20 Istilah dalam Game FF &Artinya yang Harus Diketahui Pemula

0
733
istilah dalam game ff
Sumber gambar: Garena FF

Istilah dalam Game Free Fire dipakai untuk berkomunikasi dan merencanakan sesuatu saat berperang. Berikut ini istilah dalam game FF yang harus kamu ketahui.


Free Fire merupakan game battle royale yang dapat dimainkan secara berkelompok atau squad.

Dalam bermain game FF, terdapat istilah-istilah yang diucapkan antar pemain dalam squad untuk berkomunikasi.

Penggunaan istilah ini digunakan untuk merencanakan strategi atau tindakan pemain ketika berperang. 

Untuk kamu yang baru memainkan game FF, mungkin istilah-istilah dalam game FF membuat kamu bingung, tetapi kamu harus mengetahuinya sebagai pengetahuan dan memudahkan komunikasi saat permainan berlangsung.

Selain itu, istilah dalam game FF hampir sama seperti game bergenre battle royale lainnya, jadi hal ini bisa menambah pengetahuan kamu, Toppers.

promo voucher game
Beli voucher game permainan favoritmu dan naikkan levelmu ke tingkat yang lebih tinggi.

Arti Kata di Free Fire

Istilah game Free Fire digunakaan saat membicarakan strategi atau sesuatu yang harus dilakukan saat berperang. Berikut ini 20 istilah dalam game Free Fire yang harus kamu ketahui.

1. Jumpshoot

Jumpshoot merupakan salah satu trik menembak dalam game FF. Saat berlari, kamu harus menekan tombol loncat dan mengarahkan tembakan ke musuh dalam jarak dekat. Dengan melompat saat menembak, musuh akan kesulitan saat membalas tembakan.

Jumpshoot biasa dilakukan oleh pemain yang sudah ahli karena hal ini cukup sulit dilakukan. Trik menembak ini bisa menjadi fatal jika kamu tidak melakukannya di waktu yang tepat. Kamu memerlukan latihan agar bisa menguasai trik ini.

Baca Juga: Nama FF Keren dan Tidak Pasaran untuk Tahun 2021

2. Knock Down

Knock down atau yang biasa dipersingkat knock merupakan istilah yang dipakai saat ada rekan satu tim atau musuh yang jatuh tertembak sebelum akhirnya mati.

Dalam keadaan knock, HP kalian atau musuh akan jatuh ke 0, kalian hanya bisa merangkak dan menunggu di-revive oleh rekan tim. 

Ada beberapa alasan kamu akan knock down, yaitu ketika kamu tertembak musuh, menabrak kendaraan, jatuh dari ketinggian, terkena bom, atau terkena ledakan musuh.

3. Revive

Revive merupakan metode yang dilakukan ketika ada anggota squad terkena knock down. Revive sangat penting dilakukan oleh rekan satu squad agar jumlah pemain tidak berkurang karena mati.

Revive memulihkan player agar bisa hidup kembali. Setelah revive selesai, kamu hanya perlu memakai med kit agar darah kembali terisi dan kamu bisa melawan musuh lagi.

Cara melakukan revive ke rekan satu squad cukup mudah. Kamu harus berada di dekat rekan tim yang knock, tekan tulisan revive dengan logo plus, lalu tunggu hingga selesai. Proses revive hanya memakan waktu beberapa detik.

3. Sandwich

Sandwich merupakan strategi bertarung dalam game FF. Sandwich terjadi ketika squad kamu dikepung oleh musuh dari berbagai penjuru.

Tim kamu akan berada di posisi yang cukup sulit karena fokus dari peperangan terbagi menjadi beberapa bagian. 

Saat dalam posisi ini, kamu perlu melawan salah satu squad musuh terlebih dahulu atau kabur dari posisi sandwich yang bisa merugikan tim jika tidak berhasil untuk bertahan.

4. High Ground

High Ground adalah daratan yang lebih tinggi dibanding daerah di sekitarnya. Istilah ini digunakan jika kamu berada di tempat yang tinggi seperti bebatuan atau bukit. 

