• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

20 Desain Dapur Minimalis Terbaik, Sederhana tapi Tetap Memesona!

08 November 2023

Share

20 Desain Dapur Minimalis Terbaik, Sederhana tapi Tetap Memesona!

Desain dapur minimalis ini akan memberimu inspirasi untuk mewujudkan hunian idaman. Yuk, intip ide dekorasi dapur minimalis berikut!


Minimalis, seperti namanya adalah gaya yang membutuhkan desain minimal atau minim, polos, dan hanya butuh sedikit barang. Gaya ini sangat cocok bagi kamu yang tinggal di apartemen di kota besar dengan ruang terbatas, ataupun di rumah kecil sederhana di atas lahan sempit atau tidak terlalu besar.

Namun, jangan salah! Walaupun namanya minimalis, bukan berarti interior dapur dengan gaya ini kurang menarik serta membosankan. Yang terpenting adalah bagaimana kita memanfaatkan ruang yang ada dan tidak mengorbankan fungsi dari tujuan ruangan itu sendiri.

Baca Juga: 20 Desain Kamar Mandi Minimalis, Nyaman, Modern, Mudah Diikuti!
article

Mau renovasi rumah? Yuk, beli semua peralatan dan furnitur di Home Living Inspiration Tokopedia! Nikmati flash sale sampai 90%, cashback, exclusive launch, dan bebas ongkir.

Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Prinsip dapur minimalis adalah berfokus terhadap permukaan yang keras, garis ‘bersih,’ dan perabotan rendah. Untuk menggapai ruangan dapur idaman tanpa berlebih-lebihan, simak inspirasi desain dapur minimalis berikut ini!

1. Dapur Modern ala Skandinavia

desain dapur minimalis, desain dapur

Sumber Gambar: The Spruce

Jika kamu ingin memiliki tampilan dapur bergaya minimalis, tema skandi adalah yang paling populer.

Menonjolkan nuansa putih terang dengan penggunaan aksen minimalis membuat dapur kamu terlihat lebih bersih, cantik, dan elegan. Konsep ini juga cocok digunakan untuk desain dapur  kecil agar terlihat lebih luas.

2. Dapur Minimalis Cerah

desain dapur minimalis, desain dapur

Sumber Gambar: House Beautiful

Cahaya alami dari sinar matahari dapat membuat dapur kamu terasa segar dan cerah. Oleh sebab itu, kamu dapat menambahkan jendela pada konsep dapur minimalismu.

Selain membuat dapur terlihat lebih terang, jendela juga meningkatkan sirkulasi udara di dapur dan mencegah timbulnya bau apek.

Untuk mendapati ruangan yang cerah kamu juga bisa mengkolaborasikan lemari putih dengan ubin belakang (tembok) berwarna biru lembut untuk melengkapi pemandangan ruangan yang cerah.

3. Dapur Minimalis dengan Material Earth Tone

desain dapur minimalis, desain dapur

Sumber Gambar: Watermark Designs

Mengusung tema minimalis tidak harus selalu kaku dengan warna putih. Desain dapur sederhana juga bisa mengkolaborasikan warna-warna netral dengan material unsur tanah.

Hal ini akan mengisi ruang dapur dengan kehangatan dan nuansa klasik. Coba padukan cat tembok krem muda dengan berbagai material kayu dan sedikit ornamen hijau pada tanaman.

Baca Juga: Desain Dapur Terbuka Semi-Outdoor, Minimalis nan Hangat!

4. Perpaduan Dapur Modern dengan Rustic

desain dapur minimalis, desain dapur

Sumber Gambar: Architectural Digest

Jika kamu suka dengan nuansa pedesaan yang modern dan klasik, cobalah tren yang satu ini. Konsep rustic sendiri merupakan gaya arsitektur di Amerika Serikat yang menonjolkan kesan alami.

Ciri khas gaya ini adalah memadukan penggunaan material bahan-bahan  kuat seperti kayu, marmer, dan beton.

Untuk menyesuaikan dengan gaya minimalis modern ala rustic, cobalah perpaduan material alam untuk ubin lantai atau meja dapur dengan perabotan minimalis yang modern.

5. Praktis dan Minimalis dengan Island Storage

desain dapur kecil

Sumber Gambar: HGTV

Minimalis artinya menjaga dapur kamu tetap sederhana, tertata rapi dan fungsional. Salah satu objek yang bisa mewujudkan dapur minimalis adalah penggunaan island storage.

Penyimpanan kecil ini berfungsi menyembunyikan berbagai alat dapur dan makan kamu agar terorganisir dengan baik dan rapi. Kamu juga bisa memanfaat island storage sekaligus sebagai meja dapur, praktis bukan?

