Ternyata Investasi Bitcoin Kalah Menarik Dibandingkan Investasi Emas, Ini 12 Alasannya

0
174
investasi bitcoin

Meski kenaikan nilainya cukup tinggi, ternyata investasi Bitcoin masih kalah menarik dibandingkan investasi emas. Berikut ini alasannya.


Sejak diperkenalkan pada tahun 2009, investasi Bitcoin terus menarik perhatian masyarakat dunia.

Alasannya karena pertumbuhan harga cryptocurrency yang naik gila-gilaan dalam 7 tahun terakhir.

Bayangkan saja, selama 10 tahun terakhir Bitcoin sudah naik ribuan persen dibandingkan saat awal kemunculannya. Pada Agustus 2019, 1 BTC (bitcoin) setara dengan Rp 135 juta. 

Namun, sebenarnya apa sih Bitcoin itu?

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto. Perlu diperhatikan, Toppers. Bitcoin bukanlah mata uang biasa.

Meski demikian, investasi Bitcoin juga memiliki banyak kekurangan, Toppers. Selain tidak memiliki nilai asli, otoritas yang berwenang dalam hal investasi dan keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak merekomendasikan masyarakat untuk menginvestasikan uang di Bitcoin.

Untuk itu, carilah investasi yang aman dan resmi agar tidak terjadi kerugian di kemudian hari.

Di Indonesia, ada beberapa jenis investasi yang tidak kalah menarik dibandingkan investasi Bitcoin. Salah satunya adalah investasi emas.

Tidak percaya? Berikut ini sejumlah alasan mengapa investasi emas lebih baik daripada investasi Bitcoin. Simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 5 VGA PALING POWERFUL UNTUK NAMBANG BITCOIN

1. Nominal Investasi Murah

Untuk memulai investasi emas, kamu tidak perlu memiliki banyak modal, Toppers. Sebab, kini nominal modal dalam investasi emas bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Caranya yakni dengan mengikuti program tabungan emas. Melalui tabungan emas, kamu bisa mulai memiliki emas hanya dengan dana Rp 5 ribu saja.

Sedangkan, untuk memulai investasi bitcoin kamu diharuskan memiliki dana yang besar karena harga mata uang Bitcoin sudah sangat tinggi.

investasi emas
Investasi emas masa kini dengan cara yang lebih praktis dan aman di sini!

2. Risiko Rendah

Setiap investasi pasti memiliki risiko-nya masing-masing. Namun, pada investasi emas, risikonya sangat rendah. Bahkan kemungkinan hilang dapat dicegah apabila kita tahu cara menyimpan emas yang tepat.

Sedangkan, pada investasi bitcoin, kamu akan dihadapkan dengan berbagai risiko. Salah satunya adalah risiko peretasan server maupun serangan virus.

3. Mudah Dilakukan

Selanjutnya, investasi emas sangat mudah dilakukan dibandingkan investasi bitcoin. Untuk memulai investasi bitcoin, kamu harus memiliki satu akun dengan proses registrasi pada platform exchange tertentu dan dana yang cukup besar untuk membeli 1 BTC (bitcoin).

Sementara pada investasi emas, kamu bisa membelinya dengan mudah melalui berbagai platform. Salah satunya adalah Tokopedia.

4. Emas Punya Track Record

Keberadaan emas sejak ribuan tahun lalu meninggalkan rekam jejak yang dapat kita pelajari.

Dari sejarah kita tahu bahwa emas dipilih sejak dahulu sebagai bentuk investasi yang menguntungkan.

Alasannya karena nilainya mampu bertahan dari dari berbagai risiko mulai dari risiko keuangan hingga kehilangan.

Sementara, Bitcoin merupakan crypocurrency yang baru ‘seumur janggung’ jika kita bandingkan dengan emas.

