Bayar angsuran kredit kamu di Tokopedia
Penyedia Pinjaman
star review
Pengalaman bayar Angsuran Kredit di Tokopedia
4.86/5
starstarstarstarstar
1485 ulasan

Bayar Angsuran Kredit Multifinance & Bank Desember 2019 Lebih Mudah, Dimulai dari Tokopedia

Mengapa Membayar Angsuran Kredit di Tokopedia?

Fasilitas kredit atau cicilan saat ini tengah menjamur dan populer di berbagai lapisan masyarakat. Pasalnya, dengan memanfaatkan fasilitas kredit atau cicilan memungkinkan seseorang atau suatu badan usaha untuk meminjam uang guna membeli produk tertentu dan membayarkannya kembali dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Membayar cicilan kredit saat ini jauh lebih mudah dengan hadirnya Tokopedia! Kalau dulu Anda harus mengunjungi kantor perusahaan leasing dimana Anda melakukan pembelian, sekarang bayar angsuran bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tidak perlu ke luar rumah. Buka smartphone Anda, download aplikasi Tokopedia atau kunjungi situs Tokopedia Angsuran, Anda bisa melakukan pembayaran cicilan apa saja mulai dari cicilan kredit mobilbayar cicilan motorbayar cicilan Laptopbayar cicilan HPbarang elektronik dan lain-lain. Membayar angsuran kredit tidak pernah semudah fasilitias cicilan online yang disediakan Tokopedia!

Di Tokopedia, Anda juga bisa mengajukan pinjaman onlinebelanja online, atau membeli berbagai produk digital seperti PulsaToken ListrikVoucher Gameserta Voucher Makanan.

Bayar Angsuran Kredit MultiFinance & Bank #MulaiAjaDulu di Tokopedia

Apa itu Angsuran?

Mungkin Anda pernah mendengar kutipan, “Sekarang semuanya serba kredit.” Di zaman sekarang, kebutuhan hidup semakin kompleks dan biaya yang dibutuhkan juga semakin meroket. Tidak heran jika fasilitas cicilan atau kredit sangat populer. Orang yang menggunakan fasilitas kredit atau meminjam uang disebut dengan istilah debitur, diwajibkan bayar angsuran setiap minggu, bulan, tahun, atau sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati dengan lembaga atau badan usaha yang memberikan fasilitas kredit.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata angsuran diartikan sebagai menyerahkan sedikit demi sedikit, tidak sekaligus; uang yang dipakai untuk mengangsur (utang, pajak, dan sebagainya). Dapat disimpulkan bahwa Angsuran adalah sejumlah uang tunai yang dibayarkan pada pihak kreditur atas pinjaman uang yang diberikan pada debitur secara berkala sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati guna melunasi utang pinjaman uang.

Jadi, jika Anda menggunakan fasilitas kredit untuk membeli kendaraan, maka Anda setiap bulannya harus bayar angsuran cicilan motor, kredit mobil, cicilan rumah, pinjaman uang, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Kredit Angsuran

Ada berbagai jenis kredit angsuran yang bisa digunakan. Jenis kredit angsuran yang paling mudah ditemui, sering digunakan, dan sangat mudah mengurus permohonan pengajuan kreditnya adalah kredit konsumtif. Kredit konsumtif merupakan jenis suku bunga yang dianggap paling sederhana dan paling mudah perhitungannya dibandingkan dengan jenis kredit lainnya karena kredit ditujukan untuk mencicil barang-barang konsumsi pribadi, biasa disebut Kredit Tanpa Agunan sebagai contoh kredit mobil, cicilan motor, kredit handphone, dan barang-barang lain kebutuhan pribadi lainnya.

Anda bisa bayar cicilan di Tokopedia yang jauh lebih mudah, cepat, dan dijamin aman. Berbagai angsuran kredit dapat dibayarkan di sini.

Keuntungan Angsuran Dibanding Tunai

Mengapa sebagian orang memilih untuk membeli produk dengan metode pembayaran angsuran dibanding membayarkan tunai? Ternyata, membeli barang dengan angsuran seperti cicilan motor memiliki segudang keuntungan dibanding langsung membayarkan secara tunai. Membeli kendaraan bermotor seperti kredit mobil yang berharga hingga ratusan juta rupiah apabila dibayarkan secara tunai, memungkinkan meskipun Anda belum memiliki cukup uang.

Walaupun Anda memiliki uang untuk membeli mobil secara tunai, tetap akan terasa berat jika harus mengeluarkan uang dengan nominal yang sangat besar dalam satu waktu. Bagi para pengusaha, angsuran ditujukan untuk mengamankan perputaran uang. Faktor lain yang kerap menjadi alasan adalah sebagian besar orang membeli mobil dengan pembayaran angsuran kredit membutuhkan waktu yang lebih sedikit dan cepat, tidak perlu menabung hingga bertahun-tahun. Pasalnya, tidak sedikit orang yang benar-benar menjadikan mobil sebagai kebutuhan sebagai contoh untuk kelancaran usaha dagang.

