×
Nomor Anda belum ter-verifikasi di Tokopedia, mohon lakukan verifikasi nomor telepon sebelum melanjutkan pembelian. Verifikasi sekarang »
    ×

      Keterangan


      Pulsa yang diterima

      Rp 0

      Bayar dengan 1-klik menggunakan Saldo Tokopedia

      Terima Kasih

      Email Anda berhasil disimpan.
      Bagikan kabar gembira ini dengan teman Anda.

      SPPT

      Bayar Pajak Setiap Saat Secara Tepat & Cepat di Tokopedia

      Berbagai pembayaran pajak online untuk aneka jenis tagihan lebih praktis dan nyaman melalui Tokopedia. Kini pembayar pajak bisa menyelesaikan segala tagihan pajak dengan metode pembayaran bervariasi dan lengkap. Tokopedia menyediakan opsi pembayaran seperti kartu kredit, e-banking, mobile banking & transfer, pembayaran instan hingga tokocash untuk mempermudah transaksi dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

      Cara pembayaran pajak di Tokopedia pun lebih mudah, hanya dengan memasukan informasi tagihan atau nomor pembayaran dan klik bayar. Pembayaran pajak online lewat Tokopedia dapat digunakan untuk membayar tagihan pajak di seluruh wilayah Indonesia. Pengguna tidak perlu antri lama di bank & kantor pos atau harus menentukan hari yang pas untuk melunasi pembayaran pajak. Bukti pembayaran pajak diterima melalui e-mail yang dapat disimpan dan digunakan di setiap saat.

      Untuk memastikan pembayaran pajak, anda dapat melakukan pengecekan tagihan pajak secara online. Cukup masukan informasi tagihan atau kode nomor pembayaran, dan jumlah tagihan akan otomatis muncul. Segera lunasi pajak anda secara tepat waktu untuk menghindari denda & sanksi keterlambatan bayar pajak.

      ==readmore==

      Bayar Pajak Nggak Pakai Ngantre Lama Lagi, Jadi Pastikan Jangan Sampai Telat Ya!

       

      Layanan bayar pajak online memang sangat memudahkan dan menguntungkan masyarakat Indonesia. Kalau dulu untuk bayar pajak harus capek-capek ngantre lama, kini semua bisa diproses secara online. Lebih cepat dan praktis. Dengan begitu sih seharusnya sudah nggak ada lagi yang namanya telat bayar pajak. Lha wong sudah ada kemudahan e billing dan efiling pajak, tinggal bagaimana cara kita saja memahami prosedurnya dengan baik dan segera memprosesnya tanpa harus menunda-nundanya lagi.

      Proses pembayaran pajak online sudah dipromosikan sejak awal tahun 2016 lalu. Prosesnya dikenal dengan nama E Billing dan E Filling. Apa itu e billing? Ini adalah istilah yang mengacu pada cara pembayaran pajak yang dilakukan dan diproses secara online tanpa menggunakan Surat Setoran Pajak (SSP). Sedangkan efiling pajak adalah sebuah metode yang dipakai dan diaplikasikan dalam proses pelaporan pajak berbasis online serta real time. Dengan cara pembayaran pajak online ini, kita sudah nggak perlu repot-repot lagi jauh-jauh pergi ke kantor pajak untuk membayar pajak.

       

      Bayar Pajak Online Sudah Tak Perlu Membuat Surat Setoran Pajak

       

      Surat Setoran Pajak (SSP) merupakan  bukti pembayaran atau penyetoran pajak yang sudah selesai dilakukan dengan menggunakan formulir, atau bukti pembayaran yang telah dilakukan dengan cara lain ke kas negara melalui tempat pembayaran tertentu yang sudah ditunjuk oleh Menteri Keuangan. Sebagai ganti SSP pajak, kita harus memiliki Electronic Filling Identification Number (e-FIN). E-Billing atau cara pembayaran pajak online baru bisa dilakukan setelah kita selesai melakukan registrasi.  Nanti kita akan mendapat kode biling yang bisa dipakai untuk membayar atau menyetor penerimaan pada kas negara. Ketika memproses bayar pajak online melalui situs DJP online pajak, kita harus memasukkan nomor NPWP dan password. Kalau merasa kebingungan atau butuh bantuan, bisa langsung menghubungi Kring Pajak di 1 500 200.

       

      Pengguna Baru yang Akan Melaporkan SPT Online Harus Melakukan Registrasi Terlebih Dahulu

       

      Kamu pengguna baru yang belum pernah melakukan pelaporan SPT melalui proses e-Filling? Tak perlu bingung. Kemudahan lapor pajak online bisa langsung kamu nikmati dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di situs DJP Pajak Online (layanan perpajakan Direktorat Jenderal Pajak). Langkah-langkahnya cukup mudah. Ada tiga hal yang perlu kamu siapkan, yaitu NPWP, nomor E-FIN, dan alamat email yang masih aktif. Belum punya E-FIN? Kalau belum punya e-FIN, kamu harus mendatangi KPP terdekat. Nanti tinggal bilang saja pada petugasnya untuk membuat e-FIN. Kamu akan diberi Formulir Aktivasi e-FIN. Jangan lupa bawa KTP dan NPWP ya. Kalau sudah punya e-FIN, kamu tinggal mendaftarkan akunmu melalui situs resmi DJP pajak online https://djponline.pajak.go.id/. Segera klik tombol “Daftar” dan isi kolom-kolom yang sudah tersedia. Setelah menyelesaikan registrasi, cek kotak masuk email dan periksa apakah aktivasi akun yang sudah kamu lakukan berhasil. Kalau aktivitas sudah berhasil, langkah pembayaran pajak online selanjutnya bisa langsung dilakukan.

