×
Nomor Anda belum ter-verifikasi di Tokopedia, mohon lakukan verifikasi nomor telepon sebelum melanjutkan pembelian. Verifikasi sekarang »
    ×

      Keterangan


      Pulsa yang diterima

      Rp 0

      Bayar dengan 1-klik menggunakan Saldo Tokopedia

      Terima Kasih

      Email Anda berhasil disimpan.
      Bagikan kabar gembira ini dengan teman Anda.

      Token Listrik

      Beli Pulsa / Token Listrik PLN Online Juli 2018 Lebih Mudah dan Murah Mulai Aja Dulu di Tokopedia

      Mengapa Beli Token Listrik PLN Prabayar di Tokopedia?

       

      Tengah malam mati listrik tapi lampu tetangga masih menyala terang? Bisa jadi token listrik PLN Prabayar kamu habis. Jangan khawatir, karena Tokopedia punya solusinya. Sekarang kamu bisa beli token listrik PLN Prabayar via Tokopedia selama 24 jam setiap harinya.

       

      Pulsa listrik habis bukan lagi jadi masalah sekalipun semua gerai penjualan pulsa listrik sedang tutup karena beli token listrik di Tokopedia bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun kamu mau, melalui ponsel atau komputer, apps atau browser, apapun caranya. Kamu tidak perlu repot harus keluar rumah untuk beli pulsa listrik karena di Tokopedia bisa dengan berbagai metode pembayaran, mulai dari Tokocash, hingga ke minimarket pilihan.

       

      Lebih asik lagi, beli token listrik online di Tokopedia bisa menggunakan kartu kredit, internet banking atau metode pembayaran instan seperti Klik BCA, BCA Klik Play, Mandiri Clickpay, Mandiri e-cash, e-Pay BRI. Selain itu kamu juga bisa membayar di minimarket terdekat yakni di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson dan 7-Eleven hingga di Pos Indonesia. Jadi Tunggu apalagi, cek & bayar tagihan air online hanya di Tokopedia. Nikmati juga layanan lainnya seperti cek tagihan listrik online, cek tagihan telepon rumah, beli pulsa online hingga bayar kredit motor online.

       

      1. Pengertian Listrik Prabayar
      2. Pengertian Listrik Pintar
      3. Pengertian Token Listrik
      4. Kelebihan Listrik Prabayar
      5. Harga Token Listrik
      6. Cara Pasang Listrik Prabayar
      7. Cara Beli Token Listrik Online di Tokopedia
      8. Cara Beli Token Listrik di Indomaret via Tokopedia
      9. Cara Beli Token Listrik di Alfamart via Tokopedia
      10. Cara Memasukkan Token Listrik
      11. Cara Pindah Listrik Pascabayar ke Prabayar
      12. Frequently Asked Questions (F.A.Q)
        1. Apakah Listrik Prabayar Lebih Boros daripada Listrik Pascabayar?
        2. Apakah Token Listrik Bisa Kadaluarsa?
        3. Bagaimana Jika Rekening Listrik Benar-Benar Habis?
        4. Apa yang Harus Dilakukan Jika Meteran Listrik Muncul Tulisan “Periksa”?
      13. Kendala Dalam Pembelian Listrik Prabayar
      14. Syarat dan Ketentuan Pembelian Token Listrik

       

      Pengertian Listrik Prabayar

       

      Bukan cuma pulsa telepon seluler saja yang menggunakan sistem pembayaran prabayar, saat ini Pemerintah dan PLN sedang mengupayakan perubahan dari sistem pembayaran listrik pascabayar menjadi listrik prabayar.

       

      Listrik prabayar adalah layanan kelistrikan dari PLN dimana pelanggan harus melakukan isi ulang kredit yang biasa disebut token listrik atau pulsa listrik agar bisa menikmati daya listrik.

       

      Pengertian Listrik Pintar

       

      Pada dasarnya, listrik pintar adalah layanan listrik PLN yang memanfaatkan sistem prabayar.

      Listrik Pintar adalah pembayaran listrik dengan cara prabayar. Kamu harus melakukan isi ulang token listrik atau pulsa listrik agar bisa menggunakan daya listrik. Penggunaan daya listrik juga terbatas sesuai dengan jumlah token listrik yang dimiliki.

       

      Pengertian Token Listrik

       

      Token listrik adalah satuan pembayaran yang digunakan untuk mengisi ulang listrik PLN Prabayar. Ketika kamu membeli token listrik di Tokopedia maupun gerai lainnya, kamu akan mendapatkan nomor token PLN yang harus kamu input ke dalam meteran untuk dikonversi menjadi daya listrik.