Apa yang Dimaksud Perusahaan Leasing?

Perusahaan Leasing adalah lembaga usaha yang mewadahi kegiatan pembiayaan oleh bank atau lembaga dan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu. Ketika kegiatan pembiayaan terjadi, pihak debitur atau orang yang mengajukan pembiayaan diwajibkan untuk membayar angsuran (lihat poin Angsuran untuk mengetahui apa itu angsuran) secara berkala, dengan nominal yang telah disepakati sesuai dengan jangka waktu tertentu yang juga disepakati bersama di permulaan.

Akan tetapi perlu dipahami leasing dan kredit cicilan memiliki sejumlah perbedaan. Leasing tidak mewajibkan orang yang melakukan pengajuan pembiayaan untuk melakukan perawatan atau maintenance terkait barang yang dicicil, sedangkan barang yang dibeli dengan cara kredit angsuran menjadi tanggung jawab penuh debitur.

 

Daftar Perusahaan Leasing Multifinance Indonesia

Di Indonesia, perusahaan leasing multifinance berkembang dengan pesat karena tingginya permintaan fasilitas cicilan sebagai contoh kredit mobil, cicilan motor, dan sebagainya.

Berikut ini adalah daftar perusahaan leasing multifinance Indonesia terbesar:

Adira Dinamika Multi Finance

Mandiri Tunas Finance

AEON Credit Service Indonesia

Maybank Indonesia Finance

Al Ijarah Indonesia Finance

Mega Auto Finance

Artha Prima Finance

Mega Central Finance

Astra Credit Companies

Mega Finance

BCA Finance

MPM Finance

BFI Finance Indonesia

Mitsui Leasing Capital Indonesia

Bima Finance

NSC Finance

Bussan Auto Finance

Orix Indonesia Finance

Central Java Power

Oto Multiartha

CIMB Niaga Auto Finance

Radana Finance

Clipan Finance Indonesia

Smart Multi Finance

Dipo Star Finance

Summit Oto Finance

Federal International Finance (FIF)

Toyota Astra Financial Services

Indomobil Finance Indonesia

Wahana Ottomitra Multiartha

Kreditplus / Finansia

WOKA Finance

Olympindo Finance

Taralite Indonesia

Kredivo

Suzuki Finance

Home Credit Indonesia

 


* Perusahaan multifinance yang dicetak tebal pada tabel di atas telah tersedia fasilitas pembayarannya di Tokopedia.

Cara Cek Cicilan Online

Anda dapat melakukan cek cicilan secara online tanpa harus pergi ke kantor cabang perusahaan leasing yang Anda gunakan jasanya. Tokopedia memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengetahui rincian angsuran kredit Anda yang perlu dibayarkan, berikut cara cek cicilan online via Tokopedia:

  1. Kunjungi laman Tokopedia Angsuran
  2. Pilih perusahaan leasing penyedia pinjaman
  3. Masukan nomor kontrak angsuran Anda
  4. Rincian akan otomatis muncul jika nomor kontrak yang Anda tepat.

Cara cek cicilan online lainnya adalah dengan mengunjungi situs resmi perusahaan leasing penyedia jasa angsuran kredit yang Anda gunakan.

Cara Bayar Angsuran di Tokopedia

Tidak perlu takut terlambat bayar cicilan mobil atau tidak bisa bayar cicilan mobil karena Anda tidak sempat mengunjungi kantor cabang perusahaan leasing tempat Anda mengajukan angsuran kredit, Tokopedia menyediakan fasilitas bayar angsuran online hanya dengan ponsel atau komputer yang terhubung ke internet. Berikut cara bayar angsuran di Tokopedia:

  1. Kunjungi laman Tokopedia Angsuran.
  2. Pilih perusahaan leasing penyedia pinjaman.
  3. Masukan nomor kontrak angsuran Anda.
  4. Rincian akan otomatis muncul jika nomor kontrak yang Anda masukan sudah benar.
  5. Klik opsi bayar.
  6. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  7. Sistem akan segera memproses pembayaran angsuran Anda dan mengirimkan notifikasi pembayaran sukses dilakukan.

Cara Bayar Angsuran di Indomaret via Tokopedia

  1. Kunjungi laman Tokopedia Angsuran.
  2. Pilih perusahaan leasing penyedia pinjaman.
  3. Isi nomor kontrak yang Anda miliki.
  4. Rincian tagihan angsuran kredit yang belum terbayarkan akan muncul secara otomatis. Pastikan data rincian sudah benar.
  5. Akan muncul detail pembayaran, klik Lanjut.
  6. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Alfamart. Klik Bayar Sekarang.
  7. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
  8. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Indomaret terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
  9. Anda akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran

Catatan: Batas waktu pembayaran adalah 1 hari sejak kode pembayaran diberikan. Jika tidak melakukan pembayaran setelah 1 hari, pembayaran tagihan angsuran kredit Anda akan dianggap batal.

