10 Fungsi Mixer, Permudah Bikin Roti dan Kue bagi Pemula

293
fungsi mixer, manfaat mixer, cara kerja mixer

Mixer sangat besar jasanya bagi yang baru mulai memasak atau membuat kue. Yuk, pelajari fungsi dan manfaat mixer berikut ini!


Fungsi Mixer – Di kehidupan kita sekarang ini, semua sudah bersangkutan dengan teknologi. Tentu perkembangan ini adalah hal yang baik. Misalnya barang-barang elektronik yang ada di sekeliling kita, banyak yang membawa kemudahan dalam kehidupan.

Sebut aja komputer, ponsel, televisi, bahkan peralatan dapur pun sekarang sudah canggih. Nah, Salah satu peralatan dapur yang akan memudahkan kamu adalah mixer. Mixer adalah alat yang akan membantu kamu untuk mengaduk dan mencampurkan adonan.

Alat ini akan sangat menguntungkan dalam kegiatan masak-memasak. Terutama dalam membuat kue dan lainnya. Kalau kamu belum punya satu di rumah, sebaiknya kamu segera membeli alat ini. Apa lagi jika kamu sangat hobi membuat kue.

Sebelum kamu membeli, ketahui apa saja kegunaan dan manfaat jika memiliki alat ini. Jadi, kamu nggak ragu lagi untuk membelinya. Yuk, simak selengkapnya!

Baca Juga: Pilihan 5 Brand Mixer Makanan Terbaik: Solusi Dapur Praktis

1. Pembuatan Roti atau Kue

fungsi mixer, manfaat mixer, cara kerja mixer
Sumber Gambar: X vs Y

Hal pertama yang menjadi fungsi dan manfaat dari penggunaan mixer adalah kemudahan yang akan kamu dapatkan. Daripada kamu menggunakan spatula untuk mengaduk adonan, akan lebih efisien jika kamu menggunakan mixer.

Penggunaan mixer ini tentu akan mempercepat pekerjaan kamu.

2. Adonan Lebih Sempurna

fungsi mixer, manfaat mixer, cara kerja mixer
Sumber Gambar: Video Blocks

Ketika membuat kue, adonan tentu harus tercampur rata. Jika ada adonan yang tidak tercampur dengan baik, akan memungkinkan kue menjadi kurang enak atau bahkan ada bagian-bagian yang tidak matang.

Dengan menggunakan alat ini, mengaduk adonan akan lebih konstan dengan pengaturan kecepatan dan tenaga. Alhasil, adonan yang akan kamu jadikan kue akan terbentuk lebih sempurna.

3. Adonan Higienis

fungsi mixer, manfaat mixer, cara kerja mixer
Sumber Gambar: Serious Eats

Mixer akan meminimalisir masuknya benda lain atau kotoran yang menempel pada tangan. Selain itu, jika kamu menggunakan tangan dan sudah merasa kelelahan, bisa saja keringat jatuh ke adonan.

Dengan mixer, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut.

4. Hemat Waktu

fungsi mixer, manfaat mixer, cara kerja mixer
Sumber Gambar: Kitchen Aid

Ketika sedang memasak, terutama memasak masakan yang memerlukan adonan, pasti akan menghabiskan banyak waktu dan juga tenaga. Untuk mengaduk adonan diperlukan waktu yang tidak sebentar, belum lagi jika kamu perlu mengaduknya beberapa kali.

Keberadaan mixer merupakan solusi dari masalah ini. Dengan alat ini adonan yang kamu buat akan lebih cepat selesai dan tercampur lebih sempurna.

5. Hemat Tenaga

fungsi mixer, manfaat mixer, cara kerja mixer
Sumber Gambar: Taste of Home

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penggunaan mixer juga akan menghemat tenaga. Kamu tidak perlu bersusah payah mengaduk menggunakan tangan, terlebih lagi jika adonannya banyak.

Berbeda dengan tenaga manusia yang lama kelamaan akan berkurang, kecepatan dan kekuatan mixer akan tetap bergerak konstan. Sehingga, adonan pun akan mengembang dengan lebih baik.

jual peralatan masak pilihan
Memasak lebih mudah dan hasil maksimal dengan peralatan memasak berkualitas terbaik di sini!

Baca Juga: 10 Variasi Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus dengan Mudah

6. Kegiatan Masak Lebih Efisien

Kegiatan masak-memasak pun akan lebih efisien jika kamu mempunyai alat pengaduk adonan ini. Untuk mengaduk adonan tentu akan memakan waktu yang tidak sebentar, belum lagi jika adonan tersebut perlu diaduk beberapa kali.

Nah, dalam kondisi ini kamu dapat melakukan hal lain, misal memotong buah atau bahan-bahan lain untuk kebutuhan kue yang sedang kamu buat.

7. Membuat Adonan dalam Jumlah Besar

Mungkin tidak akan menjadi masalah jika kamu membuat adonan kue dengan kapasitas yang kecil. Namun, jika kamu membuat adonan kue dalam jumlah yang besar.

Misalnya, ketika kamu mengadakan pesta dirumah, pekerjaan ini pasti lebih mudah jika kamu menggunakan mixer. Untuk dapat melakukan hal ini pun kamu harus memiliki mixer yang memiliki kapasitas besar.

8. Membuat Kue Kapan Pun

Manfaat lainnya adalah kamu bisa membuat kue kapan pun kamu mau. Terutama jika kamu memiliki hobi membuat kue, pasti mixer akan sangat dibutuhkan. Jika kamu bisa membuat kue sendiri, kamu tidak perlu repot pergi ke toko kue.

Bahkan, kamu bisa memberikan kue buatanmu kepada orang lain atau mungkin memulai bisnis.

9. Memulai Bisnis

Selanjutnya, fungsi dan manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu memiliki mixer adalah kamu bisa memulai bisnis kue sendiri. Apabila ingin melakukan ini, tentu kamu juga membutuhkan mixer berkapasitas besar.

10. Belajar Membuat Kue

Alat ini juga dapat membuatmu belajar bagaimana cara membuat berbagai macam kue. Jika kamu sudah menguasai bagaimana mengaduk adonan menggunakan tangan atau spatula, ada baiknya setelah itu kamu menggunakan mixer.

Dalam satu kali pembuatan adonan, kamu bisa membuat beberapa jenis kue dengan cepat. Sehingga kamu bisa langsung belajar membuat kue lainnya.

Baca Juga: 5 Resep dan Cara Membuat Kue Cucur, Kue Ikonik Penuh Cinta

Ada banyak yang bisa kamu manfaatkan jika memiliki mixer seperti yang sudah disebutkan di atas, menyenangkan bukan? Jangan lupa, kamu perlu memilih dan memastikan mixer yang akan kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu saat ini.

Untuk membeli alat ini, kamu dapat mengunjungi Tokopedia dan temukan pilihan mixer terbaru dengan kualitas terbaik. Yuk! Tunggu apa lagi?

jual peralatan dapur
Temukan berbagai peralatan dapur modern terlengkap dengan harga termurah di sini!

Bagikan Artikel