Dengan berada di posisi high ground, kamu akan memiliki sudut pandang yang lebih luas dan lebih tinggi. Kamu juga akan lebih leluasa untuk melancarkan tembakan kepada musuh.

5. Lower Ground

Istilah ini kebalikan dari high ground. Lower ground adalah daratan yang lebih rendah dibanding daerah di sekitarnya.

Pemain biasa memanfaatkan daerah ini untuk menghindari pertempuran atau menunggu momen tepat untuk keluar. 

Keadaan lower ground bisa menjadi merugikan jika ada musuh di high ground yang bisa dengan leluasa menembak kita, dibutuhkan tempat yang tepat jika sedang di lower ground.

6. Looting

Looting adalah kegiatan yang dilakukan player FF untuk mempersenjatai diri sebelum melawan musuh.

Ketika looting, kamu akan mengambil senjata, mengumpulkan peluru, perlengkapan medis, dan attachment untuk senjata agar bisa bertahan dalam perang dan mendapatkan Booyah.

Looting dilakukan di daerah yang kamu pilih setelah turun dari pesawat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan looting ketika singgah ke tempat lain atau loot mayat musuh jika perlengkapan yang kamu punya masih kurang.

top up
Enggak perlu ribet lagi, sekarang top-up pulsa, paket data hingga e-money bisa lebih praktis di sini!

7. Shooting

Istilah shooting biasa digunakan ketika kalian menembak dengan senjata kalian. Kamu bisa menembak dengan seluruh senjata yang memiliki peluru kecuali senjata melee. Shooting bisa dilakukan dengan berlari, berjalan, scoping, lompat, atau di dalam kendaraan.

Kamu wajib shooting dengan tepat agar bisa langsung mati dan kamu juga harus berada di posisi yang aman agar tidak tertembak musuh. 

8. Push

Strategi push dilakukan saat pemain harus menghampiri dan melawan musuh secara dekat lalu mengambil posisi mereka.

Saat push musuh, kamu harus memberikan tekanan kepada lawan dan meratakan seluruh pemain yang ada di tempat tersebut.

Push harus dilakukan secara agresif tanpa ragu agar tim kamu tidak kalah dalam berperang. Dibutuhkan firepower yang kuat dan keunggulan dalam bertahan ketika berperang.

9. Rush

Rush memiliki makna yang hampir mirip dengan push, bedanya rush dilakukan saat mengajak rekan satu tim untuk menghabisi seluruh pemain yang ada. Tindakan rush merupakan salah satu agresif saat berperang.

Biasanya, tim akan melakukan rush apabila ada satu atau dua anggota tim musuh yang knock agar bisa lebih mudah untuk melawan sisanya hingga tim musuh rata.

Selain itu, kamu juga bisa rush musuh yang sedang sendiri tanpa adanya anggota tim lainnya agar lebih mudah.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Diamond FF Gratis, Legal & Terbukti Berhasil

10. Flank

Salah satu strategi ketika melawan musuh dari arah yang berbeda atau sudut yang tak terduga disebut flank.

Strategi ini dilakukan ketika kalian ingin push atau rush musuh, salah satu player akan pergi ke angle yang berbeda agar bisa melihat angle of view lain dari rekan setim.

Cara ini efektif dilakukan oleh flanker yang mampu bertahan pergi sendiri untuk mencari celah pertahanan musuh.

11. Open Field

Daerah yang terlalu terbuka disebut dengan open field. Ketika di open field, kalian akan sulit untuk bersembunyi dan dapat dilihat dengan jelas oleh musuh. Saat berada di open field, dibutuhkan firepower yang kuat untuk melawan musuh.

Kamu bisa aman berada di open field jika tidak ada musuh atau berlindung di balik kendaraan yang ada. Namun, akan ada resiko kendaraan ditembaki musuh ketika sedang berada di open field.

13. BOT

Build Operate and Transfer atau yang disingkat BOT adalah robot atau pemain yang seolah-olah dijalankan oleh seseorang.