Baca Juga: 20 Inspirasi Desain Ruang Tamu, dari Minimalis, Modern, hingga Futuristik!

6. Lebih Bersemangat Berkat Warna Mencolok

desain dapur kecil

Sumber Gambar: Home MNY Design

Jika kamu adalah pribadi yang ceria dan suka dengan hal-hal baru yang tidak biasa cobalah konsep yang satu ini.

Dengan tetap mengedepankan gaya minimalis, kamu bisa mengkolaborasikan berbagai unsur putih dengan satu warna mencolok kesukaanmu.

Selain putih, dapur dengan nuansa hitam juga bagus untuk memunculkan nuansa modern yang elegan.

7. Tetap Sederhana dengan Dekorasi Lampu Unik

desain dapur kecil

Sumber Gambar: Elle Decor

Penggunaan lampu di meja makan juga sangat penting sebagai dekorasi, kamu harus memilihnya dengan cermat.

Kamu dapat menyesuaikan lampu dengan tema dapur minimalismu. Seperti penggunaan lampu kristal, brass, atau mendandalkan lampu bermodel unik dan menarik.

8. Minimalis dan Bergaya dengan Permadani

desain dapur sederhana

Sumber Gambar: Lonny

Memasang permadani atau karpet juga dapat menjadi pilihan alternatif untuk dapur minimalis mu. Permadani ini dapat kamu taruh sejajar dengan island storage.

Untuk menentukan permadani yang cocok, sesuaikan panjang karpet dengan ukuran dapur. Selain itu, memilih pola yang menonjol untuk dapur minimalis juga bukan pilihan yang buruk.

9. Dapur Minimalis yang Segar dan Sehat

desain dapur sederhana

Sumber Gambar: Firstclasse

Keunggulan dapur minimalis adalah selain terlihat rapi juga mengoptimalkan penggunaan barang-barang yang sudah ada, sehingga lebih hemat.

Kamu tidak perlu membeli dekorasi tambahan untuk dapur, cukup menggunakan sayur dan buah-buahan segar agar ruangan terlihat lebih segar.

10. Tampil Elegan dengan Keramik pada Backsplash

desain dapur sederhana

Sumber Gambar: Why Tile

Backsplash merupakan area dinding dapur yang berada di dekat kompor atau tempat mencuci piring. Penggunaan keramik pada backsplash agar tembok mudah dibersihkan saat terciprat minyak atau kotoran.

Untuk menjaga minimalist design, kamu dapat memilih motif keramik seperti batu bata atau motif lainnya yang sesuai dengan konsep dapur idamanmu.

produk dapur wajib

Temukan berbagai kebutuhan produk dapur masa kini dengan harga termurah di sini!

Baca Juga: 8 Tips Renovasi Rumah yang Tepat dan Hemat Demi Hunian Impian!

11. Memanfaatkan Papan Tulis untuk Kreativitas

desain dapur minimalis

Sumber Gambar: No Ordinary Homestead

Kamu bisa menghadirkan suasana dapur seperti di cafe atau restoran menggunakan papan tulis. Catat menu harian, kutipan-kutipan kesukaanmu, atau gambar-gambar menarik pada papan untuk menambah kesan lebih hidup.

Selain papan, kamu juga bisa memanfaatkan tembok dapurmu sebagai media berkreativitas.

12. Pilih Aksen Charcoal untuk Terlihat Simpel

desain dapur modern

Sumber Gambar: Decor Aid

Tema monokromatik tidak hanya terbatas pada hitam dan putih saja. Kamu juga bisa menerapkan warna charcoal (arang matte) atau navy untuk mempertegas tampilan dapurmu.

Aksen ini bisa digunakan pada lemari, island storage, ataupun ubin lantai dapur. Sebaiknya hindari penggunaan dekorasi terlalu ramai untuk menjaga kesan minimalis.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok yang Akurat, Jangan Sampai Salah!

13. Menyatukan Dapur, Ruang Keluarga dan Ruang Makan

desain dapur modern

Sumber Gambar: Kitchn/Olivia’s Earthquake Cottage

Konsep ini adalah yang paling banyak diterapkan pada rumah-rumah modern bergaya minimalis.

Menyatukan fungsi dapur dengan ruang keluarga dan ruang makan adalah ide yang bagus, kamu dapat melakukan banyak kegiatan pada satu area saja. Konsep ini juga dapat meningkatkan nuansa kekeluargaan.

14. Sentuhan Marble pada Desain Dapur Minimalis

Bagi para penggemar desain dapur minimalis tapi tidak mau interior dapur terlihat terlalu polos, Toppers bisa menambahkan sentuhan marble pada countertop meja counter-mu.

