Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
4 Manfaat Asuransi Perjalanan yang Bikin Tenang Saat Berlibur
24 September 2019
Share icon
Share
manfaat asuransi perjalanan

Agar liburan jadi tenang, asuransi perjalanan adalah perlindungan yang harus dimiliki. Berikut 4 manfaat asuransi perjalanan yang membuat perjalanan jadi nyaman.


Traveling merupakan alternatif pelepas penat dari kegiatan dan rutinitas sehari-hari. Namun, ada juga kalangan yang menjadikan traveling sebagai mata pencaharian. Contohnya seperti travel blogger, vlogger, dan masih banyak lagi.

Begitu Pebisnis atau pegawai yang sering dikirim ke luar kota maupun ke luar negeri untuk melakukan perjalanan dinas.

Jika kamu sering bepergian atau traveling baik ke luar kota maupun ke luar negeri, ada satu jenis asuransi yang patut kamu pertimbangkan: asuransi perjalanan.

Jenis asuransi ini memang tidak wajib dimiliki, tetapi bisa dijadikan perlindungan ekstra saat kamu sedang melakukan perjalanan. 

Asuransi perjalanan khusus memberi perlindungan hanya ketika sedang melakukan perjalanan.

Beberapa negara di Eropa, Amerika, dan Asia bahkan sudah mewajibkan turis atau pengunjung untuk memiliki asuransi perjalanan.

Namun, sebenarnya apa saja sih manfaat asuransi perjalanan? Yuk simak lebih lanjut untuk mengetahui manfaat yang hanya bisa kamu dapatkan dari asuransi perjalanan terbaik beserta cakupan pelayanannya.

Baca Juga: 20 Tujuan Wisata Kota Banyuwangi Hits untuk Para Traveler

1. Menanggung Biaya Rumah Sakit

Asuransi perjalanan terbaik akan bermitra dengan rumah sakit terbaik di seluruh dunia. Jenis asuransi ini menawarkan tanggungan biaya rumah sakit yang dibebankan kepada pasien, baik di dalam negeri maupun internasional.

Biaya yang dimaksud mencakup: pelayanan darurat atau emergency 24 jam (untuk kecelakaan atau keadaan tidak terduga lainnya), ambulans, tindakan operasi, rawat inap, dan bahkan pemakaman. 

Beberapa asuransi perjalanan juga menawarkan cakupan biaya rumah sakit bagi anggota keluarga yang jatuh sakit atau mengalami kecelakaan mendadak ketika sedang melakukan perjalanan, Toppers.

2. Menanggung Seluruh Aspek Risiko dalam Perjalanan

Selain untuk perlindungan diri seperti kecelakaan, asuransi perjalanan juga melindungi beberapa aspek risiko lainnya, antara lain:

  • Bagasi; untuk keterlambatan atau kehilangan barang
  • Uang tunai, cek, paspor, dan dokumen pribadi lainnya yang dicuri saat melakukan perjalanan
  • Biaya pembatalan dan deposit yang hangus, jika ada kejadian tidak terduga di luar kendali (jatuh sakit, kecelakaan, atau bencana alam)
  • Reimbursement untuk biaya yang dikeluarkan ketika menunggu keterlambatan penerbangan
  • Biaya transport alternatif; jika terdapat keterlambatan penerbangan dan kamu harus menghadiri suatu acara tepat waktu, biaya untuk transportasi alternatif akan ditanggung oleh pihak asuransi

3. Menanggung Cacat Permanen dan Kematian

Ini merupakan manfaat yang sangat perlu diperhatikan ketika sedang memilih asuransi perjalanan.

Jika kamu mengalami kecelakaan saat traveling dan mengalami cacat permanen atau bahkan kematian (berlaku untuk 12 bulan setelah perjalanan), terdapat pembayaran yang akan diberikan oleh pihak asuransi perjalanan. 

Asuransi perjalanan terbaik juga akan menawarkan tanggungan penghasilan. Tanggungan ini berlaku dalam jangka waktu tertentu, ditujukan untuk peserta asuransi yang tidak dapat bekerja dan mendapatkan penghasilan lagi yang disebabkan oleh kecelakaan atau kejadian tidak terduga ketika sedang melakukan perjalanan.

Baca Juga: 7 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa

4. Mencakup Perjalanan Domestik dan Internasional

Cakupan wilayah asuransi perjalanan merupakan salah satu aspek paling mendasar tetapi juga sangat penting untuk diperhatikan.

Jika kamu sering bepergian ke luar kota dan sudah memiliki rencana untuk traveling ke luar negeri, pastikan untuk memilih asuransi perjalanan yang juga mencakup perjalanan internasional. 

Asuransi perjalanan yang mencakup kedua jenis perjalanan ini sangat memudahkan, sehingga kamu tidak perlu membeli dua premi yang berbeda.

Jika membutuhkan pergi ke Eropa dan sekitarnya, kamu bisa pilih asuransi yang sudah disetujui untuk Visa Schengen agar perjalanan jadi lebih mudah.

Baca Juga: Cara Menemukan Asuransi Kesehatan Terbaik

Itu dia, manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi perjalanan terbaik. Setiap akan memilih asuransi perjalanan, sesuaikan produk yang paling cocok untuk kebutuhanmu Toppers.

Pastikan juga seluruh manfaat di atas ada di dalam polis asuransi perjalanan yang kamu beli, Toppers.

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia