7 Cara Menggunakan Smartwatch untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh

494
Cara Menggunakan Smartwatch untuk Kesehatan

Cara Menggunakan Smartwatch – Seperti yang kita ketahui, smartwatch adalah gadget yang serupa dengan jam tangan yang memiliki banyak fungsi. Mulai dari fungsi utamanya sebagai penunjuk waktu, hingga fungsi hiburan dan fungsi kesehatan tersedia pada wearable device ini.

Salah satu tujuan utama penggunaan perangkat wearable ini adalah untuk mendukung kegiatan berolahraga. Perangkat ini berguna untuk memantau kondisi kesehatan tubuh ketika beraktivitas sehari-hari, berolahraga dan bahkan ketika kita tidur sekalipun. Nah, untuk Toppers yang belum mengetahui fungsi-fungsi kesehatan pada smartwatch, berikut Tokopedia merangkum fitur kesehatan pada smartwatch yang bisa kamu manfaatkan.

Yuk, mulai gaya hidup sehat sekarang juga dengan memanfaatkan kecanggihan smartwatch!

baca juga: Pilihan 6 Smartwatch Murah Terbaik Di Bawah Rp 2 Jutaan

Cara Menggunakan Smartwatch untuk Kesehatan

1. Mengatur Pola Tidur

cara menggunakan smartwatch untuk kesehatan - Atur Pola Tidur
Sumber Gambar: Pixabay

Padatnya aktivitas yang padat membuat pola tidur menjadi tidak teratur yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan tubuh. Untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan fitur kesehatan sleep monitor pada smartwatch milikmu. Fitur ini akan membantu memantau pola tidur dan memberikan saran untuk memperbaiki pola tidur agar terhindar dari masalah kesehatan akibat kekurangan tidur.

2. Kendalikan Asupan Kalori

cara menggunakan smartwatch untuk kesehatan - Kendalikan Asupan Kalori
Sumber Gambar: Pixabay

Pada smartwatch juga terdapat aplikasi pengatur kalori yang sangat populer karena manfaat yang ditawarkannya. Aplikasi ini menawarkan pengaturan asupan kalori harian untuk membantumu ketika menjalani diet kalori. Dengan memanfaatkan smartwatch ini, asupan kalori akan lebih terjaga dan tubuh menjadi lebih sehat!

3. Melacak Jumlah Langkah per Hari

cara menggunakan smartwatch untuk kesehatan - Melacak Jumlah Langkah per Hari
Sumber Gambar: Pixabay

Kebanyakan jam tangan cerdas di pasaran sudah memiliki teknologi pedometer yang berfungsi untuk mencatat langkah kaki ketika menggunakannya saat berjalan kaki. Manfaatkan fitur ini untuk mencatat jumlah langkah per harimu dan jadikan jumlah tersebut sebagai patokan untuk berjalan kaki atau olahraga jogging lebih jauh setiap harinya.

4. Catat Rute Olahraga Terbaikmu

cara menggunakan smartwatch untuk kesehatan - Catat Rute Olahraga Terbaikmu
Sumber Gambar: Pixabay

Sama halnya dengan melacak jumlah langkahmu, pencatatan rute ketika berolahraga seperti jogging, lari maupun bersepeda juga hal yang penting. Tersedianya aplikasi pelacak rute pada smartwatch bisa membantumu dalam hal ini. Aplikasi smartwatch tersebut akan mencatat rute yang kamu lewati ketika berolahraga dan memberikan saran rute alternatif yang lebih baik untuk meningkatkan aktivitas berolahragamu.

Sangat cocok untuk membuatmu tetap termotivasi untuk berolahraga setiap hari!

jual smartwatch murah dan berkualitas

Baca Juga: Rekomendasi 12 Brand Smartwatch Premium Paling Favorit

5. Memantau Tekanan Darah

cara menggunakan smartwatch untuk kesehatan - Memantau Tekanan Darah
Sumber Gambar: Pixabay

Biasanya, untuk memantau tekanan darah kita harus mendatangi klinik atau rumah sakit untuk memeriksanya dengan alat tensimeter. Namun, kini kamu bisa memanfaatkan fitur blood pressure monitor pada smartwatch untuk memantau tekanan darahmu dengan mudah. Fitur ini sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki gangguan penyakit tekanan darah tinggi.

6. Menjaga Tingkat Stres

cara menggunakan smartwatch untuk kesehatan - Menjaga Tingkat Stress
Sumber Gambar: Pixabay

Salah satu fungsi kesehatan smartwatch yang menarik adalah tersedianya aplikasi yang dapat memantau tingkat stresmu. Aplikasi ini menjadikan detak jantung dan tanda-tanda vital lainnya sebagai tolak ukur tingkat stress dan membantu menentukan penyebab dari stress yang kamu alami. Dengan menggunakan fitur kesehatan pada jam tangan pintar, kamu akan terhindar dari stres dan lebih semangat untuk beraktivitas.

7. Memotivasi Diri untuk Berolahraga

cara menggunakan smartwatch untuk kesehatan - Memotivasi Diri untuk Berolahraga
Sumber Gambar: Pixabay

Kurang motivasi dalam berolahraga? Kamu akan membutuhkan fungsi kesehatan smartwatch yang berupa aplikasi personal trainer. Aplikasi ini akan membantumu untuk memotivasi diri sekaligus memberi saran untuk berolahraga dengan memberikan gerakan gerakan baru untuk kamu lakukan setiap harinya.

baca juga: Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Malam Hari

Itu dia cara memanfaatkan fitur kesehatan pada smartwatch. Dengan memanfaatkan bermacam fitur jam tangan pintar untuk kesehatan di atas pastinya akan membuat hidup lebih sehat dan teratur. Yuk, mulai hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta rajin berolahraga setiap hari!

Temukan smartwatch terfavorit untuk mendukung gaya hidup sehatmu dengan harga termurah hanya di Tokopedia!

smartwatch u8

 

Bagikan Artikel