       

      Kelebihan Listrik Prabayar

       

      Listrik prabayar atau listrik pintar yang memanfaatkan token PLN sebagai satuan pembayaran memiliki berbagai kelebihan, terutama dari sisi penghematan penggunaan daya listrik sehingga masyarakat bisa mengontrol biaya listrik secara independen.

       

      Selain itu, kelebihan listrik prabayar adalah biaya instalasi yang semakin murah dan tidak ada uang jaminan. Pelanggan hanya perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli token listrik perdana tanpa perlu membayarkan uang jaminan.

       

      Dengan menggunakan listrik prabayar, pelanggan juga hanya perlu membayar sesuai apa yang digunakan. Jika memang tidak menggunakan listrik dalam satu bulan, pelanggan tidak akan perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Hal ini berbeda ketika menggunakan listrik pascabayar yang biasanya walaupun tidak digunakan terdapat biaya administrasi berlangganan.

       

      Menggunakan listrik prabayar juga menjamin privasi pelanggan dimana petugas PLN tidak lagi berkunjung ke rumah. Penggunaan listrik kamu dibatasi sesuai dengan token listrik yang kamu isi pada meteran. Setiap bulannya kamu juga tidak perlu sibuk mengantre di loket pembayaran tagihan.

       

      Kelemahan listrik pascabayar adalah pencatatan rekening yang tidak akurat menyebabkan biaya tagihan listrik menjadi bertambah. Listrik pintar yang menggunakan token listrik memanfaatkan teknologi digital yang dijamin akurat membatasi penggunaan daya listrik kamu.

       

      Kelebihan listrik prabayar yang paling utama adalah mendidik masyarakat akan gaya hidup hemat listrik. Agar bisa menggunakan daya listrik, masyarakat perlu mengisi token PLN terlebih dahulu. Token listrik akan habis jika tidak diisi ulang, dan ketika token listrik habis, daya listrik pun tidak mengalir. Masyarakat akan lebih memperhatikan penggunaan daya listrik karena token PLN yang mereka miliki terbatas.

       

      Harga Token Listrik

       

      Token listrik dijual dengan harga Rp 20.000 hingga pecahan Rp 5.000.000. Jumlah kWh yang diperoleh berbeda-beda setiap daerahnya, karena ada pemotongan biaya pajak penerangan jalan (PPJ).

       

      Cara Pasang Listrik Prabayar

       

      Agar dapat merasakan fasilitas listrik pintar atau listrik prabayar, kamu perlu melakukan pengajuan pada pihak PLN yang menjadi penyelenggara kelistrikan. Cara pasang listrik prabayar sangatlah mudah dan bisa dilakukan secara online. Begini langkah-langkahnya:

      1. Kunjungi laman web resmi PLN Online dan pilih opsi ‘Pasang Sambungan.’ Setelah kamu membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan yang diberlakukan oleh PT PLN, kamu akan diarahkan pada laman berikutnya yang terdiri dari kolom data pelanggan dan data pemohon. Isi data tersebut dengan lengkap untuk mempermudah dan mempercepat proses seleksi pengajuan.
      2. Setelah mengisi data pelanggan dan data pemohon, ada tabel berjudul Tarif/Daya Baru dimana kamu bisa memilih jenis layanan PLN yang diinginkan (Pascabayar atau Prabayar) dan kapasitas daya yang dibutuhkan. Klik hitung biaya untuk mengetahui tarif pasang baru PLN yang perlu kamu bayarkan.
      3. Jika sudah selesai memilih layanan PLN yang diinginkan, centang kotak kecil sebagai penanda bahwa kamu telah menyetujui ketentuan dan mengisi data dengan benar. Kemudian klik opsi ‘Simpan Permohonan.’
      4. Setelah disetujui, kamu akan menerima e-mail rincian detail biaya yang perlu kamu bayarkan lengkap dengan nomor registrasi. Lakukan pembayaran maksimal setelah 30 hari e-mail diterima.

       


       

      Cara Beli Token Listrik Online di Tokopedia

       

      Beli token PLN online dengan mudah dan cepat di Tokopedia. Kamu tidak perlu mengantre di gerai penjualan token listrik atau mengunjungi ATM. Cukup bermodalkan ponsel atau komputer saja, kamu bisa beli token listrik PLN online, berikut ini cara beli token listrik di Tokopedia:

      1. Kunjungi laman Tokopedia PLN Token Listrik.
      2. Masukan nomor pelanggan Anda.
      3. Rincian akan otomatis muncul jika nomor pelanggan yang Anda masukan sudah benar.
      4. Klik opsi bayar.
      5. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
      6. Sistem akan segera memproses pembayaran token listrik Anda dan mengirimkan notifikasi pembayaran sukses dilakukan.
      7. Anda akan mendapatkan e-mail berisi nomor token listrik PLN yang harus diinput ke meteran listrik.

