Mengenal GPN dan 10 Keuntungan yang Didapat Jika Menukar Kartu GPN

2615
apa itu gpn dan keuntungan menukar kartu gpn

Mengenal GPN dan Keuntungannya – Apa itu GPN? Sudah sering mendengar kata GPN akhir-akhir ini, namun tidak tahu apa itu GPN? Atau, kamu sudah tahu jika GPN adalah alat berbentuk kartu untuk bertransaksi, namun belum mengetahui fungsi dan manfaatnya? Nah, kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang GPN beserta keuntungan yang akan didapatkan, simak artikel ini sampai habis ya, Toppers!

GPN adalah singkatan dari Gerbang Pembayaran Nasional. Sebagai sistem yang berfungsi untuk mengintegrasikan transaksi antar bank, rupanya GPN telah dikaji selama 20 tahun. Setelah diresmikan pada Mei 2018, saat ini Bank Indonesia (BI) sedang gencar memperkenalkan GPN kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Perbandingan Kartu Kredit dan Kartu Debit, Keuntungan serta Kerugiannya

Mengenal GPN dan Keuntungan Menukar Kartu GPN

GPN sebenarnya dirancang untuk mempermudah Toppers dalam melakukan transaksi non tunai pada pembayaran di toko, lho! Semua bank telah diwajibkan untuk mengeluarkan kartu yang berlogo burung garuda atau lambang resmi GPN. Sehingga bisa mensukseskan tujuan pembuatan GPN itu sendiri, yaitu mengurangi transaksi dengan uang kertas atau memperluas sistem cashless, dan mengembangkan sistem perdagangan berbasis elektronik.

Bahkan, BI sampai menggelar Pekan Penukaran Kartu Berlogo GPN yang dilakukan di 17 wilayah dalam 4 tahap hingga Oktober 2018 mendatang.

Keuntungan Menukar Kartu GPN Versi Bank Indonesia

apa itu gpn dan keuntungan menukar kartu gpn
Sumber Gambar: Pixabay

Nah, jika kamu sudah paham betul apa itu GPN, sekarang saatnya kamu mengetahui apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan kartu debit berlogo GPN, Toppers! Adapun 5 (lima) keuntungan yang akan kamu peroleh ketika kamu bertransaksi menggunakan GPN menurut Bank Indonesia:

  1. Kamu dapat melakukan transaksi di semua kanal pembayaran.
  1. Kamu bisa bertransaksi dengan nyaman tanpa perlu takut dengan keamanan yang disediakan karena kartu debit berlogo GPN telah menggunakan teknologi chip sehingga terstandarisasi fitur keamanannya.
  1. Kamu tidak akan dikenakan biaya oleh toko karena telah ada penetapan Merchant Discount Rate (MDR).
  1. Kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi.
  1. Biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri dengan jaringan domestik.
kartu kredit

Baca Juga: Syarat Membuat Kartu Kredit Tiap Bank yang Harus Dipenuhi agar Diterima

Keuntungan Tambahan Menukar Kartu GPN

apa itu gpn dan keuntungan menukar kartu gpn
Sumber Gambar: Pixabay

Tidak hanya 5 keuntungan versi BI yang akan kamu peroleh jika kamu menggunakan kartu debit berlogo GPN, namun ada beberapa keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan, di antaranya yaitu:

  1. Kamu tidak harus membayar biaya transaksi kartu ATM antar bank yang sebelumnya dikenakan 2-3% per transaksi, sekarang kamu hanya akan dikenakan 1% karena transaksi tidak lagi diproses di luar negeri.
  1. Biaya administrasi bulanan juga mengalami penurunan tarif. Biaya tersebut diperkirakan sudah dipangkas Rp 500 hingga Rp 1.000 dari tarif lama. Sebagai contoh, Bank Mandiri sudah menurunkan biaya administrasi bulanan untuk kartu debit Platinum sebesar Rp 1.000, Gold sebesar Rp 1.000 dan Silver sebesar Rp 500.
  1. Terciptanya efisiensi dari sisi infrastruktur sebab toko tidak perlu lagi menyediakan banyak Electronic Data Capture (EDC).
  1. Walaupun biaya transfer dan tarik tunai masih dikenakan tarif lama, biaya tersebut bisa berkurang jika semakin besar transaksi dalam setiap penggunaan kartu berlogo GPN.
  1. Selain perihal penurunan tarif, keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah akses untuk menggunakan kartu berlogo GPN dalam transaksi antar bank lain.

Jadi, itu dia pengertian singkat tentang apa itu GPN beserta keuntungan yang akan diperoleh jika menggunakan kartu berlogo GPN, Toppers! Meskipun sedang gencar diadakan sosialisasi kartu berlogo GPN seakan setiap nasabah wajib memilikinya, sebenarnya tidak akan ada sanksi khusus jika kamu tidak menggunakan kartu berlogo burung garuda itu.

Hanya saja, kamu akan mendapatkan kerugian karena biaya transaksi akan lebih mahal dibandingkan kartu non GPN.

Baca Juga: Tips dan Trik, serta Cara Tarik Tunai Kartu Kredit di ATM agar Tidak Salah Langkah

Kira-kira, apakah kamu sudah mulai membayangkan keuntungan apa saja yang akan kamu peroleh jika kamu memutuskan untuk mengganti atau membuat kartu baru berlogo GPN? Jika sudah, “Mulai Aja Dulu” untuk segera ajukan pembuatan kartu debit baru berlogo GPN di cabang bank terdekat, ya! Tak hanya kartu debit, kartu kredit juga biasanya diperlukan sebagian orang untuk memenuhi kebutuhan.

Jangan bingung, ajukan sekarang pembuatan kartu kredit dan bayar angsuran secara langsung dengan mudah dan praktis hanya di Tokopedia!

cicilan 0% tokopedia

Bagikan Artikel