• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Macam-Macam Modus Skimming ATM dan Cara Mencegahnya

Share

Macam-Macam Modus Skimming ATM dan Cara Mencegahnya

Skimming ATM merupakan kejahatan pencurian identitas nasabah dengan tujuan untuk menggandakan kartu debit. Berikut ini modus terbaru dan cara mencegahnya.


Tujuan orang berlibur adalah untuk menghilangkan stres. Namun, apa jadinya jika saat liburan kamu justru menjadi korban skimming ATM. Momen yang seharusnya menyenangkan pasti berubah berantakan.

Apa itu skimming ATM? Nah, buat kamu yang belum tahu atau masih asing dengan istilah ini, skimming ATM adalah aksi kejahatan dengan modus mencuri identitas nasabah dan menduplikasikan kartu debit untuk kemudian menguras seluruh saldo korbannya. 

Kamu yang sering liburan ke luar kota, wajib nih mengetahui seluk beluk skimming ATM seperti jenis-jenis skimming ATM dan cara mencegah skimming ATM? Supaya kamu terhindar dari kejahatan satu ini, yuk pelajari lebih lanjut di bawah ini!

1. Waspada ATM di Lokasi Sepi

Biasanya, alat skimmer ATM dtempatkan di tempat-tempat yang cenderung sepi. Tujuannya agar tidak memancing kecurigaan orang ketika mesin ATM tersebut dipasangi skimmer.

Jadi, apabila kamu ingin melakukan transaksi di mesin ATM, perhatikan dulu apakah tempatnya meyakinkan atau tidak. 


Baca juga: Tips dan Trik, serta Cara Tarik Tunai Kartu Kredit di ATM agar Tidak Salah Langkah


2. Pastikan Keaslian Card Reader  

Jangan tertipu oleh trik licik ini. Card reader paslu ini dapat berkamuflase menyerupai card reader asli mesin ATM pada umumnya.

Agar kamu terhindari dari kejahatan ini, cobalah periksa alat baca/reader terlebih dahulu sebelum memasukkan kartu debit, Toppers.

Jika kamu merasa card reader-nya terlalu besar (tidak proporsional/longgar) atau ada goresan, plester, dan kerusakan pada ATM, sebaiknya urungkan niatmu untuk bertransaksi di ATM tersebut.

3. Waspada jika Keypad Longgar

Selain memeriksa card reader, cobalah juga memperhatikan kondisi keypad. Sebab, ada kemungkinan terjadi penggantian keypad pada mesin ATM untuk membaca pin kartu debitmu.

Tapi tenang, Toppers. Modus ini bisa kok kamu ketahui. Caranya dengan memeriksa keypad pada ATM. Jika keypad terasa seperti akan copot atau terasa lebih empuk dari biasanya, bisa jadi ada bantalan di bawah keypad yang merupakan alat pembaca.

Jika kamu menemukan hal yang serupa pada mesin ATM, disarankan untuk mencari mesin ATM lainnya. Sebab, lebih baik repot sedikit daripada semua uang dalam rekeningmu raib disikat pencuri.


Baca juga: Syarat Membuat Kartu Kredit Tiap Bank yang Harus Dipenuhi agar Diterima


4. Waspada Kamera Tersembunyi

Modus pencurian juga dapat berupa kamera kecil yang tersembunyi pada sudut tertentu untuk melihat pin ATM-mu.

Kamera tersebut dapat disembunyikan di tempat tidak kamu sadari. Coba perhatikan lebih jeli terhadap lingkunganmu. Terutama apabila ada kotak kecil yang ditempel di permukaan mesin ATM.

5. Hati-Hati Orang Asing yang Menempelkan Reader ke Dompetmu

Waspada terhadap orang asing, terlebih di tempat yang tidak kamu kenal. Salah satu trik skimming ATM yang juga perlu diwaspadai adalah dengan menggunakan alat penahan yang membuat kartu ATM-mu tertahan.

Ketika kamu bingung, pelaku akan berpura-pura untuk menolong dan menyuruhmu memasukkan PIN berkali-kali. 

Pelaku lalu akan mengingat PIN yang digunakan setelah pelaku mendapatkan informasi kartu debit yang diperoleh dari alat skimmer.

6. Hindari Mesin EDC Swipe

Jika kamu punya pilihan untuk bertransaksi dengan memasukkan kartu ke mesin EDC atau menggesek, pilihlah opsi memasukkan kartu.

EDC dengan metode memasukkan kartu lebih aman karena tidak memberikan nomor akun seluruhnya dari kartu EMV.

Maka dari itu, jika kamu sedang berlibur dan tidak yakin untuk menggesek kartu ATM-mu, gunakan uang tunai untuk bertransaksi atau alat pembayaran lain seperti E-Money atau uang elektronik. 

Baca juga: 5 Tips Investasi Emas yang Benar agar Menguntungkan dan Aman

Jangan Biarkan Kartu ATM Dibawa oleh Pelayan

Ketika kamu sedang berlibur, pasti kamu sering berwisata kuliner. Saat membayar tagihan, pasti kamu lebih memilih membayarnya menggunakan kartu debit. Dan terkadang, karena malas, kamu menitipkan kartu ATM-mu pada pelayan restoran.

Penipu biasanya memiliki second card reader yang dapat mencuri informasi penting dari kartumu.

Cara penipu melakukan ini adalah dengan menulis nomor akun dan kode sekuritas dari kartumu dan digunakan untuk melakukan transaksi tipuan.

Jadi, buat kamu yang sering melakukan kebiasaan ini, apalagi saat berlibur, jangan dibiasakan lagi, ya Toppers.


Kejahatan dengan modus skimming ATM bukan barang baru lagi. Sekarang modusnya sudah semakin berkembang dan canggih.

Cara yang terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan mesin ATM di tempat yang aman seperti kantor cabang bank, mini market atau mall.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan mesin ATM dimana saja dan kapan saja, pastikan bahwa mesin tersebut aman untuk melakukan transaksi.

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!

Share

Surtan SiahaanSurtan Siahaan

Related Articles

Cara Mendapatkan EFIN Pajak dan Mengaktifkannya, Bisa Online!
Keuangan
Cara Mendapatkan EFIN Pajak dan Mengaktifkannya, Bisa Online!
© 2009-2024, PT Tokopedia