BACA JUGA: 8 ALASAN KENAPA PEMULA SEBAIKNYA MEMILIH INVESTASI EMAS

5. Dapat Bertahan dalam Laju Inflasi

Ada beberapa pilihan investasi namun investasi emas merupakan investasi yang sudah teruji dapat bertahan meskipun perekonomian dilanda inflasi.

Nilai emas saat inflasi tidak terlalu tinggi bahkan cenderung stabil dibandingkan investasi jenis lainnya.

6. Investasi Emas Lebih Aman

Bila kamu berinvestasi dalam jumlah besar, maka investasi emas online sangat disarankan buatmu. Dengan investasi emas online, kamu akan terhindar dari risiko kehilangan dan menjadi korban pencurian. 

giftcard tabungan emas

7. Tidak Ketinggalan Zaman

Memiliki emas sebagai investasi tidak pernah ketinggalan zaman. Sebab jenis investasi emas bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Dalam hal ini, investasi emas terdiri dari emas batangan, logam emas, juga perhiasan emas.

Bila kamu hanya ingin menyimpannya saja pilihlah emas batangan dan logam emas. Atau lebih canggih lagi ada reksa dana emas. Nah, tinggal sesuaikan saja dengan kemampuan finansial mu dan kebutuhanmu.

8. Daya Tukar Emas Tetap

Meskipun tidak selalu mengalami kenaikan, namun daya beli emas jarang mengalami penurunan tajam.

Penurunan harga ini sangat mungkin terjadi namun dalam range yang kecil. Biasanya penurunan daya beli emas ini akan disusul dengan kenaikan daya beli emas yang drastis.

Bila dibandingkan dengan investasi bitcoin, emas tentu jauh lebih unggul. Dalam sejarahnya, investasi Bitcoin pernah mengalami penurunan hingga puluhan persen hanya dalam hitungan jam.

investasi bitcoin vs investasi emas
Sumber gambar: pexels

9. Bisa Disimpan dalam Jangka Panjang

Memiliki investasi emas menjadi sebuah keuntungan karena sifat emas yang tidak mudah rusak.

Emas tidak akan mudah rusak bila disimpan dalam jangka waktu yang lama. Emas yang kamu miliki tidak akan berubah bila kamu tidak secara sengaja merusaknya, atau rusak dalam kecelakaan. 

10. Tidak Bergantung pada Kebijakan Pemerintah

Nilai emas akan tetap stabil meskipun ada kebijakan pemerintah di bidang perekonomian. Beda halnya dengan investasi Bitcoin yang justru turun, contohnya ketika pemerintah Amerika Serikat memperketat aturan mengenai uang kripto.

BACA JUGA: 5 CARA ‘RUMAHAN’ UNTUK MENGENALI EMAS PALSU DAN EMAS ASLI

11. Bisa Menjadi Perhiasan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, investasi emas banyak jenisnya. Jenis emas yang kamu pilih bisa bergantung pada kebutuhanmu.

Dalam hal ini, bila kamu berinvestasi jenis perhiasan maka kamu bisa menggunakannya dan menjualnya kembali di kemudian hari sesuai keinginanmu.

12. Dapat Menjadi Jaminan

Bila kamu memerlukan uang dalam jumlah besar, maka hal terbaik jika kamu memiliki investasi emas adalah menggunakan investasi emas sebagai jaminan ketika meminjam uang ke bank atau pegadaian.

Pihak bank maupun pegadaian akan memberikan penjelasan rinci mengenai syarat dan aturan yang berlaku pada layanan tersebut.


Nah, itulah penjelasan mengenai investasi emas dan investasi bitcoin. Investasi emas dapat diandalkan bila berada dalam situasi melemahnya mata uang.

Meskipun keuntungan yang ditawarkan oleh investasi bitcoin sangat tinggi, namun jangan mudah tergiur. Miliki investasi yang sudah terdaftar pada lembaga resmi dan aman untuk meminimalisir kerugian. 

Jadi, tunggu apalagi Toppers? Yuk, segera investasikan uangmu dan menabung emas hanya di Tokopedia.

Bagikan Artikel