       

      Berbagai Info Penting yang Perlu Diketahui Soal e Billing Pajak

       

      Sistem bayar pajak online dengan cara pembuatan kode billing atau ID billing terlebih dahulu inilah yang disebut e-Billing. Dengan proses DJP online e billing, pembayaran pajak bisa dilakukan 24 jam sehari. Jadi nggak perlu menunggu jam kerja atau harus stand by pada jam-jam tertentu. Dengan proses setoran pajak online, kita nggak perlu lagi datang ke kantor pajak. Manfaat membuat e billing ini sangat banyak. Dengan e billing kita cukup memasukkan data sekali saja. Jadi nggak perlu lagi memasukkan data yang sama berkali-kali. Datanya sudah terintegrasi sehingga cara membayar pajak online sangat menghemat waktu. Sistem bayar pajak online juga diklaim lebih akurat. Tahu sendiri kan kalau prosesnya dilakukan secara manual biasanya bakal terjadi banyak kesalahan.

       

      Cara Lapor Pajak Online Tahunan, Ini Langkah-Langkah yang Harus Diperhatikan

       

      Setiap tahunnya ada kewajiban untuk melaporkan SPT. Kini, melaporkan SPT bisa dilakukan secara online. Cepat dan mudah pastinya. Melaporkan SPT pajak online ini cukup mudah, berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan.

      1. Aktivasi EFIN terlebih dahulu. Agar bisa menggunakan layanan e-filing, pastikan kamu melakukan registrasi terlebih dahulu. Datangi KPP/KP2KP terdekat untuk aktivitasi EFIN. Proses ini tak bisa diwakilkan, jadi harus kamu sendiri yang melakukannya.
      2. Selesaikan pendaftaran di djponline.pajak.go.id. Sudah ada EFIN, kini kamu harus melakukan registrasi selanjutnya. Masuk ke halaman  djponline.pajak.go.id lalu klik Daftar. Nanti kamu perlu memasukkan nomor pokok wajib pajak dan nomor EFIN yang sudah kamu miliki. Setelah klik Verifikasi, kamu perlu mengecek apakah nama wajib pajak sudah sesuai dengan identitasmu. Langkah selanjutnya adalah mengecek kotak masuk emailmu untuk mengikuti langkah selanjutnya.
      3. Isi formulir sesuai dengan kriteriamu. Pastikan kamu cek pajak online secara benar sesuai dengan kondisi atau kriteriamu. Dalam pengisian SPT, ada tiga formulir yang tersedia, yaitu E filing 1770 SS (Sangat Sederhana), E filing 1770 S (Sederhana), dan SPT 1770. Kalau penghasilanmu kurang dari Rp60 juta setahun, maka pilih E filing 1770 SS . Tapi kalau lebih dari Rp60 juta, pilih  E filing 1770 S. Sementara kalau profesimu adalah seorang pengusaha atau memiliki pekerjaan bebas yang profesional, pilih SPT 1770. Secara umum proses dan cara bayar pajak online sangat dipengaruhi oleh profesi atau pekerjaanmu, ya. Melaporkan SPT pajak online sangatlah mudah karena intinya nanti tinggal mengisi atau melengkapi form yang sudah tersedia.

       

      Saat E Billing Pajak Online, Masalah Apa Saja yang Biasanya Muncul?

       

      Dalam proses e billing pajak online kalau sudah mengikuti prosedur dengan benar, semuanya pasti lancar. Hanya saja kadang muncul beberapa masalah yang membuat kita panik. Seperti ketika waktu registrasi muncul peringatan “User ID sudah ada” bila hal ini terjadi, itu artinya NPWP sudah terdaftar, untuk mengeceknya bisa langsung menghubungi call center e billing di 021 – 52903801 – 08. Kalau ada masalah registrasi dan aktivasi, biasanya NPWP-mu sudah didaftarkan orang lain seperti oleh konsultan atau pegawai bank. Nggak perlu panik kalau mengalami hal ini. Yang perlu dilakukan jika mengalami masalah ini adalah dengan melapor ke kantor pajak atau KPP terdaftar. Di sana nanti tinggal melakukan permohonan penggantian email untuk akun SSE. Atau kalau tak menerima link aktivasi usai proses registrasi, coba cek folder spam atau bila memang tidak ada, langsung saja kontak call center e billing. Perlu diketahui juga kalau link aktivasi hanya bisa digunakan dalam jangka waktu 3 x 24 jam sejak pendaftaran, jadi jangan sampai kelupaan, ya. Kini, proses bayar pajak online juga mudah, untuk pembayaran PBB misalnya bisa dilakukan di Tokopedia dengan cepat.