• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Istilah CMYK Pada Desain, Warna Kebutuhan Karya Cetak

Share

Istilah CMYK Pada Desain, Warna Kebutuhan Karya Cetak

Yuk kenali istilah CMYK pada desain, penggunaannya, dan perbedaannya dengan RGB. Skema warna untuk berbagai kebutuhan karya cetak.


Istilah CMYK Pada Desain – Warna merupakan spektrum yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna warna putih. Identitas suatu warna ditentukan dari panjangnya gelombang dari cahaya tersebut. Ada banyak warna yang bisa kita kenali, seperti mejikuhibiniu.

Namun, tahukah kamu? Dalam dunia desain grafis ada dasar-dasar skema warna tertentu yang kamu perlu ketahui agar hasil desain poster, banner, atau media cetak lainnya agar memiliki warna yang baik, yaitu CMYK. 

Selain itu, ada juga istilah RGB untuk pewarnaan digital, seperti televisi atau komputer. Kedua istilah warna ini adalah singkatan dari sistem pewarnaan. RGB ditujukan untuk tampilan bersifat digital dan CMYK untuk kepentingan percetakan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini, yuk!

Baca Juga: 10 Contoh Deskripsi Diri di CV & Saat Interview, Ringkas dan Menarik!

Apa itu CMYK?

Apa itu CMYK
Sumber Gambar: Freepik

CMYK merupakan singkatan dari Cyan-Magenta-Yellow-blacK yang biasanya disebut sebagai warna proses atau empat warna yang berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (subtractive color model) yang digunakan dalam dunia percetakan berwarna.

Untuk memproduksi gambar sehingga dapat menghasilkan warna yang sempurna di dalam suatu objek cetak, kamu perlu minimal empat tinta, yaitu Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Tinta proses ini bisa digunakan dalam beberapa proses teknik cetak, seperti offset lithography, rotogravure, letterpress atau sablon. 

Untuk kamu yang penasaran, mengapa singkatan dari warna ini CMYK, padahal warna keempat adalah hitam? Mengapa bukan CMYB? Alasannya karena menurut teori warna, huruf K adalah singkatan dari key yang merupakan warna kunci. 

Tanpa warna hitam, kumpulan warna menjadi tidak lengkap, lalu ketika warna C, M, Y dicampur, tentunya kumpulan warna tersebut akan menjadi hitam atau black.

Penggunaan CMYK

Penggunaan CMYK
Sumber Gambar: Freepik

CMYK digunakan untuk percetakan, yang mencakup percetakan besar atau printer berwarna sederhana yang biasa ada di rumahmu, Toppers.

Saat kamu melihat mesin printer, tentunya ada empat warna tinta yang letaknya terpisah-pisah. Keempat warna ini, terdiri dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black yang punya tempatnya masing-masing.

Kumpulan warna ini tentunya dapat digunakan untuk mencetak berbagai macam tulisan dan gambar. Namun, di dalam desain grafis, kita sering juga mendengar istilah RGB. Apa itu RGB dan apa perbedaannya dengan CMYK? Berikut penjelasannya. Toppers.

Perbedaan CMYK dan RGB

Perbedaan CMYK dan RGB
Sumber Gambar: gogoprint

Seperti yang kita ketahui, CMYK merupakan skema warna yang digunakan dalam kegiatan percetakan. Nah, lalu apa itu RGB? Warna RGB  (Red-Green-Blue) adalah model pencahayaan yang biasa dipakai untuk input devices dalam scanner atau output devices seperti monitor, TV, LCD, Digital Camera, atau yang lainnya.

Perbedaan dari kedua skema warna ini sebenarnya sudah cukup jelas, yaitu CMYK digunakan untuk kegiatan percetakan dan RBG di dalam kegiatan digital. Namun, untuk lebih jelasnya, berikut ini perbedaan RGB dan CMYK:

1. Memiliki Fungsi yang Berbeda

Untuk kamu yang berkecimpung di dunia desain, tentunya kamu perlu mengetahui fungsi dari kedua model skema warna ini. RGB biasa digunakan untuk display komputer, sedangkan CMYK untuk pewarnaan dalam kegiatan percetakan.

2. Pewarnaan RGB Lebih Aditif

RGB merupakan skema warna aditif atau saling berkaitan. Warna merah, hijau, dan biru jika dikombinasikan akan memiliki hasil spektrum warna yang sangat luas. 

3. Pewarnaan CMYK Lebih Subtraktif

CMYK adalah skema warna subtraktif yang biasa digunakan dalam dunia percetakan. Seluruh spektrum warna yang dihasilkan akan terlihat karena proses hal-toning. Dalam proses ini, setiap warna diberikan saturasi dan titik-titik kecil dari masing-masing tiga warna yang dicetak dalam pola kecil agar mata manusia bisa melihat warna tertentu yang dibuat dari skema warna tersebut.

Baca Juga: Simak 10 Pertanyaan Interview untuk Fresh Graduate!


Nah, ternyata warna yang ada di sekitar kita memiliki model skema warna yang berbeda-beda, baik di dunia digital, maupun di dunia printing ya, Toppers.

Untuk kamu yang ingin terjun ke dalam dunia desain, kamu tentunya perlu mengetahui CMYK, penggunaannya, dan perbedaannya dengan RGB di atas. Cetak brosur, pamflet, dan logo hasil percetakan warna CMYK dengan penawaran harga menarik hanya di Tokopedia!

jasa printing online
Mau bikin acara, peralatan kantor hingga kebutuhan jualan, tapi bingung print undangan di mana? Print di Tokopedia aja!

Share

Zihan Berliana Ram GhaniZihan Berliana Ram Ghani

Related Articles

21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Maret 2024
Top List
21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Maret 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia