernah tiga kali menembus 16 besar, yakni pada 1994, 1998, dan 2014, namun tidak pernah lebih baik daripada itu. Kini, Nigeria punya nama-nama bear seperti kapten John Obi Mikel, Alex Iwobi (Arsenal), hingga Victor Moses (Chelsea).

Pemain Kunci: John Obi Mikel (Tianjin Teda)
Pelatih: Gernot Rohr

27. Mesir

Mesir berada di urutan ke-30 peringat dunia FIFA, hanya satu tingkat di bawah Belanda. Mohamed Salah (Liverpool) menjadi pahlawan Mesir untuk menghantarkan timnya ke Piala Dunia 2018 di Rusia setelah membobol gawang Kongo pada babak kualifikasi. Di turnamen ini, Salah akan kembali menjadi bintang Mesir bersama Mohamed Elneny (Arsenal) untuk mencapai tempat terbaik.

Pemain Kunci: Mohamed Salah (Liverpool)
Pelatih: Hector Cuper

28. Senegal

Ini merupakan kali pertama bagi Senegal lolos ke putaran final Piala Dunia, sejak terakhir kali ikut serta pada 2002 silam. Saat itu, Senegal bahkan sempat lolos ke perempat final sebelum akhirnya dikalahkan oleh Turki dengan skor tipis 1-0. Sadio Mane (Liverpool) akan memimpin rekannya untuk bertarung di Piala Dunia.

Pemain Kunci: Sadio Mane (Liverpool)
Pelatih: Aliou Cisse

29. Maroko

Maroko membuat penampilan debutnya di Piala Dunia kali ini, setelah absen selama 20 tahun lamanya, yakni pada 1998 di Perancis. Kapten Maroko yang bermain untuk Juventus, Medhi Benatia, akan berjuang sekuat tenaga untuk menjaga pertahanan dari gempuran lawan.

Pemain Kunci: Medhi Benatia (Juventus)
Pelatih: Herve Renard

30. Tunisia

Tunisia terakhir kali ikut serta dalam Piala Dunia pada 2006 di Jerman. Kini setelah 12 tahun, Tunisia kembali lagi dengan kekuatan baru. Centre-back, Aymen Abdenhour yang merupakan pemain pinjaman Marseille dari Valencia akan menjadi pemain penting untuk timnas ini.

Pemain Kunci: Aymen Abdenhour (Marseille)
Pelatih: Nabil Maaloul

Peserta Piala Dunia Antar-konfederasi

31. Australia

Australia merupakan salah satu tim yang patut diperhitungkan. Ini adalah kali kelima bagi Australia ikut serta dan menjadi salah satu tim dalam daftar peserta Piala Dunia 2018 ini. Penampilan terbaik Negeri Kanguru ini adalah pada 2006 di Jerman, saat mereka lolos dari fase grup, namun kalah dari sang juara Italia.

Pemain Kunci: Tim Cahill (Millwall)
Pelatih:

32. Peru

daftar peserta piala dunia 2018
Sumber Gambar: ABC

Tim terakhir yang berhasil lolos ke Rusia dan masuk daftar peserta Piala Dunia 2018 adalah Peru, setelah mereka berhasil mengalahkan Selandia Baru di babak play-off. Ini merupakan keikutsertaan Peru yang kelima di Piala Dunia. Pencapaian terbaik adalah pada 1970, saat mereka mampu menempati urutan tujuh besar.

Pemain Kunci: Jefferson Farfan (Lokomotiv Moscow)
Pelatih: Ricardo Gareca

Baca Juga: 6 Jersey Klub Bola Terpopuler untuk Penggila Sepak Bola

Itulah daftar lengkap timnas negara daftar peserta Piala Dunia 2018 yang akan saling bertempur sengit untuk mendapatkan gelar juara dunia, Toppers. Di antara 32 daftar di atas, mana kah yang menjadi jagoanmu?

Agar kamu ikut memeriahkan pesta sepak bola terbesar di dunia ini, kamu bisa mendapatkan berbagai jersey favorit daftar peserta Piala Dunia 2018 untuk kamu pakai nonton bareng (nobar) dan menyaksikan tim kesayanganmu bermain dengan harga termudah di Tokopedia!

Bagikan Artikel