BOT hanya bekerja bekerja secara otomatis dan tiba-tiba datang dan menembak dengan 1-2 peluru.

Selain itu, BOT juga berjalan, bisa jongkok dan tiarap namun gerakannya sangat lambat. BOT juga membawa berbagai kelengkapan perang yang bisa kamu pakai. Kamu cukup lawan BOT tersebut dan ambil semua perlengkapan yang ada.

14. Play Zone

Saat bermain FF, ada tempat para player bermain yang waktunya diatur dalam waktu tertentu.

Zona ini akan bisa menyempit seiring berjalannya waktu. Zona dalam sebuah pertempuran juga akan berubah-ubah dan tidak pasti.

Kamu harus tetap di dalam zona di dalam lingkaran agar bisa tetap aman, jika kamu masih di luar play zone, HP dari pemain akan berkurang.

15. Blue Zone

Blue Zone dalam game FF merupakan tempat looting terbaik yang banyak senjata, equipment senjata, dan berbagai kelengkapan medis. Tempat yang bagus tentunya akan diincar oleh berbagai tim musuh. 

Kamu harus terlebih dahulu untuk mendapatkan senjata agar bisa melawan musuh yang ada di tempat yang sama.

BACA JUGA: 5 Cara Mendapatkan Skin FF Gratis 2021

16. Red Zone

Berbeda dengan Blue Zone, Red Zone merupakan zona yang bisa merugikan pemain. Saat berada di zona merah, bom-bom di udara akan jatuh ke tanah.

Kamu perlu masuk ke dalam rumah atau ke tempat yang aman agar tidak kejatuhan bom tersebut. Red Zone berlangsung selama beberapa detik dan tempatnya bisa berpindah-pindah.

17. Green Zone

Green Zone hanya ada di mode klasik. Ketika ada di green zone, helm atau vest yang kamu miliki akan berkurang secara perlahan. Jadi, jika kamu ingin menjaga ketahanan armor, kalian harus menjauhi green zone.

18. Barbar

Dalam KBBI, Barbar merupakan strategi dalam menyerang musuh secara terus-menerus. Biasanya, ketika kamu ingin mendapatkan kill yang banyak dalam satu pertandingan.

Barbar biasa dilakukan oleh pemain yang memiliki firepower yang kuat dan mampu untuk bertahan dalam waktu yang lama.

19. Camp/Ngendok

Camp dilakukan di dalam game FF ketika pemain bersembunyi sekaligus menjaga suatu lokasi dalam waktu yang lama sambil menunggu lawan yang akan melewati tempat tersebut. Biasanya strategi ini dilakukan ketika kamu mengikuti turnamen, custom room, atau ketika push rank agar bisa bertahan sampai akhir pertandingan.

20. Back Step

Back Step merupakan salah satu strategi dengan menyerang musuh dari belakang. Pemain bisa lawan musuh dari depan lalu anggota tim yang lain rotasi memutar ke belakang posisi musuh agar bisa melihat angle of view lain. Strategi back step ini sangat baik untuk sandwich tim musuh.

Back Step sangat efektif dilakukan diam-diam sehingga musuh tidak mengetahui posisi dari kamu yang melakukan back step.

Tim akan dengan mudah mendapatkan kill dari lawan jika mereka tidak menyadari kedatangan kamu.

Baca Juga: Rekomendasi Karakter FF Terbaik Tahun 2021

Nah, itulah 20 istilah game FF yang harus kamu ketahui agar tidak bingung saat bermain squad bersama teman-teman.

Untuk para gamers Free Fire, kamu bisa top up diamond dan melengkapi seluruh kebutuhan gaming kamu, seperti aksesoris gaming dan smartphone signal booster hanya di Tokopedia. Yuk, kunjungi Tokopedia sekarang juga.

jual perlengkapan gaming
Temukan berbagai perlengkapan gaming terbaikmu dengan harga terbaik di sini!

Penulis: Zihan Berliana