Mengenal Warna Emas nan Unik Pada Perhiasan: Hijau, Pink, Ungu & Biru

121
warna emas perhiasan: emas hijau, emas biru, rose gold

Warna emas ternyata jauh lebih beragam dari sekadar warna kuning dan putih yang memang sudah umum diketahui.

Emas rupanya memiliki berbagai macam warna seperti putih, rose gold (pink) bahkan hijau.

Namun, Toppers yang hobi koleksi perhiasan atau berniat membeli emas perhiasan wajib tahu, apa yang membuat perbedaan warna tersebut serta mana emas yang paling berkualitas dan berharga mahal.

Penasaran? Yuk, temukan jawabannya di artikel ini

Fakta di Balik Warna Emas

Toppers tahu nggak sih kalau emas perhiasan itu tidak benar-benar berbahan emas murni. kebanyakan di antaranya merupakan campuran antara perak, tembaga, zinc, paladium, nikel, aluminium bahkan besi.

Nah, campuran inilah yang memungkinkan warna emas bervariasi baik warna emas pink, putih, kuning dan warna emas hijau.

Agar pengetahuan kita lebih dalam lagi, mari kita bahas satu per satu mengenai masing-masing warna emas.

1. Warna Emas: Kuning (22K)

cincin dengan warna emas kuning
Sumber gambar: pixabay

Baca juga: Ukuran Cincin Bisa Diketahui dengan Mudah, Begini Caranya

Warna emas yang satu ini tentu paling kita kenal. Warna kuning menjadi favorit karena terlihat indah dan cemerlang. Warna emas kuning juga bisa melambangkan kemewahan, kejayaan dan kekuasaan.

Warna emas kuning cocok dipakai oleh orang dengan jenis kulit apa saja baik kulit sawo matang, gelap, putih atau kuning langsat.

Warna emas satu ini bisa muncul lantaran percampuran antara emas, perak, tembaga dan zinc.

Keunggulan emas kuning adalah sifatnya yang hypoallergenic. Maksudnya kurang bersifat alergik atau orang bilang tidak menyebabkan alergi bagi pemakainya.

Selain itu, di antara semua jenis warna emas, warna kuning merupakan yang paling kuat dan tidak butuh banyak perawatan. Emas kuning memiliki kadar kemurnian tertinggi yakni 22 karat.

2. Warna Emas: Putih (18K)

cincin pernikahan berbahan emas putih
Sumber gambar: pixabay

Warna ini memberikan kesan mewah dan feminim meski harganya jauh lebih murah dari emas kuning.

Emas putih terbuat dari emas dan platinum. Namun, warna ini juga bisa dibuat dari campuran emas, paladium, nikel dan zinc.

Di antara berbagai macam jenis warna emas, emas putih juga lebih tahan terhadap goresan.

Emas putih cocok digunakan untuk Toppers yang punya warna kulit terang dan pucat. emas satu ini memiliki kadar emas 18 karat.

3. Warna Emas: Pink/rose gold (18K)

Sumber gambar: bluenile

Warna emas satu ini cenderung baru dibandingkan dua warna emas di atas. Emas pink atau yang biasa dikenal dengan warna rosegold ini banyak digemari karena warnanya yang manis dan memberikan kesan feminim.

Meski demikian, jenis emas ini jauh lebih kuat dibandingkan kuning dan putih berkat kandungan tembaga dalam campurannya.

Campuran tembaga juga lah yang menghasilkan warna pink. Sehingga, apabila kita menginginkan warna pink yang terang, maka perlu lebih banyak campuran tembaga dalam pembuatannya.

Emas rose gold cocok dikombinasikan dengan berlian atau safir. Warna cantik ini juga cocok untuk segala jenis kulit.

Fakta lainnya, harga emas ini cenderung lebih murah karena dihasilkan dari tembaga yang tergolong logam berharga murah. Kadar emas pada rose gold hanya 18 karat.

4. Warna Emas: Hijau (18K)

cincin emas dengan warna hijau
Sumber gambar: custommade

Emas hijau yang juga dikenal dengan nama elektrum merupakan hasil campuran dari perak, emas dan tembaga. Campuran dari bahan-bahan ini menghasilkan warna hijau yang cantik.

Warna hijau dari emas ini dapat berubah menjadi lebih pekat seiring berjalannya waktu. Penyebabnya lantaran sifat perak yang bisa berubah warna.

Emas hijau biasanya mengandung 30%-50% perak. Tidak heran jika kandungan emasnya hanya 18 karat.

5. Warna Emas: Ungu

warna emas ungu pada kalung
Sumber gambar: leehwajewellery

Warna emas satu ini tidak terlalu populer. Padahal, banyak produsen perhiasan menggunakan emas ungu untuk membuat cincin, gelang atau kalung yang sangat cantik. Warna ungu pada jenis emas satu ini dimungkinkan lantaran adanya campuran aluminium.

6. Warna Emas: Biru (18K)

cincin emas biru, warna emas yang cukup langka
Sumber gambar: slimwallet

Warna emas satu ini juga tidak banyak diketahui orang. Meski warnanya sangat cantik, emas satu ini memiliki kadar karat yang rendah yakni hanya 18 karat. Warna biru pada emas jenis ini dimungkinkan karena campuran besi dan emas.

Sekarang, Toppers tahu kan macam warna emas dan perbedaannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin membeli emas perhiasan.

Namun, bagi kamu yang ingin membeli emas untuk tujuan investasi, kamu bisa berinvestasi lewat Tokopedia.

Sebab, di Tokopedia kini sudah tersedia produk tabungan emas yang bisa kamu mulai bahkan dari Rp 500 saja. Tertarik mencoba?

giftcard tabungan emas

Bagikan Artikel