       

      Cara Beli Token Listrik di Indomaret via Tokopedia

       

      1. Kunjungi laman Tokopedia PLN Token Listrik PLN.
      2. Isi nomor pelanggan Anda.
      3. Rincian tagihan listrik online akan muncul. Pastikan rincian tagihan listrik sudah benar.
      4. Akan muncul detail pembayaran, klik Lanjut.
      5. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Indomart. Klik Bayar Sekarang.
      6. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
      7. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Indomaret terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp 2.500.
      8. Anda akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran.
      9. Sistem akan mengirimkan nomor token listrik PLN yang harus diinput ke meteran listrik.

       

      Cara Beli Token Listrik di Alfamart via Tokopedia

       

      1. Kunjungi laman Tokopedia PLN Token Listrik PLN.
      2. Isi nomor pelanggan Anda.
      3. Rincian tagihan listrik online akan muncul. Pastikan rincian tagihan listrik sudah benar.
      4. Akan muncul detail pembayaran, klik Lanjut.
      5. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Alfamart. Klik Bayar Sekarang.
      6. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
      7. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Indomaret terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp 2.500.
      8. Anda akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran.
      9. Sistem akan mengirimkan nomor token listrik PLN yang harus diinput ke meteran listrik.

       

      Cara Memasukkan Token Listrik ke Meteran PLN

       

      1. Pastikan Anda telah mendapatkan nomor token listrik PLN.
      2. Tekan 20 angka yang Anda dapatkan pada alat meteran PLN Prabayar. Jika Anda merasa meteran PLN Prabayar terletak terlalu tinggi, gunakan kursi atau tangga sebagai sanggahan.
      3. Setelah 20 angka dimasukan dengan tepat, tekan tombol enter pada meteran.
      4. Notifikasi “ACCEPTED” akan muncul pada layar jika nomor token listrik yang Anda masukan sudah benar dan jumlah kWh listrik Anda akan bertambah. Jika notifikasi “REJECTED” muncul, tandanya pengisian ulang token listrik PLN gagal. Periksa kembali nomor yang Anda masukan pada alat meteran.

       

      Cara Pindah Listrik Pascabayar ke Prabayar

       

      Listrik prabayar yang menggunakan token listrik untuk pembayaran memang jauh lebih mudah dan efisien ketimbang menggunakan listrik pascabayar. Jika Anda ingin berpindah dari listrik pascabayar ke listrik prabayar, ikut langkah-langkah berikut ini.

      1. Melunasi seluruh tagihan listrik pascabayar. Sebelum berpindah, kamu harus memastikan tidak ada tunggakan atau denda listrik yang belum kamu bayar.
      2. KTP asli dan Fotokopi KTP pemilik rumah atau penanggung jawab.
      3. Lakukan pendaftaran secara online dengan mengunjungi situs resmi PLN atau melalui call center PLN 123.
      4. Lengkapi data yang diminta dan tunggu hingga verifikasi dari pihak PLN selesai.
      5. Anda harus melakukan biaya penambahan pulsa perdana dengan cara ditransfer. Pulsa listrik akan diberikan saat meteran listrik prabayar dipasangkan.

       


       

      Frequently Asked Questions (F.A.Q)

       

      Q : Apakah Listrik Prabayar Lebih Boros daripada Listrik Pascabayar?

       

      A: Tidak. Berdasarkan keterangan dari PLN, Listrik Prabayar dan Listrik Pascabayar memiliki tarif yang sama per kWh. Anda bisa mengontrol pengeluaran dengan listrik prabayar dan memantau penggunaan listrik Anda sehingga penggunaan listrik lebih hemat.

       

      Q : Apakah Token Listrik Bisa Kadaluarsa?

       

      A: Token listrik PLN tidak memiliki masa kadaluarsa dan berlaku selamanya. Nomor token yang belum diisi apabila lupa atau hilang maka dianggap hangus.

       

      Q : Bagaimana Jika Rekening Listrik Benar-Benar Habis?

       

      A: Daya listrik akan terputus hingga rekening diisi kembali dengan token listrik.

       

      Q : Apa yang Harus Dilakukan Jika Meteran Listrik Muncul Tulisan “Periksa”?

