×
Nomor Anda belum ter-verifikasi di Tokopedia, mohon lakukan verifikasi nomor telepon sebelum melanjutkan pembelian. Verifikasi sekarang »
    ×

      Keterangan


      Pulsa yang diterima

      Rp 0

      Bayar dengan 1-klik menggunakan Saldo Tokopedia

      Terima Kasih

      Email Anda berhasil disimpan.
      Bagikan kabar gembira ini dengan teman Anda.

      IndiHome / Telepon

      Bayar dan Cek Tagihan Telepon TELKOM Lebih Mudah dan Praktis Mulai Aja Dulu dari Tokopedia

      Mengapa Bayar Tagihan Telepon - Telkom Online di Tokopedia?

       

      Komunikasi merupakan hal penting yang dibutuhkan bagi kehidupan manusia saat ini. Dengan adanya kehadiran komunikasi ini sangat mempermudah kebutuhan segala hal kepentingan manusia. Sebagai salah satu perusahaan telepon negara, TELKOM memberikan kemudahan bagi daerah-daerah di Indonesia untuk mendapatkan sinyal terbaik dan telekomunikasi layak untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari untuk masyarakat Indonesia. Bayar dan cek tagihan telepon TELKOM online sulit? Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, semua akan terasa lebih mudah. Tak perlu lagi capek antri, hanya tinggal klik dan tagihan telepon teratasi.

      Sekarang bayar tagihan telepon bisa langsung dilakukan di Tokopedia secara online.  Cek pembayaran telepon ini memang dulu terasa lebih sulit, karena harus mengantri di loket dan menunggu giliran. Namun sekarang di Tokopedia kamu akan menemukan berbagai kemudahan dan mendapatkan banyak promo.

      Kamu tidak perlu repot harus keluar rumah untuk bayar tagihan telepon karena di Tokopedia kamu bisa bayar telepon online dengan berbagai metode pembayaran, mulai dari Tokocash, hingga ke minimarket pilihan. Temukan Berbagai kemudahan yang diberikan secara online dan hanya dengan jari-jari kamu. Setelah transaksi berhasil, kamu dapat lunasi tagihan telepon TELKOM di Tokopedia.

       

      Bayar tagihan TELKOM online di Tokopedia, kamu bisa menggunakan TokoCash, kartu kredit, internet banking atau metode pembayaran instan seperti Klik BCA, BCA Klik Play, Mandiri Clickpay, Mandiri e-Cash, e-Pay BRI. Selain itu kamu juga bisa membayar di minimarket terdekat yakni di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson dan 7-Eleven hingga di Pos Indonesia. Jadi tunggu apalagi, bayar tagihan telepon online hanya di Tokopedia.  Kamu tidak hanya bisa cek tagihan telepon secara online via Tokopedia, kamu juga bisa bayar retribusi online, cek tagihan listrik online, beli pulsa XL, sampai langganan JOOX lewat Tokopedia.

       

      1. Pengertian Nomor Telepon
      2. Pengertian Telepon Rumah
      3. Daftar Perusahaan Telepon Rumah di Indonesia
      4. Kelebihan Menggunakan Telepon Rumah
      5. Cara Daftar dan Pasang Telepon Rumah
      6. Cara Mengetahui Nomor Telepon Rumah Sendiri
      7. Cara Mengetahui Nomor Telepon Rumah Orang Lain
      8. Cara Cek Tagihan Telkom Online
        1. Cek Tagihan Telepon Rumah via Kantor Pelayanan
        2. Cek Tagihan Telepon Rumah Online via Tokopedia
        3. Cek Tagihan Telepon Rumah Langsung via Call Center
        4. Cek Tagihan Telepon Rumah via Aplikasi MyTelkom
        5. Cek Tagihan Telepon Rumah via SMS
      9. Cara Membayar Tagihan Telkom Online
        1. Cara Bayar Tagihan Telepon di Indomaret
        2. Cara Bayar Tagihan Telepon di Alfamart
      10. Cara Berhenti Layanan Telepon Rumah
      11. Frequently Asked Questions (F.A.Q)
        1. Kapan Saya Bisa Membayar Tagihan Telepon?
        2. Bagaimana Jika Saya Salah Memasukkan Nomor Telepon?
        3. Bagaimana Jika Saya Telat Membayar Tagihan Telepon Rumah?
        4. Apakah Ada Promo Pembayaran Tagihan Telkom di Tokopedia?
      12. Kendala dalam Pembayaran Telepon Rumah
      13. Syarat dan Ketentuan Pembayaran Tagihan Telepon

       

      Pengertian Nomor Telepon

       

      Nomor telepon adalah sebuah deretan angka yang menjadi identitas perangkat komunikasi (telepon) dan digunakan untuk memanggil atau terhubung dengan perangkat telepon lainnya dalam suatu jaringan. Di Indonesia, nomor telepon memiliki awalan +62 sebagai kode negara. Sementara untuk nomor telepon rumah, biasanya terdiri dari 6-7 angka yang diawali dengan kode kota tempat perangkat telepon tersebut terdaftar. Misal, kode nomor telepon yang terdaftar di DKI Jakarta adalah (021) dan dan kode untuk Kota Surabaya adalah (031).



      Pengertian Telepon Rumah

       

      Telepon rumah atau telepon kabel adalah layanan telepon dengan perangkat yang terhubung dengan kabel tetap (fixed line). Istilah PSTN yang merupakan singkatan dari Public Switched Telephone Network sering digunakan untuk menyebut telepon dengan kabel tetap.

       

      Seiring perkembangan zaman, telepon rumah mulai ditinggalkan karena dianggap kurang praktis. Terlebih dengan adanya telepon genggam (handphone) yang bisa dibawa kemana saja untuk melakukan komunikasi. Walaupun demikian, telepon rumah masih banyak digunakan oleh kantor-kantor milik instansi resmi.  

       

      Daftar Perusahaan Telepon Rumah di Indonesia

       

      Di Indonesia, layanan telepon rumah atau kabel disediakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hingga saat ini sebanyak 15 juta pelanggan telah menikmati layanan telepon tetap dari TELKOM.

      Telkom memulai menyediakan fasilitas komunikasi telepon sebagai perusahaan negara pada tahun 1961 dengan status Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Pada tahun 1965, PN Postel kemudian dipecah menjadi dua perusahaan yaitu Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi). PN Telekomunikasi inilah yang sekarang menjadi Telkom Indonesia.

       

      Kelebihan Menggunakan Telepon Rumah

       

      Walaupun mulai ditinggalkan, telepon rumah atau telepon kabel tetap memiliki kelebihan dibandingkan telepon seluler. Berikut keuntungan telepon rumah dibandingkan telepon seluler:

      1. Kualitas suara panggilan lebih stabil dan terjamin karena terhubung dengan kabel
      2. Bisa dijadikan sebagai perangkat modem dengan kualitas data yang terjamin
      3. Lebih terpercaya karena untuk memasang telepon rumah harus dengan identitas yang jelas
      4. Tidak perlu repot kehabisan pulsa karena pembayaran dengan sistem pascabayar
      5. Bisa melihat catatan panggilan masuk dan keluar secara jelas dengan melihat rekening info tagihan telepon / info bill Telkom setiap bulannya.
      6. Lebih murah untuk menelepon sesama telepon rumah.

       

      Cara Daftar dan Pasang Telepon Rumah

       

      Kamu dapat mendaftar telepon rumah dengan melakukan permohonan pemasangan baru Fixed Line kepada Telkom Indonesia. Permohonan bisa kita lakukan dengan dua cara, baik offline maupun online.

      1. Permohonan offline dapat kamu lakukan dengan cara mengunjungi langsung kantor cabang pelayanan Telkom Indonesia di daerah masing-masing.
      2. Sementara untuk permohonan secara online dapat dilakukan melalui website resmi TELKOM Indonesia. Untuk jenis layanan yang tersedia beserta informasi harganya kamu bisa melihatnya langsung pada website resmi TELKOM atau dengan menghubungi sosial media TELKOM .

      Cara Mengetahui Nomor Telepon Rumah Sendiri

       

      Tak perlu bingung jika kamu lupa nomor telepon rumahmu sendiri. Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor telepon rumah yaitu:

      1. Melihat nomor telepon pada starter pack saat pemasangan.
      2. Menghubungi nomor telepon seluler lain dengan telepon rumah sehingga nomor telepon muncul di handphone tujuan.
      3. Menghubungi nomor layanan pengguna 147 Telkom.

       

      Cara Mengetahui Nomor Telepon Rumah Orang Lain

       

      Seringkali, kamu ingin menelpon instansi tertentu karena ada keperluan mendesak misalnya untuk komplain layanan atau melaporkan sesuatu, namun masalahnya kamu tidak mengetahui nomor teleponnya berapa. Berikut beberapa cara untuk mengetahui nomor telepon orang lain.

