• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Doa Pernikahan Islami Bahasa Arab: Dari Persiapan sampai Akad

03 August 2023

Share

6 Doa Pernikahan Islami Bahasa Arab: Dari Persiapan sampai Akad

Panjatkan doa pernikahan pengantin Muslim sejak tahap perkenalan hingga selesai akad nikah untuk rumah tangga yang sakinah, mawadah, wa rahmah.


Menikah bukan hanya tentang menyatukan kedua individu ataupun perasaan. Menikah juga bukan tentang janji sehidup semati yang diikrarkan sekali seumur hidup saja. Menikah adalah ibadah seumur hidup.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum menikah. Mulai dari kecocokan pasangan, restu keluarga, pandangan hidup kedua pasangan, bagaimana visi misi keduanya setelah menikah, dan masih banyak lagi.

Namun, pertimbangan tersebut bukanlah sebab utama untuk menciptakan pernikahan yang indah. Perlu adanya doa permohonan untuk kedua pasangan agar selalu bahagia dan sakinah, mawadah serta warahmah di dunia maupun akhirat. Di bawah ini telah dirangkum doa yang perlu dipanjatkan dari sebelum menikah sampai kamu berkeluarga.

Baca Juga: Ketahui Rukun & Syarat Nikah Dalam Islam, Wajib Dipenuhi Agar Sah

Doa Pernikahan Sebelum dan Sesudah Menikah

Calon pengantin dan pengantin baru baiknya memanjatkan doa sebagai langkah awal memulai rumah tangga. Berikut doa pernikahan dalam bahasa Arab beserta artinya untuk dipanjatkan demi rumah tangga yang bahagia:

1. Doa Sebelum Khitbah

cincin di atas alquran

Sumber gambar: iStock

Secara Islami, ada prosesi ta'aruf dan khitbah yang harus dilewati terlebih dahulu sebelum menikah. Khitbah adalah proses melamar yang bisa juga menjadi ajang silaturrahim antara kedua keluarga calon mempelai.

Harapannya, dengan doa ini kamu bisa mendapatkan pasangan yang baik menurut penglihatan Allah SWT. Doa ini lebih baik dilafalkan di malam sebelum khitbah atau setelah melaksanakan salat istikharah.

Dilansir dari Islam NU yang doanya dikutip dari karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَقْدِرُ وَلآ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلآ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ فَإِنْ رَأَيْتَ لِيْ فِيْ (.......) خَيْرًا فِى دِيْنِيْ وَآخِرَتِيْ فَاقْدِرْهَا لِيْ .

Allahumma innaka taqdiru wa la aqdiru wa la a’lamu wa anta ‘allamul ghuyubi. Fa in ra`aita li fi(.....) khairan fi dini wa akhirati faqdirha li”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mentakdirkan, dan bukanlah aku yang mentakdirkan. Dan (Engkau) Maha Mengetahui apa yang tidak kuketahui. Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Maka jika Engkau melihat kebaikan antara diriku dan (..... [sebutkan nama calon pasangan bin/binti ayahnya]) untuk agama dan akhiratku, maka takdirkanlah aku bersamanya.”

2. Doa Menjelang Akad Nikah

tangan pengantin perempuan berdoa

Sumber gambar: Mautourco

Sebelum resmi menjalani prosesi akad nikah, pasti kedua keluarga mempelai maupun mempelai itu sendiri banyak disibukkan oleh berbagai hal. Supaya semua urusan menjelang akad nikah berjalan lancar, doa yang dapat kamu panjatkan yaitu:

اِذۡ اَوَى الۡفِتۡيَةُ اِلَى الۡـكَهۡفِ فَقَالُوۡا رَبَّنَاۤ اٰتِنَا مِنۡ لَّدُنۡكَ رَحۡمَةً وَّهَيِّئۡ لَـنَا مِنۡ اَمۡرِنَا رَشَدًا

“Iz awal fityatu ilal Kahfi faqooluu Rabbanaaa aatinaa mil ladunka rahmatanw wa haiyi' lanaa min amrinaa rashadaa.”

Artinya: "(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami." (QS. Al-Kahfi: 10)

3. Doa Pengantin Baru ketika Akad Nikah

akad nikah

Sumber gambar: Weddingku

Ada doa yang harus dipanjatkan oleh orang-orang yang hadir saat menjadi saksi akad nikah.

Doa ini ditulis dalam hadis sahih dan diriwayatkan Abu Hurairah berbunyi:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jama'a bainakumaa fii khoir.”

Artinya: mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.

Baca Juga: Syarat & Cara Menikah di KUA Gratis

4. Doa Pengantin Baru Setelah Ijab Kabul

suami doa memegang ubun ubun istri setelah akd nikah

Sumber gambar: Idewedding

Selain itu, doa juga perlu diucapkan oleh mempelai pengantin. Setelah selesai mengucap ijab kabul, Rasulullah SAW menganjurkan suami untuk memegang ubun-ubun istrinya sambil membaca doa setelah akad sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

"Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih."

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

5. Doa Meminta Keturunan

tangan bayi

Sumber gambar: Parents

Hampir semua pasangan pasti mendambakan keturunan setelah menikah. Doa ini juga merupakan doa untuk meminta agar keluarga diberi kesehjahteraan dan keselamatan.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Robbanaa hab lanaa min azwajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqon: 74).

6. Doa Ketika Menjalani Rumah Tangga

keluarga arab

Sumber gambar: Zaahara

Menikah dan berkeluarga pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain doa meminta keselamatan dunia dan akhirat, tidak ada salahnya jika kamu meminta kepada Allah SWT agar keluargamu diberikan kemudahan dalam menjemput rezeki. Berikut doanya:

اللّٰهُمَّ رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

“Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa’i takuunu lana iidalli’aqolina wa’akhirina wa’ayatamminka wa’urzukna wa’anta khoirurroziqin,”

Artinya: “Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama.” (QS. Al-Ma’idah: 114)

Baca Juga: Rekomendasi Kado untuk Teman yang akan Menikah

Itu dia Toppers, beberapa doa pernikahan bagi pengantin Islam. Menikah bukan perkara main-main, selain memang harus memiliki keyakinan dan kemantapan sebelum menikah, jangan lupa juga untuk terus panjatkan doa di setiap perjalanan pernikahan kamu.

Pernikahan tidak usai begitu saja setelah kamu akad nikah ya, Toppers. Menikah merupakan bentuk ibadah terpanjang dan patut dijaga hingga maut memisahkan. Tersedia berbagai souvenir pernikahan terbaik dengan beragam pilihan budget untuk mempersiapkan resepsi pernikahanmu.

Penulis: Rizfa Putri Khainayya

© 2009-2024, PT Tokopedia