Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

25 Istilah dalam Mobile Legends, Newbie hingga Pro Wajib Tahu

24 June 2022
Share icon
Share
25 Istilah dalam Mobile Legends, Newbie hingga Pro Wajib Tahu

Berikut ini kumpulan istilah dalam Mobile Legends yang wajib diketahui semua pemain ML, mulai dari newbie hingga pro player wajib ngerti!


Mobile Legends kini menjadi salah satu game yang populer bagi para gamers di Indonesia.

Selain karena game ini tidak membutuhkan spesifikasi smartphone yang canggih dan gaya bermain yang cepat membuat MOBA satu ini sangat digemari.

Lantas, apakah kamu termasuk yang baru mencoba bermain game Mobile Legends? Selain tips dan trik yang, kamu juga perlu memahami istilah dalam Mobile Legends, Toppers.

Semua ini tidak lain untuk memenangkan game dan meningkatkan koordinasi di antara rekan setim.

Baca Juga: Daftar Film Perang Terbaik Sepanjang Masa Berdasarkan Kisah Nyata

Istilah Istilah dalam Mobile Legends

1. CD

CD adalah singkatan dari cool down atau cooldown. CD berarti waktu jeda sebelum menggunakan skill atau item di dalam game. Saat cooldown, pemain harus menunggu beberapa saat sampai skill atau item dapat digunakan kembali. Selain Mobile Legends, istilah ini juga banyak digunakan dalam game lain.

2. Backdoor

Backdoor adalah istilah menyerang tower musuh tanpa bantuan dari creep atau minion. Strategi ini hanya bisa dilakukan oleh hero yang bisa menembak di luar jangkauan tower atau jika darah tower tinggal sedikit. Beberapa hero yang bisa melakukan strategi ini di antara lain adalah Layla, Lesley, Beatrix, dan lainnya.

3. Funneling

Istilah dalam Mobile Legends selanjutnya adalah Funneling. Funnel atau funneling adalah strategi dimana support hero menahan creep hingga hard carry datang untuk mengambilnya. Strategi ini digunakan jika kamu ingin mempertahankan satu hero. Lewat strategi ini, gold akan diberikan oleh hero carry dan bukan oleh hero support.

4. Gold Lane

Gold Lane adalah salah satu lane yang berseberangan dengan Exp Lane yang bisa terletak di atas atau di bawah dan lokasinya jauh dari turtle pertama kali akan muncul.

Hero yang menempati lane ini akan dengan cepat membeli item agar mempunyai damage yang tinggi ke lawan.

Gold Lane cocok diisi oleh Marksman agar bisa berkembang dengan cepat karena hero ini cukup sulit jungle di awal game dan kurang cocok untuk roaming.

5. Exp Lane

Exp Lane atau Experience Lane adalah salah satu lane atau jalur yang akan memberikan hero Exp lebih ketika bermain di lane ini saat membunuh musuh atau minion.

Lokasi Exp Lane terletak dekat dengan lokasi turtle pertama yang akan muncul bisa di atas atau di bawah.Hero yang cocok mengisi Exp Lane adalah hero fighter atau tank yang mempunyai ketahanan dan damage yang tinggi di late game.

6. Mid Lane

Mid Lane merupakan lane paling sibuk dalam pertandingan karena berada di tengah-tengah map yang memiliki posisi strategis seluruh team.

Lane ini sangat strategis karena dekat ke offlane, lord/turtle, jungle, dan buff. Mid lane biasa diisi oleh Mage atau Marksman tetapi juga fleksibel bisa ditempati oleh role lainnya.

7. Jungler

Jungler merupakan suatu role yang mengontrol bagian hutan untuk mendapatkan sejumlah objektif seperti turtle atau lord yang sangat berguna selama permainan berlangsung.

Saat push rank, sebuah tim wajib memiliki pemain yang berperan sebagai jungler.Hero Assassin sangat cocok mengisi role ini dengan membawa spell retribution.

8. META

META adalah singkatan dari “Most Effective Tactics Available” yang berarti sebuah strategi atau taktik yang paling efektif untuk memenangkan pertandingan.

META bisa dipakai atau dipelajari oleh siapa saja dan bisa berubah sewaktu-waktu ketika developer merilis patch baru, nerf dan buff pada hero tertentu.

9. Nerf

Nerf adalah sebuah tindakan untuk menurunkan kekuatan hero yang terlalu over power. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan kekuatan hero satu dengan lainnya agar seimbang dan tidak terjadi ketimpangan saat bertarung.

Baca Juga: Bikin Sedih! Ini Dia Lirik Lagu Glimpse of Us - Joji dan Maknanya

10. AFK (Away from Keyboard) & DC (Disconnect)

Inilah istilah dalam Mobile Legends yang mungkin paling tidak ingin kalian dengar. AFK sendiri memiliki artian bahwa pemain sedang tidak ada di depan kendali yang berarti kalian bermain tidak dalam kondisi lengkap.

Sedangkan DC atau disconnect merupakan istilah bagi mereka yang keluar dari permainan game yang sedang berjalan.

Tapi apapun istilahnya, kedua hal ini merupakan istilah yang tidak ingin kalian dengar saat bermain.

11. Buff

Buff merupakan status tambahan yang harus dimiliki hero, terlebih dengan hero-hero carry atau yang mampu membawa kemenangan dan perbedaan. Status ini dapat kalian dapatkan dengan membunuh creep jungle.

Status kalian juga akan meningkat, baik dari segi serangan physical maupun magical. Tentu layak diberikan, sebaiknya utamakan kepada para pemain kunci seperti Marksman, Assasin atau Mage.

12. Early, Mid, Late Game

Dalam pertandingan Mobile Legends, ada beberapa fase atau waktu yang harus kalian perhatikan.

Karena dalam MOBA perbedaan waktu justru kunci atau tolak ukur perbedaan kekuatan antara tim.

Early sendiri dimulai dari awal hingga menit ketiga, lalu mid dari menit tiga sampai sepuluh.

Dalam fase ini metode farming kalian harus optimal dengan membunuh lawan atau mencuri jungle musuh.

Sementara, late game merupakan istilah dalam Mobile Legends yang artinya pertandingan lebih dari menit sepuluh sampai selesainya pertandingan.

Di waktu ini kalian harus memiliki item yang lengkap dengan peperangan yang harus minim kesalahan.

13. Ganking

istilah dalam mobile legends

Sumber gambar: samurai gamers

Istilah ganking atau farming merupakan dua hal yang saling berkaitan. Ganking sendiri berasal dari kata gank, atau insiasi untuk membunuh satu atau dua musuh yang tidak dijaga oleh support/tank lawan.

14. Farming

Farming sendiri merupakan proses mencari gold, baik dari jungle atau menculik musuh yang melakukan kesalahan.

Perlu kamu ketahui Toppers, farming dan ganking harus dalam posisi yang tepat, biasanya kalian akan melakukan farming dahulu sebelum bermain ganking.

Dalam satu istilah, sebenarnya farming dan jungling tidak jauh berbeda. Tolak ukur perbedaan hanya lokasi melakukan farming yang berada di Jungle.

15. Pushing

Dalam dunia Mobile Legends, pushing berarti mendorong, dalam arti lain kalian mendorong agro minion di lane. Fungsinya tidak lain untuk menghancurkan benteng terakhir musuh.

Baca Juga: Rekomendasi Film Thriller yang Penuh Misteri & Teka-Teki

16. Kill, Death, Assist dan Feeder

Istilah ini bisa dibilang yang paling mudah untuk dipahami oleh para pemain baru. Karena berasal dari bahasa Inggris murni yang bisa kalian artikan dengan mudah.

Kill, death, dan assist merupakan jumlah atau torehan yang tertulis selama kalian bermain di sebuah pertandingan.

Kamu dapat melihatnya di tab informasi mengenai seberapa banyak Kill, Death, Assist (KDA) yang sudah ditorehkan.

Adapula istilah feeder, yang memiliki artian musuh atau rekan yang terus dikalahkan oleh lawan.

Dalam artiannya, feeder merupakan momen ketika rekan tim memberi kesempatan musuh untuk berkembang melalui torehan gold dari kill dan assist yang lawan dapatkan. 

17. Minion, Turtle dan Lord

Minion atau creep merupakan sumber bantuan sekaligus metode farming yang bisa kalian dapatkan.

Dalam hal ini, minion memiliki beberapa fungsi seperti mendorong tower, memberikan damage tambahan serta membuka map.

18. Turtle

Berbeda dengan minion, turtle menjadi sumber uang yang begitu besar dan berdampak ke seluruh tim.

Tentu ada metode menyerang turtle secara cepat agar mendapatkan buff true damage sekaligus menambah pundi-pundi gold tim.

Istilah dalam Mobile Legends lain yang tidak kalah penting adalah Lord. Bisa dibilang menjadi kunci kemenangan dan bisa membalikkan keadaan ketika kalah.

Lane atau jalur secara random akan didorong oleh Lord bersama Super Minion yang lebih sulit dibunuh. 

19. Talent

Talent merupakan bonus skill pasif yang didapatkan dari beberapa emblem yang tersedia. Beberapa jenis talent antara lain fighter, jungle, assasin, physical, magical dan banyak lainnya.

Kalian harus tepat memilih talent bonus, seperti Bounty Hunter di emblem Assasin dan High and Dry. Perlu diperhatikan bahwa emblem merupakan hal yang penting dan jangan dihiraukan.

Baca Juga: 8 Tingkatan dalam Rank Mobile Legends & Cara Mendapatkannya

20. Build

Istilah dalam Mobile Legends selanjutnya adalah build. Maksud dari istilah ini adalah urutan item atau gameplay yang kalian tentukan dari jajaran item yang kamu pilih.

Bisa dengan metode burst damage, tank, sustain atau apapun tergantung strategi tim kalian.