       

      1. Membuka buku Yellow Pages untuk mencari nomor telepon. Yellow Pages adalah buku direktori yang berisi nomor telepon tetap / rumah secara lengkap dari semua orang / instansi pada suatu wilayah tertentu.
      2. Mencari nomor telepon di internet menggunakan mesin pencari.

       

      Cara Cek Tagihan Telkom Online

       

      Secara umum ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk cara cek tagihan Telkom atau cek tagihan telepon rumah. Kamu bisa memilih cara cek info tagihan Telkom yang menurutmu paling mudah dilakukan. Berikut info lengkapnya.

       

      Cek Tagihan Telepon Rumah via Kantor Pelayanan

       

      Cara ini mungkin adalah cara yang menyusahkan karena kamu harus datang dan antre di kantor pelayanan. Jika kantor pelayanan jaraknya dekat dengan tempat tinggal kamu, mungkin tidak akan menjadi masalah, namun jika jaraknya jauh dari rumah pasti akan melelahkan. Belum lagi kamu harus menyempatkan waktu untuk menuju ke kantor pelayanan TELKOM.

       

      Cek Tagihan Telepon Rumah Online via Tokopedia

       

      Tak perlu susah payah antre ke kantor TELKOM hanya untuk mengetahui rincian tagihan TELKOM. Sekarang kamu bisa cek tagihan TELKOM melalui Tokopedia. Berikut caranya :

      1. Kunjungi halaman Tokopedia Tagihan Telepon.
      2. Masukan nomor ID pelanggan IndiHome atau telepon rumah Anda pada kolom yang tersedia.
      3. Klik tombol Beli/Bayar.
      4. Rincian tagihan Telepon Telkom yang belum terbayarkan akan langsung terlihat.

      Tak hanya itu, kamu juga bisa membayar tagihan telepon nya langsung dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia. Cek tagihan telepon via internet sekaligus membayar tidak pernah semudah ini sebelumnya.

       

      Cek Tagihan Telepon Rumah Langsung via Call Center

       

      Cara cek tagihan telepon rumah dapat dilakukan melalui call center 147 TELKOM. Kamu bisa langsung menghubungi nomor tersebut melalui telepon rumah untuk mencari tahu rincian tagihan Telkom. Kalau kamu menggunakan ponsel, cara cek tagihan telepon bisa langsung melalui nomor 021-147.

       

      Cek Tagihan Telepon Rumah via Aplikasi MyTelkom.

       

      Cara yang satu ini juga terbilang mudah. Sudah tahu kan apa itu MyTelkom? MyTelkom bisa dibilang sejenis dashboard untuk semua jenis sarana produk Telkom. Tapi kamu harus punya akun dulu dengan mendaftarkan diri di mytelkom.co.id. Bisa dibilang ini adalah salah satu cara mengecek tagihan telepon secara online yang paling simpel. Tinggal bikin akun, nanti kamu bisa bebas cek tagihan Telkom secara online kapan saja. Sehingga nggak akan kesulitan lagi ketika akan bayar telepon online.

       

      Cek Tagihan Telepon Rumah via SMS


      Selain bisa cek tagihan telepon online, kamu juga bisa memanfaatkan SMS. Mau cek tagihan telepon Telkom atau cek tagihan telepon pakai SMS juga bisa. Tapi perhatikan formatnya, ya. Jadi yang perlu kamu ketik adalah eBS [spasi] email [spasi] no.telepon/no. speedy dan nanti kirim pesan teks tersebut ke 02170757147. Kalau kesulitan menggunakan cek tagihan telp.  online, cara yang satu ini bisa kamu coba.

       

      Cara Membayar Tagihan Telkom Online

       

      Pas waktu cek tagihan telepon rumah, eh sudah saatnya bayar tapi nggak punya waktu untuk keluar rumah, apa solusinya? Tenang saja, sekarang untuk membayar tagihan telepon rumah kamu bisa melakukannya secara online. Selain cara cek tagihan Telkom yang makin mudah, proses pembayarannya atau pelunasannya pun sekarang makin praktis.

      Berikut ini adalah cara bayar tagihan Telepon di Tokopedia :

      1. Masuk ke halaman Tokopedia Tagihan Telepon.
      2. Masukan nomor ID pelanggan IndiHome atau telepon rumah Anda pada kolom yang tersedia.
      3. Klik tombol Beli/Bayar.
      4. Lihat detail dan pastikan bahwa nama dan nominal pembayaran sudah sesuai.
      5. Pilih metode pembayaran yang diinginkan (bank transfer, transfer virtual account, pembayaran instant, kartu kredit / debit, dan gerai detail)
      6. Lakukan pembayaran sesuai petunjuk.
      7. Bukti bayar atau sukses konfirmasi akan dikirim via email.

       

      Cara Bayar Tagihan Telepon dengan Pembayaran di Indomaret

       

      Berikut cara pembayaran tagihan telepon di Tokopedia dengan metode via Indomaret:

      1. Buka laman website Tokopedia Tagihan Telepon.
      2. Klik tombol Beli/Bayar.
      3. Masukan nomor telepon rumah atau  ID pelanggan IndiHome Anda pada kolom yang tersedia.
      4. Lihat detail tagihan telepon dan pastikan bahwa nama dan nominal pembayaran sudah sesuai.
      5. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Indomaret.
      6. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
      7. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Indomaret terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
      8. Kamu akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran.

      Catatan: Batas waktu pembayaran di Indomaret adalah 1 hari sejak kode pembayaran diberikan. Jika tidak melakukan pembayaran setelah 1 hari, pembayaran tagihan telepon kamu akan dianggap batal.


      Cara Bayar Tagihan PDAM Malang dengan Pembayaran di Alfamart

       

      Berikut cara pembayaran PDAM Malang di Tokopedia dengan metode via Alfamart:

      1. Buka laman website Tokopedia Tagihan Telepon.
      2. Klik tombol Beli/Bayar.
      3. Masukan nomor telepon rumah atau  ID pelanggan IndiHome Anda pada kolom yang tersedia.
      4. Lihat detail tagihan telepon dan pastikan bahwa nama dan nominal pembayaran sudah sesuai.
      5. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Alfamart.
      6. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
      7. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Alfamart/Alfamidi/Lawson terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
      8. Kamu akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran

      Catatan: Batas waktu pembayaran di Alfamart adalah 1 hari sejak kode pembayaran diberikan. Jika tidak melakukan pembayaran setelah 1 hari, pembayaran tagihan telepon kamu akan dianggap batal.

       

      Cara Berhenti Layanan Telepon Rumah

       

      Pemberhentian layanan telepon rumah hanya dapat kamu lakukan di kantor pelayanan TELKOM terdekat dari lokasi tempat tinggalmu. Beberapa dokumen seperti buku rekening telepon dan kartu identitas mungkin diperlukan dalam proses pemberhentian. Pembatalan hanya bisa dilakukan oleh pemilik yang terdaftar pada nomor telepon rumah atau ID pelanggan. Jika kamu datang ke kantor TELKOM bukan atas nama pemilik untuk berhenti layanan, kamu memerlukan surat kuasa dengan tanda tangan di atas materai agar bisa diproses lebih lanjut.

       

      Selanjutnya, petugas akan melakukan cek telepon di tempat kamu dan mencopot sambungan perangkat yang terpasang. Jangan lupa untuk melunasi dulu semua tagihan sebelum berhenti berlangganan telepon rumah. Informasi lebih lengkap tentang cara berhenti layanan telepon rumah, kamu bisa menghubungi pihak Telkom.

       

      Frequently Asked Questions (F.A.Q)

       

      Q1 : Kapan Saya Bisa Membayar Tagihan Telepon?

       

      Pembayaran khusus tagihan telepon TELKOM dapat kamu lakukan antara tanggal 4 hingga tanggal 20 setiap bulannya di Tokopedia. Namun jangan khawatir telat membayar, kamu bisa memanfaatkan fungsi berlangganan di Tokopedia.

       

      Q2 : Bagaimana Jika Saya Salah Memasukkan Nomor Telepon?

       

      Tagihan yang sudah kamu bayar tidak bisa dibatalkan. Harap pastikan nama pemilik, nomor telepon dan rincian tagihan yang tertera sesuai sebelum melanjutkan ke pembayaran.

       

      Q3 : Bagaimana Jika Saya Telat Membayar Tagihan Telepon Rumah?

       

      Jika kamu telat membayar tagihan TELKOM, biasanya akan muncul denda pada rincian tagihan. Tak perlu khawatir, kamu juga bisa membayar dendanya bersamaan dengan tagihan yang tertera.

       

      Q4 : Apakah Ada Promo Pembayaran Tagihan Telkom di Tokopedia?

       

      Tokopedia senantiasa berusaha memberikan promo untuk semua pelanggan pada berbagai produk pembayaran termasuk pembayaran tagihan Telkom di Tokopedia. Kamu bisa mengecek promo Tokopedia yang sedang berlangsung pada halaman Tokopedia Promo.

       

      Kendala dalam Pembayaran Telepon Rumah

       

      Saat ini Tokopedia semakin memudahkan kamu untuk melakukan pembayaran pada kebutuhan kamu yaitu berupa tagihan telepon. Kamu dapat membaca kembali syarat dan ketentuan terkait proses pembayaran tagihan melalui Tokopedia agar dapat menghindari kendala terkait pembayaran tagihan telepon kamu.

       

      Pembayaran Tagihan Telepon di Tokopedia Gagal

       

      Jika pembayaran tagihan telepon di Tokopedia gagal, dana akan dikembalikan ke Tokocash.

      Coba kembali pembayaran dalam beberapa saat, jika masih tetap gagal silakan hubungi Customer Care Tokopedia. Tak perlu khawatir, dana di TokoCash dapat kamu gunakan kembali untuk membeli atau membayar berbagai macam produk lainnya di Tokopedia.

       

      Pembayaran Tagihan Telepon Menggunakan Kartu Kredit di Tokopedia Gagal

       

      Jika kamu melakukan pembayaran tagihan telepon namun transaksi dinyatakan gagal, maka dana yang terpotong akan dikembalikan ke limit Kartu Kredit di tagihan berikutnya. Kamu dapat memastikan kembali jumlah tagihan sesuai dengan apa yang dibayarkan dan pada tagihan berikutnya pastikan limit telah dikembalikan sesuai dengan nominal tersebut. Apabila terdapat kendala pada penggunaan dan limit kartu kredit, silakan hubungi Customer Care Tokopedia.


      Pembayaran Sudah Berhasil namun Tagihan Masih Muncul

       

      Apabila pembayaran tagihan telepon yang kamu lakukan sudah dinyatakan berhasil oleh pihak Tokopedia, namun tagihan pembayaran masih muncul, Kamu bisa langsung menghubungi pihak Telkom agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.

      Jika terdapat kendala lebih lanjut dan tagihan masih muncul, kamu bisa menghubungi Customer Care Tokopedia.



      Syarat dan Ketentuan Pembayaran Tagihan Telepon

       

      Sebelum melakukan pembayaran tagihan telepon lewat Tokopedia, pastikan Anda sudah membaca syarat dan ketentuan berikut ini:

      1. Pembayaran Telepon di Tokopedia berlaku untuk produk Telkom Phone dari PT Telekomunikasi Indonesia.
      2. Pembayaran Telepon dapat dilakukan untuk semua daerah di Indonesia.
      3. Total tagihan sudah termasuk biaya administrasi Rp 2.500 dan denda (jika ada).
      4. Pembayaran tagihan Telepon dapat dilakukan antara tanggal 4-20 pada setiap bulannya.
      5. Pelanggan Telkom Speedy juga dapat melakukan pembayaran pada produk Telepon yang ada di Tokopedia.
      6. Total biaya tagihan layanan telepon yang dikenakan sudah termasuk dengan biaya administrasi beserta biaya materai/denda (jika ada).
      7. Pastikan Anda telah memiliki akun Tokopedia, karena pembayaran tagihan hanya dapat dilakukan oleh pengguna akun Tokopedia yang telah terverifikasi.
      8. Jika belum memiliki akun Tokopedia, Anda bisa melakukan pembayaran sebagai Pengguna Baru. Dengan mendaftarkan diri sebagai Pengguna Baru, Anda akan langsung bisa melakukan pembayaran tagihan Telepon di Tokopedia. Selanjutnya, lakukan aktivasi agar akun tersebut dapat digunakan, termasuk untuk belanja produk di Tokopedia.
      9. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kesalahan pembayaran Telepon dikarenakan kesalahan input nomor oleh pengguna.
      10. Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta email dan password akun pengguna. Mohon untuk tidak menginfokan data tersebut ke pihak manapun.
      11. Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila diduga adanya tindakan kecurangan dari pembeli.
      12. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tagihan, silakan menghubungi Telkom Indonesia di nomor 147 Telkom.