fengshui dalam menata rumah

Fengshui Menata Rumah Mendasar Yang Perlu Kamu Ketahui

/   Home and Living, Tips dan Trik

Fengshui Menata Rumah – Fengshui merupakan kata serapan dari bahasa Cina. Kata ini berarti letak bangunan atau rumah (dengan bagian atau isinya) yang dianggap mempunyai pengaruh baik atau buruk terhadap penghuninya. Nah, sistem filosofi fengshui ini telah menjadi panutan selama ratusan tahun, termasuk fengshui menata rumah. Dalam filosofi fengshui, manusia dapat bersanding dengan alam secara harmonis. Keseimbangan menjadi esensi dalam pemikiran ini.

Fengshui menjadi pedoman penting dalam hubungan rumah, pemiliknya, serta lingkungan sekitar terutama pada daerah Asia. Tentunya dalam kehidupan rumah tangga, kamu memerlukan hal-hal seperti ini karena memiliki maksud dan tujuan positif yang lebih dari sekedar mitos belaka. Nah, untuk energi positif lebih berimbang dalam rumah, berikut 7 fengshui menata rumah mendasar yang perlu kamu ketahui!

Fengshui Dasar Dalam Menata Rumah

Pintu Utama

fengshui menata rumahSumber gambar: skitterphoto

Sebagai penghubung utama antara lingkungan luar dengan dalam, pintu utama memainkan peran penting dalam pedoman fengshui menata rumah. Selain itu, dalam filosofi fengshui, pintu memiliki kegunaan sebagai ‘penarik’ keberuntungan dan kebahagiaan kepada rumah anda. Maka dari itu, kamu diharuskan melihat lingkungan sekitar ketika meletakkan pintu utama. Sebaiknya, pintu utama tidak menghadap langsung kamar mandi, jangan terhalang oleh sesuatu, ataupun diletakkan pada posisi tidak nyaman secara estetika.

Hal tersebut dimaksudkan agar udara dan energi harus terkumpul dan beredar pada ruang utama yang dimasukinya, sehingga dapat mengumpulkan energi positif. Tidak enak kan ketika masuk rumah, tidak ada energi segar, positif yang kita rasakan? Selain itu, pastikan pula pintu rumah kamu berfungsi dengan baik. Kamu harus selalu merawat pintu agar selalu dalam kondisi prima; tidak berderit, kunci dan gagang berfungsi dengan baik. Jika tidak, maka dapat dikatakan bahwa aliran energi ke dalam rumah dapat terganggu.

Ruang Keluarga

fengshui menata rumahSumber gambar: Pexels

Fengshui menata rumah berikutnya adalah bagian ruang keluarga. Ruang keluarga dimaksudkan sebagai ruang yang digunakan untuk berkumpul dan bersantai, sehingga penempatan ruang keluarga seharusnya berada pada bagian tengah rumah, dan berbentuk segi empat. Mengapa berbentuk segi empat? Karena segi empat memiliki potongan diagonal yang baik, sehingga tergambar kebersamaan dan keharmonisan keluarga.

Ruang keluarga, ketika menata rumah mengikuti pedoman fengshui, seharusnya tidak terhambat oleh ruangan lain, seperti sekat untuk kamar ataupun terhalang tembok kamar, karena diasosiasikan dengan sebuah hambatan bagi energi untuk masuk ke ruangan ini. Selain itu, untuk mengikuti pedoman fengshui, furniture dalam ruang keluarga harus ditata beraturan agar energi dapat mengalir dengan baik.

Kamar Tidur

fengshui menata rumahSumber gambar: Burst

Utamanya, fengshui mengajarkan untuk menata tempat tidur/ranjang sejauh mungkin dari pintu, karena energi dapat lebih beredar pada area kamar tidur ketimbang ketika ranjang diletakkan berdekatan dengan pintu. Ranjang tidak boleh didekatkan dengan pintu apapun, seperti pintu balkon, pintu kamar lain, ataupun pintu kloset. Namun, bila ditelisik lebih lanjut, sebenarnya tak hanya mengenai sirkulasi energi tapi juga mengenai keamanan. Ketika seseorang datang menuju kamar tidur, kamu dapat lebih siap ketimbang kalau ranjang didekatkan dengan pintu.