Sentuhan marble membuat meski desain dapur sederhana, namun tetap berkesan modern dan bersih tanpa harus menambahkan banyak barang.

15. Interior Dapur All White

Inspirasi interior dapur all white dapat menjadi pilihan untukmu yang benar-benar menyukai desain dapur sederhana juga gaya minimalis.

Warna putih pada semua perabot dapur serta meja counter dapur adalah pilihan pas, karena warna ini dapat membuat ruangan kecil menjadi terkesan seolah-olah lebih luas serta terkesan bersih.

Hindari penggunaan detail berlebih sehingga interior dapur tetap terlihat sederhana dan minimalis. Jangan lupa, interior dapur minimalis seperti ini perlu rajin Toppers bersihkan untuk menjaga interior dapur minimalis selalu terlihat sempurna.

bumbu masak

Masakan lebih nikmat dan gurih dengan bumbu masak terlengkap di sini!

16. Tambahkan Warna dalam Desain Dapur Sederhana

Menambahkan warna-warna terang pada desain dapur minimalis adalah cara paling mudah untuk lebih ekspresif melalui desain dapur dan cocok bagiToppers yang tidak terlalu menyukai desain dapur sederhana yang monoton.

Aplikasikan warna-warna favorit pada perabot dapur atau jadikan warna-warna terang sebagai cat tembok dapur, sehingga ruangan terlihat lebih cerah.

Agar desain dapur minimalis lebih maksimal, minimalisir penggunaan barang-barang atau perabot dapur sehingga desain dapur sederhana terlihat lebih luas serta rapi.

17. Suka Warna Gelap? Ekspresikan Lewat Interior Dapur!

Warna gelap identik dengan pesonanya yang membuat ruangan terlihat menjadi lebih sempit dan suram.Tapi, bagi penggemar warna-warna gelap sebagai pilihan interior dapur, nggak perlu takut bereksperimen menggunakan warna ini pada desain dapur.

Memilih satu warna gelap pada satu ruangan dan membuatnya terlihat tidak suram memang tidak mudah, tetapi jika kamu membatasi hanya perabot dapur saja atau mejanya saja yang berwarna gelap, ruangan akan tetap terlihat luas dengan sentuhan warna gelap favorit.

Baca Juga: 7 Desain Kamar 3x3 Minimalis, Nyaman dan Aesthetic!

18. Elemen Kayu yang Dominan

Sentuhan kayu tidak akan pernah ketinggalan zaman, termasuk pengaplikasiannya pada interior dapur minimalis.

Menambahkan elemen kayu pada desain dapur minimalis sangatlah mudah karena kayu dapat bersanding dengan warna apapun, dan tetap terlihat elegan, serta minimalis.

Aplikasikan material ini pada kitchen set atau perabot dapur lainnya. Dinding dan lantai dengan elemen kayu juga bisa jadi alternatif lain sebagai pilihan desain dapur minimalis.

19. Jadikan Meja Makan sebagai Bar

Untuk Toppers dengan dapur yang memiliki area terbatas, kamu bisa ganti meja makanmu dengan bar.

Cukup tambahkan meja counter, lengkap desain dapur dengan beberapa kursi tinggi, kamu sudah menyulap meja counter-mu menjadi mini bar multifungsi sehingga dapat berfungsi sebagai meja makan juga.

Trik ini dapat meminimalisir perabot dapur yang dibutuhkan pada interior dapur minimalis dan menghemat tempat sehingga desain dapur minimalis bisa terlihat lebih luas. Desain dapur sederhana ini cocok sekali untuk Toppers yang tinggal di townhouse atau apartemen kecil.

20. Ruangan Minimalis yang Seakan Besar

Siapa bilang rumah dan ruangan besar tidak bisa bergaya minimalis? Manfaatkan area luas pada desain dapur dengan menambahkan meja atau bar lebih besar.

Jangan penuhi area luas pada desain dapur minimalis, berikan ruang kosong untuk berjalan sehingga desain dapur terlihat semakin besar, namun tetap bergaya minimalis.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik, Tajam dan Bekualitas Tinggi!

Sudahkah kamu mendapat inspirasi dari desain dapur minimalis di atas? Tunggu apa lagi, ayo rombak desain dapur untuk mewujudkan interior dapur impian.

Enggak perlu pusing lagi bagaimana cara mendekor interior dapur sempit, tanpa mengeluarkan budget yang besar, interior dapur minimalis bisa kamu wujudkan dengan mudah, bukan?

Selamat mewujudkan desain dapur minimalis impian-mu! Yuk, kunjungi Tokopedia untuk temukan berbagai dekorasi dapur dan juga perabot dapur pilihan secara online!

Penulis: Namira Faza, Andina Naza Apriliani

© 2009-2024, PT Tokopedia