Mau Promosi Bisnismu Lebih Efektif? Simak Fungsi Cetak Stiker Berikut!

0
208
Manfaat Stiker

Cari cara promosi bisnis yang efektif? Cetak stiker online untuk kemasan produkmu! Yuk, simak fungsi cetak stiker untuk tingkatkan penjualan bisnismu!


Fungsi Cetak Stiker – Untuk meningkatkan angka penjualan sebuah produk, pastinya kita sebagai pelaku bisnis melakukan promosi. Tindakan marketing ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan penjualan dan ke-eksistensian sebuah produk atau jasa.

Stiker menjadi salah satu alat promosi yang berbebentuk label. Memiliki perekat pada bagian belakangnya sehingga dapat ditempelkan pada kemasan. Jenis stiker pun berbeda-beda, bisa dibedakan berdasarkan jenis kertas, bentuk, dan cutting-annya.

Meskipun cara promosi kini sudah banyak yang menggunakan secara online, tidak menutup kemungkinan pemasaran dengan cara offline tetap bisa efektif. Salah satu media promosi offline yang masih dikatakan efektif adalah stiker. Dengan menggunakan stiker, bisa mempercantik kemasan produk dan jadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan.

Untuk itu, yuk kita simak 8 manfaat penggunaan stiker agar bisnis lebih efektif!

8 Fungsi Cetak Stiker untuk Promosi yang Efektif

1. Media Informasi

Stiker Kemasan
Sumber: Freepik

Untuk mempromosikan sebuah produk, pastinya membutuhkan informasi yang harus diberikan kepada calon pelanggan. Stiker bisa jadi salah satu cara efektif untuk memberikan informasi tambahan kepada pelanggan.

Kamu bisa memberikan informasi rinci pada stiker. Seperti contohnya informasi tentang kontak, detail produk, dan harga. Ditambah lagi, akan lebih menarik jika kamu menggunakan desain stiker yang menarik perhatian.

2. Media Promosi dengan Harga Murah

Stiker
Sumber: Freepik

Cetak stiker murah kini bisa dilakukan di berbagai tempat percetakan, baik itu toko percetakan atau percetakan online. Biaya produksi untuk stiker pastinya relatif lebih murah dibandingkan dengan cetak kebutuhan promosi lainnya. Seperti poster, spanduk, flyer, dan lainnya membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan stiker.

Hal ini juga disebabkan karena ukuran kertas yang jauh berbeda, stiker umumnya berukuran kecil untuk sebuah kemasan. Terlebih akan terlihat lebih murah jika dibandingkan dengan media promosi seperti iklan TV, iklan di sosial media, billboard, dan lainnya.

3. Alat Promosi dengan Varian Ukuran

Memilih stiker sebagai media promosi mempermudah kamu untuk menentukan ukuran yang diinginkan. Kamu bisa sesuaikan dengan ukuran produk atau kemasan. Bukan hanya pada kemasan, stiker juga bisa dipasangkan pada kaca mobil sebagai media promosi produk atau jasa, lho!

BACA JUGA: Butuh Stiker Tahan Air? Ini Dia Bahan Kertas Stiker yang Tepat!

4. Media Promosi yang Tahan Lama

Mengapa dikatakan tahan lama? Karena bahan stiker mempunyai keawetan tersendiri. Terlebih, jika kamu gunakan bahan stiker dengan kertas vinyl, stiker akan lebih tahan lama dan tak mudah rusak.

Cetak stiker vinyl biasa digunakan untuk kemasan-kemasan yang membutuhkan ketahanan air atau penempatan di luar ruangan. Seperti contohnya untuk kemasan botol jus, box es krim, hingga stiker mobil.

jasa printing online
Mau bikin acara, peralatan kantor hingga kebutuhan jualan, tapi bingung print undangan di mana? Print di Tokopedia aja!

5. Meningkatkan Awareness

Awareness
Sumber: Freepik

Promosi dilakukan bukan hanya semata-mata untuk meningkatkan penjualan saja. Namun, promosi juga bisa dilakukan demi meningkatkan awareness calon pelanggan. Dengan menggunakan stiker, komunikasi word of mouth bisa terjalankan lho!

Mendengar informasi dari teman atau bahkan postingan di sosial media juga bisa turut membantu mempromosikan produk tersebut.

6. Meningkatkan Engagement

Stiker bukan hanya memiliki fungsi untuk penempelan pada sebuah kemasan. Stiker juga bisa digunakan sebagai hadiah disebuah acara atau pameran. Kamu bisa berikan stiker logo perusahaan dengan desain yang unik kepada calon pelanggan saat hadiri pameran.

Cara tersebut tidak menutup kemungkinan calon pelanggan akan ingat dengan produk atau perusahaan yang ada pada stiker tersebut. Sehingga, dalam hal ini kamu perlu membuat desain stiker semenarik mungkin agar meningkatkan engagement dengan pelanggan.

7. Menarik Pelanggan untuk Call to Action (CTA)

Stiker
Sumber: Kidking

Strategi Call-to-Action atau biasa disebut dengan CTA adalah sebuah pesan atau kata-kata yang bisa mengundang pembacanya untuk bergerak membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satu fungsi stiker adalah menjadikan stiker dengan desain yang berisikan pesan CTA.

Kamu bisa menggunakan kata-kata seperti “Buy 1 get 1 free”, “Diskon hingga 99%”, dan lain sebagainya. Jenis kalimat-kalimat seperti itu memiliki daya tarik sendiri bagi setiap pembelinya.

8. Mempercantik Kemasan

Stiker kemasan
Sumber: Freepik

Selain berfungsi untuk mempromosikan sebuah produk dengan kalimat CTA, kamu bisa gunakan desain stiker yang menarik dan sesuai dengan jenis produk / jasa. Dengan stiker kamu bisa sekaligus mempercantik kemasan produk agar lebih menarik. Dengan kemasan yang menarik pastinya bisa menarik perhatian pembeli lebih efektif.

BACA JUGA: 9 Ide Desain Stiker Untuk Toples Kue


Jadi sekarang kamu sudah tahu kan fungsi stiker untuk bisnis yang lebih efektif? Pastinya, kamu harus melakukan research terlebih dahulu sebelum memutuskan membuat desain stiker dan cetak stiker. Hal ini dilakukan agar pesan tepat sasaran.

Cetak stiker memang dikatakan relatif lebih murah dibandingkan media cetak lainnya, kamu bisa temukan percetakan online yang berikan beragam varian kertas sticker dan proses laminating serta cutting. Di Tokopedia, kamu bisa temukan Tokopedia Print yang siap cetak stiker online dengan proses lebih efisien. Yuk, buat strategi bisnismu jadi lebih efisien dan tepat sasaran!

Tokopedia Print - Kebutuhan Marketing
Cetak kebutuhan marketing di Tokopedia Print! Tempat percetakan online berkualitas untuk cetak berbagai kebutuhan marketing online.