Selain itu, untuk menghindari energi negatif dalam filosofi fengshui, jauhkan penempatan cermin dan jangkauannya dalam menghadap ranjang. Untuk ruang energi tenang seperti kamar tidur, cermin dianggap sebagai memberi energi terlalu berlebih.

lemari baju bongkar pasang

Dapur

fengshui menata rumahSumber gambar: Skitterphoto

Dalam fengshui menata rumah, yang juga tak boleh luput dari perhatian adalah posisi ruang dapur. Fengshui memiliki pedoman agar dapur tidak terposisi pada bagian tengah rumah. Mengapa? Karena menurut fengshui rumah dapur memiliki energi panas, yang menyebar. Sehingga tak baik apabila terletak pada bagian tersebut. Sebaiknya, posisi tempat untuk memasak ini diletakkan berdekatan dengan akses keluar, agar hawa panas dapat terbawa keluar dan udara segar dapat tetap bersikulasi pada area dalam rumah.

Apabila kamu ingin mengisi dekorasi untuk diletakkan pada area dapur menurut fengshui menata rumah sebaiknya tidak memajang lukisan binatang buas, foto keluarga, ataupun lukisan air. Sebaiknya juga tidak menaruh cermin di dapur. Selain itu, sebaiknya penempatan dapur tidak berhadapan dengan kamar mandi. Mengapa? Kalian bisa cek pada bagian selanjutnya!

Kamar Mandi

fengshui menata rumahSumber gambar: Pixabay

Nah, untuk fengshui menata rumah yang tak boleh luput dari perhatian adalah bagian kamar mandi. Mungkin kamu sudah mengenal larangan menaruh kloset persis berhadapan dengan pintu masuk toilet, karena disebut menimbulkan energi buruk, seperti konotasi boros dan terbuangnya rezeki karena udara segar yang masuk langsung terhisap oleh kloset. Selain itu, menurut fengshui penempatan toilet juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Kalau bisa, fengshui menganjurkan kamu agar tidak menempatkan ruangan ini berhadapan dengan dapur.

Mengapa? Karena dapur memiliki unsur api dominan, sementara kamar mandi memiliki unsur air. Dengan menempatkan kamar mandi berhadapan dengan dapur, fengshui menyebut bahwa unsur air dapat menganggu api, mematikan unsur api. Ini berhubungan dengan pendapatan/rezeki dari penghuni rumah, dapat terganggu apabila unsur api dikalahkan dengan unsur air. Fengshui mengajarkan keseimbangan, sehingga tidak boleh ada satu unsur yang lebih dominan ketimbang unsur lain, begitu pula dalam melakukan penataan pada rumah kamu.

Dekorasi

fengshui menata rumahSumber gambar: Huseyn Kamaladdin/Pexels

Untuk dekorasi yang dapat memenuhi rumah, menurut fengshui menata rumah ada baiknya agar tidak meletakkan barang pajangan sembarangan. Kamu bisa taruh kenangan seperti foto keluarga, pernak-pernik seperti piagam, piala pada tempat seperti ruang keluarga sehingga dapat membawa energi positif dan kebahagiaan kepada penghuni rumah ketika mengenang momen-momen tersebut. Jangan lupa juga untuk memenuhi rumah dengan tanaman hijau, karena dapat memberikan kesegaran, membawa energi positif sehingga rumah menjadi lebih asri.

Kerapihan

fengshui menata rumahSumber gambar: Pixabay

Terakhir, harus selalu kamu ingat adalah jaga kerapian rumah. Dengan rumah yang rapi, bersih, maka energi positif dapat bersirkulasi dengan baik, membawa ketenangan, kebaikan dan rezeki kepada penghuni rumah. Apabila rumah tidak teratur, bahkan cenderung berantakan, maka energi positif akan sulit masuk karena terhalang! Maka dari itu, fengshui menata rumah mendasar yang harus selalu kamu ingat adalah selalu jaga kerapian rumah!

Baca juga: Tips Menata Rumah Kecil dan Sempit agar Lebih Luas

Nah, bagaimana setelah melihat fengshui menata rumah mendasar tersebut? Apakah kamu telah mengikuti pedoman fengshui dengan baik, atau malah berlawanan dengan yang dituliskan dalam artikel ini? Tak usah khawatir karena kamu pastinya masih bisa memperbaiki segala kesalahan mengenai penataan rumah dan mengikutinya secara filosofi fengshui menata rumah. Jangan lupa juga bahwa kamu dapat melengkapi rumah dengan berbagai macam peralatan seperti meja, sofa, tempat tidur, serta dekorasi rumah di Tokopedia, lalu meletakannya berdasarkan fengshui menata rumah!

rak meja

THEAUTHOR

Alit Wedhantara

Alit Wedhantara has written 24 Article, See all posts