Jam Operasional MRT, TransJakarta dan KRL Jabodetabek

0
200
jam operasional mrt jakarta, jam operasional transjakarta, jam operasional krl jabodetabek

Ingin menghindari kemacetan Jakarta dengan menggunakan transportasi umum? Berikut ini jam operasional MRT Jakarta, TransJakarta dan KRL Jabodetabek yang harus kamu ketahui.


Di Jakarta, banyak pengguna kendaraan pribadi mulai yang beralih menggunakan transportasi umum.

Selain nyaman dan harganya terjangkau, transportasi umum dipilih karena berhasil menjadi solusi kemacetan ibu kota.

Bila kamu sudah capek menggunakan kendaraan pribadi dan ingin beralih menggunakan tarnsportasi umum, wajib tahu jam operasional transportasi umum di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Untuk membantu kalian, artikel ini memuat sejumlah informasi penting mengenai jam operasional transportasi umum utama di Jakarta yaitu MRT, Transjakarta, dan KRL Jabodetabek.

Yuk, simak artikelnya hingga tuntas.

Jam Operasional MRT Jakarta

jam operasional MRT

Sumber gambar: pexels

Moda Raya Terpadu (MRT) merupakan transportasi umum paling muda di Jakarta. MRT Jakarta diresmikan pada Maret 2019 oleh Presiden Joko Widodo.

Namun, masyarakat baru bisa menggunakan rute tahap 1 yakni Lebak Bulus-Bundaran HI.

Sementara untuk rute tahap 2 yakni Bundaran HI-Kota sepanjang 7,8 kilometer baru akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Saat ini terdapat 14 rangkaian utama dan 2 rangkaian cadangan yang melayani rute tahap 1 tersebut.

Jam operasional MRT Jakarta sendiri dimulai dari pukul 05.00 dan perjalanan terakhir tersedia pada pukul 24.00.

Untuk jeda kedatangan MRT pada hari kerja dan jam sibuk adalah 5 menit sekali, yaitu pada pukul 07.00 hingga 09.00 dan pukul 17.00 – 19.00.

Sedangkan di luar jam sibuk dan pada akhir pekan, jeda kedatangan MRT adalah 10 menit sekali.


BACA JUGA: TARIF MRT JAKARTA TERBARU DAN 3 CARA PEMBAYARANNYA


Jam Operasional TransJakarta

Jam operasional MRT Jakarta

Sumber gambar: wikipedia

Warga Jakarta harusnya bangga dengan transportasi masal satu ini. Sebab, TransJakarta adalah transportasi bus berbasis rapid transit pertama di Asia Tenggara.

TransJakarta sudha beroperasi sejak tahun 2004 dan dinilai cukup sukses. Hal inilah yang memicu sejumlah kota besar di Indonesia meniru sistem transportasi serupa.

Transportasi dengan jalur lintasan sepanjang 251 km ini memiliki 260 halte yang tersebar di 13 koridor. Jam operasional transjakarta dimulai dari pukul 05.00 – 22.00.

Namun jam operasional dapat berbeda pada rute-rute tertentu, seperti pada koridor 13 di mana jam operasionalnya mulai pada pukul 05.00 hingga 22.00.

Jam Operasional KRL Jabodetabek

jam operasional krl jabodetabek

Sumber gambar: rri

Kereta commuter yang memiliki sebutan KRL Jabodetabek ini merupakan moda transportasi masal yang menghubungkan Jakarta dengan daerah di sekitarnya seperti Bogor, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi dan Depok.

Bahkan, saat ini KRL Jabodetabek sudah melayani rute perjalanan Bekasi-Cikarang. Jam operasional KRL Jabodetabek sendiri memiliki jadwal yang berbeda tergantung rute perjalanan yang kamu pilih, Toppers.

Untuk kereta dengan rute Bogor- Jakarta Kota, jam operasionalnya dimulai sejak pukul 04.21 hingga pukul 00.50 dari stasiun Bogor.

Sedangkan untuk kereta rute Cikarang-Jakarta Kota, jam operasinya adalah pukul 4.40 hingga 22.28 di stasiun Cikarang. Namun, jadwal tiba dan berakhirnya kereta bergantung pada rute kereta.


BACA JUGA: CARA NAIK MRT, RUTE MRT DAN JAM OPERASIONAL MRT JAKARTA


Itulah Toppers jadwal operasional dari MRT, Transjakarta dan KRL Jabodetabek. Naik Transportasi umum memang menyenangkan, selain lebih hemat kamu juga dapat berkontribusi dalam upaya mengurangi kemacetan Ibukota.

Agar lebih hemat lagi, gunakan uang elektronik untuk transaksi menggunakan MRT, TransJakarta dan KRL Jabodetabek. Kamu pun bisa mengisi ulang/topu up uang elektronik melalui Tokopedia.

Bagikan Artikel