Home Button Smartphone Kamu Tidak Berfungsi? Ini Solusinya!

12654

Beberapa smartphone layar sentuh ada yang dilengkapi dengan home button atau tombol home yang letaknya ada di tengah bawah badan ponsel. Fungsinya sangat beragam antara lain menutup aplikasi, kembali ke home screen, serta mengatur aplikasi yang sedang aktif. Saking banyaknya kerja tombol home, pastinya bagian smartphone ini menjadi bagian yang paling sering dipencet. Home button yang menjadi fungsi paling utama pada perangkat handphone kadangkala sedikit berkurang atau bahkan sama sekali tidak bekerja.

Rasanya pasti kesal kan kalau tombol home tidak bisa bekerja sesuai fungsinya? Hal ini biasanya sering dialami pada tombol smartphone Android dan iPhone. Kalau Toppers pernah atau sedang mengalami permasalahan seperti ini, jangan khawatir… Disini Toped akan kasih solusi terhadap home button yang tidak berfungsi.

Smartphone Android

Pada perangkat android, penyebab umum mengapa tombol home berhenti berfungsi adalah karena error saat upgrade, aplikasi yang crash, dan ada komponen pada mesin yang tidak berfungsi. Berikut beberapa cara untuk mengembalikan kerja tombol home.

samsung android
Sumber: nydailynews.com

Uninstall Aplikasi yang Menyebabkan Crash

Kalau tiba-tiba home button (tombol home) tidak bekerja, kamu bisa menyelidikinya dari aplikasi yang kamu install. Misalnya saja penggunaan aplikasi Link2SD, connectboot, terminal emulator, dan lain sebagainya.

Gunakan Aplikasi Pengganti Tombol Fisik

Kalau kamu sangat membutuhkan smartphone untuk memenuhi kebutuhan komunikasi tiada henti tapi ternyata home button kamu tidak berfungsi, kamu bisa menggunakan aplikasi pengganti tombol home. Beruntungnya, banyak developer yang menciptakan fitur penunjang piranti android yang sangat membantu jika terjadi permasalahan, salah satunya kinerja home button. Berikut aplikasi yang bisa kamu pakai sebagai pengganti tombol fisik yang tidak berfungsi:

  1. Home Button
  2. My Home Button
  3. Multi-action Home Button
  4. Easy Touch
  5. Button Savior

Itulah aplikasi yang bisa membantumu untuk tetap bisa mengoperasikan ponsel pintar yang tombol fisiknya tidak bekerja dengan baik. Kalaupun ponsel kamu tidak bermasalah, aplikasi ini pun berperan membuat tombol home kamu beristirahat dari frekuensi pencet-memencet sehingga tombol menjadi lebih awet.

home button app di android
Sumber: techotv.com

Reset Android

Reset handphone kamu juga bisa menjadi solusi atas fungsi home button yang tidak baik. Namun, cara ini bisa saja menghapus semua data-data penting seperti kontak, SMS, dan aplikasi kecuali jika kamu sudah melakukan back up data. Kamu bisa menuju pada menu Settings -> Privacy -> Factory Data Reset. Setelah itu, tombol home kamu bisa berjalan kembali seperti semula.

Tapi jika semua cara tersebut tidak bisa mengembalikan fungsi tombol home, mungkin saja masalahnya ada pada mesin smartphone. Jika memang begitu, maka sebaiknya kamu membawa ponsel kamu pada tempat service hp untuk memperbaikinya.

Smartphone iPhone

Sebagai ponsel pintar yang disebut memiliki spesifikasi paling canggih, iPhone pun memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dan permasalahan yang ditimbulkan dari penggunaan iPhone atau perangkat iOS lainnya adalah home button yang tidak mau menerima perintah kita atau tidak bekerja sesuai dengan fungsinya. Kalau kamu mengalami hal ini pada iPhone kamu, berikut cara yang bisa kamu tempuh.

iPhone
Sumber: mirror.co.uk

Kalibrasi Home Button

Fungsi tombol fisik yang kurang responsif karena faktor software bisa kamu atasi dengan melakukan kalibrasi tombol home. Cara yang bisa kamu lakukan adalah:

  1. Buka aplikasi Calendar, Reminder, atau aplikasi lainnya yang telah terinstal dan tersedia pada ponsel sebelum kamu membelinya.
  2. Tekan dan tahan switch button sampai muncul slider berwarna merah “Slide to power off.”
  3. Saat tombol merah itu muncul, lakukan long press sampai red slider menghilang.
  4. Ketika red slider menghilang dari layar, maka proses kalibrasi pun berjalan.
kalibrasi home button
Sumber: youtube.com

AssitiveTouch

Bagi pengguna iOS 5, AssitiveTouch bisa menjadi pilihan untuk mengatasi tombol home yang tidak responsif pada ponsel touchscreen. Cara mengaktifkannya adalah dengan cara Settings -> General -> Accessibility -> AssitiveTouch.

Setelah kamu mengaktifkan fungsi ini, maka tombol semi-transparan akan muncul pada layar dan mengikuti kemanapun kamu menggunakan aplikasi pada handphone. Selain itu, tombol sentuh ini juga bisa kamu ubah-ubah posisinya jikalau dirasa mengganggu pandangan pada layar.

Nah, kalau tombol home fisik kamu tidak berfungsi dengan baik, kamu bisa menggunakan tombol sentuh ini. Hanya dengan menyentuhnya, kamu sudah bisa membuka menu AssitiveTouch. Pada menu tersebut, kamu bisa memilih tombol home tanpa perlu memencet tombol home fisik.

AssistiveTouch-4
Sumber: idownloadblog.com

Cara tersebut di atas tidak hanya bisa kamu aplikasikan pada ponsel iPhone tapi juga pada perangkat iOS lainnya seperti iPad dan iPod Touch. Semoga informasi yang Toped berikan bermanfaat ya.

Baca juga: Bikin Smartphone Kamu Jadi Menarik Dengan Aksesoris Ini

Smartphone Home Button Sticker