21. Battle Spell

Bila talent merupakan skill pasif bantuan, ada battle spell yang berperan sebagai skill aktif tambahan. Dalam fungsinya, battle spell kerap memberikan perbedaan secara signifikan.

Berbagai macam battle spell pun bisa bekerja sesuai dengan cara main kalian. Beberapa contoh battle spell antara lain, flicker, arrival, sprint, execute dan lain sebagainya.

Tidak ayal battle spell mampu dipadukan dengan skill set dan gameplay beberapa hero yang kamu mainkan. Sebagai contoh, Guinevere dengan spell execute, atau Eudora dengan spell flicker.

22. Roaming

Pernah diminta untuk roaming oleh rekan setim kalian? Sebenarnya istilah ini bisa kalian artikan secara langsung.

Namun secara garis besar, roaming memiliki arti berjalan dari satu lane ke lane lainnya untuk membantu teman.

Beberapa hero bisa bertukar posisi atau rotasi serta roaming di waktu yang tepat. Beberapa posisi yang kerap diminta roaming adalah posisi mid, hero tank dan assasin. Pastikan kalian menjalankan fungsi semestinya sesuai dengan role yang kalian isi.

23. Bait

Bait sendiri berarti memancing musuh keluar dari strategi yang mereka tentukan. Sebagai contoh, ketika mereka sedang bertahan maka tim lawan menyerang Lord guna memancing agresi musuh dan melawan sekaligus menyelesaikan pertandingan.

24. Solo, Offlane dan

Sebelum permainan dimulai biasanya strategi dibentuk, tidak terkecuali teman yang meminta untuk solo. Maksud dari solo adalah melakukan kegiatan farming atau menjaga lane secara sendiri.

Kelebihan dari solo lane adalah jumlah exp dan gold yang lebih besar, namun resiko diculik atau dibunuh lawan juga tidak kecil. Offlane sendiri juga memiliki istilah yang sama, namun berada di posisi atas lane.

25. Carry

Carry merupakan cara atau posisi ketika satu atau dua hero mampu mengangkat performa seluruh tim. Dengan istilah yang sesuai artinya yaitu “menggendong” tim menuju titik kemenangan.

Baca Juga: Nickname ML yang Keren dan Tidak Pasaran

Aturan Main Mobile Legends

istilah dalam mobile legends

Sumber gambar: reddit

MOBA sendiri terdiri dari 10 pemain, terpisah dengan metode 5 melawan 5. Game Mobile Legends juga menghadirkan beberapa role atau posisi, antara lain:

  • Marksman, memiliki daya serang yang kuat dari jarak jauh dan menjadi penyerang utama dalam permainan.
  • Tank, merupakan hero dengan basis kekuatan di pertahanan dan darah yang tebal serta berfungsi untuk menahan damage terbanyak saat peperangan.
  • Mage, menjadi hero dengan ciri khas skill yang banyak dan memiliki kemampuan nuke atau instant kill dengan skill set yang dimiliki.
  • Support, memiliki skill set yang berguna dalam mebantu pertarungan dan merusak gameplay musuh.
  • Assasin, pada umumnya memiliki skill yang dapat membunuh serta melakukan lock terhadap musuh yang rentan dibunuh.
  • Fighter, memiliki daya tahan dan daya serang yang cukup seimbang serta mampu merusak gameplay serta membunuh musuh secara bersamaan.

Peran di atas harus kalian perhatikan dan jangan terlalu egois dalam menentukan hero sendiri.

Isi peran atau role yang tersisa ketika para pemain sudah menentukan heronya, dan selalu gunakan hero yang bisa kalian mainkan secara mahir.

Baca Juga: 15 Hero Terkuat di Mobile Legends dan Kelemahannya

Sudah mengerti ‘kan, Toppers? Istilah ini penting untuk kalian pahami mengingat bermain tidak selalu masalah menang ataupun kalah. Ada kalanya kalian harus bertahan atau menyerang, semua tergantung kondisi.

Jangan sampai bingung lagi, apalagi sampai merugikan seluruh tim dan berakhir menjadi seorang feeder. Sulit membedakan hero kalian? Mungkin skin dapat membantu apalagi saat mode klasik.

Kamu dapat membeli Voucher Game di Mobile Legends melalui Tokopedia. Selain membuat karakter kalian berbeda, status yang diberikan juga cukup signifikan untuk tahap early game. 

Semua yang kalian butuhkan ada di Tokopedia dengan promo menarik di setiap pembelian vocher game. Bermain mudah, aman dan menyenangkan bersama Tokopedia!

gaming controller

Penulis: Zihan Berliana

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

12 Pemain Squid Game, Profil dan Karakter Utama dalam Series Ini
Entertainment
12 Pemain Squid Game, Profil dan Karakter Utama dalam Series Ini
Editor Picks
12 Hair Tonic Terbaik: Atasi Rontok, Rambut pun Sehat dan Kuat!
12 Hair Tonic Terbaik: Atasi Rontok, Rambut pun Sehat dan Kuat!
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia