Investasi di Usia 20 Tahun: 5 Produk Investasi yang Sesuai Kantong Anak Muda

206
investasi di usia 20 tahun

Dengan mulai berpikir untuk berinvestasi di usia 20-an tahun, kamu sudah selangkah lebih maju dibandingkan kebanyakan orang, lho.


Toppers tahu nggak, Warren Buffet, salah satu dari tiga orang terkaya di dunia mulai berinvestasi saham sejak usia 11 tahun? Kesuksesan Warren Buffet dan usianya saat mulai berinvestasi benar-benar punya korelasi.

Sebab, salah satu kunci sukses untuk membangun kekayaan adalah dengan mulai berinvestasi sedini mungkin.

Tapi, dari mana modalnya? Biasanya pertanyaan ini segera datang. Berita baiknya, investasi tak selalu harus berawal dari modal yang tinggi, kok.

Kamu bahkan bisa memulai dari modal yang sangat kecil. Untuk kalian yang masih berusia 20 tahunan, seharusnya bukan angka yang sulit untuk diperoleh.

Masih nggak percaya? Nih 5 produk investasi terbaik yang cocok untuk anak muda:

1. Investasi Emas Digital

investasi usia 20 tahun beli emas
Sumber gambar: kalkinemedia

Mendengar kata emas, pasti langsung terbayang akan harganya yang mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Memang, untuk satuan terkecil yakni 1 gram, harga emas bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Tapi, kemajuan teknologi keuangan semakin memudahkan anak muda yang modalnya terbatas. Salah satu produk yang cocok untuk kamu adalah Tokopedia Emas. Cukup Rp 500, kamu sudah bisa mulai menabung emas.

Agar lebih mudah dipahami, tonton dulu video singkat berikut ini.

Lantas, apa kelebihan investasi emas digital yang membuatnya cocok untuk anak muda usia 20 tahun?

  • Minim Risiko. Tidak mungkin tertipu emas palsu
  • Syarat mudah
  • Dalam jangka panjang, harga emas meningkat
  • Terjangkau.

2. Tabungan Berjangka

tabungan berjangka jadi alternatif investasi untuk usia 20 tahun
Sumber gambar: total montenegro

Menabung adalah cara berinvestasi paling mudah. Tapi, jangan asal menabung ya Toppers.

Sebab, kalau hanya menabung di produk tabungan biasa, kamu tidak akan mendapatkan bunga. Jika kamu memang niat berinvestasi, cobalah membuka tabungan berjangka.

Apa itu tabungan berjangka? Sederhananya, tabungan berjangka adalah produk tabungan yang mengharuskan nasabah menentukan jangka waktu menabung. Misalnya, 6 bulan, 1 tahun atau 3 tahun.

Nah, selama masa itu, nasabah tidak boleh menarik uang yang sudah terkumpul. Nantinya, di akhir jatuh tempo nasabah akan mendapatkan pengembalian uang beserta bunga yang sudah ditetapkan di awal.

Kelebihan tabungan berjangka untuk kamu yang masih usia 20 tahun:

  • Mudah diakses. Bisa dibuka di tiap kantor cabang bank.
  • Syarat mudah
  • Sangat aman karena simpanan dijamin LPS
  • Membantu kita untuk disiplin menyisihkan uang.

3. Investasi Reksadana

reksadana produk investasi untuk usia 20 tahun
Sumber gambar: kontan

Reksadana adalah produk investasi yang memungkinkan pengelolanya menghimpun dana dari masyarakat untuk kemudian diinvestasikan di pasar modal.

Nah, instrumen ini cocok bagi pemula yang ingin belajar berinvestasi di pasar modal. Pada reksadana, uang yang kamu investasikan tidak dikelola oleh kamu sendiri melainkan diwakilkan oleh manajer investasi.

Kabar baik lagi nih untuk kamu yang ingin mulai investasi pasar saham di usia 20 tahun. Di Tokopedia, investasi reksadana bisa dimulai dari Rp 10.000 saja.

Berikut ini sejumlah keuntungan investasi reksadana:

  • Nilai awal investasi kecil
  • Aman karena diawasi OJK
  • Pencairan cepat dan tanpa biaya admin
  • Keuntungan higga 6,5% per tahun.

baca juga: Belajar reksadana untuk pemula

4. Investasi Saham

investasi saham di usia 20 tahun
Sumber gambar: express

Saham adalah produk investasi yang risikonya terbilang besar. Tapi risiko tersebut sebanding dengan return atau imbal hasil yang bisa kalian dapatkan.

Besarnya risiko juga bisa diminimalisir dengan banyak membaca prospektus perusahaan dan rekomendasi yang diberikan para analis saham.

Untuk memulai investasi saham, modal yang harus disiapkan jauh lebih besar dibandingkan produk lain yang disebutkan di atas. Setidaknya, kamu harus memiliki dana sekitar Rp 1 juta untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas dan membeli saham perdana sebanyak minimal 1 lot. Harga 1 lot saham tergantung harga di hari transaksi.

5. Investasi pendidikan

pendidikan investasi untuk usia 20 tahun
Sumber gambar: kompas

Pendidikan juga merupakan investasi, lho. Dalam jangka panjang, imbal hasil yang diberikan pendidikan jauh lebih menguntungkan dibandingkan produk investasi dan keuangan.

Bagi kamu yang masih berusia 20-an tahun, investasi pendidikan adalah investasi yang bisa melepaskan kamu dari kemiskinan.

Dengan pendidikan, kamu pun bisa jadi apapun yang kamu inginkan asal bidang pendidikan yang kamu pilih ditekuni dengan sungguh-sungguh.

baca juga: Cara Menyiapkan dana pendidikan anak


Nah Toppers, itulah lima jenis investasi yang cocok untuk anak muda usia 20 tahun. Hal terpenting dalam memulai investasi adalah sifat disiplin. Kamu harus membiasakan diri untuk mengurangi konsumsi dan menyisihkannya untuk investasi.

Masa muda adalah masa di mana kamu lebih produktif. Jadi, tunggu apa lagi? Pilih produk investasi terbaik untuk orang di usia 20 tahun.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Bagikan Artikel