Cara Bayar Angsuran di Alfamart via Tokopedia

  1. Kunjungi laman Tokopedia Angsuran
  2. Pilih perusahaan leasing penyedia pinjaman.
  3. Isi nomor kontrak yang Anda miliki.
  4. Rincian tagihan angsuran kredit yang belum terbayarkan akan muncul secara otomatis. Pastikan data rincian sudah benar.
  5. Akan muncul detail pembayaran, klik Lanjut.
  6. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Alfamart. Klik Bayar Sekarang.
  7. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
  8. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Alfamart/Alfamidi/Lawson terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
  9. Anda akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran

Catatan: Batas waktu pembayaran adalah 1 hari sejak kode pembayaran diberikan. Jika tidak melakukan pembayaran setelah 1 hari, pembayaran tagihan angsuran kredit Anda akan dianggap batal.

Frequently Asked Questions (F.A.Q)

Q : Apa Saja Angsuran Kredit yang Bisa Saya Bayar di Tokopedia?

A : Semua jenis angsuran kredit bisa Anda bayar di Tokopedia apabila perusahaan leasing tempat Anda mengajukan peminjaman telah bekerjasama dan terdapat pada daftar di laman Tokopedia Angsuran. Pembayaran cicilan Tokopedia jauh lebih mudah dan menguntungkan karena selalu ada promo dan cashback untuk pembayaran angsuran kredit.

Q : Kapan Saya Bisa Membayar Angsuran di Tokopedia?

A : Anda bisa membayar angsuran berbagai perusahaan leasing di Indonesia kapan saja di Tokopedia. Sistem pembayaran di Tokopedia beroperasi selama 24 jam setiap hari. Selalu bayar tagihan angsuran Anda sebelum tanggal jatuh tempo perjanjian kontrak. Jika Anda lupa atau tidak tahu kapan silakan cek pada laman Tokopedia Angsuran lalu masukan nomor kontrak Anda, atau melihat rincian pembayaran yang ditagihkan bulan ini.

Q : Bagaimana Jika Saya Telat Membayar Cicilan?

A : Tokopedia tetap melayani pembayaran cicilan yang terlambat. Rincian terkait angsuran yang belum dibayarkan akan diterbitkan oleh sistem dan Anda bisa memilih angsuran periode mana  yang ingin Anda bayar terlebih dahulu. Beberapa perusahaan leasing penyedia jasa kredit angsuran memberikan pinalti terhadap keterlambatan berupa denda, sehingga Anda wajib membayar denda bila telat membayar cicilan.

Q : Berapa Bunga dan Denda Cicilan yang Dikenakan oleh Pihak Leasing?

A : Setiap perusahaan leasing menetapkan bunga cicilan dan denda keterlambatan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan menghubungi pihak perusahaan penyedia jasa angsuran kredit Anda.

Syarat dan Ketentuan Pembayaran Angsuran Kredit

Berikut syarat dan ketentuan pembayaran angsuran kredit di Tokopedia:

  1. Pastikan kamu sudah memiliki akun Tokopedia dan sudah melakukan verifikasi nomor handphone.
  2. Tokopedia tidak mengenakan biaya administrasi apapun pada pembayaran Angsuran Kredit. Apabila saat pembayaran kamu dikenakan biaya administrasi, itu merupakan biaya administrasi dari masing-masing biller/penyedia pinjaman.
  3. Dalam 1 transaksi, jumlah total tagihan yang ditampilkan adalah seluruh komponen biaya yang meliputi akumulasi seluruh tagihan bulanan yang belum terbayarkan, denda (bila ada), dan biaya administrasi (bila ada).
  4. Pembayaran Angsuran Kredit yang dilakukan setelah tanggal jatuh tempo setiap bulannya akan dikenakan denda. Penetapan tanggal jatuh tempo pada setiap billerberbeda dan bergantung pada kebijakan masing-masing biller.
  5. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kesalahan pembayaran Angsuran Kredit yang dikarenakan kesalahan input nomor pelanggan atau nomor kontrak oleh pengguna.
  6. Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta email dan password akun pengguna. Mohon untuk tidak memberikan data tersebut ke pihak manapun.
  7. Proses verifikasi pembayaran Angsuran Kredit bisa memakan waktu hingga 2×24 jam.

Informasi lebih lanjut seputar pembayaran dan hal yang berkaitan dengan Angsuran Kredit dapat ditanyakan langsung pada masing-masing biller.

Keamanan
PCI LogoVisa LogoMastercard LogoJ/Secure LogoTKP Trust Logo
Download
Get it on Google PlayDownload on the App Store
Ikuti Kami
FacebookTwitterPinterestInstagram