Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Sebelum Memanggang, Kenali 10 Fungsi dan Bagian Toaster Berikut!

04 February 2019
Share
Sebelum Memanggang, Kenali 10 Fungsi dan Bagian Toaster Berikut!

Belum pernah menggunakan pemanggang roti sebelumnya? Tidak perlu bingung, sebelum mulai memanggang, kenali dulu fungsi dan bagian toaster berikut!


Fungsi Toaster – Alat elektronik masa kini semakin berkembang dan sudah banyak menawarkan kemudahan salah satunya dalam kegiatan memasak. Toaster, menjadi salah satu alat elektronik rumah tangga yang digemari dan sangat mudah digunakan.

Fungsi toaster sebagai pemanggang roti menjadi andalan bagi pecinta roti panggang. Alat untuk memanggang roti ini juga memiliki beberapa fitur dan fungsi pada setiap bagian-bagian pentingnya.

Oleh karena itu, simak fungsi toaster yang wajib diketahui para pemilik alat pemanggang roti berikut ini!

Baca Juga: Panggang Roti Sempurna dengan 10 Merk Toaster Terbaik

Fungsi / Bagian Toaster

1. Tombol Start dan Pengangkat Roti

fungsi toaster, bagian toaster
Sumber Gambar: The Independent

Seperti namanya, tombol ini digunakan untuk memulai memanggang roti. Tombol ini tentunya paling penting agar pemanggang roti dapat mulai bekerja dan mematangkan roti.

Pada toaster, terdapat juga tuas untuk mengangkat roti agar mengetahui tingkat kematangan yang diinginkan.

Jadi, saat memanggang roti dalam kondisi mesin menyala, kita bisa mengangkat roti untuk mengetahui apakah roti sudah selesai terpanggang sesuai keinginan atau belum.

2. Timer

fungsi toaster, bagian toaster
Sumber Gambar: The Daily Edge

Tentu fitur ini menjadi salah satu fitur yang sangat membantu. Dengan adanya timer, tingkat kematangan roti dapat disesuaikan lewat seberapa lama kita memanggang roti.

Tidak perlu menunggu di depan pemanggang roti, cukup mengatur waktunya, lalu dengan sendirinya toaster akan bekerja hingga roti matang.

Selain itu, dengan adanya fungsi ini, penggunaan daya listrik dapat diminimalisir sehingga bisa menghemat listrik. Ketika timer berfungsi, pemakaian listrik hanya dibutuhkan saat roti dipanggang hingga selesai.

Dengan begitu, tidak akan menjadi masalah juga jika mesin lupa dimatikan.

3. Thermostat Control

fungsi toaster, bagian toaster
Sumber Gambar: Sydney Limousines Hire

Ketika memanggang roti, suhu menjadi salah satu unsur penting untuk menentukan kematangan. Atur suhu terbaik agar roti tidak gosong dan mendapat tingkat kematangan yang pas.

Biasanya, pada pemanggang roti, pengontrol suhu dilakukan dengan memutar tombol suhu sesuai panas yang diinginkan.

4. Defrost

fungsi toaster, bagian toaster
Sumber Gambar: Gumtree

Tombol ini diciptakan untuk memanggang roti beku yang biasanya baru dikeluarkan dari freezer. Tetapi, tidak semua pemanggang roti memiliki fungsi ini.

Fitur ini memberikan kemudahan dan dapat menghemat waktu karena tidak perlu menunggu es pada roti lebur. Cukup menggunakan tombol ini dan roti panggang pun bisa langsung matang.

5. Lampu Indikator

fungsi toaster, bagian toaster
Sumber Gambar: Decoration Channel

Lampu indikator memegang peran penting untuk mengetahui apakah pemanggang roti bekerja atau tidak. Pasalnya, lampu ini akan memberitahu apakah mesin toaster sedang menyala atau mati, apakah dalam posisi memanggang atau standby.

Penting untuk mengetahui apakah aliran listrik masuk dalam rangkaian mesin sebagai penanda bekerjanya mesin pemanggang. Sehingga, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti lupa mematikan mesin.

jual oven listrik
Kebutuhan memanggang dan membuat roti semakin praktis dengan oven listrik terbaik!

Baca Juga: Bingung Pakai Toaster? Simak 10 Cara Menggunakan Pemanggang Roti dengan Benar

6. Reheat

Jika roti panggang mulai dingin, fitur reheat dapat digunakan untuk menghangatkan kembali roti yang mulai melempem. Hanya perlu menekan tombol ini, roti pun akan kembali hangat.

Dengan adanya fitur ini, tentunya dapat menghemat waktu tanpa perlu menggunakan kompor.

7. Dudukan Roti

Bagian pemanggang roti ini merupakan tempat untuk meletakkan roti yang ingin di panggang. Dalam pemanggang roti, jumlah slot yang disediakan biasanya tergantung pada alat pemanggang roti itu sendiri. Ada yang menyediakan 2 hingga 6 dudukan roti.

Dudukan roti ini dapat naik secara otomatis menurut panas dan lamanya waktu pemanggangan yang sudah ditentukan. Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, terdapat tuas pengangkat roti, dudukan roti akan naik secara manual jika tuas tersebut dinaikkan.

8. Elemen Pemanas

Pada toaster, elemen pemanas dihubungkan secara paralel sehingga membentuk dua rongga dan terdiri dari tiga bagian pemanas agar roti matang secara merata.

Biasanya, elemen pemanas ini terbuat dari kawat nikelin yang dililitkan pada lempengan mika atau asbes sebagai bahan pemanasnya.

9. Rumah Pelindung

Ketika memanggang, tentunya panas pada pemanggang roti akan berbahaya jika tidak sengaja tersentuh. Sehingga, alat ini dilengkapi dengan bagian rumah pelindung terbuat dari pelat baja.

Material tersebut dilapisi krom atau cat anti karat dan tahan panas, agar tidak mudah berkarat.

10. Removable Crumb Tray

Fungsi ini akan memudahkan ketika membersihkan toaster, remah-remah roti akan terkumpul dalam sebuah wadah yang bisa dilepas dan dipasang.

Tidak perlu repot membersihkan pemanggang roti, dengan adanya fitur ini, pembersihan akan menjadi lebih mudah.

Baca Juga: 10 Menu Sahur Simple untuk Anak Kost

Itu dia beberapa fungsi dan bagian pada toaster. Kenali setiap fungsi dan jenis alat pemanggang yang dimiliki agar fitur-fitur tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik.

Dan, untuk kalian yang sedang memilih alat pemanggang roti terbaik, pilih yang punya fitur sesuai kebutuhan. Toppers bisa temukan toaster dan alat pemanggang lainnya dengan harga terbaik hanya di Tokopedia!

jual peralatan dapur
Temukan berbagai peralatan dapur modern terlengkap dengan harga termurah di sini!
Share
Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

Related Articles

10 Inspirasi Model Pintu Rumah, Minimalis dan Menawan!
Home and Living
10 Inspirasi Model Pintu Rumah, Minimalis dan Menawan!
© 2009-2023, PT Tokopedia