• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Mendapatkan & Mencairkan Insentif Prakerja Gelombang Terbaru

29 February 2024

Share

Cara Mendapatkan & Mencairkan Insentif Prakerja Gelombang Terbaru

Cara mencairkan insentif Prakerja wajib diketahui bagi yang sudah lolos program Prakerja gelombang terbaru ini. Yuk, simak cara mendapatkan dan mencairkan insentif Prakerja berikut!


Program Prakerja adalah program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja serta membantu mengurangi pengangguran. Program ini menyediakan pelatihan keterampilan bagi masyarakan Indonesia agar dapat memperoleh keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. 

Peserta program Prakerja dapat mengikuti berbagai pelatihan yang disediakan oleh penyedia pelatihan yang telah bekerjasama dengan pemerintah. Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan mendapatkan insentif berupa bantuan biaya sebesar tertentu.

Nah, jika kamu ingin mengetahui informasi tentang insentif kartu prakerja seperti cara mendapatkannya dan cara mencairkannya. Berikut ini penjelasan lengkapnya!

kartu pra kerja tokopedia

Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

Cara Mendapatkan Insentif Prakerja Gelombang Terbaru

Di program Prakerja gelombang 63 tahun 2024 ini, setiap peserta Prakerja akan mendapatkan insentif atau dana bantuan sebesar Rp4.200.000. Dana tersebut terdiri dari biaya pelatihan Rp3.500.000, insentif setelah pelatihan Rp600.000, dan insentif pengisian survei Rp100.000.

Untuk menerima insentif pelatihan prakerja, peserta harus memastikan sudah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan. Setelah dinyatakan lolos, peserta akan mendapatkan saldo ke akun masing-masing. Saldo tersebut digunakan untuk membeli kursus atau kelas dan tidak dapat ditunaikan.

Peserta bisa memilih beragam kelas sesuai minat di beberapa platform, salah satunya di Tokopedia. Setelah membeli kelas atau kursus yang diinginkan, peserta harus mengikuti kelas dan ujian atau tes akhir. 

Seperti ujian pada umumnya, tes ini juga memiliki nilai minimal. Jika nilai yang didapatkan di bawah minimal, maka peserta wajib untuk mengulang kelas. Insentif akan diterima setelah peserta mendapatkan sertifikat tanda lulus.

Baca Juga: Ini Syarat Lengkap dan Tips Ampuh untuk Lolos Seleksi Prakerja

Cara Mendapatkan Insentif Survei Prakerja  

Kemudian, ada juga insentif tambahan yang bisa didapatkan penerima kartu prakerja dengan mengisi survei evaluasi kartu prakerja. Setelah selesai mengisi survei, peserta akan mendapatkan insentif tambahan.

Berikut ini tata cara untuk mengisi survei dan mendapatkan insentif survei kartu prakerja:

  1. Masuk ke dashboard prakerja.go.id dengan memasukkan email dan password
  2. Setelah masuk, jika waktunya sudah 30 hari, maka secara otomatis survei akan muncul di halaman awal dashboard peserta
  3.  Isi setiap pertanyaan yang ada dalam survei tersebut hingga selesai
  4. Jika sudah selesai mengisi survei, klik bagian ‘insentif’ untuk mengetahui bahwa dana segera diproses dengan tanggal yang sudah ditentukan oleh pihak manajemen kartu prakerja
  5. Tunggu pencairan insentif sesuai dengan jadwal yang tertera
Baca Juga: Contoh Soal Tes Kartu Prakerja Materi Motivasi & Kemampuan Dasar

Cara Mencairkan Insentif Prakerja Gelombang Terbaru

Insentif Kartu Prakerja akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet yang peserta daftarkan di akunnya. Bantuan tersebut akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum melakukan pelatihan pertama kartu prakerja. 

Proses pencairan insentif ke rekening atau e-wallet butuh waktu 3-5 hari kerja, terhitung dari tanggal penjadwalan insentif muncul di dashbord akun.

Berikut panduan cara mencairkan dana insentif Kartu Prakerja di ATM: 

  1. Buka rekening BNI Taplus Prakerja. Nomor rekening akan kamu terima melalui SMS dari BNI. 
  2. Ikuti pelatihan online hingga tuntas dan mendapatkan sertifikat online
  3. Ikuti survei pasca pelatihan melalui www.prakerja.go.id kemudian daftarkan nomor rekening BNI Taplus Prakerja sebagai rekening penerimaan insentif pelatihan dan insentif survei.
  4. Dana insentif pelatihan dan survei ditransfer ke rekening tabungan BNI. 
  5. Cairkan dana insentif di jaringan ATM BNI. 

Selain melalui Bank BNI, kamu juga bisa mencairkan dana insentif lewat e-wallet OVO. Berikut ini cara mencairkan insentif Kartu Prakerja lewat OVO:

  1. Pendaftar program Kartu Prakerja harus memasukkan nomor ponsel aktif yang telah terdaftar dalam OVO pada saat registrasi. 
  2. Akun OVO juga harus di-upgrade menjadi akun OVO premier agar dana bisa langsung ditransfer ke rekening bank.  
  3. Tunggu insentif cair setelah menyelesaikan pelatihan 
  4. Jika sudah ada notifikasi pencairan insentif di dashboard akun kartu prakerja, masuk ke aplikasi OVO dan pilih menu transfer 
  5. Pilih bank yang dituju, ketik nomor rekening dan jumlah uang yang akan ditransfer dari OVO.
Baca Juga: Cara Daftar Prakerja Gelombang 63 Tahun 2024, Simak Syaratnya!

Itu dia Toppers, tata cara untuk mendapatkan dan mencairkan dana insentif dari kartu prakerja. Kamu dapat memanfaatkan dana insentif tersebut untuk membeli kelas online di berbagai platform digital seperti Tokopedia. 

Yuk kunjungi Tokopedia untuk melihat berbagai pelatihan dan kelas online untuk menambah pengetahuan dan keterampilan kamu untuk memudahkan dalam mendapatkan pekerjaan atau membuka usaha sendiri.

kartu pra kerja tokopedia

Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

© 2009-2024, PT Tokopedia