       

      A: Notifikasi “Periksa” akan muncul jika terjadi kendala pada sistem kelistrikan yang berkaitan dengan meteran di rumah Anda. Segera hubungi layanan pelanggan PLN 123 dan minta petugas yang berwenang untuk memeriksa apakah ada permasalahan pada sistem kelistrikan pada meteran rumah Anda.

       


       

      Kendala Dalam Pembelian Listrik Prabayar

       

      Pembelian Token Listrik di Tokopedia Gagal

       

      Dana akan dikembalikan ke TokoCash kamu dalam waktu maksimal 1×24 jam jika menggunakan metode pembayaran selain kartu kredit/cicilan dan dana akan dikembalikan ke limit kartu kredit maksimal 14 hari kerja sesuai ketentuan pihak bank apabila menggunakan metode pembayaran kartu kredit/cicilan. Detail pengembalian dana dapat kamu lihat di halaman Daftar Transaksi Produk Digital.

       

      Salah Memasukkan Nomor Pelanggan/Meteran

       

      Sesuai dengan ketentuan di halaman Syarat dan Ketentuan Token Listrik, Tokopedia tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan pengguna saat memasukkan nomor pelanggan / meteran. Oleh karena itu, Tokopedia tidak dapat membatalkan transaksi, mengubah nomor tujuan, atau melakukan pengembalian dana.

       

      Mohon kedepannya dapat Anda perhatikan kembali nomor pelanggan/meteran yang dimasukkan dan nama pemilik meteran saat melakukan pembayaran agar pembayaran tagihan yang dilakukan sesuai.

       

      Kode Token Belum Masuk Setelah 1×24 Jam

       

      Token listrik akan dapat digunakan dalam jangka waktu 1×24 jam setelah Anda melakukan pembelian. Jika dalam waktu 1×24 jam status pembelian token listrik masih Menunggu Konfirmasi Operator/Pending, silakan hubungi Customer Care Tokopedia untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut ke operator terkait.

      Selain itu, silakan Anda cek status pembelian token listrik di halaman status transaksi secara berkala. Apabila tidak ada kendala, maka Anda dapat langsung menggunakan token listrik seperti biasa.

       

      Token Listrik Tidak Dapat Digunakan

       

      Anda dapat pastikan telah input nomor kode token yang sesuai sehingga token dapat digunakan. Anda dapat menunggu maksimal 1×24 jam untuk penggunaan token listrik yang Anda bayarkan. Tokopedia tidak bertanggung jawab apabila terjadi kesalahan input pada nomor pelanggan.

      Selain itu, Anda dapat menghubungi Contact Center PLN (24 jam) di nomor 123 dan informasikan data-data berikut:

      1. Nomor token
      2. ID Meteran
      3. Tanggal Transaksi
      4. Nominal token

      Perlu diketahui, untuk pembelian token listrik PLN di Tokopedia pada pukul 23.00 WIB – 00.59 WIB, Anda akan mendapat nomor token pada pukul 01.15 WIB atau sesuai dengan jadwal PLN.

      Apabila nomor pelanggan telah sesuai, kode token yang di input juga sudah sesuai tetapi token tetap tidak dapat digunakan, maka Anda dapat hubungi sosial media PLN atau Customer Care Tokopedia.

       


       

      Syarat dan Ketentuan Pembelian Token Listrik

       

      Sebelum membeli listrik pascabayar lewat Tokopedia, sebaiknya pelajari dulu syarat dan ketentuannya berikut ini:

      1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Tokopedia dan sudah melakukan verifikasi nomor handphone.
      2. Kesalahan pengisian nomor pelanggan atau nomor meteran, tidak akan dilakukan proses refund.
      3. Pengguna akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500,- (Dua ribu lima ratus rupiah) untuk setiap pembelian token listrik.
      4. Dalam 1 transaksi, pembeli hanya bisa melakukan pembelian token listrik 1 kali kemudian melakukan proses pembayaran. Jika ingin kembali membeli token listrik, pembeli wajib menyelesaikan transaksi hingga pembayaran berhasil.
      5. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kesalahan pembelian token listrik dikarenakan kesalahan input nomor pelanggan atau nomor meteran oleh pengguna.
      6. Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta email dan password akun pengguna. Mohon untuk tidak menginfokan data tersebut ke pihak manapun.
      7. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.
      8. Sesuai dengan ketentuan PLN, setiap hari pada pukul 23.00-01.00 WIB tidak dapat dilakukan pembelian token PLN.